Asuransi Tugu – Produk, Klaim, dan Beda Pratama dengan Mandiri

Jika kamu masih mencari jawaban atas pertanyaan “Apa itu asuransi Tugu? dan “Apa bedanya asuransi Tugu Mandiri dan Asuransi Tugu Pratama?”. Artikel ini akan berusaha menjawab pertanyaanmu dengan lugas.

Walaupun namanya hampir sama, perusahaan asuransi ini bergerak pada bidang yang berbeda. Begitu pula produk-produk yang ditawarkan pun berbeda. 

Namun, keduanya memiliki ciri yang sama. Kedua perusahaan ini memiliki atau bahkan menjadi anak perusahaan dari beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN), bahkan kementerian.  

Daripada semakin penasaran, simak yuk informasi lengkapnya berikut ini. 

Sekilas tentang asuransi Tugu Pratama dan Tugu Mandiri

Asuransi Tugu – Produk, Klaim, dan Beda Pratama dengan Mandiri

Sekilas kedua perusahaan ini adalah perusahaan ternama di Indonesia. Perbedaan antara asuransi Tugu Pratama dan asuransi Tugu Mandiri pun tidak terlalu kentara jika dilihat dari namanya. 

Namun, keduanya mereka memiliki perbedaan fokus dalam menjalankan perusahaan asuransi. Lalu, apa yang membuat mereka berbeda?

1. Asuransi Tugu Pratama

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai Tugu Insurance adalah anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang didirikan pada tanggal 25 November 1981.

Sebagai anak perusahaan PT Pertamina, Tugu Insurance diharapkan mampu untuk menangani aset-aset minyak dan gas di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, asuransi Tugu Pratama juga merambah ke bidang asuransi umum dan pasar di luar captive market, seperti pasar nonenergi dan produk-produk ritel korporasi.

Pada 2020, asuransi Tugu Pratama meraih penghargaan sebagai Perusahaan Asuransi Terbaik 2020 pada ajang Indonesia Insurance Award 2000 pada kategori Top 4 Best Financial Performance General Insurance with Assets over IDR 10 Trillion

2. Asuransi Tugu Mandiri

PT Asuransi Tugu Mandiri dikenal sebagai salah satu perusahaan asuransi pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang asuransi jiwa dan kesehatan.

Didirikan pada tanggal 28 Juni 1985, perusahan ini berada  di bawah bendera PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri.

Sebagian besar pemilik saham Asuransi Tugu Mandiri adalah Menteri Keuangan RI Negara Republik Indonesia, Dana Pensiun Pertamina, PT Tugu Pratama Interindo, dan PT Timah (Persero). 

Berpengalaman selama lebih dari 30 tahun, asuransi Tugu Mandiri pernah menerima predikat kinerja “Sangat Bagus” dalam kategori asuransi versi Majalah InfoBank tahun 2015. 

Tak hanya itu, perusahaan ini menjadi pioneer program asuransi Dana Pesangon bagi Tenaga Kerja Jasa Penunjang (outsource) dan melakukan kerja sama dengan lebih dari 1.300 pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. 

Produk asuransi Tugu Pratama

1. Korporasi 

Daftar asuransi di bawah ini ditujukan untuk pasar komersial yang khusus ditujukan untuk perusahaan atau korporat. Bertujuan untuk meminimalkan kemungkinan buruk yang terjadi.

  • Energi. Pada kategori ini, ada tiga produk asuransi yang meliputi asuransi energi, asuransi Offshore, Construction, and Transport, Storage and Utilize. Manfaat yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan proteksi peserta dari setiap produk asuransi yang dipilih.
  • Kebakaran dan Properti. Asuransi ini menjamin proteksi keuangan terhadap risiko kerugian atas bangunan dan aset properti lainnya. Dengan begitu, peserta akan merasakan aman dan terlindungi dari kerugian yang mungkin dialami. Beberapa produk asuransi yang bisa dipilih, yaitu asuransi kebakaran, asuransi properti all-risk, asuransi kerusakan aset kantor, dan perlindungan risiko gangguan bisnis. 
  • Kelautan. Asuransi ini memberi manfaat secara menyeluruh terhadap risiko yang mungkin terjadi selama proses pembuatan kapal atau apa pun yang menyangkut kegiatan pengangkutan barang di laut. Ada empat jenis asuransi, yaitu Builder’s Risk Insurance, Marine Cargo, Marine Hull and Machinery dan Protection and Indemnity.
  • Penerbangan dan Satelit. Asuransi Tugu Pratama memberi perlindungan untuk perjalanan udara, baik untuk korporat dengan asuransi penerbangan/aviation hull & liability insurance maupun untuk individu dengan asuransi personal accident.
  • Rekayasa. Asurani ini terdiri dari dua produk andalan: asuransi konstruksi (contractor’s all-risk) dan construction plan and equipment all-risk insurance/heavy equipment. Jenis asuransi dari Tugu Pratama menawarkan jaminan atas kerugian risiko terhadap kemungkinan buruk yang terjadi akibat kecelakan pada masa pembangunan.
  • Kredit dan Pinjaman. Jenis asuransi ini ada kaitannya dengan utang. Pemegang polis akan mendapatkan manfaat pembayaran pinjaman/kredit jika terjadi hal-hal buruk. Produk ini ditujukan untuk sasaran pasar individu dan korporat. Produk asuransi ini meliputi asuransi kredit, asuransi suretyship, payment bond, dan asuransi kontra garansi bank. 
  • Aneka. Produk asuransi yang baru ini memenuhi jenis pertanggungan yang belum terjamin dalam produk asuransi yang sudah ada. Asuransi Aneka memiliki lima produk asuransi yang tidak kalah menguntungkan, seperti asuransi Workmen’s Compensation, Burglary/Theft, Hale in One, Money and Travel Insurance T Travella. 
  • Tanggung Gugat. Asuransi ini memberikan manfaat kepada tertanggung akibat gugatan orang ketiga yang mengalami kerugian yang diakibatkan aktivitas tertanggung. Ada empat jenis asuransi yang ditawarkan, yakni Automobile Liability, Charterer’s Liability Insurance, Liability Insurance and Aviation Products, Grounding, Aviation Premies, dan Hangarkeepers’ Liability Insurance
  • Asuransi kesehatan di Tugu Pratama berfokus pada kesehatan komersial yang ditujukan untuk korporat bagi karyawannya. Produk kesehatannya meliputi jaminan perawatan rumah sakit dan pembedahan, jaminan rawat jalan dan rawat inap, jaminan rawat gigi, jaminan melahirkan, dan jaminan kacamata.

2. Retail

Pada kategori ini, Tugu Pratama Indonesia ingin memberikan perlindungan lebih pada kendaraan bermotor. Asuransi mobil Tugu menawarkan beberapa jenis produk asuransi yang cukup lengkap. 

  • Tdrive adalah asuransi mobil Tugu Pratama dengan pembayaran premi hanya Rp33.000 per bulan. Jenis kendaraan yang di-cover asuransi Tdrive, yaitu kendaraan pribadi, dinas, dan truk.
  • Tride dirancang untuk para pengguna motor dengan premi yang ditawarkan cukup ramah di dompet mulai dari Rp10.000 per bulan. Peserta akan mendapatkan manfaat berupa ganti rugi atas kerusakan hingga kehilangan motor. 
  • Tfracture berbeda dengan keduanya, Tfracture menawarkan manfaat asuransi berupa biaya pengobatan medis atau alternatif untuk patah tulang dan tulang retak akibat kecelakaan. Biaya premi sangat murah mulai Rp4000-an/bulan. 

3. Syariah

Asuransi Tugu Pratama ingin terus memenuhi kebutuhan nasabah dengan menghadirkan produk asuransi syariah yang cocok dengan masyarakat Indonesia. 

  • Asuransi Mobil Syariah memberi perlindungan mobil atas kehilangan dan kerusakan akibat kecelakaan.
  • Asuransi Motor Syariah memberi manfaat proteksi pada motor dan meminimalkan kerugian atas kehilangan atau kerusakan akibat kecelakaan.
  • Asuransi Kebakaran Syariah adalah asuransi perlindungan syariah terhadap kemungkinan terjadinya kerusakan seperti kebakaran dan ledakan pada rumah tinggal, apartemen, beserta isinya.

Produk asuransi Tugu Mandiri

Perusahaan ini berfokus pada bidang asuransi jiwa, kesehatan, dan dana pensiun. Ada produk asuransi yang merupakan asuransi jenis unit link yang berarti nasabah akan mendapatkan proteksi dan manfaat investasi. 

Berikut informasi produk asuransi yang dimiliki PT Asuransi Tugu Mandiri. 

1. Asuransi jiwa Tugu Mandiri

  • TM Power Link adalah asuransi jiwa Tugu yang berbasis investasi yang dikelola secara profesional. Memiliki tiga jenis pilihan investasi, yaitu TM Powerlink Stable Fund, TP Powerlink Managed Fung, dan TM Powerlink Equity Fund.
  • Tugu Proteksi memberi proteksi dan manfaat santunan selama tertanggung menjalani perawatan kesehatan, baik rawat inap maupun rawat jalan. 
  • TM Smart Gift adalah asuransi pendidikan untuk anak yang bermanfaat sebagai beasiswa dan santunan meninggal dunia selama masa kontrak.
  • Tugu Warisan adalah asuransi yang bertujuan melindungi keluarga dari risiko finansial apabila tulang punggung rumah tangga telah meninggal.
  • Personal Accident adalah asuransi jiwa dengan manfaat perlindungan pada kecelakaan dan santunan meninggal dunia ke ahli waris.
  • Tugu Dana Maksima adalah asuransi yang memberi manfaat santunan apabila peserta meninggal akibat kecelakaan dan dapat menarik manfaat investasi jika tertanggung masih hidup selama masa akhir asuransi. 
  • Tugu Prestasi adalah asuransi yang memastikan anak mendapat proteksi pendidikan untuk terus belajar, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. 
  • Tugu Sejahtera adalah asuransi yang memberi proteksi terhadap risiko finansial dan terus memberikan santunan dana untuk keluarga jika peserta sudah pensiun atau tidak bisa bekerja kembali.

2. Asuransi kesehatan Tugu Mandiri

  • TM Health Guard adalah asuransi yang memberi manfaat perawatan kesehatan untuk individu berupa rawat inap dan tindakan operasi dengan masa pertanggungan 1 tahun.
  • Group Managed Health Care adalah asuransi yang memberi pelayanan kesehatan lengkap berupa rawat jalan, rawat inap, dan perawatan gigi di semua rekanan layanan kesehatan. 
  • Hospital Cash Plan Plus tak hanya memberikan manfaat pelayanan kesehatan, seperti rawat inap dan pembedahan, tapi juga memberikan biaya kebutuhan keluarga selama peserta melakukan penangan medis yang cukup lama.
  • Group Medicare Plan adalah asuransi yang memberi jaminan kesehatan terlengkap, termasuk biaya melahirkan dan peserta bisa memiliki manfaat secara fleksibel. 

3. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

  • TM Sitampan Insani adalah produk investasi berbasis perlindungan jiwa akibat kematian yang disebabkan apa pun. Manfaat asuransi berupa saldo dan santunan jiwa.
  • TM Sitampan memiliki keunggulan dibanding produk lainnya, yaitu iuran dan hasil investasi akan terkena pajak PPh 21 dan PPh 23. Ini berarti dana bisa berkembang dengan maksimal dan peserta juga mendapat pajak manfaat yang lebih rendah.
  • TM Sitampan Sahati adalah program dana pensiun yang memberikan Hospital Cash Plan, seperti rawat inap, ICU/ICCU, pembedahan, dan dana tunai sehingga peserta merasa aman dan terproteksi. 

Cara cek saldo asuransi

Asuransi Tugu – Produk, Klaim, dan Beda Pratama dengan Mandiri

 

Simak beberapa informasi tentang cara cek saldo asuransi dan polis pada asuransi Tugu Pratama dan Tugu Mandiri. 

1. Asuransi Tugu Pratama

Cara cek saldo Asuransi Tugu Pratama dapat dilakukan dengan menghubungi:

  • Customer Service 24 jam Call TIA di nomor 1500458.
  • WhatsApp di nomor 081197900100, dan
  • pesan elektronik ke calltia@tugu.com.

Bagi pemegang asuransi Retail, pemegang polis dapat mengakses informasi dan mengajukan klaim secara online dari aplikasi T-drive.

2. Asuransi Tugu Mandiri

Sedangkan cara cek saldo Asuransi Tugu Mandiri dapat dilakukan melalui aplikasi Tugu Mandiri In4link. Peserta asuransi juga bisa mengakses berbagai informasi terkait polisnya di aplikasi tersebut. 

Jika mengalami kendala dalam cara cek saldo Asuransi Tugu Mandiri, peserta bisa menghubungi di nomor (021) 2788 – 6600.

FAQ

Siapakah pemilik asuransi Tugu Pratama Indonesia?

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia adalah perusahaan asuransi milik dari PT Pertamina dengan kepemilikan saham sebesar 58,50%.

Berapa premi asuransi Tugu Mandiri?

Tarif premi pada asuransi Tugu Mandiri berbeda-beda, tergantung produk dan manfaat yang diambil calon peserta asuransi.

Apakah asuransi Tugu Mandiri sudah bekerja sama dengan BPJS?

Ya, kerja sama antara Asuransi Tugu Mandiri dan BPJS dimulai pada tahun 2014 dengan sistem coordinate.