3i Mobiss – Cara Daftar, Login, dan Cek serta Update Data

Aplikasi 3i Mobiss atau aplikasi 3i-Network atau sering juga disebut dengan 3i-Mobile Support System adalah aplikasi berbasis online yang didesain guna memberikan kemudahan bagi para agen asuransi untuk melakukan monitor pada jaringan, pendaftaran agen, sekaligus bonus mereka.

Tak hanya itu, aplikasi 3i Mobiss juga bisa dimanfaatkan agen untuk mempelajari mengenai sistem dan perencanaan marketing dari 3i Network.

Aplikasi 3i Mobiss sendiri adalah aplikasi yang disediakan PT AJ Central Asia Raya (CAR).

CAR adalah perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi dengan tiga manfaat sekaligus, yaitu investasi, asuransi, dan income atau penghasilan.

Setiap nasabah baru di PT AJ Central Asia Raya (CAR) memang disarankan untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi 3i Mobiss ini. 

Layanan yang Tersedia di 3i Mobiss

3i Mobiss – Cara Daftar, Login, dan Cek serta Update Data

Saat ini aplikasi 3i Mobiss hanya bisa digunakan di ponsel android saja. Aplikasi ini terdiri atas beberapa layanan menu utama, yaitu:

1. eStater Kit

eStarter Kit adalah perangkat awal untuk agen asuransi yang di dalamnya terdapat buku panduan serta flip chart keagenan.

eStarter Kit juga sudah dilengkapi dengan akses formulir Surat Permintaan Asuransi Jiwa dan formulir pendaftaran.

Semua nasabah yang akan menjadi agen wajib memiliki eStarter Kit ini dengan cara membelinya seharga Rp50.000 tiap unit. 

Setiap agen diperbolehkan membeli lebih dari satu unit eStarter Kit untuk kemudian ditransfer ke agen lain yang sudah terdaftar.

2. Daftar

Pada layanan ini, para agen dapat melakukan proses pendaftaran untuk nasabah baru secara online. Ini akan memudahkan agen karena pendaftaran nasabah tak perlu lagi dengan metode konvensional menggunakan kertas. 

Semua data yang dibutuhkan untuk pendaftaran nasabah, mulai dari KTP, KK, NPWP, dan lainnya tidak perlu dikirimkan dalam bentuk hardcopy, tetapi cukup di foto melalui aplikasi saja sebagai lampiran.

3. Bonus

Dalam menu layanan ini, para agen bisa melihat atau memantau bonus yang mereka dapatkan setiap kali berhasil mendaftarkan nasabah atau calon agen baru.

Besarnya jumlah bonus atau komisi tentu disesuaikan dengan jumlah calon agen baru yang berhasil direkrut.

4. Jaringan

Dalam menu ini, agen bisa memantau perkembangan pertumbuhan pohon jaringan, terutama jika ada calon agen baru yang masuk.

5. ePolis

ePolis memberi akses pada setiap agen untuk dapat mencetak polis mereka kapan saja dan di mana saja menggunakan nomor identitas dan kode akses pribadinya.

ePolis ini akan diberikan pada setiap nasabah yang mendaftar melalui jaringan agen 3i Network.

6. Portofolio

Di sini agen dapat melihat informasi mengenai status agen dan juga pencapaian yang sudah diraih dari awal bergabung. Agen juga dapat melihat jumlah pendapatan yang bisa didapatkan setiap bulan selama menjadi agen.

7. Pembinaan

Pada layanan pembinaan ini, para agen bisa mendapatkan berbagai pelatihan secara online yang bisa dipelajari kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan.

Fitur layanan ini juga menjadi salah satu kunci kesuksesan marketing produk 3i Network.

8. Frequently Asked Questions (FAQ )

Dalam menu atau layanan FAQ, dapat ditemukan berbagai macam pertanyaan beserta jawaban mengenai hal yang sering atau banyak dipertanyakan.

Menu FAQ juga sekaligus berisi berbagai informasi penting bagi para agen atau pengguna yang masih baru.

9. Berita

Melalui menu Berita ini, para pengguna atau agen dapat memperbarui informasi mereka mengenai 3i Network atau mengenai CAR Life Insurance.

Tujuan disediakannya fitur ini adalah agar para pengguna dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi dan peraturan terbaru.

Cara Daftar 3i Mobiss

3i Mobiss – Cara Daftar, Login, dan Cek serta Update Data

Agar dapat melakukan proses daftar calon mitra baru, agen harus memiliki nomor ID terlebih dahulu. Nomor ID ini bisa dibeli melalui menu eStarter kit. Cara mudah untuk membelinya, yaitu:

  • Masuk ke aplikasi 3i Mobiss lalu pilih menu eStarter Kit.
  • Klik menu “Beli” lalu masukkan jumlah estarter kit yang ingin dibeli. Selanjutnya, sistem akan mengonfirmasi pesanan (jumlah order dan nilai order) lalu klik “OK”.
  • Sistem akan mengirim informasi mengenai nomor order, tanggal order, jumlah dan nilai order serta nomor virtual account untuk pembayaran. Klik “OK” agar pesanan segera dikirim ke CAR.
  • Segera lakukan pembayaran dan tunggu hingga CAR berhasil memproses pembayaran. Dalam waktu status pembelian tersebut adalah “Order”.
  • Jika pembayaran sudah berhasil diproses oleh CAR, maka status akan berubah menjadi “PAID”, disini akan muncul daftar eStarter Kit yang diorder. 
  • Data eStarter Kit ini berisi informasi  mengenai nomor ID, No virtual account untuk pembayaran premi pertama serta kode akses. 

Setelah mendapatkan nomor ID, agen bisa lanjut ke menu Daftar. Adapun cara mendaftar mitra baru bisa dilakukan dengan dua cara.

Pertama, kamu sebagai agen yang membantu menginput data.

Kedua, calon mitra sendiri yang menginput data dengan cara:

  • Minta calon mitra untuk mengunduh dan meng-install aplikasi 3i MObiss dan CAR SPJ.
  • Lakukan login dengan menggunakan nomor ID serta kode akses yang diperoleh dari agen.
  • Lakukan pengisian data diri sesuai dengan kolom informasi yang ada.
  • Setelah selesai isi, klik menu “Draft”. Sementara proses submit dilakukan agen agar data yang diinput bisa diteliti terlebih dahulu. 

Cara login 3i Mobiss

Sebelum bisa menggunakan menu layanan di aplikasi 3i Mobiss, tentu saja kamu harus melakukan login terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara mudah login di aplikasi 3i Mobiss.

  • Buka aplikasi 3i Mobiss yang sudah diunduh dan di-instal sebelumnya. 
  • Masukkan Nomor ID 3i Mobiss yang sudah diperoleh dari agen beserta password.
  • Khusus untuk mitra baru, password merupakan enam digit terakhir nomor KTP atau nomor SIM yang didaftarkan.

Cara cek dan update data 3i Mobiss

Untuk melakukan pengecekan atau update data calon mitra baru, agen bisa masuk pada menu “EDIT” yang tertera pada halaman pendaftaran.

Di menu “EDIT” ini akan ditemukan tiga menu, yaitu Form 3i Networks, Lampiran, dan Dokumen. Untuk lebih jelasnya, bagaimana cara mengisi dan mengupdatenya? Berikut ini penjelasannya. 

1. Form 3i Networks

Form ini menjadi wadah untuk memasukkan data Pemegang Hak Bisnis, data pribadi, dan pohon jaringan.

Di form ini jugalah agen menempatkan posisi pohon. Apabila terjadi kesalahan penempatan pohon, sistem akan menolak secara otomatis.

Saat mengisi form ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Semua kolom yang memiliki tanda “*” harus diisi. 
  • Pastikan nomor HP dan email yang dimasukkan valid. Sebab nantinya akan ada pengiriman kode verifikasi baik ke nomor ponsel maupun email.
  • Jika nama pemegang polis sama dengan form 3i, cukup mencentang agar proses input data di SPAJ lebih mudah.
  • Jangan lupa untuk mencentang bagian syarat dan ketentuan pada bagian bawah form.

2. Lampiran

Di bagian menu lampiran ini, ada beberapa isi lampiran yang semuanya harus disetujui agar proses submit data dapat dilakukan.

Untuk melihat dan menyetujui isi lampiran, klik pada menu “VIEW” di bagian kanan dokumen lampiran.

3. Dokumen 

Agen dapat mengunggah foto KTP atau SIM calon mitra baru di menu “Dokumen”, pastikan bahwa nama calon yang tertulis di KTP atau SIM sama agar proses input data berhasil dan diterima CAR.

Jika semua pengisian atau edit data sudah selesai, klik menu “Submit”.

FAQ

Apa kegunaan 3i Mobiss?

Aplikasi 3i Mobiss memberi kemudahan bagi para agen asuransi untuk melakukan monitoring jaringan, pendaftaran agen, sekaligus perolehan bonus.

Apa keuntungan menggunakan 3i Mobiss?

Keuntungan menggunakan aplikasi 3i Mobiss adalah agen dapat memonitor jaringan dan bonus dengan lebih mudah, kapan saja, dan di mana saja.

Selain itu, mempermudah mendapatkan mitra baru, karena dapat dilakukan secara online.