Asuransi Gigi – Premi, Daftar Pilihan Terbaik, dan Cara Klaim

Apa itu asuransi gigi? Asuransi gigi adalah jenis asuransi kesehatan yang dapat memberikan manfaat berupa biaya perawatan gigi.

Perawatan gigi ini umumnya meliputi perawatan dasar, perawatan kompleks, pemasangan gigi palsu, perawatan gigi berlubang, gigi tanggal atau bahkan implan.

Meski begitu, setiap perusahaan asuransi biasanya bisa memberikan manfaat yang berbeda, tergantung pada jenis produk asuransi yang digunakan. 

Secara umum asuransi gigi atau pertanggungan gigi ini merupakan jenis asuransi rider atau tambahan. Artinya, untuk bisa mendapatkan manfaatnya, kamu harus memiliki asuransi kesehatan terlebih dahulu.

Namun, beberapa produk asuransi gigi juga berdiri sendiri atau stand alone.

Manfaat asuransi gigi

Asuransi Gigi – Premi, Daftar Pilihan Terbaik, dan Cara Klaim

Setiap jenis asuransi tentunya memiliki manfaat dan keuntungan untuk memberikan perlindungan kepada tertanggung.

Sama halnya dengan pertanggungan gigi, ada beberapa keuntungan yang bisa dinikmati tertanggung dengan membeli pertanggungan gigi, yaitu:

  • Tertanggung dapat melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin pada gigi dengan biaya yang jauh lebih terjangkau. Seperti yang kamu ketahui, biaya perawatan gigi merupakan salah satu perawatan yang membutuhkan banyak biaya jika dibandingkan dengan perawatan lainnya. 
  • Menghindari terjadinya penyakit gigi yang lebih serius.
  • Beberapa pertanggungan gigi memungkinkan kamu untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi rutin baik di dalam maupun di luar negeri.

Selain itu, pertanggungan gigi juga bisa memberikan beberapa manfaat sekaligus pada tertanggung, diantaranya:

  • Perawatan dasar, bisa memberikan manfaat berupa kunjungan rutin seperti misalnya pembersihan karang gigi, penambalan gigi atau pencabutan gigi.
  • Perawatan estetika yang umumnya ditujukan untuk kebutuhan keindahan gigi, seperti misalnya memutihkan gigi, merapikan, atau bisa juga pemasangan behel. 
  • Perawatan kompleks, biasanya mencakup penyakit gigi yang cukup serius seperti implan gigi atau pembedahan gigi. 
  • Pemasangan gigi palsu, manfaat ini bisa didapatkan tertanggung atau pasien jika sudah memperoleh persetujuan dari dokter gigi yang dibuktikan dengan surat dokter.

Jenis asuransi gigi

Jenis pertanggungan gigi dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu:

1. Asuransi kesehatan plus gigi

Jenis pertanggungan gigi yang satu ini  biasanya merupakan jenis asuransi tambahan atau rider.

Ketika seseorang membeli produk asuransi kesehatan, orang tersebut juga bisa memperoleh manfaat pertanggungan gigi sehingga tidak perlu lagi mencari produk asuransi yang terpisah.

2. Asuransi gigi stand alone

Pertanggungan gigi stand alone adalah pertanggungan gigi yang berdiri sendiri tanpa perlu didukung dengan polis dasar asuransi kesehatan atau lainnya.

Jika kamu sudah memiliki produk asuransi kesehatan tapi disisi lain juga menginginkan perlindungan gigi dengan manfaat yang lebih besar, maka kamu bisa membeli pertanggungan gigi stand alone ini.

Premi asuransi gigi

Premi asuransi merupakan sejumlah dana yang harus dibayarkan oleh tertanggung sebagai kewajiban pada pihak perusahaan asuransi.

Premi ini biasanya dibayarkan per bulan, atau terkadang ada juga perusahaan asuransi yang meminta pembayaran beberapa bulan sekali. 

Besar premi asuransi gii beragam, mulai dari Rp 1000 hingga Rp 300.000 atau lebih tiap bulannya.

Besar kecilnya biaya premi akan sangat tergantung pada beberapa kondisi, mulai dari usia tertanggung, kondisi kesehatan gigi tertanggung, manfaat yang diperoleh dan sebagainya. 

Sebelum memilih besaran premi, ada baiknya untuk memeprtimbangkan kemamppuan finansial kamu dan juga manfaat apa saja yang bisa diberikan perusahaan asuransi.

Jangan sampai kamu memilih premi yang asal murah, tapi ternyata tidak dapat mengcover biaya perawatan gigi secara penuh.

Cara klaim asuransi gigi

Asuransi Gigi – Premi, Daftar Pilihan Terbaik, dan Cara Klaim

Untuk melakukan klaim pertanggungan gigi, ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni:

1. Cashless (nontunai)

Klaim cashless adalah salah satu cara penggantian biaya perawatan gigi yang mana nasabah hanya perlu menunjukkan kartu asuransi saja agar dapat menikmati layanan perawatan gigi.

2. Reimbursement (tunai)

Jenis klaim reimbursement adalah jenis klaim yang mewajibkan nasabah atau pasien untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu.

Setelah perawatan selesai, perusahaan asuransi akan mengganti biaya perawatan yang sudah dilakukan tersebut. 

Ada beberapa kondisi yang mana klaim kamu mungkin ditolak, misalnya:

  • Dokumen pengajuan klaim tidak lengkap.
  • Pasien dalam masa tunggu polis. 
  • Klaim sudah melampaui limit yang sudah ditentukan. 
  • Penyebab klaim termasuk dalam daftar pengecualian.

Tips memilih asuransi gigi

Sebelum memilih pertanggungan gigi mana yang akan kamu gunakan, ada baiknya coba pahami dulu tips memilih pertanggungan gigi berikut ini.

1. Cek premi asuransi gigi

Mengecek premi asuransi adalah hal yang wajib kamu lakukan. Dengan mengecek nilai premi, kamu jadi tahu, apakah premi tersebut memberatkan keuanganmu atau tidak.

Selain itu, kamu juga akan tahu manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari perusahaan asuransi jika kamu membayar premi dengan jumlah tersebut.

Kadangkala ada pertanggungan gigi yang preminya murah, tapi ternyata nilai pertanggungannya tidak begitu sesuai.

Bisa juga ada premi yang murah tapi tidak bisa meng-cover beberapa perawatan gigi. Tentunya ini bisa merugikan kamu sebagai nasabah.

2. Cari tahu bagaimana cara klaim

Cari tahu juga bagaimana perusahaan gigi akan membayarkan manfaat. Ada perusahaan gigi yang menggunakan sistem cashless. Itu berarti hanya dengan kartu, kamu sudah bisa mendapatkan manfaat pertanggungan biaya.

Ada juga perusahaan asuransi yang memberlakukan sistem reimbursement. Artinya, kamu harus membayar terlebih dahulu baru kemudian akan diganti perusahaan asuransi.

Mana yang harus dipilih? Tentu saja semua tergantung pada kenyamanan kamu sebagai nasabah. Jika tak ingin repot menyediakan biaya terlebih dahulu, kamu bisa pilih sistem klaim cashless.

3. Kebijakan renewal guarantee

Kebijakan renewal guarantee berarti kesempatan untuk memperpanjang polis ketika jangka waktu polis sudah hampir selesai.

Hal ini tentu akan membuat nasabah menjadi lebih tenang karena bisa mendapatkan perlindungan dengan jangka waktu yang lebih lama. 

Daftar asuransi gigi terbaik di Indonesia dan pertanggungannya

Berikut ini adalah beberapa daftar pertanggungan gigi terbaik yang bisa jadi pilihan:

1. Asuransi Cigna

Asuransi Cigna memiliki premi mulai dari Rp180 ribuan per bulannya. Asuransi ini memiliki syarat masuk usia 21 sampai 59 tahun untuk kategori dewasa dan 1 sampai 17 tahun untuk kategori anak-anak.

Pertanggungan gigi dari Cigna dapat memberikan pertanggungan berupa:

  • Perpanjangan polis hingga usia 65 tahun (dewasa) dan 23 tahun (anak).
  • Manfaat limit tahunan mencapai Rp24 juta per tahun. 
  • Pertanggungan biaya scaling, penambalan, pencabutan gigi, pembuatan jembatan, dan dental bridge.

2. AXA Mandiri

Syarat usia nasabah AXA Mandiri adalah 0 – 8 tahun. Premi pertanggungan gigi dari AXA MAndiri dibayarkan per tahun atau setahun sekali.

Dengan asuransi ini, kamu bisa menikmati perawatan gigi baik di dalam ataupun di luar negeri khususnya di kawasan Asia.

Manfaat pertanggungan yang diberikan antara lain biaya perawatan gigi dasar (basic care) yang mengikuti tagihan dari rumah sakit.

3. Allianz

Pertanggungan gigi dari Allianz adalah jenis asuransi tambahan atau rider. Usia masuk untuk nasabah utama adalah 15 hari sampai 60 tahun dan masa polis bisa diperpanjang hingga 70 tahun. 

Manfaat pertanggungan yang diberikan Allianz, yaitu:

  • Pertanggungan biaya pencegahan kesehatan gigi (rider).
  • Pertanggungan biaya perawatan kesehatan gigi dasar (rider).
  • Pertanggungan biaya perawatan kesehatan gigi kompleks (rider).
  • Pertanggungan biaya gigi palsu (rider).

4. Prudential

Asuransi gigi Prudential menyasar karyawan dengan jumlah karyawan minimal 5 orang, dengan usia 18 hingga 70 tahun. Besar premi minimal adalah Rp3 juta per tahun. Manfaat pertanggungan yang diberikan, yaitu:

  • Pertanggungan perawatan gigi akibat kecelakaan sesuai tagihan.
  • Limit tahunan mulai dari Rp500 ribu hingga Rp4 juta (rider).
  • Pertanggungan perawatan gusi (rider).
  • Pertanggungan perawatan pencegahan maksimal 2 kali selama masa polis (rider).
  • Pertanggungan perawatan kompleks (rider).
  • Pertanggungan perawatan gigi dasar sesuai tagihan (rider).
  • Pertanggungan perawatan perbaikan (rider).

5. Chubb

Polis asuransi gigi Chubb hanya diperuntukkan bagi nasabah BNI. Besar preminya adalah Rp148 ribu-Rp211 ribu per bulan dengan masa tunggu 90 hari. Usia masuk nasabah, yaitu antara 18 hingga 60 tahun.

Adapun manfaat pertanggungan yang diberikan meliputi:

  • Santunan atas biaya pencegahan, seperti pemeriksaan mulut, pembersihan, atau pengaplikasian fluoride.
  • Santunan atas biaya darurat gigi, seperti nyeri, bengkak, atau pendarahan.
  • Santunan atas biaya radiologi gigi, perawatan saluran akar gigi, dan pencabutan gigi.

6. Manulife

Asuransi ini bersifat sebagai asuransi tambahan atau rider. Usia masuk nasabah adalah 18 hingga 70 tahun (dewasa) dan 30 hari sampai 17 tahun (anak-anak). 

Asuransi Manulife dapat memberikan manfaat pertanggungan tahunan dengan pilihan Rp10 juta atau Rp20 juta.

Selain itu, ada juga manfaat biaya pencegahan, biaya perawatan gigi dasar, biaya perawatan gigi kompleks, biaya crown, implant, dan prosthesis.

7. AIA

Asuransi gigi AIA menyasar karyawan dengan jumlah karyawan 5-50 orang. Usia masuk nasabah adalah 17-59 tahun (dewasa) dan 15-23 tahun (anak).

Manfaat pertanggungan perawatan gigi mencakup pertanggungan:

  • biaya konsultasi,
  • pemeriksaan diagnostik dan laboratorium,
  • biaya dokter spesialis, pengobatan gigi dasar, dan
  • fisioterapi.

FAQ

Apakah asuransi kesehatan telah meng-cover gigi?

Secara umum, asuransi kesehatan tidak meng-cover gigi. Itulah kenapa dibutuhkan asuransi tambahan untuk perlindungan perawatan gigi.

Apakah pasang behel bisa pakai asuransi?

Belum pasti, tergantung pada jenis atau produk asuransi gigi yang dipilih. Ada asuransi yang meng-cover pemasangan behel dan ada juga yang tidak.