Mengenal PT Asuransi Takaful Keluarga Plus Keunggulannya

PT Asuransi Takaful Keluarga menyediakan berbagai proteksi dengan prinsip syariah. Di tengah tingginya risiko yang mengancam kehidupan, kita harus pintar-pintar membuat perencanaan finansial. 

Sehingga ketika sewaktu-waktu kita mengalami musibah seperti terserang penyakit, terkena musibah bencana, hingga meninggal dunia, kita sudah memiliki rencana untuk menyiasatinya. 

Untuk itulah kita wajib memiliki asuransi sebagai proteksi finansial di kala musibah datang menimpa.

Jika kamu sedang berniat memiliki produk asuransi syariah, maka PT Asuransi Takaful Keluarga bisa menjadi pilihannya. Yuk, kenali perusahaan ini lebih jauh!

Tentang PT Asuransi Takaful Keluarga

Mengenal PT Asuransi Takaful Keluarga Plus Keunggulannya

Asuransi Takaful adalah perusahaan asuransi jiwa syariah yang berada di bawah naungan PT Asuransi Takaful Keluarga. Perusahaan ini merupakan pelopor perusahaan penyedia asuransi jiwa syariah di Indonesia yang mulai beroperasi sejak 5 Mei 1994 silam. 

Berbagai produk asuransi PT Asuransi Takaful Keluarga telah banyak dikembangkan sesuai dengan ketentuan syariah, meliputi perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan, perencanaan pendidikan anak, perencanaan hari tua, serta menjadi rekan terbaik dalam perencanaan investasi.   

Sesuai dengan prinsip asuransi syariah, PT Asuransi Takaful Keluarga bertindak sebagai pengelola dana (tabarru) dari para peserta asuransi agar mereka mampu saling gotong royong dan tolong menolong antar sesama (sharing risk).

Inilah yang membedakan asuransi syariah dengan asuransi konvensional yang mengusung konsep transfer risk dengan sistem dimana perusahaanlah yang menanggung risiko ekonomis yang terjadi pada peserta asuransi. 

Dari sisi kepemilikan dana, baik asuransi konvensional maupun syariah juga menganut sistem kepemilikan dan pengelolaan dana yang berbeda. 

Dalam asuransi syariah, peserta mempunyai hak penuh atas kepemilikan dana dan perusahaan hanya berdiri sebagai pengelola dengan mengedepankan transparansi. Sementara dalam asuransi konvensional, perusahaan memiliki hak penuh atas alokasi dana dan investasi.

Hukum dan legalitas

PT Takaful Keluarga telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang terdaftar sejak tanggal 30 November 2015 dengan nomor KEP-124/D.05/2015. 

Bukan hanya itu saja, PT Takaful Keluarga juga sudah menjadi bagian dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (ASSI). Sehingga kredibilitasnya telah terjamin dan dapat dipertanggungjawabkan.

Laporan  keuangan Asuransi Takaful Keluarga

Menurut laporan keuangan yang dirilis secara resmi pada tahun 2020, PT Asuransi Takaful Keluarga mencatatkan performa finansialnya dengan rincian sebagai berikut:  

  • Rasio solvabilitas dana tabarru’ dan dana tanahud: 324%
  • Rasio solvabilitas dana perusahaan: 1906%
  • Jumlah ekuitas: Rp198.267 miliar
  • Jumlah aset: Rp1.821 triliun

Berkaca pada data di atas tadi dapat disimpulkan kalau PT Asuransi Takaful Keluarga termasuk perusahaan asuransi syariah yang kuat secara finansial karena mampu memenuhi standarisasi rasio solvabilitas perusahaan asuransi syariah yang sudah ditetapkan oleh OJK yaitu minimum 120 persen.

Tidak hanya itu, PT Asuransi Takaful Keluarga juga memiliki ekuitas dan aset di atas standarisasi yang sudah ditetapkan OJK, yakni minimal ekuitas Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, serta aset minimal Rp150 miliar. 

Prestasi dan Penghargaan

Selama 27 tahun berdiri di Indonesia, PT Takaful Keluarga berhasil meraih banyak prestasi dan penghargaan bergengsi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

  • Peringkat II Digital Brand Asuransi Jiwa Syariah – 7th Infobank digital Brand Awards 2018
  • Predikat “Bintang Lima” atas Kinerja Unit Link Jenis Saham Tahun 2012-2016
  • Best Sharia Life Insurance 2017 versi Media Asuransi

Produk Asuransi Takaful Keluarga  

Mengenal PT Asuransi Takaful Keluarga Plus Keunggulannya

Produk asuransi yang tersedia di Takaful Keluarga terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu asuransi jiwa personal, korporat, dan bancassurance. Simak informasi seputar produk yang dimiliki PT Asuransi Takaful Keluarga berikut ini. 

Takaful Personal

Takaful Keluarga menghadirkan produk asuransi untuk personal dan keluarga melalui program Takaful Personal. 

Manfaatnya sendiri adalah memberi proteksi finansial kepada pemilik asuransi sehingga dapat menjalani hidup yang nyaman dan bebas rasa khawatir. 

Selain itu, kamu selaku pemilik polis juga memiliki kesempatan untuk berinvestasi sekaligus menjalin hubungan silaturahmi yang positif dengan nasabah lainnya. 

Dalam takaful personal, terdapat 10 macam produk yang dapat kamu pilih:

Takaful Dana Pendidikan    

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang harus direncanakan sejak jauh-jauh hari bagi setiap orang tua. Sebab, dibutuhkan dana pendidikan yang tak sedikit untuk bisa mengantarkan buah hati menuju kesuksesan.

Terlebih, mengingat fakta bahwa dana pendidikan akan meningkat setiap tahunnya. Maka dari itu, kamu selaku orang tua wajib memiliki persiapan keuangan yang matang. Salah satunya dengan menyiapkan asuransi pendidikan untuk buah hati. 

Untuk itu, kamu dapat memilih Takaful Dana Pendidikan yang merupakan produk asuransi jiwa syariah yang dirancang khusus untuk membantu setiap orangtua dalam merencanakan dana pendidikan anak. 

Pola penarikan dana nantinya disesuaikan dengan kebutuhan biaya untuk setiap jenjang pendidikan, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. 

Asuransi ini juga menanggung biaya pendidikan anak jika sewaktu-waktu orang tuanya mengalami musibah, seperti meninggal dunia dan cacat tetap total selama masa perjanjian. Orang tua yang buah hatinya meninggal dunia pun akan diberi santunan kematian jika anak selaku penerima hibah meninggal dunia selama polis aktif.

Takafulink Salam

Takafulink Salam adalah produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) dan dikelola berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Jadi, selain mendapat proteksi finansial, kamu juga berkesempatan untuk berinvestasi demi masa depan yang lebih terjamin.

Manfaat yang didapat adalah:

  • Santunan meninggal dunia dan nilai dasar asuransi
  • Santunan diberikan jika mengalami risiko meninggal dunia dan cacat tetap total
  • Santunan atas risiko penyakit kritis
  • Pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, persalinan, dan pembedahan
  • Dana investasi jika peserta masih hidup hingga masa berlaku polis berakhir

Takafulink Salam Cendekia

Merupakan produk asuransi jiwa syariah yang dikaitkan dengan investasi (unit link) dan dirancang khusus untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak. 

Hasil investasi yang optimal membuat kamu selaku pemegang polis tak perlu risau dengan biaya pendidikan buah hati nantinya. 

Manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • 100% manfaat asuransi dan nilai dana investasi yang terbentuk akan dibayarkan jika peserta meninggal dunia, termasuk jika mengalami kematian karena kecelakaan
  • Santunan biaya kesehatan akan dibayarkan senilai dengan plan yang dipilih jika anak selaku peserta menerima tindakan rawat inap
  • Pembayaran kontribusi akan dilanjutkan perusahaan sampai dengan masa pembayaran kontribusi berakhir jika pemegang polis (orangtua) meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total dalam masa berlakunya polis
  • Dana tahapan pendidikan yang diambil dari nilai dana investasi yang terbentuk akan dibayarkan jika peserta (anak) masih hidup hingga tanggal berakhirnya polis

Takafulink Salam Ziarah Baitullah           

Setiap umat muslim pasti memimpikan untuk berkunjung ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji dan umrah. Namun, besarnya biaya haji dan umrah kerap menjadi penghalang bagi masyarakat untuk berangkat ke tanah suci. Untuk itulah Takafulink Salam Ziarah Baitullah dihadirkan.

Takafulink Salam Ziarah Baitullah merupakan produk asuransi jiwa syariah yang dikaitkan dengan investasi (unit link) dan dirancang untuk mempersiapkan biaya perjalanan ibadah ke tanah suci.

  • 100% manfaat asuransi dan nilai dana investasi yang terbentuk akan dibayarkan jika peserta meninggal dunia, termasuk jika mengalami kematian karena kecelakaan
  • Santunan biaya kesehatan akan dibayarkan senilai dengan plan yang dipilih jika peserta menerima tindakan rawat inap
  • Nilai dana investasi yang terbentuk akan dibayarkan jika peserta masih hidup hingga tanggal berakhirnya polis

Takafulink Salam Wakaf

Umat muslim tentu familiar dengan wakaf atau sedekah jariyah. Jika semasa hidup kita perbanyak amalan wakaf kita, maka amalan itu akan terus mengalir meski kita telah tiada. 

PT Takaful Keluarga juga menghadirkan produk Takafulink Salam Wakaf untuk kamu yang ingin menyiapkan dana wakaf sekaligus memiliki proteksi finansial dan investasi.

Disini, dana wakaf akan diambil menurut perhitungan tertentu dari dana investasimu lalu kemudian disalurkan ke badan pengelola wakaf yang berwenang.

Manfaat yang ditawarkan adalah:

  • Santunan meninggal dunia berupa 55% takaful dasar dan 77% nilai investasi diberikan jika meninggal dunia
  • Loyalty bonus 77% nilai investasi diberikan jika peserta asuransi hidup hingga masa polis berakhir

Takafulink Salam Community

Takafulink Salam Community merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) yang didaftarkan secara kolektif minimum 10 peserta. 

Di samping menghadirkan manfaat utama berupa proteksi finansial serta jaminan biaya kesehatan, Takafulink Salam Community dirancang agar kamu dapat berinvestasi secara optimal.

Manfaat yang akan kamu dapatkan:

  • Santunan diberikan jika nasabah mengalami risiko meninggal dunia, cacat tetap total, atau kecelakaan diri
  • Pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, persalinan, dan pembedahan
  • Santunan diberikan jika terdiagnosa penyakit kritis
  • Terdapat nilai investasi

Takaful Falah Saving

Takaful Falah Saving merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (non-unit link) dengan periode akad minimum 10 tahun yang dikelola berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

Manfaatnya cenderung sebagai proteksi finansial jika sewaktu-waktu kamu mengalami sakit atau bahkan meninggal dunia. 

Manfaat yang ditawarkan:

  • Santunan diberikan jika nasabah mengalami risiko meninggal dunia, cacat tetap total, atau kecelakaan diri
  • Pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, persalinan, dan pembedahan
  • Santunan diberikan jika terdiagnosa penyakit kritis
  • Terdapat nilai investasi

Takaful Falah Proteksi

Proteksi jiwa kumpulan yang memberikan takaful dasar serta manfaat lain sesuai dengan ketentuan polis hingga nasabah berusia 70 tahun.

Manfaat pertanggungan: 

  • Santunan diberikan jika nasabah mengalami risiko meninggal dunia, cacat tetap total, atau kecelakaan diri
  • Pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, persalinan, dan pembedahan
  • Santunan diberikan jika terdiagnosa penyakit kritis
  • Terdapat nilai investasi
  • Dana kontribusi murah mulai dari Rp300 ribu per bulan

Takaful Al Khairat Plus

Proteksi jiwa keluarga (maksimal 4 orang) dengan 100% manfaat takaful dasar jika nasabah meninggal dunia, baik karena kecelakaan maupun alasan lainnya.

Manfaat pertanggungan:

  • Santunan diberikan jika nasabah mengalami risiko meninggal dunia, cacat tetap total, atau kecelakaan diri
  • Pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, persalinan, dan pembedahan
  • Santunan diberikan jika terdiagnosa penyakit kritis
  • Terdapat nilai investasi

Takaful Kecelakaan Diri Individu

Mengalami kecelakaan saat beraktivitas maupun bekerja tentu bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Jika sudah terjadi, kita pun tak lagi bisa bekerja secara optimal untuk menunjang kebutuhan keluarga secara finansial.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menyiasatinya adalah dengan membeli asuransi yang mampu menjauhkan keluarga tercinta dari bencana finansial.

Takaful Kecelakaan Diri Individu merupakan produk asuransi kecelakaan diri syariah yang memberikan manfaat berupa pembayaran santunan kepada penerima manfaat (ahli waris) apabila peserta meninggal dunia atau cacat tetap (total dan sebagian) karena kecelakaan dalam masa berlakunya polis.

Manfaatnya:

  • Santunan diberikan jika nasabah mengalami risiko meninggal dunia, cacat tetap total, atau cacat tetap sebagian
  • Dana kontribusi murah mulai dari Rp250 ribu per tahun

Takaful Korporat

Merupakan produk asuransi jiwa dan jaminan biaya kesehatan yang dihadirkan khusus untuk peserta kumpulan (perusahaan, lembaga pemerintahan, organisasi non-pemerintah, serta komunitas), sehingga memberikan ketenangan dan kebahagiaan bagi mereka di kala bekerja.

Takaful Al-Khairat Kumpulan

Proteksi jiwa bagi karyawan yang memberikan pertanggungan atas risiko meninggal dunia baik karena kecelakaan ataupun bukan karena kecelakaan dengan jumlah minimum peserta sebanyak 25 orang karyawan.

Manfaat pertanggungan:

  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakan maupun bulan kecelakaan
  • Dana kontribusi mulai dari Rp500 ribu per grup

Fulmedicare Gold

Asuransi kesehatan yang menyeluruh untuk karyawan yang menanggung rawat inap, pembedahan, aneka perawatan, kehamilan, gigi dan kacamata dengan jumlah minimum peserta sebanyak 10 orang.

Manfaat yang ditawarkan: 

  • Pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, kacamata, dan biaya melahirkan
  • Dana kontribusi terjangkau mulai dari Rp15 juta per grup

Takaful Ziarah

Proteksi jiwa yang memberikan santunan meninggal dunia bukan karena kecelakaan dengan pertanggungan mulai dari Rp30 juta untuk plan silver  hingga Rp50 juta untuk plan gold.

Takaful Bancassurance

Takaful Bancassurance hadir sebagai persilangan antara lembaga asuransi syariah dengan perusahaan perbankan dan bertujuan untuk memberi proteksi finansial yang optimal pada nasabah yang memiliki hubungan bisnis dengan perusahaan perbankan.

Jadi, jika kamu merupakan nasabah salah satu bank yang telah bekerjasama dengan PT Takaful Keluarga, maka kamu akan mendapat layanan asuransi ini. Produknya adalah Takaful Pembiayaan.

Manfaat dari produk Takaful Pembiayaan adalah proteksi finansial atas berbagai risiko hidup nasabah perbankan dan pembiayaan sampai dengan usia 80 tahun.

Harga premi Asuransi Takaful Keluarga

Umumnya, harga premi Asuransi Takaful Keluarga bervariasi sesuai dengan polis yang akan diambil olehmu. Selain itu ada faktor pendukung lainnya yang bisa mempengaruhi besarnya premi, yakni profil tertanggung, cakupan pertanggungan, hingga jenis dan nilai aset yang diasuransikan.

Untuk mengajukan produk yang disediakan oleh PT Asuransi Takaful Keluarga, kamu bisa memenuhi syarat antara lain: 

  • Usia minimum tertanggung adalah 1 tahun sampai 70 tahun.
  • Siapkan kelengkapan dokumen seperti KTP/KITAS dan dokumen kesehatan.
  • Formulir pengajuan asuransi  

Cara beli polis PT Asuransi Takaful Keluarga

Setelah mengetahui informasi seputar produknya, selanjutnya kamu bisa langsung melakukan pembelian produk asuransi syariah dari Takaful Keluarga. 

Cara membeli asuransi Takaful Keluarga cukup mudah, kamu bisa menghubungi agen asuransi atau mendatangi kantornya.

Selain itu, ada cara yang lebih praktis yaitu beli asuransi secara online di situs resminya https://takaful.co.id/portfolio-produk/, pilih produk asuransi yang dipilih. Kemudian, isi formulir dengan lengkap. Tunggu pihak asuransi menghubungi kamu.

Kamu juga dapat melakukan pembelian melalui marketplace asuransi yang terpercaya seperti Lifepal.co.id. Di situs ini kamu dapat membandingkan produk asuransi yang satu dengan yang lainnya sehingga dapat memperoleh produk terbaik. 

Informasi kontak PT Asuransi Takaful Keluarga

Terkait pembelian produk maupun informasi lainnya seputar PT Asuransi Takaful Keluarga, kamu bisa menghubungi layanan pelanggan, antara lain:

Alamat kantor pusat

Graha Takaful Indonesia

  • Alamat: Jl. Mampang Prapatan Raya No. 100, Jakarta, Indonesia 12790
  • Telepon: (021) 799 1234

Takaful Care Online

Layanan nasabah Takaful Care Online hadir dengan berbagai kemudahan, seperti call center, layanan WhatsApp, hingga email. 

Berikut ini kontak Takaful Care Online: 

  • Call center: 021-79190005
  • Layanan WhatsApp: 081574774444
  • Email: cs_atk@takaful.com
  • SMS: 08118206531
  • Informasi seputar produk: 085774420942

Demikian informasi seputar PT Asuransi Takaful Keluarga. Sebelum memutuskan memilih produknya, pastikan kamu sudah mempelajari perusahaan asuransi yang akan dibeli, ya! Semoga informasi ini bermanfaat. 

FAQ

Asuransi takaful milik siapa?

Di tahun 2018, PT Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa) telah resmi mengambil alih PT Asuransi Takaful Umum dengan kepemilikan saham sebesar 95%. Selebihnya, sebesar 2,5% saham adalah milik Ketua Umum Kospin Jasa Andy Arslan Djunaid dan 2,5% sisanya dimiliki oleh Komisaris Utama Asuransi Takaful Bahrodji.

Kapan asuransi Takaful Keluarga berdiri?

PT Takaful Keluarga berdiri dan resmi beroperasi sejak 5 Mei 1994 silam. 

Apa yang dimaksud dengan koperasi takaful syariah?

Pengertian koperasi syariah adalah bentuk koperasi yang memiliki prinsip, tujuan, dan kegiatan usaha yang berdasarkan syariat Islam.