Asuransi AdMedika, Daftar Produk, Manfaat, dan Rumah Sakit Rekanan

PT Administrasi Medika (AdMedika) merupakan penyedia layanan administrasi urusan kesehatan dan asuransi kesehatan yang berada di bawah naungan Telkom Group (BUMN).

AdMedika bukanlah perusahaan asuransi, melainkan pihak yang memberikan jaminan pelayanan asuransi kesehatan. AdMedika sendiri sudah bekerja sama dengan rumah sakit baik di dalam maupun luar negeri.

Perusahaan yang sudah beroperasi sejak tahun 2002 ini membantu nasabah asuransi dalam mengajukan klaim asuransi kesehatan di rumah sakit.

Berdasarkan data terbaru di laman web resmi mereka, Admedika berhasil mengelola 4,3 juta pelanggan. Ada total 200 klien dari perusahaan asuransi yang telah mereka tangani. 

Berikut ini informasi lengkap mengenai asuransi Admedika beserta layanannya: 

Seputar layanan Admedika

Asuransi AdMedika, Daftar Produk, Manfaat, dan Rumah Sakit Rekanan

AdMedika sebagai administrator senantiasa menghadirkan layanan yang super inovatif dengan memadukan sistem offline dan online, berikut ini adalah beberapa layanan terbaik dari Admedika:

1. Layanan administrasi klaim asuransi kesehatan

Layanan ini memudahkan pihak perusahaan asuransi dalam hal manajemen klaim dan urusan administrasi asuransi. Semua hal tersebut akan ditangani oleh perusahaan AdMedika termasuk urusan rumah sakit rekanan AdMedika.

2. Layanan klaim digital

Layanan berbasis digital ini memungkinkan cara klaim asuransi AdMedika bisa dilakukan. Alhasil, pihak perusahaan mudah untuk melakukan pembayaran ke rumah sakit rekanan.

3. Admedika Mobile Health untuk peserta

Untuk peserta asuransi sendiri, AdMedika menyediakan layanan Mobile Health bernama aplikasi MyPersona. Peserta asuransi bisa mengakses berbagai kebutuhan asuransi mereka seperti mencari rumah sakit rekanan Admedika, cek limit asuransi AdMedika, melihat benefit, klaim, dan sebagai kartu digital.

Daftar produk AdMedika dan manfaatnya

AdMedika terus berupaya memberikan layanan-layanan terbaik bagi para nasabahnya. Berbagai layanan diberikan oleh AdMedika untuk membantu nasabah memperoleh proteksi dari asuransi yang dibelinya.

Lantas apa saja layanan yang dimiliki oleh asuransi AdMedika? Berikut daftar asuransi AdMedika:

1. AdClaim Pro

Layanan ganti rugi sesuai yang tercantum pada polis asuransi. Layanan dari perusahaan AdMedika ini meliputi rawat jalan dan rawat inap secara cashless dan reimbursement.

Metode cashless berarti nasabah bisa mendapatkan layanan rawat jalan dan/atau rawat inap tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun karena sudah ditanggung pihak asuransi.

Sedangkan metode reimbursement artinya nasabah bisa mendapatkan penggantian biaya rawat jalan yang dibayarkan terlebih dahulu oleh nasabah.

2. AdClaim Manage Care

Sistem perusahaan AdMedika berjenjang dalam memberikan pelayanan kesehatan yaitu dari klinik atau Puskesmas hingga rumah sakit.

Manfaat layanan ini adalah rawat jalan tingkat pertama yaitu klinik atau Puskesmas, rawat jalan tingkat lanjut atau spesialis, manfaat rawat inap, dan manfaat melahirkan yang sering diasosiasikan oleh banyak orang sebagai asuransi melahirkan AdMedika.

3. AdClaim Plus

Layanan tambahan dari perusahaan AdMedika ini memudahkan peserta asuransi bisa langsung terhubung dengan lebih dari 2.500 jaringan provider.

Manfaatnya yaitu kemudahan klaim atau mendapat perawatan kesehatan di rumah sakit atau klinik rekanan. Sebagai catatan, pengurusan administrasi lebih cepat dilakukan di rumah sakit.

4. AdClaim CoB

AdClaim CoB adalah layanan perusahaan AdMedika di mana pembayaran asuransinya berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Manfaat layanan ini adalah koordinasi manfaat sehingga jaminan kesehatan dapat dibayar penuh dan mampu menghindari kelebihan pembayaran dari satu perusahaan asuransi.

5. Assistant Service (I-Assist)

Layanan ini adalah bantuan terpadu di rekanan dalam negeri dan luar negeri yang siap melayani 24 jam setiap hari untuk evakuasi, konsultasi, rujukan medis selain bisa memantau kesehatan secara intensif dan panggilan dokter umum atau dokter spesialis.

6. AdDoc

Layanan klaim ini bersifat elektronik/digital yang terintegrasi melalui situs layanan resmi perusahaan yang membantu mempercepat proses klaim dan pembayarannya selain menghemat biaya SDM dan pengiriman dokumen dengan kata lain efisiensi proses administrasi.

7. AdBrief

Layanan ini adalah hasil pengolahan data dan informasi kesehatan terkait perawatan, manajemen, dan analisis risiko kesehatan yang ditujukan bagi kepentingan dua pihak, pasien/peserta dan perusahaan asuransi.

Manfaat layanan AdBrief sebagai berikut:

  • Disease Management: mengklasifikasikan tren kesehatan berdasarkan penyakit yang bersifat degeneratif atau biaya perawatan tinggi.
  • Medical Case Management: memberikan pelayanan pada kasus-kasus medis khusus.
  • Provider Management: memberikan akses luas terhadap informasi tentang pelayanan kesehatan berkualitas dan efisiensi biaya perawatan medis.
  • Medication Management: dikelola apoteker dalam memberi bantuan dalam memastikan efektivitas, kesesuaian, dan keamanan penggunaan obat terutama bagi pasien yang menderita penyakit degeneratif atau berisiko tinggi.

8. Mobile Health

Layanan mobile buatan perusahaan AdMedika ini memberikan berbagai kemudahan dan informasi terkait klaim, rekanan, dan berbagai informasi lainnya.

Nasabah bisa mendapatkan informasi kesehatan, catatan klaim yang pernah dilakukan, informasi rekanan rumah sakit atau klinik terdekat, dan kartu digital kesehatan.

9. T-Health Digital Service

Layanan digital dari perusahaan AdMedika untuk memantau kondisi kesehatan ibu hamil dan janinnya serta informasi kesehatan lainnya.

Manfaat layanan ini adalah:

  • Deteksi dini dan pemantauan kehamilan.
  • Memperluas akses perawatan pada masa kehamilan dan pasca melahirkan.
  • Membantu meningkatkan manajemen pasien melalui catatan pemantauan kondisi kesehatan selama kehamilan.

10. Hisys

Solusi aplikasi berbasis web dari AdMedika sebagai sistem informasi yang terdiri atas manajemen pelayanan pasien dan manajemen pelaporan.

Hisys memberikan akses 24 jam sehingga memungkinkan dokter bisa memantau informasi kesehatan pasien dengan akses internet. Selain dokter, pihak lain yang berwenang juga bisa melihat kondisi kesehatan pasien.

Kemudahan tersebut ada berkat cloud computing yang meminimalkan biaya hardware  yang mudah dikembangkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

11. TelkoMedika Service

TelkoMedika Service merupakan berbagai kegiatan dan promosi dari perusahaan terkait kesehatan yang terdiri atas vaksin, optik, dan medical checkup (MCU).

Kegiatan dan promosi terkait kesehatan yang berlaku yaitu pemeriksaan kesehatan, pemberian vaksin, pembuatan optik dengan diskon Rp250 ribu untuk kacamata, dan lain-lain.

12. Valuecard

Merupakan kartu kepesertaan yang dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai promo atau diskon di rekanan perusahaan.

Manfaat layanan bagi peserta:

  • Peserta menerima program promo yang dibuat merchant kepada anggota klien
  • Mendapatkan kesempatan membeli produk dengan harga promo
  • Mendapatkan informasi terbaru dari promo yang diberikan
  • Mendapat nilai tambah sebagai pemilik kartu

Manfaat layanan bagi payer:

  • Memberikan nilai plus bagi peserta
  • Meningkatkan daya saing produk asuransi
  • Berpotensi menurunkan claim rate karena merchant terpilih akan fokus pada kegiatan promosi dan tindakan preventif

13. Personal Care Officer

Layanan bagi nasabah asuransi di rumah sakit agar klaim semakin mudah dan cepat, termasuk di dalamnya untuk proses persetujuan tindakan medis.

Manfaat layanan Personal Care Officer adalah:

  • Memberikan pelayanan langsung kepada peserta
  • Melayani permasalahan yang ada di rumah sakit bagi pasien
  • Membantu proses penjaminan saat akan melakukan perawatan di rumah sakit, rawat jalan atau rawat inap
  • Membantu proses persetujuan tindakan medis pasien hingga proses pemulangan

14. CM SMS Notification

Layanan berbasis SMS dari perusahaan AdMedika bagi peserta/nasabah asuransi yang melakukan klaim kesehatan, termasuk informasi pendaftaran hingga estimasi biaya perawatan.

Pengguna akan diberikan konfirmasi penjaminan, konfirmasi pendaftaran, konfirmasi jika klaim ditolak, dan konfirmasi biaya perawatan.

Selain itu, layanan ini juga memberikan informasi estimasi biaya perawatan baik rawat jalan, rawat inap, maupun tindakan medis lainnya.

15. AdPay Personal

Layanan pembayaran online satu pintu dari perusahaan AdMedika untuk berbagai kebutuhan, termasuk pembayaran BPJS, cek limit asuransi AdMedika, pembayaran listrik PLN, dan pembayaran PDAM.

Layanan lain yang ditawarkan adalah mengirim dan menerima uang dari dalam maupun luar negeri, transfer dan setor tunai ke seluruh bank dan pembayaran pulsa seluler termasuk Telkomsel dan operator lain.

Tidak sampai di situ saja, AdPay Personal juga mempermudah pembayaran tiket pesawat dan kereta api, pembayaran cicilan, pembayaran zakat dan infaq, pembelian voucher game online, dan pembayaran televisi berlangganan.

Daftar rumah sakit rekanan AdMedika

Asuransi AdMedika, Daftar Produk, Manfaat, dan Rumah Sakit Rekanan

Jaringan provider alias rumah sakit atau klinik rekanan AdMedika sangatlah banyak, 4.200 provider yang telah tersebar di wilayah Indonesia dan internasional. Rumah sakit tersebut terdiri dari rumah sakit swasta, pemerintah, dan klinik-klinik kecil.

Di luar negeri, jaringan Admedika sudah mencakup wilayah Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, dan Tiongkok.

Untuk memastikan, kamu bisa mengecek aplikasi atau web Admedika apakah perusahaan asuransi dimana kamu terdaftar sudah terafiliasi atau tidak.

Daftar Rumah Sakit Rekanan Admedika
Rumah Sakit Provinsi Alamat No. Telp
Klinik Teratai Kebon Jeruk DKI Jakarta Jalan Kebon Jeruk Raya No.68, Kebon Jeruk, Jakarta (021) 22534039
Mayapada Hospital DKI Jakarta Jalan Lebak Bulus I Kav.29, Jakarta Selatan (021) 29536660
Optik Seis Plaza Senayan DKI Jakarta Jalan Asia Afrika No.8 Lantai 2, Jakarta Pusat (021) 5725154
OMDC Dental Clinic DKI Jakarta Jalan Warung BUncit Raya No.6A, Jakarta Selatan (021) 79196767
RSIA Selaras Cikupa Banten Jalan Raya Serang, Desa Bojong, Tangerang, Banten (021) 5969145
RS Puri Cinere Jawa Barat Jalan Maribaya Blok F2, Depok (021) 7545488
RS Bunda Margonda Jawa Barat Jalan Margonda Raya No.28, Pondok Cina, Depok (021) 78890551
Siloam Hospital Bogor Jawa Barat Jalan Pajajaran No.27, Bogor Tengah (0251) 8303900
RS Islam Bogor Jawa Barat Jalan Perdana Raya No.22, Budi Agung, Bogor (0251) 8316822
RS Tarumajaya Jawa Barat Jalan Raya Tarumajaya No.1B, Kampung Bali, Bekasi (021) 88992337
RS Bhakti Asih Brebes Jawa Tengah Jalan Pangeran Diponegoro No.125 Pesantunan (0283) 673481
RS Muhammadiyah Siti Aminah Jawa Tengah Jalan Diponegoro, Bumiayu (0289) 432209/430683
RS Mardi Rahayu Jawa Tengah Jalan AKBP R Agil Kusumadya No.110, Kudus (0291) 434707
RS Harapan Magelang Jawa Tengah Jalan P Senopati No.11, Magelang (0293) 364033/35
RS PKU Aisyiyah Jawa Tengah Jalan Pasar Sapi Baru Singkil (0276) 322898/3293400
RS Islam Fatimah Jawa Timur Jalan Jember No.25 Banyuwangi (0333) 421451
RS Lukas Jawa Timur Jalan KH Moh Kholil 36A, Bangkalan (031) 3095148
RS Islam Masyithoh Jawa Timur Jalan A. Yani No.6 Bangil (0343) 741018
RS Surya Medika Jawa Timur Jalan Laban Kulon No.58 Menganti, Gresik (031) 7914025
RS Citra Husada Jawa Timur Jalan Teratai No.22 Jember (0331) 486200
RS Bhakti Rahayu Jawa Timur Jalan Ketintang Madya I/16 Surabaya (031) 8295922
RSU Queen Latifa Yogyakarta Jalan Ring Road Barat No.118 Mlangi Nogotirto Gamping, Sleman (0274) 581402
RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta RS PKU Muhammadiyah Gamping: Jalan Wates KM 5,5 Gamping, Sleman (0274) 6499704
RS An Nur Yogyakarta Jalan N Colombo No.14 Yogyakarta (0274) 585848
RS Bali Jimbaran Bali Jalan Kampus Unud Link. Perarudan, Jimbaran (0361) 4725123
Semen Padang Hospital Sumatera Jalan By Pass KM 7, Pauh, Padang (0751) 777888
RS Siloam Bangka Belitung Sumatera Jalan Soekarno Hatta KM.5, Bangka Tengah (0717) 9190900
RS Rafflesia Bengkulu Sumatera Jalan Mahoni No.10 Padang Jati (0736) 21710
RS Mitra Jambi Sumatera Jalan Jendral Basuki Rahmat No.77 Paal Lima Kota Baru, Jambi (0741) 3041377
RS Cut Meutia Sumatera Jalan Garuda No.1, Kebon Baru, Aceh (0641) 425314/4811339
RS Sari Mutiara Sumatera Jalan Kapten Muslim No.79 Medan (061) 8451812
RS Universitas Hasanuddin Sulawesi Jalan Perintis Kemerdekaan KM.11 Makassar (0411) 90245/591331
RSU Woodward (Bala Keselamatan) Sulawesi Jalan LH Woodward No.1 Palu (0451) 421769
RS Meloy Sangatta Kalimantan Jalan Yos Sudarso II No.101 Sangatta (0549) 2026258
RSUD Tarakan (Kalimantan Utara) Kalimantan Jalan Pulau Irian No.1 Kampung Skip (0551) 21720/21166
RS Pertamina Tarakan Kalimantan Jalan Mulawarman No.14, Tarakan (0551) 31403/31665
RS Dirgahayu Kalimantan Jalan Gunung Merbabu No.62 Samarinda (0541) 742161/748309
RS Islam Banjarmasin Kalimantan Jalan Letjen S Parman No.88 Banjarmasin (0511) 3350332
RS Sentra Medika Sanggau Kalimantan Jalan Cempaka, Ilir Kota, Kapuas (0564) 24240
RS Grha Ultima Medika (Group Siloam) NTB Jalan Majapahit No.10 Mataram, NTB (0370) 623999; 628111
RS Siloam Kupang NTT Jalan RW Monginsidi, Fatululi (0380) 8530900
RS Kasih Herlina Timika Papua Jalan A Yani No.37 Timika, Papua (0901) 321433/321443

Perusahaan rekanan Admedika di Indonesia

AdMedika fokus untuk menjadi penyedia solusi kesehatan di Indonesia khususnya pada distribusi asuransi kesehatan. AdMefika menyebut diri mereka sebagai Third Party Administrator (TPA).

Klien-klien AdMedika sudah mencakup perusahaan asuransi maupun perbankan. Beberapa di antaranya adalah asuransi jiwa, seperti:

  • ACA
  • Adira
  • AIA
  • Allianz
  • Angkasa Pura
  • Astra Life
  • Asuransi Garda Oto
  • Asuransi MAG
  • Asuransi Sinar Mas
  • Asuransi ABDA
  • Avrist
  • AXA
  • AXA Mandiri
  • BCA Life
  • Bhinneka Life
  • Bintang
  • BNI Life
  • BRI Life
  • CAR Life
  • Chubb Life
  • Cigna
  • Generali Indonesia
  • Great Eastern General Insurance
  • Lippo Insurance
  • Manulife
  • OJK
  • Panin Dai Ichi Life
  • Pertamina Hulu Indonesia
  • Pertamina Lubricants
  • Peruri
  • PLN
  • Prudential
  • Reliance
  • Samsung Tugu
  • Sequis Life
  • Sunlife
  • Tokio Marine Life
  • Tokopedia
  • Tugu Kresna
  • Zurich Insurance Indonesia

AdMedika tentunya membawa kabar baik bagi para nasabah asuransi yang ingin memperoleh layanan dan fasilitas klaim asuransi yang mudah dan cepat.

AdMedika, sebagai pihak ketiga, bisa menjadi penghubung yang tepat antara nasabah dengan perusahaan asuransi.

FAQ seputar asuransi AdMedika

Apa itu AdMedika?

PT Administrasi Medika (AdMedika) merupakan penyedia layanan administrasi urusan kesehatan dan asuransi kesehatan yang berada di bawah naungan Telkom Group (BUMN). AdMedika bukanlah perusahaan asuransi, melainkan pihak yang memberikan jaminan pelayanan asuransi kesehatan. AdMedika sendiri sudah bekerja sama dengan rumah sakit baik di dalam maupun luar negeri.

Apa saja produk AdMedika?

  1. AdClaim Pro
  2. AdClaim Manage Care
  3. AdClaim Plus
  4. AdClaim CoB
  5. Assistant Service (I-Assist)
  6. AdDoc
  7. AdBrief
  8. Mobile Health
  9. T-Health Digital Service
  10. Hisys
  11. TelkoMedika Service
  12. Valuecard
  13. Personal Care Officer
  14. CM SMS Notification
  15. AdPay Personal