PT Asuransi Ramayana Tbk
4.9 / 5.0 - 175 Ulasan

Asuransi Ramayana | Cek Daftar Produk, Manfaat, dan Profilnya

Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62

Asuransi Ramayana | Cek Daftar Produk, Manfaat, dan Profilnya

Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62

Asuransi Ramayana | Cek Daftar Produk, Manfaat, dan Profilnya

Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62

Asuransi Ramayana | Cek Daftar Produk, Manfaat, dan Profilnya

Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas

Asuransi Ramayana | Cek Daftar Produk, Manfaat, dan Profilnya

Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62

Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!

1
2
3
Isi Formulir Untuk Melihat Pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi Gratis Melalui Telepon Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu
1
Isi Formulir Untuk Melihat Pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu
2
Konsultasi Gratis Melalui Telepon Dengan tim ahli, cukup 5 menit
3
Temukan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Ramayana | Cek Daftar Produk, Manfaat, dan Profilnya

Siapa DuitPintar, PT Anugrah Atma Adiguna (AAA), dan Lifepal

Asuransi Ramayana merupakan perusahaan asuransi yang berdiri sejak tahun 1956 dan telah memiliki berbagai jenis produk asuransi.

Sebut saja beberapa diantaranya asuransi kendaraan, asuransi pengangkutan, asuransi syariah, asuransi uang, asuransi rekayasa dan sebagainya.

Sebelum memiliki nama PT. Asuransi Ramayana atau lebih dikenal dengan Asuransi Ramayana, perusahaan ini juga pernah mengalami perubahan nama sejak didirikan.

Perusahaan asuransi ini juga merupakan salah satu perusahaan asuransi yang telah melantai di bursa saham, sehingga masyarakat secara umum juga bisa berinvestasi di perusahaan asuransi ini. 

Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi dari PT. Asuransi Ramayana maupun berinvestasi pada sahamnya, yuk kita kenalan dulu dengan sejarah dan produk-produk dari PT. Asuransi Ramayana ini.

Sekilas tentang PT Asuransi Ramayana

PT Asuransi Ramayana Tbk pertama kali didirikan pada 6 Agustus 1956 berdasar Akta Notaris Raden Meester Soewandi No. 14 dengan nama PT. Maskapai Asuransi Ramayana.

Pendirian perusahaan ini kemudian disahkan juga dengan Penetapan Menteri Kehakiman Republik Indonesia  tanggal 15 September 1956 No. J.A.5/67/16.

Adapun tujuan didirikannya perusahaan ini adalah untuk memberikan perlindungan pada barang yang diimpor atau ekspor NV. Agung yang kala itu berada di bawah pimpinan F.S. Harjadi dan R.G. Doeriat.

Melalui Akta Notaris Muhani Salim, SH No. 95 dan kemudian disahkan oleh  Keputusan Menteri Kehakiman No. C.2.5040-HT01.04.TH 86 tanggal 19 Juli 1986, perusahaan yang mulanya bernama PT. Maskapai Asuransi Ramayana ini berubah menjadi PT. Asuransi Ramayana.

Sekitar empat tahun kemudian, tepatnya pada 30 Januari 1990, perusahaan ini mendapatkan surat Ijin Emisi Saham dari Bapepam No. SI-078/SHM/MK.01/1990 guna bisa melakukan penawaran umum saham pada masyarakat umum sebanyak juta lembar saham.

Masih di tahun yang sama juga, PT Asuransi Ramayana mendapatkan persetujuan dari Bapepam No. 1638/PM/1990 tanggal 19 September 1990 untuk dapat mencatatkan saham secara parsial di Bursa Efek Jakarta. 

Baru di tahun 2000 tepatnya pada tanggal 8 Desember perusahaan ini akhirnya bisa mencatatkan seluruh saham mereka di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya.

Berselang setahun, PT. Asuransi Ramayana menandatangani  Perjanjian tentang Pendaftaran Efek bersifat ekuitas di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) No. SP-108/PE/KSEI/2001 tepatnya pada 10 Desember 2001.

Dengan perjanjian ini terhitung sejak 20 Februari 2002 seluruh perdagangan yang ada di bursa efek akan dilakukan dengan layanan C-BEST atau The Central Depository and Book entry Settlement System.

Produk Asuransi Ramayana

Asuransi Ramayana memiliki beberapa jenis produk asuransi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah, seperti misalnya:

1. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan merupakan produk asuransi yang memberikan pertanggungan pada kerusakan kendaraan yang diakibatkan oleh kecelakaan, kehilangan, atau pencurian.

Kendaraan yang akan mendapatkan ganti rugi adalah kendaraan yang dipertanggungkan dalam polis.

Untuk asuransi kendaraan sendiri PT Asuransi Ramayana memiliki produk Otoransi dan Asuransi Alat Berat.

Kendaraan yang bisa dipertanggungkan dengan produk Otoransi diantaranya kendaraan bermotor jenis pengangkut penumpang seperti jeep, sedan van, minibus, wagon, bus, dan sejenisnya serta kendaraan bermotor pengangkut barang misalnya pick up, truk, box dan sejenisnya. 

Sedangkan untuk asuransi alat berat jenis kendaraan yang bisa dipertanggungkan misalnya forklift, grapple loader, dump truck, excavator, wheel loader, road roller, bulldozer dan sejenisnya. 

2. Asuransi Properti

Asuransi properti bertujuan untuk memberikan manfaat perlindungan atas kerugian maupun kerusakan pada aset atau harta benda yang dimiliki nasabah atas berbagai resiko yang dijamin dalam polis.

Ada tiga jenis produk yang bisa dipilih untuk asuransi properti ini, diantaranya Asuransi Gempa Bumi, Asuransi Kebakaran dan Ramayana Graha.

Asuransi Gempa Bumi memberikan jaminan pada harta benda terhadap kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi.

Ramayana Graha memberikan perlindungan pada aset atas segala resiko kebakaran yang disebabkan secara langsung oleh petir, kebakaran, kejatuhan pesawat terbang, asap dan ledakan. 

Untuk Asuransi Kebakaran sendiri merupakan polis asuransi yang sesuai dengan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI).

Adapun kerugian yang atau kerusakan yang ditanggung adalah akibat adanya risiko yang dijamin dalam dalam polis dengan perluasan jaminan atas banjir, kerusuhan, dan self combustion.

Yang menjadi objek dalam produk asuransi properti ini antara lain perkantoran, gedung, rumah tempat tinggal, rumah sakit, hotel, pabrik, stock, mesin dan berbagai aset lainnya. 

3. Asuransi Kesehatan

Produk asuransi kesehatan dari Asuransi Ramayana bertujuan untuk memberikan jaminan berupa biaya kesehatan pada nasabah sesuai dengan apa yang ada pada polis atau kontrak.

Produk asuransi ini juga bisa diberikan pada karyawan suatu perusahaan termasuk istri atau suami serta anak dari karyawan pemegang polis tersebut.

Adapun metode jaminan yang ditawarkan antara lain Indemnity Inner Limit, Managed Care, dan Indemnity as Charges. 

Pemberian jaminan pelayanan kesehatan secara komprehensif meliputi jaminan dasar rawat inap, jaminan tambahan rawat jalan, kacamata, perawatan gigi, MCU (medical check up) dan persalinan. 

4. Asuransi Rangka Kapal

Asuransi rangka kapal bertujuan untuk memberikan jaminan perlindungan atas kapal yang dipertanggungkan ketika kapal tersebut sedang dioperasikan.

Adapun jenis kapal yang bisa dipertanggungkan misalnya kapal penumpang, tug boat, kapal kargo, tongkang, kapal tanker, dan jenis kapal lainnya. 

Nah, selain beberapa jenis kapal yang sudah disebutkan tadi Asuransi Rangka Kapal ini juga bisa menjamin resiko pada pesawat terbang, pesawat kargo, helikopter dan sejenisnya.

5. Asuransi Pengangkutan

Produk Asuransi Pengangkutan ini memberikan manfaat perlindungan terhadap barang selama proses pengiriman atau pengangkutan, baik melalui darat, laut maupun udara.

Beberapa resiko yang dijamin misalnya kerusakan yang terjadi akibat terjadinya gempa bumi, terguling, tabrakan, tenggelam, karam, keluar dari rel dan sebagainya.

Adapun jenis barang yang dapat dipertanggungkan adalah berbagai barang dengan bentuk cair, gas maupun padat yang diangkut dalam kontainer maupun non kontainer. 

6. Asuransi Penjaminan

Asuransi Penjaminan atau Bonding merupakan salah satu jenis asuransi yang melibatkan tiga pihak.

Pihak pertama biasanya dikenal dengan istilah Surety, yaitu pihak asuransi yang akan memberikan jaminan sesuai permohonan pihak kedua yang kemudian sering dikenal dengan Principal.

Principal ini terikat untuk memenuhi kewajiban tertentu yang telah disetujui bersama pihak ketiga atau yang sering disebut dengan Obligee.

Isi perjanjian adalah menyepakati bahwa jika Principal gagal atau wanprestasi dalam pemenuhan kewajiban terhadap Obligee, maka pihak Surety akan menggantikan biaya tersebut. 

Lalu, siapa saja sih yang umumnya menggunakan produk asuransi ini? Asuransi Penjaminan umumnya diperlukan oleh badan usaha yang memiliki insurable interest sebagai pelaksana atau penerima fasilitas dari Obligee, misalnya saja supplier, kontraktor, produsen eksportir dan importir. 

7. Asuransi Rekayasa

Asuransi Rekayasa merupakan jenis asuransi yang bisa memberikan jaminan manfaat perlindungan terhadap resiko terjadinya kerusakan atau kerugian atas suatu proyek bangunan, mesin selama masa konstruksi, pengujian, pemeliharaan serta kerugian yang disebabkan oleh tanggung jawab hukum dari pihak ketiga. 

Asuransi Rekayasa ini juga memiliki beberapa produk, diantaranya Electronic Equipment Insurance, Construction All Risk, Contractor Plant & Machinery / Equipment, Erection All Risk, Machinery Breakdown, dan Civil Engineering Completed Risk. 

8. Asuransi Uang

Uang  merupakan salah satu jenis harta yang juga bisa dipertanggungkan melalui Asuransi Uang dari Asuransi Ramayana.

Produk asuransi ini memberikan jaminan terhadap resiko kehilangan uang yang disimpan di tempat penyimpanan maupun di kotak kasir.

Untuk asuransi pengiriman uang asuransi memberikan jaminan terhadap resiko kehilangan uang selama proses pengiriman yang disebabkan oleh alasan yang terdapat dalam polis. 

9. Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi Kecelakaan Diri memberikan jaminan atas resiko kematian, biaya perawatan, cacat tetap, dan juga pengobatan yang secara langsung disebabkan oleh virus atau kuman penyakit (baik karena tidak sengaja atau karena kecelakaan), keracunan karena terhirup gas beracun, tenggelam karena kecelakaan, serta komplikasi.

Luas jaminan yang diberikan antara lain:

  • Kematian (Jaminan A), akan diberikan apabila tertanggung meninggal dunia alam batas waktu 12 bulan sejak terjadinya kecelakaan, atau bisa juga hilang dan tidak ditemukan dalam jangka waktu 60 hari sejak kecelakaan terjadi. 
  • Cacat tetap (Jaminan B), akan diberikan ketika tertanggung mengalami cacat permanen yang merupakan akibat langsung dari kecelakaan, bisa terdiri dari cacat tetap keseluruhan dan sebagian. 
  • Jaminan biaya perawatan atau pengobatan (Jaminan C).

Cara klaim Asuransi Ramayana

Cara klaim Asuransi Ramayana bisa jadi berbeda tergantung pada jenis asuransi yang akan diklaim dan juga lokasi. Nah, untuk lebih jelasnya coba simak penjelasan berikut.

1. Cara klaim asuransi kendaraan di Jakarta

Adapun cara klaim untuk asuransi kendaraan bagi nasabah yang ada di area Jakarta adalah:

  • Datang ke kantor pusat PT, Asuransi Ramayana yang beralamat di Komplek Harmoni Plaza Blok A/11, Jl. Suryopranoto No. 2 – 4, Jakarta 10130
  • Melakukan pelaporan klaim tidak lebih dari 3×24 jam sejak terjadinya kecelakaan
  • Menyiapkan dokumen berupa:
    • Polis
    • Fotocopy KTP
    • Fotocopy SIM
    • Fotocopy STNK
    • Surat keterangan dari pihak berwajib (jika melibatkan pihak ketiga atau laporan kehilangan)

2. Cara klaim Asuransi Ramayana selain asuransi kendaraan

Untuk klaim asuransi selain asuransi kendaraan bermotor, maka proses klaim adalah sebagai berikut:

  • Melakukan laporan awal dengan cara menghubungi Kantor Cabang atau Kantor Perwakilan Asuransi Ramayana di mana polis diterbitkan
  • Segera melakukan pelaporan klaim setelah kejadian, jangan lupa untuk mengecek jangka waktu pelaporan klaim di polis
  • Mempersiapkan dokumen klaim yang diperlukan

Daftar rumah sakit rekanan Asuransi Ramayana

Berikut ini adalah beberapa daftar rumah sakit rekanan Asuransi Ramayana khususnya di sekitar area Jakarta:

1. Mayapada Hospital (d/h RS. Honoris)

Jl. Honoris Raya, kav.6 Kodya Dati, Tangerang, Banten

2. Brawijaya Clinic & Lifestyle @ Oktroi Kemang

Jl. Kemang Utara Raya No. 83 Mampang, Jakarta Selatan,DKI Jakarta

3. Bunda International Clinic

Jl. Teuku Cik Ditiro No.12, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta

4. Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS)

Jl. Lebak Bulus I Kav. 29 Cilandak, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

5. RS Islam Jakarta (Cempaka Putih)

Jl. Cempaka Putih Tengah, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, DKI Jakarta

6. RS Antam medika

Jl Pemuda Raya No 1A, Pulogadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta

7. RS Duta Indah

Jl Teluk Gong Raya, Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta

8. RS Khusus Mata JEC Primasana (Priok)

Jl Kebon Bawang Raya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta

9. RS Royal Taruma

Jl. Daan Mogot No.34, Grogol, Jakarta Barat, DKI Jakarta

10. RS Atma Jaya

Jl. Pluit Raya No.2, Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta

Daftar bengkel rekanan Asuransi Ramayana

Berikut ini adalah beberapa daftar bengkel rekanan Asuransi Ramayana khususnya di sekitar area Jakarta:

1. Amso (PT Adulam Mitra Sejahtera Otomotif)

Jl. Danau Sunter Selatan No.10, Rt.10/Rw.11, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta

2. Astrido Bandengan (pick up point)

Jl. Bandengan Utara Raya No.41a, Rt.1/Rw.15, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta

3. EM Sembilan Lima

Jl. Raya Pd. Gede No.29, Rt.12/Rw.1, Llubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

4. Inti Raharja Motor (IRM)

Jl. Kijang I Blok F No.53, Rt.6/Rw.1, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta

5. PT Astra International – Daihatsu Jayakarta

Jl. Pangeran Jayakarta No.28, Rt.8/Rw.7, Mangga Dua Selatan, Kec. Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta

6. New Beringin Motor

Jl. Arjuna Sel. Arteri Tol No.10, Rt.8/Rw.11, KB. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta

7. PT Astra International – Isuzu Warung Buncit

Jl. Warung Buncit Raya No.9, Rt.7/Rw.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan DKI Jakarta

8. PT Mass Sarana Motorama (NV Mass)

Jl. Jend. Sudirman No.8, Rt.14/Rw.1, Bend. Hilir, Tanahabang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

9. PT Handijaya Buana Trada (Suzuki)

Jl. Gn. Sahari No.34, Rt.1/Rw.1, Pademangan Bar., Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta

10. Tunas Toyota Bintaro

4, Jl. RC. Veteran Raya No.24, RT.4/RW.10, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Layanan call centre Asuransi Ramayana

Untuk segala proses pelaporan klaim maupun layanan keluhan nasabah, kamu bisa menghubungi PT. Asuransi Ramayana di:

  • Kantor Pusat: Komplek Harmoni Plaza Blok A/11, Jl. Suryopranoto No. 2 – 4, Jakarta 10130
  • Telepon: (021) 31905544 – 3913864 (Hunting)
  • Fax: Fax: (021) 3921045 – 3911790
  • Call Centre: 1500049 (24 Jam)
  • SMS Centre: 0858 8888 4949

Kantor cabang Asuransi Ramayana

Berikut adalah beberapa kantor cabang dari Asuransi Ramayana.

Bandung

  • Jl. Karapitan No. 119, Bandung 40262
  • Telp.: (022) 7304010, 7304440, 7315743, 7305493
  • Fax.: (022) 7312801

Semarang

  • Jl. Pandanaran 2 – 6 B II No. 3-4, Semarang 50158
  • Telp.: (024) 8416727-28, 8416611
  • Fax.: (024) 8416726

Cirebon

  • Jl. Dr. Sudarsono No. 276, Cirebon 45134
  • Telp.: (0231) 203675, 206784, 3380444
  • Fax.: (0231) 203675

Banda Aceh

  • Jl. Dr. Mr. Moh Hasan Gampong Batoh,  Kec. Lueng Bata, Banda Aceh 23245
  • Telp.: (0651) 635634, 637288
  • Fax.: (0651) 636462

Medan 

  • Jl. Bukit Barisan No. 3 E-F, Medan 20111
  • Telp.: (061) 4151644, 4154567
  • Fax.: (061) 4510507

Padang

  • Jl. Pemuda No. 51 C, Padang 25117
  • Telp.: (0751) 21497, 890503
  • Fax.: (0751) 32596

Pekanbaru

  • Jl. Jenderal Sudirman No. 498 G, Pekanbaru 28282
  • Telp.: (0761) 855210, 854075, 856672, 7077999
  • Fax.: (0761) 854076

Batam

  • Komp. Mahkota Raya Blok D No. 01, Jl. Engku Putri – Batam Center, Batam 29411
  • Telp.: (0778) 7483375 (Hunting)
  • Fax.: (0778) 7483376

Tangerang

  • Jl. Raya Serpong Ruko Sutera Niaga II No. 20 Alam Sutera Serpong, Tangerang 15322
  • Telp.: (021) 53122299, 53121806
  • Fax.: (021) 53124048

Jakarta Pondok Indah

  • Komp. Pondok Indah Plaza I, Blok UA No. 2-3, Jl. Metro Pondok Indah Jakarta 12310.
  • Telp.: (021) 7658355 – 57, 75913009
  • Fax.: (021) 7694725

Jakarta – Tendean

  • Jl. Wolter Monginsidi No. 122 – 124, Kebayoran Baru, Jakarta 12170
  • Telp.: (021) 7225996, 7225997, 7225998
  • Fax.: (021) 7227404

FAQ

Apakah Asuransi Ramayana BUMN?

Asuransi Ramayana adalah salah satu asuransi BUMN.

Apa saja produk Asuransi Ramayana?

Ada beberapa produk Asuransi Ramayana, diantaranya Asuransi Kesehatan, Asuransi  Pengangkutan, Asuransi Kecelakaan Diri, Asuransi Rekayasa, Asuransi Kendaraan, Asuransi  Rangka Kapal, dan sebagainya.

Asuransi Ramayana bergerak di bidang apa?

Asuransi Ramayana bergerak di bidang bisnis asuransi umum.

Asuransi Ramayana | Cek Daftar Produk, Manfaat, dan Profilnya
Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62