Asuransi Karyawan Terbaik 2022 Plus Promo Premi dan Manfaat

Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62

Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!

1
2
3
Isi Formulir Untuk Melihat Pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi Gratis Melalui Telepon Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu
1
Isi Formulir Untuk Melihat Pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu
2
Konsultasi Gratis Melalui Telepon Dengan tim ahli, cukup 5 menit
3
Temukan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Karyawan Terbaik 2022 Plus Promo Premi dan Manfaat

Siapa DuitPintar, PT Anugrah Atma Adiguna (AAA), dan Lifepal

Asuransi karyawan adalah asuransi yang diperuntukkan bagi para karyawan sebagai benefit bekerja yang diberikan perusahaan. 

Keberadaan asuransi karyawan sendiri menjadi bagian dari hak karyawan, selain dari gaji dan tunjangan. 

Ada berbagai jenis asuransi karyawan, mulai dari asuransi kesehatan hingga asuransi jiwa.

Asuransi untuk karyawan perusahaan sebenarnya juga bisa memberikan manfaat kepada kedua belah pihak. 

Salah satu manfaat asuransi bagi karyawan adalah meminimalkan kerugian keuangan apabila karyawan mengalami risiko selama bekerja. 

Di sisi lain, dengan adanya asuransi karyawan ini, perusahaan juga bisa mengalihkan kerugian akibat risiko yang terjadi pada karyawan, terutama ketika mereka sedang bekerja. 

Misalnya saja, risiko sakit, kecelakaan kerja, dan sebagainya.

Adanya asuransi karyawan ini juga memungkinkan perusahaan untuk menghindari adanya pengeluaran dana yang besar jika terjadi risiko pada karyawan mereka. 

Untuk kamu yang ingin tahu  lebih banyak tentang manfaat asuransi karyawan dan jenisnya, simak yuk ulasannya berikut. 

Jenis asuransi karyawan perusahaan

Ada beberapa jenis asuransi karyawan yang umumnya diberikan perusahaan, mulai dari asuransi kesehatan karyawan, asuransi jiwa karyawan, hingga asuransi kecelakaan. 

1. Asuransi kesehatan karyawan

Tentunya kamu sudah paham bahwa asuransi kesehatan biasanya memberikan pertanggungan untuk biaya perawatan akibat sakit.

Hal yang sama juga berlaku untuk asuransi kesehatan karyawan. 

Umumnya perusahaan akan memilih produk BPJS Kesehatan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi karyawan mereka. 

Perusahaan dan karyawan berkontribusi sesuai porsinya masing-masing untuk membayar iuran BPJS Kesehatan tiap bulannya sehingga karyawan bisa menikmati fasilitas dari BPJS Kesehatan. 

Akan tetapi, proses klaim BPJS Kesehatan umumnya memang tidak secepat klaim asuransi swasta. 

Karena itu, tak sedikit juga perusahaan yang kemudian justru lebih memilih produk asuransi kesehatan swasta, seperti FWD, AXA, Manulife dan sebagainya.

2. Asuransi jiwa karyawan

Asuransi jiwa karyawan ini bisa memberikan manfaat berupa uang pertanggungan terhadap ahli waris jika si karyawan tersebut mengalami risiko meninggal dunia atau manfaat santunan jika terjadi risiko cacat akibat penyakit pada karyawan. 

Umumnya ada dua jenis asuransi jiwa bagi karyawan, yaitu asuransi jiwa berjangka atau Term Life Insurance dan TPD atau Total Payment Disability. 

Salah satu contoh dari Term Life Insurance adalah asuransi Avrist untuk karyawan berupa Avrist Group Term Life. 

Sementara untuk produk asuransi Total Permanent Disability, salah satunya adalah PRU Total dari Prudential. 

3. Asuransi kecelakaan karyawan

Asuransi kecelakaan karyawan lebih banyak digunakan perusahaan manufaktur,  konstruksi, atau perusahaan lain yang lebih berisiko terjadi cidera fisik. 

Jenis risiko yang ditanggung asuransi kecelakaan, yaitu cacat tetap total atau meninggal akibat pekerjaan, serta biaya pengobatannya.

4. Dana pensiun

Dana pensiun sebetulnya adalah salah satu cara agar karyawan tetap bisa mendapatkan kehidupan yang layak dan baik ketika mereka sudah tidak lagi produktif alias sudah pensiun.

Untuk memberikan jaminan dana pensiun, perusahaan bisa menggunakan tiga cara. 

  1. Mendaftarkan karyawan pada program BPJS Ketenagakerjaan, khususnya untuk Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). Cara ini memang yang paling umum dan banyak digunakan perusahaan. Tiap bulannya perusahaan akan membayarkan premi sehingga nantinya karyawan bisa memetik hasilnya di kemudian hari ketika sudah memasuki usia pensiun. 
  2. Memanfaatkan Tabungan Hari Tua (THT) dari PT Taspen. Jaminan pensiun ini memang ditujukan bagi para Pegawai negeri Sipil (PNS), pejabat negara, atau penerima tunjangan veteran serta perintis kemerdekaan. Ini artinya bahwa produk jaminan pensiun dari PT taspen memang terbatas pada golongan tertentu saja. 
  3. Memanfaatkan DPLK Asuransi Swasta yang mana asuransi ini akan memberikan manfaat pensiun berupa santunan tunai kepada karyawan ketika mereka sudah memasuki masa pensiun, berhenti bekerja, atau ketika mengalami PHK. 

Manfaat asuransi karyawan

Pernahkah kamu bertanya, mengapa karyawan harus mendapatkan perlindungan hukum dan asuransi tenaga kerja? 

Salah satu alasannya adalah agar karyawan mendapatkan kesejahteraan dan rasa aman ketika mereka sedang bekerja. 

Karyawan sendiri adalah salah satu aset berharga bagi perusahaannya masing-masing. 

Dengan adanya perlindungan hukum yang pasti dan juga jaminan asuransi karyawan, tentu diharapkan para karyawan bisa memberikan kinerja yang maksimal agar dapat meningkatkan produktivitas perusahaan kedepannya. 

Selain itu, asuransi karyawan sendiri juga bisa memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, yaitu:

Manfaat asuransi karyawan bagi pihak karyawan

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan karyawan ketika mereka mendapatkan fasilitas berupa asuransi karyawan, yaitu:

1. Kesejahteraan karyawan meningkat

Dengan adanya asuransi karyawan, karyawan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya tambahan tidak terduga jika terjadi risiko, misalnya sakit atau kecelakaan kerja. 

Pendapatan berupa gaji dan tunjangan pun bisa seutuhnya digunakan untuk kebutuhan hidup, tabungan, investasi, atau lainnya. 

Hal ini tentu bisa menambah kesejahteraan karyawan yang mana mereka sudah tidak perlu bingung dengan biaya perawatan atau pengobatan. 

2. Menumbuhkan rasa aman 

Dengan adanya jaminan perlindungan asuransi karyawan dari perusahaan, tentu akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi karyawan itu sendiri. 

Hal ini bisa memberikan banyak efek bagi perusahaan, misalnya saja menumbuhkan loyalitas karyawan pada perusahaan, meningkatkan kinerja, dan kualitas serta produktivitas kerja. 

Manfaat asuransi karyawan bagi pihak perusahaan

Selain memberikan manfaat bagi pihak karyawan, rupanya asuransi karyawan juga bisa memberikan manfaat bagi pihak perusahaan, yaitu:

1. Menambah value perusahaan

Tahukah kamu bahwa perusahaan yang memberikan fasilitas berupa asuransi karyawan biasanya memang lebih diminati. 

Hal ini karena asuransi karyawan sendiri bisa memberi banyak manfaat bagi pihak karyawan. Beberapa di antaranya sudah disebutkan sebelumnya. 

Tak bisa dimungkiri juga bahwa perusahaan yang memberikan asuransi pada karyawannya dinilai lebih berkualitas dan lebih meyakinkan bagi para karyawan sehingga tak sulit bagi perusahaan untuk mendapatkan calon pekerja yang berkualitas juga. 

2. Menghindari pengeluaran besar 

Biaya premi yang harus dibayarkan perusahaan dinilai lebih rendah jika dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan ketika misalnya terjadi risiko pada karyawan ketika sedang bekerja, baik itu risiko sakit, kecelakaan, maupun sebagainya. 

Dengan adanya asuransi karyawan ini, rupanya dapat menghindarkan perusahaan dari pengeluaran tak terduga dalam jumlah yang besar sehingga dapat membantu menjaga stabilitas keuangan perusahaan ke depannya. 

Perusahaan asuransi swasta penyedia asuransi karyawan

Di Indonesia, ada beberapa perusahaan asuransi swasta yang menyediakan produk asuransi bagi karyawan, yaitu:

1. Manulife

Manulife adalah salah satu perusahaan asuransi swasta yang memiliki beberapa jenis produk asuransi karyawan, mulai dari asuransi kesehatan untuk karyawan perusahaan, asuransi jiwa, hingga asuransi berjangka. 

Asuransi Jiwa Berjangka

Pertanggungan yang diberikan pada karyawan adalah berupa pertanggungan jiwa apabila karyawan mengalami risiko meninggal dunia dengan sebab apa pun. 

Jika karyawan meninggal dunia, perusahaan asuransi akan memberikan uang pertanggungan terhadap keluarga karyawan.

Asuransi Kecelakaan

Pertanggungan yang diberikan adalah berupa uang pertanggungan bagi keluarga karyawan apabila karyawan meninggal dunia yang diakibatkan kecelakaan. 

Asuransi kecelakaan dari Manulife bagi karyawan ini juga memberikan manfaat berupa penggantian biaya perawatan maksimal 10% dari uang pertanggungan pada tiap kali kejadian kecelakaan. 

Group Savings

Produk asuransi karyawan ini berorientasi juga ke investasi.

Asuransi ini dapat dijadikan sebagai tambahan jaminan hari tua bagi karyawan atau bisa juga sebagai dana cadangan untuk pembayaran pesangon karyawan.

Terdapat dua jenis produk yang ditawarkan untuk Group Savings ini, yaitu Manulife Karyawan Sejahtera Plus dan Manulife Program Pesangon Plus. 

2. AIA

AIA juga merupakan salah satu perusahaan asuransi swasta yang menyediakan pilihan produk asuransi karyawan.

Beberapa produk yang tersedia, yaitu:

AIA Voluntary Solutions

Asuransi Voluntary Solutions memiliki berbagai macam manfaat bagi para karyawan, mulai dari manfaat penyakit kritis, manfaat kecelakaan, manfaat rawat inap, manfaat cacat tetap total dan juga manfaat kematian. 

Kelebihan yang ditawarkan produk Asuransi Voluntary Solutions adalah perusahaan dapat membayar premi yang lebih murah secara bulanan atau tahunan. 

DPLK Pooled Fund

Salah satu program yang ditawarkan AIA adalah DPLK dan manfaat pensiun sebagai dana pasca kerja yang merupakan salah satu fasilitas dari perusahaan bagi karyawan mereka. 

Program ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk pembayaran imbalan pasca kerja dengan nilai tambah berupa manfaat perpajakan dan kemudahan klaim. 

3. FWD

FWD memberikan beberapa pilihan produk asuransi karyawan, terutama untuk asuransi jiwa, asuransi kesehatan serta asuransi kecelakaan. 

Jika perusahaanmu berencana untuk membeli produk asuransi karyawan FWD, berikut pilihan produk yang bisa dipilih.

Bebas Hidup

Bebas Hidup adalah salah satu program asuransi jiwa FWD yang dapat memberikan manfaat meninggal dunia jika karyawan meninggal ketika masih dalam masa pertanggungan. 

Pilihan manfaat yang tersedia meliputi Accelerated Total & Permanent Disability dan Additional Total & Permanent Disability. 

Bebas Sehat

Bebas sehat merupakan produk asuransi kesehatan karyawan FWD dengan premi terjangkau yang dapat memberikan banyak manfaat perawatan rumah sakit. 

Beberapa manfaat yang bisa dinikmati diantaranya manfaat melahirkan, perawatan gigi, rawat jalan, perawatan pencegahan, perawatan gigi, prosthesis, serta manfaat buffer. 

Bebas Karya

Bebas Karya merupakan produk asuransi kecelakaan yang ditujukan bagi karyawan.

Jika karyawan meninggal dunia akibat kecelakaan kerja, keluarga karyawan akan mendapatkan manfaat uang pertanggungan 100%. 

Manfaat tambahan dari Bebas Karya adalah pertanggungan untuk cacat tetap karena kecelakaan serta penggantian biaya medis akibat kecelakaan.

FAQ

Mengapa diperlukan program kesejahteraan karyawan dari perusahaan asuransi jiwa?

Dengan adanya program kesejahteraan karyawan, maka karyawan akan merasa dihargai dan mendapatkan perlindungan terbaik dari perusahaan. 

Dengan begitu sudah semestinya karyawan akan memberikan hasil kerja yang lebih baik, produktivitas yang lebih maksimal serta loyalitas pada perusahaan.  

Asuransi karyawan ada apa saja?

Asuransi karyawan ada beragam, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, serta dana pensiun. 

Apa manfaat asuransi bagi karyawan?

Manfaat asuransi bagi karyawan diantaranya adalah memberikan rasa aman dan nyaman ketika bekerja, lebih produktif dan loyal pada perusahaan, serta mendapatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik.

Apa manfaat asuransi karyawan bagi perusahaan?

Manfaat asuransi karyawan bagi perusahaan adalah menghindari adanya pengeluaran besar akibat adanya risiko yang dialami karyawan, serta dapat memberikan value yang lebih besar bagi perusahaan di mata para karyawan karena dapat memberikan benefit yang lebih besar bagi mereka.

Asuransi Karyawan Terbaik 2022 Plus Promo Premi dan Manfaat
Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62