AIG Indonesia
4 / 5.0 - 175 Ulasan
Saat ini DuitPintar belum bekerja sama
Asuransi Kesehatan Promo Page Desktop
Asuransi Jiwa Promo Page Desktop
Asuransi Kesehatan Promo Page Mobile
Asuransi Jiwa Promo Page Mobile

AIG Indonesia | Cek Daftar Produk Asuransi, Manfaat, dan Profil

Dapatkan penawaran terbatas Harga Termurah. Segera daftar sekarang!
+62

Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!

1
2
3
Isi Formulir Untuk Melihat Pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi Gratis Melalui Telepon Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu
1
Isi Formulir Untuk Melihat Pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu
2
Konsultasi Gratis Melalui Telepon Dengan tim ahli, cukup 5 menit
3
Temukan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

AIG Indonesia: Ulasan Produk, Manfaat, dan Profil

Siapa DuitPintar, PT Anugrah Atma Adiguna (AAA), dan Lifepal

AIG (American International Group, Inc) adalah perusahaan asuransi global yang menyediakan beragam layanan asuransi umum, asuransi jiwa, solusi dana pensiun, dan layanan jasa keuangan lainnya bagi nasabah di 70 negara, termasuk Indonesia.

Di indonesia sendiri Asuransi AIG berada di bawah naungan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) yang didirikan pada tahun 1991.

Fokus Asuransi AIG Indonesia adalah sebagai penyedia asuransi umum yang berfokus pada nasabah korporasi.

Jika kamu tertarik menggunakan layanan asuransi dari perusahaan ini, berikut informasi selengkapnya mengenai profil PT AIG Insurance Indonesia, produk dan manfaat, premi, hingga cara klaimnya.

Profil Perusahaan Asuransi AIG Indonesia

PT AIG Insurance Indonesia adalah perusahaan penyedia asuransi umum di Indonesia yang menawarkan berbagai produk asuransi, layanan, dan solusi manajemen risiko inovatif bagi para nasabah korporasi.

Sebelum dengan namanya yang sekarang, PT AIG Insurance Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan nama bisnisnya.

Berawal pada tahun 1974 yang merupakan awal kiprah AIG di Indonesia pada bidang asuransi umum, di mana perusahaan didirikan dengan nama PT Asuransi Indonesia Amerika Baru (AIAB).

Kemudian pada tahun 1991, penggabungan (merger) perusahaan AIAB dan Asuransi New Hampshire Agung oleh AIG membuat perusahaan berganti nama menjadi PT Asuransi AIU Indonesia.

Berlanjut pada tahun 2009, nama PT Asuransi AIU Indonesia diganti menjadi PT Chartis Insurance Indonesia dengan tujuan untuk memperkuat branding sebagai perusahaan umum kelas dunia.

Tidak lama kemudian, tepatnya pada tahun 2013, PT Chartis Insurance Indonesia pun kembali berganti nama menjadi PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia).

AIG Indonesia sendiri kini menjadi satu-satunya anak usaha AIG di Indonesia, setelah sebelumnya tercatat pernah memiliki tiga anak usaha yaitu PT Asuransi AIU Indonesia (sekarang AIG Indonesia), AIG Lippo (berubah menjadi AIG Life), dan AIA Indonesia.

Di mana, semenjak AIA Group hadir di Indonesia pada tahun 2009, AIG Life dan AIA Indonesia yang bergerak di bidang asuransi jiwa menjadi kepemilikan dari perusahaan tersebut.

Mengenai legalitas perusahaan, PT AIG Insurance Indonesia telah mengantongi izin usaha di bidang asuransi kerugian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor: KEP-257 A/KM.13/1991 tanggal 31 Agustus 1991.

Kemudian, izin terakhir diperpanjang berdasarkan Surat Menteri Keuangan Nomor: KEP-760/KM.10/2012 tanggal 27 Desember 2012.

Laporan Keuangan AIG Indonesia

Sejumlah indikator seperti rasio solvabilitas/risk based capital (RBC), ekuitas, dan aset pada laporan keuangan bisa menjadi salah satu rujukan untuk mengetahui kondisi kesehatan keuangan perusahaan.

Di mana berdasarkan ketentuan OJK, perusahaan asuransi yang sehat memiliki minimum rasio solvabilitas sebesar 120%, ekuitas minimum Rp100 miliar (perusahaan asuransi) atau Rp200 miliar (perusahaan reasuransi), dan aset minimum Rp150 miliar.

PT AIG Insurance Indonesia sendiri mencatatkan kinerja finansialnya pada laporan keuangan tahun 2021 sebagai berikut:

  • Rasio solvabilitas: 413%
  • Jumlah ekuitas: 384.789 miliar
  • Jumlah aset: 1,145 triliun

Berdasarkan pada laporan keuangan di atas, bisa disimpulkan bahwa AIG Indonesia mampu melampaui ketentuan OJK baik dalam hal rasio solvabilitas, ekuitas, maupun asetnya.

Perlu diketahui, rasio solvabilitas adalah tingkat kesanggupan perusahaan asuransi dalam memenuhi semua kewajibannya, termasuk salah satunya terkait pembayaran klaim para nasabah.

Prestasi dan Penghargaan AIG Asuransi Indonesia

  • Asuransi Umum Terbaik untuk kategori Menengah (total asset antara Rp1-3 triliun) pada ajang Bisnis Indonesia Financial Awards (BIFA) 2021.
  • Asuransi Umum Terbaik bagi perusahaan dengan ekuitas Rp300-500 miliar pada ajang Insurance Awards Media Asuransi 2021.
  • TOP GRC Awards 2020 untuk Kategori Bintang 4 berdasarkan kemampuan organisasi dalam menghadapi tantangan saat mengintegrasikan Tata Kelola yang Baik, Manajemen Risiko, dan Kepatuhan.
  • The Best Performing General Insurance 2019 by Top 20 Financial Institutions Awards berdasarkan performa keuangan periode 2017-2019 dengan kategori perusahaan umum berpremi bruto Rp250 miliar hingga Rp1 triliun.
  • Best General Insurance Awards 2019 untuk kategori perusahaan asuransi umum dengan ekuitas antara Rp300 miliar hingga Rp500 miliar.
  • The 20th Insurance Awards 2019 (Infobank) dengan rating “Sangat Bagus” untuk perusahaan asuransi umum berpremi bruto Rp500 miliar hingga Rp1 triliun.
  • dll.

Sejarah Perjalanan AIG

Kesuksesan dan Kepopuleran American International Group

Salah satu hal yang tidak pernah bisa dilupakan dari American International Group (AIG) terutama bagi para pecinta bola adalah inisiatifnya untuk menjadi sponsor utama klub bola asal inggris terkemuka, yaitu Manchester United (MU).

AIG menggandeng Manchester United sebagai sebagai salah satu sponsor utamanya sejak tahun 2006 pada kontrak 4 tahun ini.

Hal inilah jugalah yang menjadikan Asuransi AIG menjadi dikenal oleh lebih banyak orang terutama sejak logo AIG diletakkan di bagian tengah semua seragam jersey anggota MU.

Kesuksesan lainnya yang saat itu berhasil dilakukan oleh AIG dengan Manchester United adalah nilai kontrak final yang akhirnya disepakati mencapai 56,7 juta poundsterling.

Angka ini menjadi kontrak kerja terbesar saat itu karena telah melampaui nominal kontrak yang dilakukan oleh perusahaan elektronik terbesar asal Korea Selatan, yaitu Samsung dengan grup bola asal Inggris lainnya yaitu Chelsea.

Di mana kontrak tersebut hanya bernilai 50 juta poundsterling.

Kebangkrutan AIG Saat Krisis Ekonomi

Setelah sukses mendapatkan kontrak dengan grup bola terkemuka asal Inggris raya yaitu Manchester United, popularitas AIG sebagai perusahaan asuransi menjadi sangat kokoh bahkan hampir di seluruh dunia.

Namun, siapa sangka jika krisis ekonomi di tahun 2008 membuat perusahaan yang telah eksis hampir 100 tahun itu menjadi porak poranda.

Di mana pada tahun tersebut, krisis besar yang terjadi mengakibatkan kebangkrutan bagi perusahaan Asuransi AIG Ini.

AIG bangkrut distimulasi tidak hanya karena krisis finansial namun juga karena bangkrutnya bank investasi keempat terbesar di dunia, Lehman Brothers tempat di mana AIG mempercayakan uang investasi nasabah di sana.

Kebangkrutan ini bukan hal yang sederhana mengingat ada banyak mitra yang mempercayakan bisnisnya kepada AIG seperti Goldman Sachs, Morgan Stanley, Bank of America dan Merrill Lynch, serta puluhan bank Eropa lainnya.

Pasalnya di tahun tersebut, AIG menjadi primadona andalan untuk sebuah produk bernama credit default swaps (CDS).

CDS ini adalah sebuah proteksi finansial dimana perusahaan di Wall Street dapat memiliki produk asuransi ini untuk perusahaannya agar dapat mengatasi resiko gagal bayar dari obligasinya.

Suntik Dana dari The Fed dan Pemerinah Federal

Karena berhubungan dengan banyaknya perusahaan ternama di Amerika Serikat dan Eropa, bangkrutnya Asuransi AIG menjadi hal yang tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Hal inilah yang membuat Bank Central Amerika Serikat (The Fed) dan pemerintah saat itu merasa perlu untuk membantu AIG untuk tetap bisa menjaga kestabilan ekonomi di negara tersebut.

Pada akhir 2008, pemerintah federal menyelamatkan AIG dengan memberikan suntik dana sebesar $180 miliar dan The Fed juga turut memberikan pinjaman sebesar $85 miliar. 

Suntikan dana ini semata-mata untuk membantu mencegah mantan perusahaan asuransi yang sempat mendapatkan rating AAA bisa keluar dari kebangkrutan sekaligus menjaga stabilitas ekonomi di Amerika Serikat.

Namun, sebagai ganti bantuan suntikan dana, AIG harus menyerahkan 79,9% saham perusahaan dan mengganti Chief Executive Officer (CEO) atau petinggi di perusahaan tersebut.

Kebangkitan AIG di Indonesia

Perusahaan Asuransi AIG yang telah eksis melayani nasabah selama hampir 100 tahun ini tentu memberikan dampak juga setidaknya untuk cabang di Indonesia.

Namun tentu tidak seburuk apa yang terjadi dengan perusahaan induknya yang berlokasi di Amerika tersebut.

Seiring berjalannya waktu, AIG di Indonesia mulai kembali lagi menata bisnisnya perlahan dengan memberikan banyak hal inovatif untuk kemajuan dari perusahaannya di mata umum.

1. Melakukan Fokus untuk Layanan Produk

Di mana, AIG Indonesia mulai menyediakan berbagai produk asuransi dan layanan perlindungan resiko mulai dari proteksi properti, marine, dan komersial untuk para nasabahnya.

Pada tahun 2016, AIG mulai melakukan fokus produk dengan tidak melayani asuransi untuk ritel atau individual dan mulai melayani segmen korporasi saja. 

2. Mengurangi Layanan Produk yang Tidak Memiliki Performa Baik

Bahkan untuk menjaga keseriusan itu, AIG melakukan fokus produk dan tidak lagi menyediakan asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri, PLUS, dan extend warranty

Namun jika nasabah masih memiliki produk asuransi individual yang tersisa, maka AIG akan tetap melayaninya sampai masa polisnya habis.

Tujuannya agar AIG dapat menerapkan infrastruktur yang lengkap dan komprehensif meliputi: penerapan platform ARCHER, Diligent, Talent Connection dan CBRA.

Karena inovasi tersebutlah, PT AIG Insurance Indonesia berhasil melakukan perkembangan yang signifikan terutama pada hasil laporan keuangan yang terus bertumbuh di sepanjang tahun 2019. 

Strategi tersebut dinilai terbukti dapat memberikan dampak positif bagi kinerja AIG sehingga masih bisa terus beroperasi dengan baik hingga hari ini.

Produk Asuransi AIG Indonesia

Tak lagi menjalankan bisnis asuransi untuk ritel, AIG Indonesia kini lebih berfokus pada bisnis asuransi komersial di bidang property, casualty, marine, cargo, hingga financial lines.

Berikut adalah daftar pilihan polis Asuransi AIG Indonesia selengkapnya beserta manfaatnya.

Employers Liability

Employers Liability adalah polis yang memberikan perlindungan bagi perusahaan dari tanggung gugat yang timbul karena adanya kecelakaan atau kejadian yang menyebabkan cedera atau sakit pada karyawan.

  • Tanggung jawab hukum jika terjadi cedera badan akibat kecelakaan atau penyakit, termasuk kematian yang dialami oleh karyawan perusahaan;
  • Menanggung biaya kompensasi karyawan yang cedera atau sakit karena pekerjaan;
  • Menanggung biaya lain seperti biaya pengacara dan biaya pembelaan hukum.

Products Liability

Product Liability adalah polis yang memberikan proteksi bagi pengusaha pabrikan atau produsen jika terjadi tanggung gugat atas cedera badan atau kerusakan harta benda pihak ketiga akibat cacat pada produk yang dihasilkan oleh tertanggung.

  • Proteksi bagi perusahaan dari potensi kerugian akibat cedera atau kerusakan harta benda pihak ketiga karena cacat produk yang dihasilkan, didistribusikan, atau dijual.
  • Cakupan luas untuk sektor bisnis manufaktur, ritel, energi, listrik, transportasi, dan logistik.

Public Liability

Polis ini memberikan perlindungan atas tanggung gugat dari pihak ketiga akibat risiko operasi bisnis tertanggung.

  • Perlindungan tanggung gugat dari pihak ketiga atas risiko bisnis (produk, operasional, bangunan serta operasionalnya, kecelakaan diri, dan tanggung jawab yang terjamin);
  • Cakupan perlindungan bagi bisnis bagunan komersial, pertambangan, minyak dan gas, dan konstruksi.

Workmen Compensation

Polis ini memberikan pertanggungan apabila karyawan tertanggung mengalami cedera badan akibat kecelakaan atau penyakit, termasuk yang menyebabkan kematian.

  • Memberikan kompensasi bagi karyawan yang mengalami kematian atau cedera badan akibat kecelakaan maupun penyakit, sesuai peraturan kompensasi ketenagakerjaan yang berlaku.

OSCAR

OSCAR (Oil and Gas Service Contractors in ASEAN Region) adalah polis Asuransi AIG yang memberikan perlindungan untuk memenuhi kebutuhan dari kontraktor minyak dan gas.

  • Perlindungan menyeluruh atas risiko kecelakaan kerja dan tanggung gugat pihak ketiga saat kontraktor bekerja di darat maupun laut;
  • Polis dibuat berdasarkan kontrak tertentu maupun tahunan;
  • Proses underwriting cepat untuk besaran risiko tertentu.

Directors and Officers Liability

Directors and Officers Liability adalah polis yang akan membantu direksi dan pejabat perusahaan dalam menghadapi risiko di masa depan ketika menjalankan bisnis.

  • Memberikan perlindungan bagi direksi dan pejabat perusahaan ketika menjalankan bisnis;
  • Memberikan perlindungan atas risiko tanggung gugat;
  • Mengurangi beban investigasi dengan bantuan dari ahli hukum, dll.

Professional Indemnity

Professional Indemnity adalah polis AIG Asuransi yang memberikan perlindungan keuangan bagi para profesional dari kerugian yang timbul akibat kelalaian karyawan maupun tertanggung dalam memberikan layanan jasa profesional.

  • Perlindungan tanggung gugat profesi;
  • Perlindungan risiko terjadinya kerusakan reputasi;
  • Dirancang untuk berbagai kelas profesional dan bisnis seperti lembaga keuangan, firma hukum, broker dan agen asuransi, perusahaan arsitek, dan lainnya.

Financial Institutions

Asuransi AIG Financial Institutions adalah polis yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Lembaga Keuangan.

  • Asuransi Professional Indemnity dengan basis tanggung gugat sipil;
  • Perlindungan terhadap kerugian akibat tindakan tidak jujur atau penipuan dari karyawan dan pihak ketiga yang bertujuan untuk mendapat keuntungan finansial;
  • Perlindungan atas klaim yang diajukan terhadap direksi, pejabat, dan karyawan senior atas pelanggaran tugas yang nyata maupun dugaan, serta kelalaian dalam bertugas.
  • Perlindungan entitas untuk klaim sekuritas dan pelanggaran praktik ketenagakerjaan.

Asuransi Properti

Asuransi Properti adalah polis yang memberikan perlindungan dari kejadian tidak terduga seperti kebakaran, kebanjiran, atau bahkan aksi terorisme.

  • Perlindungan komprehensif atas risiko kerusakan properti atau interupsi bisnis;
  • Perlindungan atas risiko kerusakan properti atau interupsi bisnis akibat bencana alam, termasuk gempa bumi, banjir, dan badai;
  • Tambahan perlindungan yang mencakup interupsi bisnis klien yang diakibatkan oleh kerusakan di bangunan pelanggan atau pemasok.

Pengangkutan Darat

Produk Asuransi AIG yang memberikan perlindungan untuk aset yang berpindah, dalam perjalanan, maupun dalam penyimpanan.

  • Memberikan perlindungan komprehensif untuk berbagai peralatan bergerak, pekerjaan, dan wilayah geografis;
  • Jaminan Comprehensive dan Total Loss Only dengan tambahan risiko untuk tanggung jawab pihak ketiga.

Asuransi Pengangkutan Barang

Produk AIG Asuransi ini memberikan perlindungan komprehensif atas risiko kerugian atau kerusakan barang dalam perjalanan melalui jalur laut, udara (termasuk kurir), dan darat.

  • Asuransi kargo: Memberikan perlindungan penuh saat transit kargo dari titik pengiriman ke tujuan akhir;
  • Project Cargo with Delay in Start Up Cover (DSU): Memberikan perlindungan kargo untuk berbagai jenis proyek juga risiko gangguan bisnis dalam kasus keterlambatan dimulainya proyek;
  • Stock Through Put Insurance: Memberikan perlindungan untuk kargo ketika sedang berada di toko, gudang konsolidasi, ketika dalam proses perakitan, pengepakan, dan lainnya.

Asuransi Tanggung Gugat Marine

Polis Asuransi AIG Indonesia yang memberikan perlindungan asuransi kewajiban pihak ketiga yang akan melindungi tertanggung terhadap kewajiban hukum atas kegiatan yang diasuransikan.

  • Freight Forwarder Liability (FFL) Insurance: Perlindungan terhadap tanggung jawab dalam pengiriman, kesalahan dan kelalaian pihak ketiga yang timbul dalam operasi perusahaan pengangkutan;
  • Ship Repairer Liability (SRL) Insurance: Perlindungan ganti rugi terhadap tanggung jawab dalam kerusakan kapal, mesin, atau peralatan saat perbaikan, dan kewajiban pihak ketiga yang timbul dalam operasi memperbaiki kapal;
  • Terminal Operator Liability (TOL) Insurance: Perlindungan ganti rugi terhadap tanggung jawab dalam kerusakan properti pihak ketiga, cedera, biaya pembelaan dan biaya yang diperlukan karena operasi tertanggung saat di pelabuhan;
  • Charterers Legal Liability (CCL) Insurance: Perlindungan ganti rugi terhadap tanggung jawab hukum atau biaya yang timbul dalam waktu atau menyewa kapal pelayaran sehubungan kapal diasuransikan, kargo, kematian pihak ketiga atau cedera, dan/atau kerusakan properti, polusi.

Marine Loss Control Engineering

MLCE adalah polis yang membantu pemegang polis dalam mengurangi risiko perdagangan dan transportasi serta meminimalkan biaya akibat penundaan.

  • Pengendalian risiko kerugian profesional yang mencakup seluruh wilayah untuk membantu pemegang polis mengurangi risiko perdagangan dan transportasi serta meminimalisasi biaya akibat penundaan.

Asuransi Multinasional

Asuransi Multinasional adalah polis yang menawarkan perlindungan dan layanan untuk melakukan bisnis lintas batas.

  • Pelatihan multinasional secara daring dengan beragam bahasa yang memberikan informasi dan praktik untuk menyusun perlindungan lintas batas negara dan mengelola eksposur multinasional;
  • MyAIG Client Portal, alat manajemen akun online yang komprehensif.

Asuransi Pengangkutan Barang

Asuransi Pengangkutan Barang adalah produk yang menawarkan solusi pengangkutan barang yang aman melalui daratan, laut, atau udara bagi pemilik kargo.

  • Asuransi kargo: Memberikan perlindungan penuh saat transit kargo dari titik pengiriman ke tujuan akhir;
  • Project Cargo with Delay in Start Up Cover (DSU): Memberikan perlindungan kargo untuk berbagai jenis proyek juga risiko gangguan bisnis dalam kasus keterlambatan dimulainya proyek;
  • Stock Through Put Insurance: Memberikan perlindungan untuk kargo ketika sedang berada di toko, gudang konsolidasi, ketika dalam proses perakitan, pengepakan, dan lainnya.

Trade Credit

Trade Credit adalah produk AIG Asuransi yang memberikan pertanggungan pembayaran atau piutang bagi perusahaan yang menjual barang atau jasa dengan syarat kredit..

  • Perlindungan keuangan dan piutang tertanggung;
  • Memberikan peluang bagi tertanggung untuk memperluas penjualan di wilayah pasar baru dan menawarkan persyaratan yang lebih kompetitif.

Cara Klaim Asuransi AIG Indonesia

Karena berfokus pada produk asuransi umum yang ditujukan bagi nasabah korporasi yang memiliki nilai ganti rugi cukup tinggi, maka prosedur klaim yang diterapkan oleh AIG Indonesia pun terbilang sedikit lebih rumit

Oleh karena itu, biasanya perusahaan asuransi akan menetapkan loss adjuster yang berfungsi untuk memberikan penilaian atas klaim ganti rugi yang diajukan nasabah sesuai dengan persyaratan polis.

Adapun cara untuk mengajukan klaim, AIG Indonesia menyarankan agar nasabah menghubungi agen, pialang asuransi, atau AIG Indonesia secara langsung.

Selain itu, nasabah juga perlu menyiapkan sejumlah dokumen klaim yang dibutuhkan. Simak informasinya berikut ini:

Persyaratan Dokumen Klaim AIG Indonesia

  • Nomor polis;
  • Tanggal kejadian klaim;
  • Lokasi kejadian klaim;
  • Penjelasan tentang kerugian/kerusakan/cedera;
  • Penjelasan tentang pihak ketiga yang terkena dampak;
  • Penjelasan tentang kejadian klaim secara kronologis;
  • Perkiraan jumlah kerugian;
  • Pihak yang dapat dihubungi untuk proses klaim selanjutnya (nama, nomor telepon, fax, alamat email, dll).

Prosedur AIG Marine Klaim Cepat

AIG Marine Klaim Cepat adalah rangkaian prosedur untuk penanganan klaim Marine Cargo AIG yang memberikan persyaratan lebih mudah dan cepat, yaitu 7 hari kerja jika dokumen klaim diterima dengan lengkap.

Namun, rangkaian prosedur AIG Marine Klaim Cepat ini dikhususkan untuk klaim Marine Cargo yang memiliki nilai klaim rendah  ≤ USD 5,000 (setelah risiko sendiri).

Berikut langkah-langkah prosedur klaim AIG Marine Klaim Cepat:

  • Menyiapkan dokumen persyaratan AIG Marine Klaim Cepat, meliputi:
    • Formulir Klaim AIG General dan Spesifik yang sudah lengkap dan ditandatangani oleh pihak berwenang
    • Salinan Bill of Lading/Airway Bill/Waybill
    • Salinan kuitansi Pengiriman
    • Salinan Faktur Komersial
  • Kirim laporan klaim beserta dokumen persyaratan ke contact.indonesia@aig.com. Subject: AIG Marine Klaim Cepat – No. Polis – Nama Tertanggung – Tanggal Kejadian
  • Perusahaan akan melakukan proses penilaian klaim;
  • Jika disetujui, perusahaan akan melakukan pembayaran klaim pada H+7 hari kerja.

Cara Bayar Premi Asuransi AIG

AIG Indonesia menerima pembayaran premi melalui metode transfer bank, baik dengan mata uang Rupiah maupun US Dollar.

Berikut prosedur pembayaran premi AIG Insurance Indonesia selengkapnya:

  • Lakukan pembayaran premi melalui transfer bank BCA atau Citibank;
    • BCA (Rupiah): 458 300 985 2 (a/n PT AIG Insurance Indonesia)
    • Citibank (Rupiah): 010 265 001 8 (a/n PT AIG Insurance Indonesia)
    • BCA (US Dollar): 458 370 089 0 (a/n PT AIG Insurance Indonesia), Kode SWIFT: CENAIDJA
    • Citibank (US Dollar): 010 265 051 4 (a/n PT AIG Insurance Indonesia), Kode SWIFT: CITIIDJX
  • Kirimkan detail pembayaran dan bukti transfer dengan subjek: “[Nama Produsen atau Tertanggung] – detail tanggal pembayaran polis [DD/MM/YYYY] ke collections.indonesia@aig.com;
  • AIG Indonesia akan membukukan pembayaran dalam waktu tiga hari kerja sejak tanggal premi diterima.

Layanan Nasabah AIG Indonesia

Untuk memberikan kepercayaan kepada nasabah bahwa AIG Indonesia selalu siap untuk membantu para nasabah, perusahaan pun menyediakan sejumlah platform layanan nasabah.

Layanan nasabah ini dapat dimanfaatkan jika nasabah membutuhkan informasi terkait produk, manfaat, premi, klaim, hingga keluhan.

  • Call center AIG Indonesia: 0800 124 8888 (bebas pulsa)
  • Email: contact.indonesia@aig.com
  • Website: https://www.aig.co.id/bisnis
  • Alamat kantor AIG Jakarta: Gedung Bursa Efek Jakarta, Tower 2, Floor 3A, Jl. Jend. Sudirman Kav.52-53, Jakarta 12190, Indonesia
  • Waktu operasional: Senin-Jumat, pukul 08.30-17.00 WIB

FAQ: Orang Juga Bertanya

Apa Itu AIG?

AIG adalah perusahaan asuransi global yang menyediakan beragam layanan asuransi umum, asuransi jiwa, solusi dana pensiun, dan layanan jasa keuangan lainnya.

Di Indonesia, AIG hadir di bawah naungan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) yang berfokus ke bisnis asuransi korporasi di bidang property, marine, liability, financial lines, dan lainnya.

Apa Artinya AIG?

AIG adalah singkatan dari American International Group, Inc yang merupakan perusahaan asuransi global yang memberikan layanan asuransi dan jasa keuangan bagi nasabah di 70 negara dan yurisdiksi.

AIG Lippo Berubah Menjadi Apa?

Semenjak melepaskan diri dari perusahaan induk AIG, Asuransi AIG Lippo kini berubah menjadi AIA Financial.

Sebelumnya, AIG Lippo pernah berganti nama menjadi AIG Life Insurance (AIG Lippo Life) terlebih dahulu, barulah melepaskan diri dari AIG dan berganti nama menjadi AIA Financial yang merupakan anak perusahaan AIA Group.

AIG Life Berubah Menjadi Apa?

Semenjak melepaskan diri dari perusahaan induk AIG, AIG Life Indonesia kini berganti nama menjadi AIA Financial.

Perubahan nama ini menjadi lambang terpisahnya AIA Group dari AIG. AIA Group dulunya merupakan anak usaha AIG.

Apakah Ada Produk AIG Travel Insurance?

AIG Indonesia kini tidak lagi menyediakan produk Asuransi Perjalanan AIG Indonesia dan hanya berfokus pada produk komersial untuk nasabah korporasi.

Namun, di luar wilayah Indonesia, AIG masih menyediakan produk asuransi perjalanan untuk nasabah individu.

Apakah Ada Produk Asuransi Mobil AIG?

AIG Indonesia tidak menyediakan produk asuransi mobil baik untuk individu maupun komersial.

Berapa Call Center AIG Lippo?

Jika yang dimaksud adalah AIG Indonesia, kamu bisa menghubungi call center bebas pulsa di nomor 0800 124 8888.

Bagaimana Cara Klaim Asuransi AIG Lippo?

Jika yang dimaksud adalah prosedur klaim Asuransi AIG Indonesia, cara klaimnya yaitu dengan menghubungi agen, pialang asuransi, atau AIG Indonesia secara langsung.

Berapa Harga Premi Asuransi AIG?

Premi Asuransi AIG Indonesia sangat beragam tergantung dari polis yang dipilih dan faktor lainnya.

Oleh karena itu, kamu bisa menghubungi call center AIG Insurance Indonesia untuk informasi lebih lengkapnya.

Di Mana Alamat Asuransi AIG Jakarta?

Alamat kantor AIG Jakarta yaitu di Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190, Indonesia.

Apakah AIG Asuransi Terpercaya?

Perusahaan AIG Indonesia telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Selain itu, perusahaan juga telah mengantongi izin usaha berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor: KEP-257 A/KM.13/1991 tanggal 31 Agustus 1991.


AIG Indonesia | Cek Daftar Produk Asuransi, Manfaat, dan Profil
Dapatkan penawaran terbatas Harga Termurah. Segera daftar sekarang!
+62