Asuransi Rumah Terbaik – Keuntungan, Daftar Produk, dan Premi

Tak hanya diri kita dan keluarga yang membutuhkan asuransi, tapi rumah atau apartemen juga harus memiliki asuransi rumah terbaik.

Properti atau rumah merupakan aset berharga hasil dari sebuah pencapaian yang patut menerima perawatan dan perlindungan.

Kejadian yang tidak diinginkan, seperti pencurian, musibah, atau kerusakan bisa datang kapan saja tanpa permisi.

Hal tersebut menjadi faktor penting bahwa sudah sewajarnya rumah kita mendapat fasilitas perlindungan untuk meminimalkan kerugian yang mungkin datang tiba-tiba. 

Asuransi menjadi jalan terbaik untuk memberikan proteksi keseluruhan terhadap diri kita, keluarga, bahkan harta benda.

Untuk kamu yang sedang mencari referensi asuransi properti terbaik, artikel ini bisa dijadikan panduannya. Info selengkapnya di bawah ini. 

Apa itu asuransi rumah terbaik?

Asuransi Rumah Terbaik – Keuntungan, Daftar Produk, dan Premi

Asuransi rumah terbaik harus memiliki manfaat yang lengkap untuk menanggung segala bentuk kerugian yang terjadi pada properti atau rumah yang diasuransikan.

Asuransi properti merupakan salah satu produk asuransi yang memberikan jaminan pertanggung jawaban atas rumah dan properti yang diasuransikan atas kerugian yang terjadi akibat musibah, pencurian, dan perawatan.

Dalam hal ini, properti merupakan benda-benda yang bernilai tinggi, seperti rumah, gudang, kos-kosan atau kontrakan, kantor, ruko, rumah kantor, apartemen, dan masih banyak lagi. 

Tujuannya dibentuknya asuransi properti adalah untuk memberikan manfaat atas risiko kerugian finansial yang tidak diinginkan menimpa properti.

Bagi kamu yang memiliki properti seperti di atas, sangat disarankan untuk memiliki asuransi properti demi memberikan rasa aman dan perlindungan lebih.

Dalam dunia asuransi properti, ada beberapa jenis asuransi yang nanti akan dijelaskan lebih lengkap setelah ini ya. 

Keuntungan memiliki asuransi rumah terbaik

Secara umum, keuntungan memiliki asuransi properti adalah untuk mengurangi risiko kerugian oleh pemilik properti yang propertinya diasuransikan.

Ada beberapa manfaat lainnya yang akan didapat, yaitu:

1. Rasa aman dan nyaman

Semua orang mendambakan hidup dengan rasa aman dan nyaman. 

Pasalnya, tidak ada seorang pun yang tahu jika harta benda yang sudah kamu kumpulkan bertahun-tahun demi kenyamanan mungkin hilang atau hal buruk terjadi semacam musibah, pencurian, atau kebakaran. 

Karena itu, asuransi properti hadir sebagai tindakan preventif atas kerugian yang muncul di masa depan. Kamu dan keluarga lebih aman dan nyaman dalam menikmati hidup.

2. Mendapat perlindungan hukum

Kerusakan akibat kurang perawatan atau bencana alam bisa mengakibatkan orang lain terluka ketika berada di area properti. Yang mungkin membuat kamu terlibat dalam kasus hukum. 

Asuransi properti juga menawarkan manfaat perlindungan hukum kepada pemilik properti dan properti itu sendiri dari segala tuntutan hukum yang dibuat korban.

3. Mendapatkan manfaat ganti rugi

Musibah atau kebakaran bisa terjadi di masa depan bisa saja terjadi.

Kapan pun kamu harus siap menanggung risiko finansial jika benda berharga ini hilang atau rusak. Situasi makin memburuk jika keuangan juga sedang tidak stabil.  

Asuransi properti juga diadakan untuk membantu menanggung kerugian rumah dan properti kamu secara proporsional yang sudah disepakati kedua pihak.  

Jenis-jenis produk asuransi rumah terbaik

Alasan dan manfaat dari memiliki asuransi properti di atas sudah seharusnya menjadi alasan kuat bagi kamu untuk memulai menggunakan asuransi rumah tinggal terbaik untuk memproteksi aset berharga. 

Berikut beberapa produk asuransi rumah terbaik yang ada di Indonesia. Kamu bisa menjadikannya sebagai referensi ketika mencari asuransi properti yang bagus.

1. Asuransi rumah Sinar Mas

Salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia, Sinar Mas, tak hanya meluncurkan produk asuransi kesehatan, tetapi juga asuransi properti dengan manfaat polis yang menguntungkan.

Beberapa produk asuransi properti yang disediakan meliputi Simas Rumah Hemat++ dengan manfaat ganti rugi, manfaat biaya pengobatan bagi kecelakaan, hingga santunan cacat permanen dan meninggal dunia.

Untuk sektor bisnis, Simas Ruko sepertinya lebih cocok dengan manfaat ganti rugi PSAKI atau Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia dan manfaat pertanggungan atas harta benda di dalam gedung/ruko/kantor. 

2. Asuransi rumah BCA

Sebagai salah satu perusahaan finansial swasta terbesar di Indonesia, BCA juga memberikan pelayanan asuransi rumah terbaik.

BCA Insurance atau asuransi properti BCA memberikan harga premi yang terjangkau dengan manfaat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. 

Ada dua produk BCA Insurance yang bisa dipilih: Asuransi properti BCA Jaminan perluasan dan asuransi properti BCA Jaminan Pokok.

Jamian proteksinya pun mencangkup kerusakan akibat kecelakaan pesawat terbang dan petir.

3. Asuransi rumah Allianz

Melalui program asuransi properti, Allianz menghadirkan dua pilihan produk asuransi hunian: Rumahku Plus Houseowner dan Rumahku Plus Householder.

Kedua produk asuransi ini memberikan perlindungan tempat tinggal berserta barang elektronik dan furniture

Biaya ganti ruginya pun cukup tinggi hingga Rp20 miliar. Asuransi Allianz juga memberikan akomodasi sementara jika terjadi kerusakan pada hunian hingga santunan meninggal dunia 

4. Asuransi rumah ACA

Salah satu opsi asuransi rumah terbaik tahun 2021 adalah asuransi properti dari asuransi ACA dengan premi standar sebesar 0,088% dari jumlah nilai pertanggungan. 

Asuransi ACA hanya menerima  rumah dengan konstruksi 1 yang sebagian besar terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar. 

Ada beberapa pilihan asuransi yang bisa kamu pilih, seperti asuransi kebakaran, asuransi gempa bumi, asuransi pembongkaran, asuransi pencurian, dan asuransi di sektor industri atau properti. 

Sementara cakupan jaminan perlindungannya sudah termasuk jaminan kerusakan akibat petir hingga jatuhnya pesawat terbang. 

5. Asuransi rumah BRINS

Jika kamu adalah salah satu nasabah BRI, asuransi properti BRINS dari BRI Insurance bisa jadi pilihan terbaik. 

BRI Insurance menghadirkan tiga kelas atau tingkatan asuransi properti, yaitu Silver, Gold, dan Premium.

Kamu bisa menentukannya berdasarkan kemampuan finansial kamu karena biaya premi yang dibayarkan disesuaikan dengan tingkatan atau jenis asuransi yang diambil.

Manfaat yang ditawarkan pun cukup lengkap, seperti ganti rugi akibat musibah, kecelakaan dan pencurian, santunan perawatan kesehatan, santunan meninggal dunia, dan tanggung jawab hukum pihak ketiga.

6. Asuransi rumah Chubb Syariah

Mencari asuransi dengan sistem syariah? Asuransi properti Chubb Syariah bisa masuk ke daftar asuransi properti terbaik versi kamu. 

Chubb Syariah, yang sudah berpengalaman hampir 11 tahun dibidang asuransi umum, memberikan tiga pilihan polis:

  • Polis Asuransi Syariah Gempa Bumi,
  • Asuransi Syariah Kebakaran Indonesia, dan
  • Asuransi Syariah Harta Benda (All Risk).

Cakupan jaminan yang diberikan pun cukup luas hingga 18 perluasan jaminan yang bisa dirasakan nasabah. 

7. Asuransi rumah Avrist

Melalui program All Risk, Avrist memberikan layanan asuransi properti untuk berbagai jenis properti, seperti tempat tinggal, kantor, pabrik dan tempat usaha.

Manfaat polis yang diberikan terbilang standar sesuai dengan ketentuan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia

8. Asuransi rumah AXA

Asuransi properti bernama AXA SmartHome memberikan perlindungan lengkap dan maksimal untuk nasabahnya. Produk asuransi ini memberikan jaminan dan proteksi baik pada hunian dan isi di dalam hunian. 

Dengan peningkatan premi asuransi properti tinggal, nasabah bisa menikmati jaminan proteksi atas barang-barang berharga selama di luar rumah. 

Tak hanya itu, seperti asuransi hunian Allianz, AXA juga menyediakan layanan akomodasi sementara berupa hunian sementara ketika rumah yang diasuransikan mengalami kerusakan yang sangat fatal. 

9. Asuransi rumah Adira

Berbeda dengan produk asuransi properti di atas, Adira hadir dengan menawarkan polis asuransi yang khusus ditujukan untuk memberi proteksi Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Manfaat polis yang ditawarkan juga cukup menguntungkan, seperti manfaat ganti rugi, biaya pengobatan akibat kebakaran, hingga santunan cacat permanen akibat kecelakaan dan meninggal dunia.

10. Asuransi rumah AIG

Berbeda juga dengan asuransi properti AIG yang berfokus pada nasabah dengan bisnis atau proyek skala besar, seperti manufaktur, ritel, institusi pendidikan, medis, dan lainnya. 

Biaya pertanggungan yang diberikan cukup besar hingga USD1,5 miliar. Kerusakan yang ditanggung diakibatkan bencana alam, kebakaran, hingga interupsi bisnis. 

Tips memilih asuransi rumah yang bagus

Asuransi Rumah Terbaik – Keuntungan, Daftar Produk, dan Premi

Walaupun manfaat yang diberikan hampir sama. Namun, setiap penyedia dan produk asuransi memiliki perbedaan yang harus kamu ketahui dan bandingkan. 

Beberapa tips untuk memilih asuransi properti terbaik berikut ini boleh dicoba.

1. Pilih perusahaan asuransi terpercaya

Hal pertama yang wajib dipertimbangkan adalah kamu harus memilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik. 

Sebab perusahaan asuransi yang baik dan terpercaya menjadi jaminan untuk mendapatkan produk dan pelayanan nasabah yang baik juga. 

Kamu bisa mencari informasi terkait dari internet atau datang langsung ke kantor asuransi.

2. Memilih polis yang sesuai

Ketika memilih polis, dengarkan baik-baik penjelasan yang diberikan dan baca dengan teliti setiap lembar polis. Jika kamu kurang mengerti, jangan takut untuk bertanya.

Hal ini menghindari risiko kerugian akibat salah penafsiran polis di awal perjanjian. 

3. Pelajari cakupan asuransi rumah yang diinginkan

Tentukan dan bandingkan premi yang akan dibayar. Apakah sudah sesuai dengan kemampuan finansial kamu dan apakah dengan biaya premi tersebut sudah memenuhi jaminan atau cakupan sesuai dengan harapan kamu?

Hitung dengan cermat agar kamu bisa mendapatkan perlindungan yang maksimal. 

Syarat untuk membeli asuransi rumah terbaik

Setiap perusahaan asuransi dan jenis produk asuransi tempat tinggal memiliki syarat yang berbeda. 

Berikut adalah syarat umum yang harus dilengkapi untuk mengajukan jaminan hunian. 

  1. KTP
  2. Fotokopi
  3. Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  4. Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  5. Akta perusahaan, jika ingin mengajukan asuransi untuk tempat usaha. 

Kamu juga bisa menanyakan syarat lengkap untuk pengajuan melalui telepon atau datang langsung ke kantor asuransi yang dituju. 

Cara membeli asuransi rumah

Jika kamu ingin segera memiliki asuransi tempat tinggal, ada dua cara yang bisa digunakan untuk pembelian polis asuransi properti impian.

  1. Kamu bisa datang langsung ke kantor pusat atau kantor cabang dan bisa juga di booth pameran. Ceritakan tujuan dan maksud kamu dan Customer Service perusahaan akan membantu untuk mendapatkan asuransi terbaik kamu.
  2. Zaman sekarang, semua kegiatan hampir bisa dilakukan secara daring. Kamu juga bisa melakukan pembelian asuransi tempat tinggal secara daring di beberapa perusahaan asuransi yang sudah menyediakan sistem pembelian polis secara asuransi. 

FAQ

Apa yang dimaksud asuransi rumah?

Asuransi rumah merupakan jaminan yang memberikan perlindungan atas kerugian yang kemungkinan terjadi akibat kebakaran, bencana alam, pencurian terhadap hunian/tempat tinggal/properti lainya.

Apa itu asuransi properti All Risk?

Asuransi properti All Risk adalah manfaat asuransi yang memberikan perlindungan secara lengkap atas kerusakan yang terjadi secara tidak terduga dan tiba-tiba, seperti bencana alam, kecelakaan, dan tindakan pencurian. 

Apakah KPR ada asuransinya?

Ya, asuransi KPR yang ditawarkan biasanya berupa asuransi jiwa, asuransi sakit keras, dan asuransi rumah.