Profil Asuransi Allianz Beserta Pilihan Produk Terbaiknya

Asuransi Allianz merupakan perusahaan asuransi multinasional yang sepak terjangnya tak diragukan lagi di bidang asuransi dan manajemen aset global. Tak hanya menawarkan produk kesehatan saja, Allianz juga memiliki pilihan proteksi untuk karyawan, asuransi jiwa, hingga asuransi syariah. 

Sebagai perusahaan jasa yang menyediakan perlindungan bagi nasabahnya, membuat Allianz mulai melebarkan sayap hingga daerah-daerah di Indonesia. Salah satu bukti komitmennya tersebut adalah bekerjasama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Banten Tbk (BJB), menyediakan produk dan layanan asuransi jiwa bagi nasabah Bank BJB, pada September lalu. 

Untuk mengenal lebih jauh akan asuransi Allianz, kamu perlu tahu lebih dulu latar belakang dari perusahaan asuransi asal Jerman ini. 

Profil asuransi Allianz Indonesia 

Profil Asuransi Allianz Beserta Pilihan Produk Terbaiknya

Asuransi Allianz merupakan perusahaan asuransi asal Jerman yang bergerak di bidang asuransi dan manajer aset terkenal di dunia. Di Asia Pasifik, Allianz hadir sejak 1910 dengan menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota pesisir Cina. 

Pertama kali kantor cabang Allianz berdiri di Indonesia pada tahun 1981, kemudian mulai menyediakan produk asuransi umum di tahun 1989 di bawah PT Asuransi Allianz Utama Indonesia. 

Kemudian di tahun 1996, Allianz masuk ke bisnis proteksi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia. Saat melihat potensi pasar syariah yang menjanjikan, Allianz Utama dan Allianz Life mulai masuk ke bisnis asuransi syariah. Saat ini, berdasarkan laman resmi, Allianz memiliki lebih dari 83, juta nasabah di Indonesia. 

Tahun 2007, Allianz Indonesia meluncurkan Allianz Center yang membawa konsep One Stop Solutions, dimana nasabah dan agen mendapat layanan proteksi di satu tempat. 

Selama menjalankan usahanya, PT Asuransi Allianz Life Indonesia sudah mengantongi izin usaha dengan nomor: 513/KMK.071/1996 dan Kep. 238/KM.13/1989. Allianz juga aman karena sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Hingga saat ini, Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 8,3 juta tertanggung di Indonesia. 

Para agen juga memiliki kanal khusus Allianz Star Network yang menjadi kanal distribusi terdepan untuk produk asuransi Allianz Life Indonesia.

Fitur yang ditawarkan oleh Allianz Star Network adalah pelatihan kepada para agen tentang bagaimana caranya memasarkan produk serta mengembangkan jaringan. Alhasil, nasabah akan bisa memperoleh layanan terbaiknya.  

Pilihan produk asuransi Allianz 

Jenis produk Allianz bervariasi, mulai dari proteksi untuk Individu, Umum, Kesehatan Kumpulan, Syariah, Jiwa Mikro, Asuransi Online (OptimAll), hingga Asuransi Jiwa Kredit.

Berikut ini produk dari Allianz yang bisa kamu pilih: 

SmartLink Flexi Account Plus (Asuransi jiwa)

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang menanggung seorang atau keluarga terhadap kerugian finansial terhadap risiko meninggal. Di asuransi Allianz ada beberapa produk yang masuk di kategori ini, antara lain : 

Jenis produk proteksi jiwa berbalut investasi ini memberi manfaat dasar 100 persen santunan jiwa dan potensi nilai investasi. Selain itu produk ini juga memberikan manfaat tambahan antara lain, santunan 100 penyakit kritis, penggantian biaya perawatan, santunan meninggal dunia atau cacat akibat kecelakaan dan beberapa manfaat lainnya. 

SmartLink New Flexi Account (Asuransi jiwa)

Asuransi ini termasuk dalam jenis asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat 100 persen santunan jiwa ditambah potensi nilai investasi sebagai warisan bagi keluarga. Selain manfaat dasar, New Flexi Account juga punya manfaat tambahan seperti santunan cacat tetap total, santunan 49 jenis penyakit kritis, santunan meninggal dunia atau cacat akibat kecelakaan dan sebagainya. 

Allianz PASTI (Asuransi jiwa Allianz)

Produk Allianz ini memberi perlindungan berupa santuanan kematian dan penyakit kritis. Asuransi ini memberi perlindungan manfaat meninggal dunia, penyakit kritis dan masa akhir kontrak yang akan diberikan jika tertanggung masih setelah tanggal akhir pertanggungan polis sebesar 100 persen uang pertanggungan. 

SmartMed Premier (Asuransi kesehatan Allianz)

Proteksi kesehatan dari Allianz ini memberi manfaat dasar rawat inap dengan manfaat tambahan seperti persalinan, rawat jalan juga rawat gigi. Ada juga manfaat spesial seperti penggantian biaya kemoterapi, hemodialisis, HIV/AIDS, biaya pemakaman dan evakuasi darurat juga pemulangan jenazah. 

SmartHealth Maxi Violet (Asuransi kesehatan Allianz)

Jenis produk ini memberikan fasilitas medis berupa pembayaran non tunai di rumah sakit jaringan Allianz-AdMedika di Indonesia. Selain itu asuransi kesehatan Allianz ini menawarkan Plan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemegang polis dan keluarga. 

AlliSya Care (Asuransi kesehatan Allianz)

Proteksi kesehatan dari Allianz satu ini menjalankan bisnisnya dengan prinsip syariah. Memberikan jaminan perlindungan dasar rawat inap, penggantian biaya perawatan dan manfaat pilihan seperti persalinan, rawat jalan, rawat gigi dan santunan harian. 

SmartMed Cancer (Asuransi kesehatan)

Selanjutnya proteksi kesehatan yang memberi proteksi atas risiko kanker Manfaat perlindungan yang diberikan bisa digunakan untuk mengganti pengeluaran biaya medis. Selain itu juga menjamin pengobatan tradisional, konseling psikologis, konsultasi ahli diet, rawat jalan hingga pemeriksaan diagnostik setelah didapati gejala kanker. 

SmartHealth Care Premier Plus (Asuransi kesehatan Allianz)

Merupakan produk asuransi kesehatan individu yang memberi manfaat komprehensif, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Antara lain biaya perawatan sesuai tagihan, perawatan HIV/AIDS, konsultasi spesialis pasca rawat inap, juga penggantian biaya pengobatan tradisional dan konsultasi psikiater rawat jalan. 

Automobile Liability (Asuransi kendaraan)

Jenis produk ini memberi proteksi pada setiap kerugian atau kerusakan pada mobil atau sepeda motor yang disebabkan oleh kecelakaan atau pencurian. Allianz ada beberapa produk yang bisa kamu tengok seperti Automobile Liability.

Produk ini memberi jaminan tuntutan hukum dari pihak ketiga atas kelalaian yang diakibatkan atas penggunaan kendaraan bermotor atas kecelakaan lalu lintas. Manfaat dari asuransi ini penggantian biaya hukum dan biaya bantuan hukum, limit nilai pertanggungan maksimal Rp5 miliar per tahun per kendaraan. 

Allianz Mobilku (Asuransi kendaraan)

Asuransi kendaraan ini memberi paket perlindungan kendaraan bermotor secara komprehensif dari risiko pencurian kendaraan oleh supir pribadi, perlindungan banjir hingga water hammer, santunan biaya taksi, bantuan darurat 24 jam, juga tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. 

RumahKu Plus (Asuransi bangunan)

Asuransi bangunan atau properti memberi jaminan proteksi terhadap kerusakan properti. Properti yang ditanggung antara lain, rumah, gedung kantor, apartemen dan sebagainya. Asuransi bangunan yang ada di Allianz antara lain: 

Memiliki asuransi ini berarti kamu melindungi properti secara menyeluruh mulai dari bangunan, rumah, penghuni dan isinya dari risiko kebakaran, bencana alam, huru hara, terorisme, serta kematian tertanggung. 

Allianz UsahaKu

Produk perlindungan ini memberi jaminan dari risiko kelangsungan usaha, gugat hukum, kerusakan barang atau properti, uang dalam brankas, kehilangan barang, hingga bencana alam. 

TravelPRO (asuransi perjalanan)

Travel insurance atau asuransi perjalanan adalah perlindungan terhadap risiko kerugian seseorang selama dalam perjalanan. Asuransi sangat cocok untuk kamu yang suka traveling atau rutin bepergian jarak jauh menggunakan pesawat baik business trip atau liburan.  

Asuransi yang menjanjikan travel more, worry less ini memberi manfaat perlindungan pembatalan dan perubahan perjalanan, pengobatan di luar negeri tanpa batas biaya, santunan kecelakaan diri dan cacat tetap, terlambat berangkat dan bagasi minimal 4 jam, kerusakan bagasi dengan 24 jam asisten kondisi darurat. 

Annual TravelPRO

Memberi perlindungan perjalanan tahunan ke luar negeri dengan manfaat cashless program untuk rawat inap di seluruh dunia, biaya medis tanpa batas limit, pilihan plan fleksibel, perlindungan COVID-19 dan banyak manfaat lain. 

AlliSya New TravelPRO

Merupakan asuransi perjalanan ke luar negeri dari Allianz yang dibuat dengan akad syariah. Manfaat yang diberikan cashless untuk biaya pengobatan, kematian dan cacat tetap, terlambat berangkat dan bagasi minimal 4 jam, perlindungan menyeluruh ke luar negeri, juga proteksi bagasi terhadap risiko kerusakan. 

Group TravelPRO

Produk asuransi ini memberi perlindungan untuk sekelompok orang dengan tujuan dan jadwal keberangkatan yang sama. Asuransi ini cocok bagi kamu yang suka traveling bersama keluarga atau rombongan tur. Memberi manfaat keterlambatan, biaya medis, pemulangan jenazah dan biaya pemakaman di luar negeri, kematian dan cacat tetap juga kerusakan bagasi.

Premi Asuransi Allianz

Kisaran premi Allianz bervariasi tergantung jenis polis yang dipilih. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi besaran premi, seperti jenis produk yang diambil oleh pemegang polis, profil tertanggung (usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit), jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan, hingga cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Kamu bisa mengetahui harga premi Asuransi Allianz dengan mengakses laman produk di website resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.  

Sementara itu, pilihan pembayaran premi asuransi Allianz pun beragam, diantaranya: 

  • Melalui berbagai bank di Indonesia
  • Melalui e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia
  • Melalui marketplace asuransi Lifepal.co.id
  • Melalui GO-PAY di eAZy Payment
  • eAZy Payment 
  • Kantor Pos dan Pegadaian 
  • Indomaret 

Kelebihan asuransi Allianz

Sebagai perusahaan bisnis asuransi dan manajemen aset yang sudah malang melintang, asuransi Allianz memiliki beberapa kelebihan antara lain : 

  • Proses pembelian, pembayaran hingga klaim mudah, karena bisa dilakukan secara online. 
  • Kemampuan finansial Allianz untuk pembayaran klaim sangat baik hingga tingkat keamanannya pun tinggi. 
  • Adanya aplikasi Allianz Life untuk pendampingan membantu nasabah atau keluarga memikirkan biaya perawatan rumah sakit. 
  • Pengajuan dan pembayaran klaim cepat. 
  • Produk beragam dengan premi yang terjangkau.  
  • Rumah sakit rekanan Allianz tersebut di seluruh Indonesia hingga luar negeri. 

Layanan Allianz Indonesia 

Seluruh nomor telepon di kantor layanan Allianz Indonesia akan terpusat pada

  • AllianzCare di nomor 1500 136,
  • AllianzCare Sharia di nomor 1500 139,
  • email untuk layanan Allianz Life Indonesia di contactus@allianz.co.id.
  • email untuk layanan Allianz Utama Indonesia di cs@allianz.co.id

Cara cek saldo asuransi Allianz

Profil Asuransi Allianz Beserta Pilihan Produk Terbaiknya

Setiap nasabah asuransi, khususnya produk unit link, pastinya sering bertanya-tanya berapa nilai aset yang dimiliki saat ini. Begitu juga dengan beberapa produk asuransi Allianz yang dikawinkan dengan investasi, dimana cara cek saldo asuransi masih sering jadi pertanyaan bagi nasabahnya. 

Agar nggak bingung, berikut 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek saldo investasi di Allianz. 

1. Pernyataan transaksi 

Allianz setiap bulannya rutin mengirimkan laporan transaksi secara berkala. Secara umum, pernyataan transaksi itu berisi informasi premi yang disetor potongan biaya dan saldo nilai investasi yang tersedia. 

Nah, untuk mengetahui nilai saldo kamu, informasinya ada di bagian paling bawah. Hanya saja perlu dicatat bahwa nilai tersebut bukan nilai yang bisa ditarik seluruhnya. Karena ada ketentuan pengenaan biaya dari produk unit link yang kamu ambil. 

2. Allianz Eazy Connect 

Allianz menyediakan portal online yang bisa diakses nasabahnya untuk memantau nilai investasi, status polis atau histori pembayaran.

Pemakaian pertama kamu harus mendaftar terlebih dulu dengan mencantumkan data pribadi sesuai yang diminta seperti nomor polis, nomor identitas dan tanggal berlaku polis. Setelah dapat, kamu cukup login dengan mengisi user id dan password. 

3. Customer service 

Cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan, bila tak terhubung internet atau tidak dikirimi pernyataan transaksi, adalah dengan menghubungi customer service. Customer Service Allianz Life Indonesia bisa dihubungi melalui telepon 1500136 atau 1500139 (khusus syariah). Ikuti alurnya dan kamu akan diminta menyebutkan nomor polis.

4. Agen asuransi 

Cara paling mudah mengecek saldo dan nilai investasi dengan menanyakan langsung pada agen yang menjual produk asuransi kamu. 

Saat ini agen asuransi sudah dilengkapi dengan portal online yang berisi data nasabah termasuk nilai investasi. Jadi, kalau kamu ingin bertanya, mereka cukup membuka portal tersebut dan menyebutkan nominal saldo yang kamu miliki. 

Demikian, semoga informasi mengenai asuransi Allianz ini membantu kamu ya. 

FAQ asuransi Allianz 

Apa itu asuransi Allianz? 

Asuransi Allianz merupakan perusahaan asuransi asal Jerman yang bergerak di bidang asuransi dan manajer aset terkenal di dunia. Pertama kali kantor cabang Allianz berdiri di Indonesia pada tahun 1981, kemudian mulai menyediakan produk asuransi umum di tahun 1989 di bawah PT Asuransi Allianz Utama Indonesia. 

Apa saja produk asuransi kesehatan di Allianz? 

  1. SmartMed Premier 
  2. SmartHealth Maxi Violet 
  3. AlliSya Care 
  4. SmartMed Cancer 
  5. SmartHealth Care Premier Plus 

Bagaimana cara cek saldo asuransi Allianz? 

Ada empat cara cek saldo Allianz, yaitu melalui pernyataan transaksi, aplikasi Allianz Eazy Connect, Customer service, dan menghubungi Agen asuransi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat di artikel Duit Pintar berikut.