Asuransi Dwiguna – Jenis Polis, Manfaat dan Pilihan Terbaik

Ada asuransi dwiguna dalam asuransi jiwa. Asuransi dwiguna atau endowment adalah asuransi jiwa yang memiliki manfaat uang pertanggungan dan tabungan atau nilai tunai.

Jenis asuransi jiwa ini sangat cocok untuk kamu yang saat ini berusia produktif. Manfaatnya pun dapat dirasakan untuk jangka panjang.

Tertarik untuk ikut asuransi dwiguna? Yuk, simak ulasan tentang jenis polis, manfaat, dan pilihan terbaiknya berikut ini!

Manfaat asuransi jiwa dwiguna

Asuransi Dwiguna – Jenis Polis, Manfaat dan Pilihan Terbaik

Asuransi endowment ini tidak hanya memberikan uang pertanggungan, tetapi juga manfaat tabungan untuk masa depan. Ini tentu bisa menjadi motivasi kamu untuk menabung demi keluarga. 

Amit-amit kamu sebagai tulang punggung keluarga harus “pergi” duluan. Setidaknya, keluarga yang kamu tinggalkan tentu masih memiliki dana pertanggungan asuransi untuk melanjutkan hidupnya.

Apa saja manfaat asuransi endowment ini?

1. Akumulasi dana

Sebagai pemegang polis, kamu wajib membayar iuran atau premi secara berkala sesuai dengan nilai polis yang disepakati.

Nah, nilai tunai pembayaran iuran atau premi inilah yang akan terakumulasi dan dapat dicairkan pada waktu tertentu sesuai dalam perjanjian polis.

2. Santunan kematian

Uang santunan kematian akan diberikan kepada ahli waris yang telah ditunjuk dan disepakati jika nasabah atau pemegang polis meninggal dunia.

3. Premi yang disetorkan aman

Iuran atau premi yang telah disetorkan akan diberikan kembali kepada nasabah apabila nasabah pemegang polis masih hidup hingga masa akhir pertanggungan.

Jadi, iuran atau premi yang selama ini kamu setorkan akan aman dan tidak hangus.

4. Bonus asuransi

Asuransi ini menawarkan dua jenis bonus juga, yaitu:

  • Bonus tidak ada klaim akan diberikan jika pemegang polis tidak mengajukan klaim asuransi pada waktu tertentu.
  • Bonus berakhirnya masa asuransi dapat dicairkan jika pemegang polis tidak mengajukan klaim sampai dengan akhir masa asuransi dwiguna.

Jenis polis asuransi jiwa dwiguna

Dengan manfaat yang double, asuransi dwiguna menawarkan perlindungan asuransi jiwa dan tambahan manfaat tabungan. Jadi, wajar saja kalau premi asuransi ini akan lebih besar dari asuransi jiwa biasa ya.

Jenis polis endowment atau asuransi dwiguna umumnya ada tiga, apa saja? Berikut ini penjelasannya!

1. Asuransi dwiguna pendidikan

Hampir semua orang tua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Sadar bahwa biaya pendidikan semakin mahal, orang tua pun harus mempersiapkan dananya sedini mungkin.

Dengan asuransi endowment ini, kamu sebagai orang tua bisa mengumpulkan uang untuk membiayai dana pendidikan anak sesuai dengan perencanaan keuangan yang kamu targetkan.

Pencairan dananya bisa dilakukan secara bertahap sesuai tiap jenjang pendidikan. Jika saat ini kamu memiliki anak usia balita, asuransi ini perlu kamu pertimbangkan banget untuk dimiliki.

Sebab semakin dini kamu memilikinya, semakin besar manfaatnya karena waktu menabung yang semakin panjang.

2. Asuransi dwiguna PNS

Jenis endowment dari PT Taspen yang satu ini dikhususkan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Jaminan keuangan akan diberikan jika nasabah berhenti bekerja karena pensiun atau akan diberikan kepada ahli waris kalau nasabah meninggal dunia.

Minimal nilai manfaat yang harus dibayarkan PT Taspen adalah Rp3 juta dengan iuran/premi yang harus dibayar setiap bulan sebesar penghasilan bulanan (gaji pegawai ditambah tunjangan keluarga) x 3,25 persen.

Nasabah juga wajib menyerahkan data pribadi dan anggota keluarga. Laporkan juga bila ada perubahan gaji ataupun pangkat ya.

3. Asuransi dwiguna pensiun

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit memang tepat untuk dijadikan prinsip menabung dari sekarang, terlabih di usia kamu yang saat ini masih produktif untuk bekerja dan menghasilkan uang.

Jangan sampai kamu menghabiskan hari tua atau pensiun dengan kondisi finansial yang buruk.

Sebab untuk masa tua, tentu saja asuransi dwiguna jenis ini menjadi rencana keuangan jangka panjang yang hanya dapat dicairkan saat pensiun.

Namun, jika nasabah meninggal dunia sebelum masa pensiun, uang pertanggungan bisa digunakan sebagai dana pensiun bagi anggota keluarga yang berhak menerimanya.

Cara memilih asuransi jiwa terbaik dengan melihat Risk Based Capital (RBC)

Asuransi Dwiguna – Jenis Polis, Manfaat dan Pilihan Terbaik

Dari sekian banyaknya perusahaan dan produk asuransi dwiguna yang ditawarkan ke kamu. Kamu tertarik ingin memilikinya, tapi bingung mau pilih yang mana?

Tenang, kamu bisa cek Risk Based Capital (RBC) dari setiap perusahaan asuransi yang menawarkan kamu. Apa itu RBC?

RBC adalah metode pengukuran batas tingkat solvabilitas untuk melihat tingkat kesehatan keuangan perusahaan asuransi.

Bukan sembarang istilah, RBC ini termasuk ke dalam aturan POJK No. 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi yang telah direvisi dengan aturan baru sebelum tahun 2020.

Ketentuan RBC minimal menurut OJK adalah 120 persen. Itu berarti besarnya nilai aset bebas atau aset yang tersisa setelah perusahaan asuransi memenuhi kewajibannya minimal adalah 120 persen dari nilai risiko yang dihadapinya.

Prinsipnya mudah kok. Semakin besar rasio solvabilitas yang dimiliki perusahaan asuransi, semakin sehat kondisi keuangannya.

Perusahaan asuransi juga wajib melaporkan rasio solvabilitasnya ke pemerintah.

Perusahaan akan dinyatakan mengalami kesulitan keuangan dan perlu menjalani upaya penyehatan jika nilai RBC dan nilai Rasio Kecukupan Investasinya kurang dari 100 persen pada tahun terakhir.

Ada dua tujuan pengukuran batas tingkat solvabilitas perusahaan asuransi, yaitu:

  • Memastikan kemampuan perusahaan asuransi dalam memenuhi kewajibannya, termasuk dalam pembayaran klaim.
  • Mengetahui modal yang dibutuhkan perusahaan berdasarkan tingkat risiko yang dihadapinya dalam mengelola kekayaan dan kewajibannya.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain juga dari RBC ini, seperti:

  • Menjadi data untuk melihat kebutuhan modal perusahaan dalam mengelola kekayaan dan kewajibannya berdasarkan tingkat risiko yang dihadapi.
  • Menentukan faktor risiko terhadap kondisi kepailitan.
  • Mengantisipasi dan mengurangi biaya kepailitan.
  • Mengantisipasi masalah keuangan, seperti gagal bayar di masa depan.
  • Menjadi data bagi pemerintah untuk mengukur nilai aktual suatu ekuitas.
  • Menjadi data bagi publik untuk memilih perusahaan asuransi yang bisa dipercaya.

Syarat pengajuan dan cara mendaftar asuransi online

Setiap perusahan asuransi dengan asuransi endowment ini pasti memiliki syarat dan cara pendaftaran yang berbeda-beda ya.

Mudahnya, kamu bisa cek di website atau menghubungi langsung perusahaan asuransi terkait yang membuatmu tertarik.

Namun, ada beberapa persyaratan umum yang kamu butuhkan untuk menjadi pemegang polis asuransi dwiguna ini, yaitu:

  • Usia nasabah pemegang polis minimal 18 tahun.
  • Usia tertanggung bervariasi, mulai dari 1 tahun-65 tahun tergantung perusahaan penyelenggara asuransi.
  • Iuran atau premi yang wajib dibayarkan setiap bulan atau tahunnya.
  • Rentang masa asuransi umumnya 20 tahun.

Untuk melakukan pendaftaran atau pengajuan asuransi dwiguna, kamu bisa melakukannya secara online dengan kemudahan teknologi saat ini.

Namun, karena kamu tidak bisa bertanya langsung dengan customer service layaknya pengajuan offline, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan secara mandiri nih, seperti:

  • Baca dan pahami produk dengan baik.
  • Pilih produk sesuai kebutuhan.
  • Perhatikan premi dan periode pembayarannya.
  • Cek keamanan dan privasi.
  • Lakukan perbandingan.
  • Pastikan respon mudah dan cepat.

Sama seperti syarat, cara pendaftaran atau pengajuan asuransi dwiguna secara online setiap perusahaan pasti berbeda, tapi secara umum adalah sebagai berikut.

  • Siapkan berkas dan dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran pihak tertanggung, NPWP, dan lainnya sesuai ketentuan perusahaan asuransi.
  • Masuk ke alamat situs perusahaan asuransi yang telah kamu pilih lalu isi formulir yang telah disediakan secara online.
  • Pilih premi per bulan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.
  • Simpan data dan tunggu balasan notifikasi nomor registrasi di email.
  • Cetak lembar virtual account yang telah dikirimkan lewat email.
  • Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan dengan menyerahkan nomor virtual account pada teller.
  • Setelah melakukan pendaftaran, biasanya kamu akan dikonfirmasi melalui telepon dari perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Beberapa istilah dalam asuransi

Untuk menambah informasi dan pengetahuanmu tentang asuransi dwiguna, ada beberapa istilah asuransi nih yang perlu kamu ketahui, seperti:

  • Polis asuransi: kontrak tertulis antara perusahaan asuransi dengan nasabah yang berisi pengalihan risiko, jenis risiko yang ditanggung, hingga jangka waktu perlindungan diberikan. 
  • Premi asuransi: sejumlah uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi/reasuransi dan disetujui oleh pemegang polis. Dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi/reasuransi. 
  • Tertanggung asuransi: pihak yang menghadapi risiko dalam perjanjian asuransi/reasuransi.
  • Klaim: pengajuan resmi kepada perusahaan asuransi untuk meminta pembayaran. Perusahaan harus membayarkan nilainya kepada pihak tertanggung.
  • Biaya akuisisi: biaya yang dikeluarkan pada saat penerbitan polis.
  • Biaya administrasi: biaya yang dibayarkan untuk keperluan administrasi. 
  • Lapse: hilangnya manfaat/jaminan perlindungan polis yang disebabkan karena pembayaran premi terhenti. 
  • Rider/asuransi tambahan: manfaat tambahan dari asuransi untuk menambah pertanggungan dari manfaat utama yang sudah ada. Rider juga bisa menanggung pertanggungan yang dikecualikan pada polis utama.
  • Ahli waris: nama orang yang tercantum dalam polis untuk menerima santunan apabila terjadi kematian pada tertanggung.
  • Nilai tunai: sejumlah uang yang terdapat pada program asuransi kamu yang bisa kamu klaim pada waktu yang sudah ditentukan.
  • Cuti premi: pilihan yang memungkinkan nasabah asuransi berhenti membayar polis dalam beberapa waktu tertentu.
  • Endowment plan: asuransi yang memiliki dua manfaat, yaitu asuransi dan tabungan. Biasanya ada pada jenis asuransi jiwa.
  • Field underwriting: proses seleksi akan risiko yang dimiliki oleh nasabah asuransi.
  • Risk Based Capital (RBC): rasio solvabilitas untuk mengukur kesehatan dan keamanan finansial perusahaan asuransi. Ukurannya berdasarkan kemampuan modal mereka untuk menutup seluruh kerugian yang ada

FAQ

Apa saja jenis polis asuransi dwiguna?

Jenis polis asuransi dwiguna adalah asuransi pendidikan dwiguna, asuransi dwiguna PNS, dan asuransi dwiguna pensiun.

Apa itu lump sum dalam asuransi?

Lump sum adalah istilah universal yang menggambarkan cara pembayaran secara tunggal. Pada asuransi jiwa, terdapat pilihan pembayaran sekaligus di awal atau biasa dikenal dengan istilah single premi.

Mengapa asuransi jiwa penting?

Asuransi jiwa penting untuk kamu miliki karena:

  • Sebagai upaya untuk meminimalkan risiko dari musibah yang kapan saja bisa terjadi.
  • Memberikan manfaat santunan cacat hingga kematian.
  • Ketenangan batin bagi pencari nafkah.
  • Sebagai instrumen investasi.
  • Kematian merupakan hal yang pasti.