Asuransi Pertanian Jasindo
3.5 / 5.0 - 175 Ulasan

Asuransi Pertanian Jasindo, Cek Promo Premi dan Manfaatnya

Dapatkan penawaran terbatas Harga Termurah. Segera daftar sekarang!
+62

Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!

1
2
3
Isi Formulir Untuk Melihat Pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi Gratis Melalui Telepon Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu
1
Isi Formulir Untuk Melihat Pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu
2
Konsultasi Gratis Melalui Telepon Dengan tim ahli, cukup 5 menit
3
Temukan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Pertanian Jasindo

Siapa DuitPintar PT Anugrah Atma Adiguna AAA dan Lifepal

Asuransi untuk bidang pertanian memang jarang ditemukan di perusahaan asuransi lainnya. Untungnya Jasindo memiliki produk asuransi bidang pertanian yang pas untuk warga negara Indonesia. Produk asuransi pertanian Jasindo ini akan membantu para petani dalam menata keuangan di masa depan. Berikut ini informasi tersebut. 

Jasindo agri atau asuransi pertanian Jasindo adalah produk perlindungan untuk para petani di Indonesia. Tidak hanya untuk petani, produk ini juga bisa digunakan untuk nelayan hingga peternak. 

Jasindo sendiri adalah asuransi dari PT Asuransi Jasa Indonesia. Untuk informasi jenis produk asuransi, harga premi serta cara klaim, kamu bisa membaca keterangannya di sini. 

Dengan begitu kegiatan profesi petani, peternak dan nelayan bisa dijamin dengan asuransi ini.

Jenis-jenis Asuransi Pertanian Jasindo

Jasindo memberikan beberapa jenis produk asuransi yang pas untuk profesi petani, nelayan hingga peternak. Untuk lebih jelasnya baca keterangan berikut ini:

Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP)

Produk asuransi ini akan memberikan jaminan dan ganti rugi pada petani. Jaminan tersebut bisa diberikan untuk masalah gagal panen karena banjir, karena kekeringan, karena penyakit dan juga serangan pengganggu tanaman lainnya. 

Produk ini akan memberikan manfaat untuk petani yang memiliki lahan maksimal dua hektar dengan maksimal pertanggungan yaitu enam juta per hektar. 

Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS)

Produk asuransi ini khusus diberikan untuk para peternak sapi. Jaminan yang diberikan yaitu untuk resiko kematian ternak karena kelahiran, penyakit, kecurian juga kecelakaan. Pertanggungan produk asuransi ini yaitu maksimal sepuluh juta per ekor sapi. 

Asuransi Nelayan

Asuransi ini khusus diberikan untuk para nelayan di Indonesia. Jaminan asuransi ini akan memberikan santunan pada nelayan karena resiko meninggal dunia. Jaminan ini akan memberikan bantuan perlindungan sampai usia nelayan mencapai angka tertentu.

Manfaat dari Produk Asuransi Pertanian Jasindo

Tiap-tiap jenis asuransi pertanian Jasindo memiliki manfaat yang berbeda untuk proteksi profesi tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan di tiap produknya. 

Untuk Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) manfaat yang didapat yaitu adanya pertanggungan dengan nilai enam juta rupiah per hektarnya. Selain itu ada juga ganti rugi jika umur padi mencapai tiga puluh hari. 

Untuk asuransi AUTS atau Usaha Ternak Sapi ini manfaatnya yaitu adanya pertanggungan dengan nilai yang besar untuk ternak sapi. Yaitu sekitar sepuluh juta rupiah per ekor. Sedangkan untuk asuransi nelayan, akan ada manfaat santunan akibat kegiatan penangkapan ikan yang didapat hingga umur 75 tahun.

Harga Premi Produk Asuransi Pertanian Jasindo

Harga premi asuransi pertanian Jasindo berdasar pada produk asuransi yang ditawarkan dan uang pertanggungannya. Maka dari itu masing-masing jenis asuransi memiliki harga premi yang berbeda. Berikut ini detailnya:

Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP)

Harga preminya yaitu Rp 180 ribu. Namun, jika ditambah dengan bantuan pemerintah maka premi akan berkurang menjadi Rp 36 ribu saja. 

Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS)

Harga premi adalah Rp 200 ribu, jika ditambah dengan bantuan 80 persen dari pemerintah maka harganya menjadi Rp 40 ribu. 

Asuransi Nelayan

Harga premi asuransi ini yaitu Rp 175 ribu. Jika ditambah dengan bantuan pemerintah maka akan menjadi Rp 100 ribu.

Cara Klaim Asuransi Pertanian Jasindo

Mekanisme asuransi pertanian Jasindo dalam melakukan klaim tidak susah. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut agar bisa mendapatkan klaim yang diinginkan. Berikut ini caranya:

  1. Nasabah memberikan pemberitahuan terjadinya kerusakan pada petugas karena resiko banjir, atau risiko lainnya. 
  2. Petugas dan nasabah kemudian mengisi Form-6 dalam enam hari kerja dengan aplikasi SIAP. 
  3. Nasabah dilarang untuk menghilangkan bukti kerusakan sebelum petugas asuransi menilai dan memeriksa kerusakan tersebut. 
  4. Petugas nantinya akan memberikan saran atau nasihat agar tidak terjadi kerusakan lebih besar lagi. 
  5. Setelah itu nasabah akan melakukan pengendalian hang perlu dengan dinas setempat untuk meminimat adanya kerusakan lebih lanjut. 
  6. Jika memang kerusakan tidak bisa dilakukan adanya pengendalian, maka pihak asuransi akan melakukan pemeriksaan dan perhitungan untuk besar kerusakan yang terjadi. 
  7. Nasabah akan mengisi Berita Acara Hasil Pemeriksaan Kerusakan dengan melampirkan bukti berupa foto. 
  8. Nasabah kemudian menandatangani formulir tersebut beserta petugas terkait lainnya. 
  9. Formulir tersebut akan diserahkan kepada pihak terkait untuk diadakan verifikasi yang biasanya dilakukan selama 15 hari lamanya. 
  10. Jika sudah disetujui maka biaya pertanggungan akan sebanyak kerusakan yang terjadi.

FAQ

Pertanggungan untuk asuransi petani yaitu untuk harga pertanggungan sekitar enam juta per hektarnya dengan maksimal dua hektar. Dengan lahan irigasi atau lahan tadah hujan. 

Untuk asuransi ternak sapi, pertanggungannya yaitu sepuluh juta per ekornya. Hal ini berlaku untuk ternak sapi skala kecil dengan usia ternak minimal satu tahun. Untuk asuransi nelayan yaitu berupa santunan kecelakaan dengan usia maksimal 65 tahun juga kapal maksimal 10 gross tonnage. 

Berapa Premi Asuransi Jasindo?

Premi asuransi pertanian Jasindo bergantung pada jenis dari produk asuransi yang dipilih. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website Jasindo lalu melihat daftar harga premi yang diinginkan. 

Bagaimana Metode Penggantian Biaya Asuransi Pertanian Jasindo?

Metode yang digunakan oleh asuransi Jasindo yaitu dengan adanya pertanggungan biaya santunan atau biaya perawatan. Hal ini disesuaikan dengan jenis asuransi. Untuk penggantian biaya juga akan disesuaikan dengan jenis produk. 

Bagaimana Cara Membeli Produk Asuransi Pertanian Jasindo Online?

Daftar asuransi pertanian jasindo online bisa dilakukan dengan mudah. Calon nasabah bisa melakukannya dengan melengkapi data diri dan nomor telepon. Jika sudah, maka akan ada petugas yang akan membantu proses pendaftaran online tersebut. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai cara daftar asuransi pertanian 

kamu bisa membaca di website resmi Jasindo. 

Bagaimana Cara Membayar Premis Asuransi Pertanian Jasindo?

Untuk pilihan pembayaran premi  bisa dilakukan dengan beberapa cara. Yaitu online atau offline. Untuk online sendiri biasanya berupa bank transfer. Selain itu pembayaran ini juga disesuaikan dengan jenis polis asuransi yang dipilih. 

Bagaimana Cara Berhenti Menggunakan Asuransi Jasindo?

Untuk penutupan asuransi Jasindo bisa dilakukan dengan mendatangi kantor Jasindo pusat atau melalui customer service mereka. Untuk prosedur selengkapnya, kamu bisa menyimak caranya di sini:

  1. Hubungi (021) 7994508 atau 7987908.
  2. Dapatkan formulir pembatalan asuransi dengan mengunduhnya di website. 
  3. Isi formulir tersebut dengan data diri. 
  4. Siapkan buku polis asuransi untuk proses pengembalian. 
  5. Siapkan fotokopi KTP.
  6. Siapkan buku tabungan.
  7. Tunggu proses pembatalan dalam empat belas hari kerja. 

Asuransi Pertanian Jasindo, Cek Promo Premi dan Manfaatnya
Dapatkan penawaran terbatas Harga Termurah. Segera daftar sekarang!
+62