AIA Financial – Produk, Cara Cek Saldo, dan Cara Klaim Asuransi 

AIA Financial merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Di bawah AIA Group, AIA Financial menjadi perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Produk perlindungan yang ditawarkan AIA Financial seperti proteksi jiwa, asuransi kesehatan, penyakit kritis juga tabungan dan investasi.

Tak hanya berkutat di asuransi konvensional, AIA Financial pun melebarkan bisnis menjangkau pasar muslim dengan produk asuransi syariahnya. 

Profil AIA Financial 

AIA Financial – Produk, Cara Cek Saldo, dan Cara Klaim Asuransi 

AIA Financial pertama kali berdiri di Shanghai, China di tahun 1919, didirikan oleh Cornelius Vander Starr. Kemudian, pada 1931 Starr mendirikan Internal Assurance Company, Limited (Intasco) di Shanghai dan berkantor cabang di Hong Kong juga Singapura. AIA saat ini tersebar di Asia Pasifik, khususnya di Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Tiongkok, Korea, Filipina, Australia, Indonesia, Taiwan, Vietnam, Selandia Baru, Makau, Brunei, Kamboja, Myanmar, Sri Lanka, dan 49 persen kepemilikan saham usaha gabungan di India.

AIA masuk ke Indonesia tahun 1984, sempat beberapa kali berganti nama mulai dari Asuransi AIG Lippo Life, AIG Life, hingga tahun 2009 diresmikan menjadi AIA Financial. 

Sebagai perusahaan asuransi jiwa terpercaya AIA menawarkan produk asuransi konvensional dan syariah yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, dan program Dana Pensiun (DPLK). 

Produk Asuransi AIA Financial 

Meski dikenal sebagai perusahaan yang fokus pada asuransi jiwa, namun AIA memiliki banyak produk yang ditawarkan untuk nasabahnya. Berikut beberapa produk asuransi AIA Financial : 

AIA PowerPro Life

Manfaat dari produk ini diantaranya perawatan ICU untuk kondisi serius, terminal illness sebesar 100% uang pertanggungan. Untuk mendapat manfaat tersebut, AIA Power Pro Life memberlakukan masa pembayaran premi tetap selama 10 tahun untuk pertanggungan selama 10 tahun. Perlindungan dapat diperpanjang hingga tertanggung berusia 75 tahun.  

AIA Protection Income Plan

Jenis produk ini merupakan persiapan dana hari tua, dimana dengan AIA Protection Income Plan kamu bisa membuat perencanaan dana jangka panjang seperti dana pensiun, pendidikan, untuk perjalanan ibadah atau tujuan keuangan lainnya. Masa pembayaran premi untuk produk ini memiliki pilihan waktu mulai dari 5-20 tahun dengan usia keikutsertaan sejak umur 1 bulan – 70 tahun. 

AIA Proterm Protection 

Produk ini merupakan asuransi jiwa tradisional yang memberi manfaat meninggal dengan manfaat tambahan meninggal karena kecelakaan, cacat tetap dan manfaat pengembalian premi di akhir tahun polis ke-15, terhitung sejak masa polis berlaku. Bagi kamu yang berusia 18 tahun – 55 tahun bisa membeli produk proteksi jiwa ini. 

AIA Prolink Assurance 

Memberi perlindungan jiwa sekaligus tabungan da investasi. Produk ini bisa jadi solusi perencanaan keuangan. Sebab selain memberi perlindungan atau manfaat meninggal, produk ini juga memiliki manfaat investasi yang bisa membantu saat nasabah mengalami risiko tak terduga. 

AIA Infinite Plus Assurance 

Kurang lebih sama dengan Prolink Assurance yang memberikan manfaat investasi, hanya saja bedanya untuk Infinite Plus Assurance, kamu bisa memilih prioritas sesuai kebutuhan, misalnya untuk perlindungan jiwa, kesehatan, penyakit kritis atau tabungan dan investasi. 

AIA Sehat Seratus 

Asuransi jiwa jenis ini memberi perlindungan pada risiko penyakit kritis dan beberapa manfaat tambahan komprehensif lainnya. Produk ini pun bisa digunakan di luar negeri, juga memberi perlindungan selama proses kelahiran, double claim dalam satu proteksi. Pilihan masa bayar sesuai kebutuhan kamu mulai dari 5 Tahun, 10 Tahun dan 20 Tahun untuk perlindungan seumur hidup (99 tahun). 

AIA Proteksi Prima Plus 

AIA Proteksi Prima Plus memberi perlindungan jiwa hingga nasabah berusia 99 tahun. Selain itu, produk proteksi ini juga memberikan pilihan investasi untuk perencanaan finansial di masa depan. Manfaat tambahan seperti privasi saat dirawat juga perlindungan terhadap penyakit kritis dan memberi santunan penghasilan per bulan. 

AIA Priority Plus Assurance

Merupakan produk asuransi unitlink yang menggabungkan perlindungan jiwa dengan tabungan dan investasi. Produk ini juga menawarkan ekstra alokasi premi atau premi tambahan sebesar 3 persen yang dialokasikan ke dana investasi, mulai dari tahun ke-12 hingga akhir masa asuransi. 

AIA Sakinah Assurance 

AIA juga menawarkan produk unitlink berbasis syariah, AIA Sakinah Assurance yang memberi perlindungan jiwa sekaligus investasi sebagai perencana keuangan yang pengelolaannya disesuaikan dengan prinsip syariah. 

AIA Infinite Link Assurance 

Produk ini merupakan jenis asuransi unit link yang memberi perlindungan jiwa. Nilai tunai pada polis memiliki potensi peningkatan untuk mengembangkan nilai investasi. Asuransi ini juga menawarkan manfaat tambahan utama seperti perawatan di luar negeri juga jaminan perlindungan 57 penyakit kritis dari stadium awal hingga lanjut. 

AIA Family First Protection 

Merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan proteksi maksimal untuk kamu dan keluarga. Manfaat dari produk ini adalah manfaat meninggal karena sebab apapun sekaligus investasi yang terbentuk dari premi yang diinvestasikan. 

Berbeda dengan unit link lain, AIA Family First Protection memungkinkan nasabah untuk menempatkan premi proteksi ke dalam jenis investasi yang berbeda. 

Premier Hospital & Surgical Extra 

Merupakan asuransi tambahan untuk asuransi dasar unit link premi berkala. Manfaat yang didapat dari asuransi ini adalah penggantian biaya perawatan di rumah sakit, dengan jaringan hingga seluruh dunia. Produk ini juga memungkinkan nasabah mengikutsertakan perlindungan keluarga, maksimal empat orang, dalam satu polis. 

Premier Hospital & Surgical Plus 

Manfaat yang ada pada asuransi ini tambahan ini adalah memberikan perlindungan lokal dan mancanegara. Jenis produk ini pun memudahkan nasabah dalam hal pendaftaran dan pembayaran dengan menggunakan kartu medis. Asuransi ini juga memungkinkan kamu mengikutsertakan anggota keluarga lain dalam satu polis, maksimal empat tertanggung. 

Hospital & Surgical Protection

Produk asuransi ini memberi perlindungan mulai dari rawat inap, rawat jalan, tindakan bedah, biaya medis sampai penggantian biaya rawat inap darurat akibat kecelakaan di luar area perlindungan. Asuransi ini memiliki masa tunggu bagi nasabah yang memiliki riwayat penyakit yang sudah diderita sebelumnya. 

Hospital & Surgical Plus 

Dengan membeli asuransi tambahan ini kamu bisa memilih satu dari enam plan proteksi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Kelebihan dari produk asuransi ini adalah memberi perlindungan saat rawat inap maupun rawat jalan dengan kemudahan kartu kepesertaan. Jumlah yang ditanggung disesuaikan dengan limit tahunan paket perlindungan yang dipilih. 

Vital Care 

Asuransi tambahan ini memberi perlindungan menyeluruh dari 169 penyakit kritis sejak tahap awal hingga akhir. Saat terkena penyakit kritis tahap akhir seperti stroke, kanker atau serangan jantung, nasabah akan mendapat santunan penghasilan per bulan sebesar 1 persen dari uang pertanggungan selama 100 bulan. Perawatan ICU sebesar 50 persen dari nilai pertanggungan juga memberi ekstra perlindungan untuk penyakit kritis minor kanker. 

Comprehensive Critical Cover 

Additional assurance ini memberi perlindungan menyeluruh terhadap 60 penyakit kritis dengan pembayaran manfaat sekaligus. Kamu bisa memilih masa proteksi yang disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari 65 – 85 tahun. 

Comprehensive Critical Cover Enhancer 

Produk ini merupakan asuransi tambahan yang memberi perlindungan terhadap 68 penyakit kritis. Manfaat lain dari Enhancer adalah memberi proteksi dua kali klaim untuk penyakit kritis stadium awal tanpa melalui masa tunggu. 

AIA Voluntary Solutions 

Perusahaan yang membeli produk ini untuk karyawannya sama saja memberi perlindungan atau manfaat rawat inap, jiwa, penyakit kritis, cacat tetap total atau kecelakaan. Preminya pun terjangkau dengan pilihan pembayaran bulanan atau tahunan. Untuk kepesertaan diberikan bagi pasangan, anak, dan orang tua.

DPLK Pooled Fund

Adalah produk dana pensiun lembaga keuangan (DPLK) yang pengelolaannya menggunakan prinsip pooled fund, perjanjian kerjasama antara DPLK AIA dengan perusahaan dan bukan dikelola secara individu. 

Produk asuransi ini sesuai dengan UU 13/2003 Ketenagakerjaan terkait dengan manfaat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan berlaku untuk semua jenis PHK (full offset). Nilai tambah dari produk asuransi ini adalah dalam hal perpajakan, cara pembayaran manfaat dan pengaturan hak manfaat jatuh tempo karyawan.

Call center asuransi AIA Financial 

AIA Financial – Produk, Cara Cek Saldo, dan Cara Klaim Asuransi 

Untuk mendapat informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi AIA Customer Care : 

AIA Customer Care Line 

1500 980 atau (021) 3000 1 980

Fax : (62-21) 54218699

Email : id.customer@aia.com

Alamat kantor AIA Financial 

Jika ingin berbicara langsung dengan pihak AIA Financial, kamu juga bisa langsung mengunjungi kantor pusat maupun kantor perwakilan cabang di alamat berikut:

Kantor AIA Financial Alamat
AIA Central Jl. Jend. Sudirman Kav. 48A

Jakarta Selatan 12930

Surabaya  Pakuwon Tower Lt. 25

Tunjungan Plaza 6 Jl. Embong Malang No. 36

Kedungdoro – Kec. Tegalsari Surabaya 60261

Bandung  Menara Asia Afrika Lantai 11

Jl. Asia Afrika No. 133-137

Bandung 40112

Medan  Lippo Plaza Medan Lantai 8

Jl.Imam Bonjol No.6 Medan 20112

Cara cek saldo AIA Financial 

Saat kamu telah menjadi nasabah dari AIA Financial, perlu juga diketahui bagaimana cara mengecek saldo asuransi yang kamu miliki. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lalui untuk mendapat info saldo AIA Financial. Adapun beberapa cara tersebut sebagai berikut : 

1. Cara cek saldo asuransi AIA lewat situs resmi 

Cara ini terbilang paling mudah dan efisien karena kamu nggak perlu mendatangi kantor AIA langsung. Terpenting adalah kamu sudah memiliki akun My AIA atau bisa membuatnya terlebih dulu. 

Caranya : 

  • Masuk web resmi AIA dan ketik “belum punya akun AIA”
  • Isi data pendukung untuk membuat akun My AIA. Data tersebut terkait dengan alamat email aktif beserta password atau kata sandi yang digunakan. Kalau mau lebih gampang, kamu bisa langsung masuk dengan akun Facebook atau akun Google. 
  • Login ke web resmi AIA dan kamu langsung bisa mengecek saldo

2. Cara cek saldo ke kantor cabang 

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan datang langsung ke kantor cabang AIA. Hanya saja untuk cara ini berlaku untuk di beberapa kota besar saja seperti Jakarta, Bandung. Surabaya dan Medan. 

3. Cek saldo di agen AIA Financial

Selain dua cara di atas tadi, kamu juga bisa mengecek saldo asuransi AIA melalui agen asuransi dimana kamu membeli produk asuransi ini. Tapi untuk langkah perlu kehati-hatian, pastikan agen tersebut masih terdaftar di AIA. Ini penting dilakukan mengingat banyak kasus penipuan atau penyalahgunaan lainnya. 

4. Cara cek saldo melalui customer care line 

Pilihan lain untuk mengecek saldo AIA adalah melalui customer care line dengan menelepon nomor call center di 1500980. Pihak customer care akan memberikan beberapa instruksi untuk kamu ikuti. 

5. Cara cek saldo melalui AIA Priority Service Line

Cara mengecek lainnya adalah dengan menggunakan AIA Priority Service Line. 

Layanan AIA Priority Service Line untuk mengecek saldo asuransi AIA dapat kamu gunakan dengan cara menghubungi secara langsung di nomor (021) 2927 9676. Atau dapat pula melalui chat atau mengirimkan pesan melalui WhatsApp ke nomor telepon 0811 1611 660. 

Sistem kerjanya sama dengan customer care, bedanya layanan ini memberikan layanan 24 jam nonstop. Sehingga bisa kamu hubungi kapan pun dan dimanapun selama memiliki jaringan dan pulsa yang cukup.  

Cara klaim asuransi AIA Financial 

Saat menggunakan asuransi, nasabah sering mengalami masalah pengajuan klaim asuransi. Agar nggak bingung, berikut tahapan pengajuan klaim asuransi di AIA Financial. 

  • Nasabah mengajukan dokumen klaim lewat Kantor Pusat AIA atau agency officer, bisa juga melalui bank atau customer service terdekat. 
  • Selanjut, pihak AIA akan memeriksa kembali kelengkapan dokumen klaim yang kamu ajukan. Biasanya bila tidak lengkap, nasabah akan dihubungi melalui SMS atau surat dengan masa tunggu 30 hari kerja. Bila sampai lewat batas waktu tunggu nasabah belum juga melengkapi kelengkapan dokumen, maka dokumen klaim akan dikembalikan melalui agen asuransi atau bank penyedia produk asuransi.  
  • Dokumen yang sudah lengkap akan diproses dan nasabah akan mendapat notifikasi melalui SMS bila dokumen klaim telah diterima. 
  • Klaim akan dianalisa oleh pihak AIA hingga ada keputusan klaim. 
  • Setelah ada penilaian keputusan, klaim yang disetujui akan dibayarkan langsung ke nasabah. Lagi, AIA akan memberi informasi melalui SMS atau surat keputusan klaim. 
  • Nasabah menerima pembayaran klaim. 

Sebagai catatan, klaim kesehatan akan diproses dalam waktu 8 hari kerja, sedangkan untuk klaim meninggal memakan waktu proses 11 hari kerja. 

FAQ seputar AIA Financial 

Apa itu AIA Financial?

AIA Financial merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Di bawah AIA Group, AIA Financial menjadi perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Bagaimana untuk menghubungi AIA Financial? 

Nasabah bisa menghubungi nomor AIA Customer Care Line di nomor 1500 980 atau (021) 3000 1 980. Selain itu bisa juga mengirim email melalui id.customer@aia.com.

Bagaimana cara cek saldo AIA Financial? 

Perihal cek saldo, kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara, yaitu melalui situs resmi AIA Financial, mendatangi kantor pusat AIA Financial, menghubungi agen AIA, customer care line, hingga melalui AIA Priority Service Line. Supaya lebih jelas, kamu bisa membaca artikel DuitPintar ini!