Asuransi Rawat Jalan Terbaik Plus Promo Premi dan Manfaatnya

Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62

Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!

1
2
3
Isi Formulir Untuk Melihat Pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi Gratis Melalui Telepon Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu
1
Isi Formulir Untuk Melihat Pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu
2
Konsultasi Gratis Melalui Telepon Dengan tim ahli, cukup 5 menit
3
Temukan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Rawat Jalan Terbaik Plus Promo Premi dan Manfaatnya

Siapa DuitPintar PT Anugrah Atma Adiguna AAA dan Lifepal

Asuransi rawat jalan adalah asuransi kesehatan yang memberikan manfaat pertanggungan berupa biaya konsultasi dokter umum, medical check-up, dan perawatan medis lain yang tidak membutuhkan rawat inap di rumah sakit.

Jenis asuransi ini sangat penting untuk kamu miliki dan perhatikan.

Sebab biaya yang dibutuhkan ketika melakukan rawat jalan sering kali terlampau besar yang dapat berisiko menyebabkan bengkaknya kondisi finansial.

Lantas, apa saja produk asuransi kesehatan rawat jalan terbaik yang bisa dijadikan pertimbangan?

Berikut informasi selengkapnya yang perlu kamu ketahui termasuk tentang pengertian, manfaat, premi, hingga cara klaim asuransinya.

Pilihan asuransi rawat jalan terbaik 2022

Saat ini, asuransi untuk rawat jalan yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan asuransi di Indonesia semakin banyak pilihannya dan memiliki tarif premi yang beragam.

Jelas hal ini akan semakin memudahkan kamu yang mencari asuransi rawat jalan murah.

Yuk, simak daftar produk selengkapnya berikut ini.

1. Asuransi rawat jalan Prudential

Salah satu produk asuransi Prudential yang memberikan manfaat pertanggungan rawat jalan adalah PRUPrime Healthcare Plus Prudential.

Polis ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan manfaat pertanggungan perawatan 30 hari sebelum dan 90 hari sesudah tindakan bedah rawat jalan dan rawat inap.

Ada juga pertanggungan biaya rawat jalan akibat kecelakaan (48 jam setelah kecelakaan) sesuai tagihan

Selain itu, ada juga pertanggungan pembayaran rawat jalan sesuai tagihan untuk perawatan kanker dan cuci darah sesuai polis yang berlaku.

Untuk tarif preminya sendiri, asuransi yang mengcover rawat jalan ini menerapkan tarif yang mengikuti ketentuan Polis Dasar, yaitu PRULink Generasi Baru.

Sementara itu, bagi kamu yang mencari asuransi rawat jalan syariah, kamu bisa memilih polis PRUPrime Healthcare Plus Syariah yang juga ditawarkan oleh Prudential.

2. Asuransi rawat jalan Allianz

Dapat menjangkau berbagai negara di seluruh dunia dengan total manfaat hingga Rp6 miliar dalam setahun, Allianz SmartMed Premier merupakan alternatif asuransi kesehatan rawat jalan dan inap lainnya yang bisa kamu pilih.

Selain menawarkan manfaat rawat jalan dan rawat inap, asuransi ini juga memberikan manfaat spesial yang meliputi kemoterapi, hemodialisis, evakuasi medis dan pemulangan darurat, HIV/AIDS, hingga biaya pemakaman.

Menariknya lagi, asuransi Allianz ini juga memberikan fasilitas rawat jalan kelas VIP di rumah sakit jaringan Allianz yang berada di Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, dan negara-negara lainnya.

Bagi kamu yang mencari asuransi rawat jalan cashless terbaik, Allianz Smartmed Premier ini tentunya dapat menjadi pilihan menarik untuk kamu miliki.

3. Asuransi rawat jalan BNI Life

Daftar asuransi yang cover rawat jalan berikutnya yaitu ditawarkan oleh BNI Life melalui polis yang bernama Spectra HealthCare.

Produk asuransi ini memberikan manfaat pertanggungan yang sangat lengkap, mulai dari rawat inap, rawat jalan, hingga santunan melahirkan. Selain itu, polis juga dapat diperpanjang hingga usia 70 tahun.

Untuk memudahkan nasabah, Spectra HealthCare juga menyediakan fasilitas klaim cashless dan reimbursement, sehingga cocok untuk kamu yang mencari asuransi kesehatan rawat jalan cashless.

Untuk tarif preminya sendiri, asuransi ini menawarkan tarif yang terbilang sangat murah yaitu mulai dari Rp50 ribu per bulan.

4. Asuransi rawat jalan AXA Mandiri

Menawarkan tarif premi mulai dari Rp170 ribu per bulan, asuransi untuk rawat jalan dari AXA Mandiri yang diberi nama Smartcare Executive ini dapat menjadi alternatif pilihan kamu berikutnya.

Smartcare Executive adalah asuransi kesehatan keluarga dan individu, yang akan memberikan solusi untuk proteksi kesehatan dan perencanaan finansial kamu.

Selain menawarkan manfaat rawat inap dan rawat jalan, asuransi ini juga menawarkan proteksi untuk kecelakaan diri.

Ada juga fasilitas non tunai (cashless) dan rumah sakit rekanan yang berjumlah lebih dari 2100.

5. Asuransi rawat jalan Manulife

MiUltimate HealthCare adalah asuransi kesehatan rawat jalan dan rawat inap yang ditawarkan oleh Manulife dengan menawarkan berbagai manfaat dan keunggulan menarik.

Beberapa di antaranya, seperti manfaat penggantian biaya rumah sakit baik karena sakit maupun kecelakaan, pembayaran manfaat sesuai tagihan (as charged) dengan limit tahunan, hingga limit tahunan tambahan untuk penyakit kritis.

Adapun jenis penyakit kritis yang dimaksud yaitu kanker, serangan jantung, gagal ginjal, atau transplantasi organ.

Lebih menariknya lagi, ada juga manfaat biaya kamar sebesar 3x lipat dari plan yang dipilih apabila perawatan dilakukan di luar negeri (seluruh dunia kecuali Amerika Serikat).

6. Asuransi rawat jalan Sinarmas

Selanjutnya, ada produk asuransi Simas Sehat dari Sinarmas yang menawarkan manfaat mulai dari rawat jalan dan kecelakaan diri sebesar Rp10 juta, rawat inap, hingga durasi untuk meninjau polis selama 15 hari.

Selain itu, ada juga manfaat pertanggungan biaya rawat jalan akibat kecelakaan serta perawatan pra dan pasca operasi yang tentunya akan sangat membantu nasabah.

Untuk produk Simas Sehat ini, calon nasabah dapat memilih satu dari tiga plan asuransi yang disediakan, dengan tarif premi mulai dari Rp171 ribu per bulan.

7. Asuransi Lippo rawat jalan

Jika kamu mencari asuransi yang mengcover rawat jalan dari Lippo Insurance, maka HealthPlus Family (+RJ) adalah salah satu pilihannya yang menawarkan segudang manfaat pertanggungan.

Adapun beberapa manfaat pertanggungan yang ditawarkannya meliputi:

  • Biaya dokter umum Rp125 ribu-Rp200 ribu
  • Biaya dokter spesialis Rp275 ribu-Rp600 ribu
  • Biaya obat-obatan Rp3,7 juta-Rp6 juta
  • Biaya diagnostik Rp2,5 juta-Rp4 juta
  • Biaya fisioterapi Rp125 ribu-Rp200 ribu

Selain itu, nasabah juga akan mendapatkan limit polis sebesar Rp12,5 juta hingga Rp20 juta dalam setahun.

Sesuai dengan namanya, HealthPlus Family (+RJ) ini bisa menjadi pilihan asuransi keluarga yang menarik untuk kamu pertimbangkan.

8. Asuransi rawat jalan Jagadiri

Melalui produk asuransi Jaga Sehat Keluarga dari Jagadiri, kamu bukan hanya akan mendapatkan manfaat pertanggungan rawat jalan hingga Rp500 ribu per kunjungan saja, tapi juga penawaran menarik berupa pengembalian premi 25% jika tidak terpakai

Asuransi kesehatan rawat jalan dan inap keluarga ini dapat menanggung hingga lima anggota keluarga sekaligus dalam satu produk asuransi, dengan tarif premi mulai dari Rp280 ribu per bulan.

Namun, untuk dapat memiliki asuransi Jagadiri satu ini terdapat syarat di mana usia pemegang polis minimal 21 tahun, usia masuk anak yaitu 30 hari-23 tahun, dan usia masuk dewasa yaitu 18-60 tahun.

9. Asuransi rawat jalan Cigna

Pilihan lain asuransi kesehatan cashless untuk rawat jalan yang bisa kamu miliki yaitu Cigna Premium Health Protection dari PT Asuransi Cigna.

Adapun sejumlah manfaat pertanggungan yang ditawarkan selain rawat jalan yaitu pemeriksaan kesehatan sebagai deteksi penyakit sejak dini, pemeriksaan diagnostik, rawat inap termasuk ICU dan pembedahan, hingga pemulihan pasca rawat inap.

Nasabah juga bisa mendapatkan manfaat pertanggungan biaya medical check-up setiap dua tahun sekali.

Menariknya, dengan tarif premi mulai dari Rp300 ribu per bulan, polis asuransi Cigna Premium Health Protection ini dapat digunakan juga di luar negeri seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura.

10. Asuransi rawat jalan Astra

Terakhir, ada asuransi untuk rawat jalan yang ditawarkan oleh asuransi Astra yang diberi nama Astra Garda Healthcare.

Mematok tarif premi mulai dari Rp299 ribu per tahun, produk asuransi kesehatan rawat jalan ini menawarkan manfaat pertanggungan yang cukup menarik dan agak berbeda dari produk-produk sebelumnya.

Adapun manfaat pertanggungan yang diberikan yaitu konsultasi tatap muka sebanyak tujuh kali dengan rujukan dokter umum atau spesialis, biaya resep obat (online dan tatap muka), biaya pengiriman obat, hingga konsultasi online sebanyak 14 kali di aplikasi Halodoc.

Apa itu asuransi rawat jalan?

Seperti yang sudah disinggung di awal, asuransi rawat jalan adalah jenis asuransi kesehatan yang memberikan pertanggungan biaya perawatan medis ketika nasabah dalam masa pemulihan, khususnya saat setelah melakukan rawat inap di rumah sakit.

Pada dasarnya, manfaat pertanggungan rawat jalan ini biasanya digabungkan dengan produk asuransi kesehatan, sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat asuransi rawat jalan dan rawat inap sekaligus dalam satu polis yang dimiliki.

Namun, memang ada juga beberapa asuransi untuk rawat jalan yang merupakan produk stand alone (polis yang berdiri sendiri tanpa perlu membeli polis dasar asuransi kesehatan).

Biasanya, manfaat pertanggungan yang diberikan meliputi biaya pemulihan pra dan pasca rawat inap, medical check-up, perawatan gigi, kacamata, kunjungan ke dokter umum atau spesialis, dan biaya pengobatan serta perawatan medis lainnya.

Manfaat asuransi rawat jalan

Sesuai namanya, asuransi ini menawarkan manfaat pelayanan medis rawat jalan atau tanpa syarat rawat inap.

Dengan kata lain, manfaat yang ditawarkan oleh asuransi ini hanya untuk memeriksakan atau mengatasi gangguan kesehatan ringan, termasuk salah satunya membeli obat.

Agar lebih jelasnya, kamu bisa simak beberapa manfaat khusus asuransi untuk rawat jalan berikut ini: 

  • Pemeriksaan dokter umum atau spesialis: Pemeriksaan atau konsultasi ini bisa dilakukan tanpa rawat inap, tindakan perawat inap, dan tindakan pasca rawat inap.
  • Biaya pembelian obat-obatan: Obat-obatan yang diresepkan pasca konsultasi akan ditanggung asuransi. 
  • Perawatan gigi: Perawatan gigi meliputi pemeriksaan, pembersihan gigi, tambal gigi, dan operasi pencabutan gigi.
  • Perawatan mata: Pemeriksaan kondisi mata hingga pembuatan kacamata. 
  • Kandungan: Konsultasi dokter, pemeriksaan rutin, hingga biaya persalinan. 
  • Fisioterapi: Pemulihan pasca kecelakaan.

Menariknya, selain sejumlah manfaat pertanggungan yang telah disebutkan di atas, ada lagi manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan, khususnya jika kamu memiliki asuransi BPJS Kesehatan.

Manfaat menarik tersebut yaitu bisa dilakukannya double claim, yang artinya kamu bisa mengurangi kemungkinan harus membayar biaya rawat jalan dan obat yang tidak ditanggung ketika didiagnosis penyakit tertentu.

Jenis asuransi rawat jalan di Indonesia

Di Indonesia, terdapat dua jenis asuransi untuk rawat jalan yang dapat kamu pilih, yaitu asuransi rawat jalan murni dan rawat jalan tambahan (rider).

Apa arti dari keduanya? Berikut pembahasannya.

  • Asuransi rawat jalan murni: Merupakan produk asuransi rawat jalan yang dapat dibeli tanpa mengharuskan calon nasabahnya memiliki produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau asuransi jiwa unit link terlebih dahulu sebagai polis dasar.
  • Asuransi rawat jalan tambahan (rider): Merupakan produk asuransi tambahan yang baru bisa dimiliki ketika nasabahnya sudah membeli polis dasar asuransi kesehatan yang manfaat utamanya rawat inap.

Sementara itu, jika didasarkan pada jumlah tertanggungnya, asuransi untuk rawat jalan terdiri dari tiga jenis; Asuransi rawat jalan perorangan, asuransi rawat jalan keluarga, dan asuransi rawat jalan kelompok atau grup.

Berikut masing-masing penjelasannya:

  • Asuransi rawat jalan perorangan: Merupakan asuransi yang diberikan untuk satu tertanggung saja. Polis ini dapat kamu miliki dalam bentuk asuransi rawat jalan murni maupun yang bersifat sebagai rider.
  • Asuransi rawat jalan keluarga: Merupakan asuransi yang ditujukan untuk keluarga dan umumnya jumlah anggota keluarga yang ditanggung oleh polis ini maksimal 5 orang.
  • Asuransi rawat jalan kelompok (grup): Merupakan asuransi rawat jalan yang ditujukan untuk karyawan. Manfaat yang diberikan meliputi perawatan gigi, kacamata, asuransi melahirkan, dan perawatan kesehatan tanpa rawat inap.

Selain itu, jika didasarkan dari segi pembayaran klaimnya, asuransi untuk rawat jalan terbagi menjadi dua jenis yaitu cashless dan reimbursement.

Apakah itu? Ini penjelasannya:

  • Cashless: Merupakan asuransi untuk rawat jalan yang memberikan jaminan biaya perawatan kesehatan dalam bentuk non tunai, sehingga tertanggung hanya perlu menunjukkan kartu asuransi saja.
  • Reimbursement: Merupakan asuransi untuk rawat jalan yang memberikan jaminan penggantian biaya perawatan setelah tertanggung membayar terlebih dahulu tagihan rumah sakit.

Premi asuransi rawat jalan

Mengenai harga premi asuransi rawat jalan, tentunya masing-masing polis memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan manfaat pertanggungan yang ditawarkannya.

Namun,  jika melihat daftar produk asuransi untuk rawat jalan yang telah dibahas di atas, tarif preminya berkisar mulai dari Rp25 ribuan hingga Rp300 ribuan, bahkan ada juga yang mencapai hingga jutaan rupiah per bulan.

Selain itu, besar kecilnya premi asuransi juga biasanya ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain: 

  • Umur: Peserta yang telah memasuki umur tua biasanya lebih rentan terhadap penyakit. Oleh sebab itu, harga preminya biasanya lebih mahal ketimbang yang usia muda.
  • Pekerjaan: Orang yang bekerja di industri berat, misalnya buruh sangat berisiko mengalami kerugian kesehatan. Oleh sebab itu, harga preminya biasanya lebih mahal.
  • Riwayat kesehatan: Orang yang memiliki riwayat kesehatan parah maka preminya bisa lebih mahal. 
  • Manfaat polis: Semakin lengkap manfaat yang didapatkan dari produk asuransi tersebut, semakin mahal pula preminya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui secara pasti berapa tarif premi asuransi rawat jalan yang perlu kamu persiapkan saat membeli suatu polis, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan agen asuransi atau langsung dengan perusahaan asuransi terkait.

Cara klaim asuransi rawat jalan

Sama halnya dengan asuransi kesehatan, pertanggungan rawat jalan ini memiliki dua cara atau metode klaim asuransi, yaitu cashless dan reimbursement.

Agar lebih paham mengenai masing-masing metode klaim tersebut, kamu bisa simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Cashless (non tunai)

Sesuai namanya, klaim cashless berarti kamu bisa melakukan pemeriksaan kesehatan tanpa mengeluarkan uang sama sekali. Lalu, dengan apa?

Pihak asuransi akan memberikan kamu kartu nasabah yang dilengkapi dengan data diri dan data kepesertaan asuransi.

Nantinya kartu yang diberikan itu bisa digunakan sebagai jaminan penggantian pembayaran cash.

Sebelum melakukan pemeriksaan, petugas klinik atau rumah sakit akan meminta kartu asuransi kamu kemudian menanyakan perusahaan atau polis yang kamu pegang.

Setelah disetujui dan dikonfirmasi pihak klinik atau rumah sakit, barulah tindakan medis bisa dilakukan. 

2. Reimbursement (tunai)

Sementara, reimbursement adalah metode pembayaran biaya medis menggunakan dana cash peserta terlebih dahulu.

Setelah itu, peserta bisa mengajukan klaim ganti rugi ke perusahaan asuransi sebesar uang yang telah ditetapkan di dalam polis.

Keunggulan dari metode reimbursement ini adalah bisa digunakan untuk penanganan medis di rumah sakit atau klinik di luar rekanan asuransi.

Untuk pengajuan klaim menggunakan metode reimbursement, peserta harus menyertakan dokumen-dokumen penting untuk klaim penggantian ke perusahaan asuransi, seperti:

  • Polis;
  • Formulir klaim;
  • Bukti pemeriksaan medis;
  • Surat keterangan dari dokter;
  • Hasil laboratorium (jika ada);
  • Kwitansi biaya dari rumah sakit atau klinik;
  • Surat keterangan polisi (bila dirawat akibat kecelakaan).

Tips klaim asuransi untuk rawat jalan diterima

Pengajuan klaim asuransi terkadang tak semulus seperti yang diharapkan, yang menyebabkan pengajuan klaim ditolak.

Oleh karena itu, agar hal ini tidak kamu alami, perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Cek persyaratan pengajuan klaim

Hal penting pertama yang harus kamu perhatikan adalah mengenai persyaratan yang diperlukan untuk pengajuan klaim.

Agar pengajuan klaim dapat diterima, pastikan kamu telah membaca dan memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan.

Pasalnya, beberapa perusahaan asuransi hanya menanggung biaya rawat jalan pasca rawat inap di rumah sakit, sehingga tidak berlaku untuk rawat jalan lainnya.

2. Ketahui sistem pemberian klaim

Tips yang berikutnya yaitu cari tahu dulu sistem pemberian klaim yang diterapkan oleh perusahaan asuransi menggunakan metode seperti apa, apakah itu cashless ataupun reimbursement.

Pasalnya, tiap metode tersebut memiliki langkah pengajuan yang berbeda.

Sehingga dengan kamu mengetahui metode seperti apa yang digunakan oleh perusahaan asuransi, maka hal itu akan mempermudah dan mempercepat proses pengajuan klaim.

3. Ajukan klaim di rumah sakit rekanan

Agar pengajuan klaim dapat diterima dan prosesnya berjalan mudah, sebaiknya kamu usahakan untuk melakukan perawatan di rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan asuransi.

Kamu bisa mencari tahu apa saja daftar rumah sakit rekanan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut melalui website resminya.

4. Pastikan tidak melebihi limit asuransi

Kamu juga harus memastikan bahwa klaim yang diajukan tidak melebihi limit asuransi yang telah ditentukan di awal.

Sebab, jika ternyata kamu sudah mencapai batas limit tersebut pada pengajuan klaim sebelumnya, maka klaim yang berikutnya tentu akan ditolak.

Jadi, pastikan kamu rutin mengecek limit asuransi yang tersisa sebelum mengajukan klaim.

Cara membeli asuransi rawat jalan online

Pertanggungan rawat jalan bisa kamu beli secara online melalui situs resmi perusahaan asuransi.

Kamu tinggal membuka situs perusahaan asuransi yang produknya kamu ingin beli, lalu isi formulir pembelian polisnya.

Setelah itu, isi data diri kamu. Nanti petugas asuransi akan menghubungi kamu lebih lanjut.

Selain itu, kamu juga bisa membeli asuransi yang cover rawat jalan di situs-situs broker asuransi seperti DuitpIntar.

DuitPintar menyediakan puluhan pertanggungan rawat jalan unggulan dan bisa kamu bandingkan sekaligus secara online

Tips memilih pertanggungan rawat jalan

Setelah mengetahui pilihan asuransi yang terbaik, apakah kamu tetap bingung mau pilih yang mana?

Ada baiknya perhatikan beberapa aspek sebelum membeli asuransi berikut ini.

1. Tersedia layanan klaim yang lengkap

Aspek yang pertama adalah pastikan kalau pilihan asuransi tersebut memiliki metode klaim yang lengkap, terutama cashless.

Rawat jalan merupakan tindakan medis yang umumnya berlangsung cepat dan tanpa penanganan bedah.

Agar lebih praktis, pastikan kalau asuransi tersebut bisa menggunakan metode klaim cashless.

Jadi, tinggal tunjukkan kartu saja kemudian kamu bisa langsung dapat penanganan medis. 

2. Premi sesuai dengan manfaatnya

Pastikan kamu memilih asuransi yang memiliki premi sesuai dengan bujet.

Selain itu, pastikan juga bahwa premi yang kamu bayarkan sesuai dengan manfaat yang didapatkan.

3. Besaran manfaatnya

Sebagai peserta asuransi, tentu kamu berharap mendapatkan manfaat pertanggungan yang besar.

Oleh karena itu, cobalah memilih asuransi dengan manfaat pertanggungan yang menguntungkan kamu.

Coba bandingkan antara satu asuransi dan asuransi lainnya.

Perbedaan asuransi rawat jalan dan rawat inap

Perbedaan asuransi rawat inap dan rawat jalan yang paling jelas terlihat yaitu tentunya dari segi manfaat pertanggungan yang diberikan oleh kedua jenis produk asuransi ini.

Di mana, manfaat asuransi rawat jalan terbatas hanya pada pertanggungan untuk biaya periksa dokter, biaya laboratorium, biaya obat, dan pemeriksaan medis lainnya tanpa adanya kebutuhan rawat inap di rumah sakit.

Sedangkan, asuransi rawat inap memberikan manfaat pertanggungan untuk semua biaya yang dibutuhkan saat tertanggung dirawat di rumah sakit, termasuk salah satunya biaya kamar saat rawat inap.

Selain itu, ada juga beberapa perbedaan lainnya antara asuransi rawat inap dan rawat jalan, yakni:

1. Jenis penyakit

Pada asuransi untuk rawat jalan, pertanggungan yang diberikan terbatas hanya untuk sejumlah penyakit ringan seperti misalnya cabut gigi, perawatan kesehatan gigi, pemeriksaan mata oleh dokter spesialis, dan keluhan penyakit ringan lainnya.

Sementara itu, asuransi yang mengcover rawat jalan memberikan pertanggungan secara khusus untuk penyakit-penyakit yang lebih serius, yang membuat pasien harus menjalani opname di rumah sakit.

2. Lokasi perawatan

Perbedaan berikutnya yaitu ada pada lokasi perawatannya. Asuransi rawat inap hanya dapat menanggung biaya perawatan kesehatan saat tertanggung menjalani opname di rumah sakit dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan, lokasi perawatan pada asuransi untuk rawat jalan tidak hanya terpaku pada rumah sakit saja, tapi bisa juga fasilitas kesehatan lainnya seperti laboratorium, klinik, dan optik.

3. Fleksibilitas memilih manfaat

Fleksibilitas pemilihan manfaat dari kedua jenis asuransi ini juga tentunya memiliki perbedaan.

Pada asuransi rawat inap, tertanggung diberikan kebebasan untuk memilih kelas kamar perawatan saat opname.

Sedangkan, pada asuransi untuk rawat jalan, fleksibilitas pemilihan manfaat yang bisa dilakukan yaitu pada jenis risiko sakit yang akan ditanggung oleh perusahaan.

Apakah terbatas hanya untuk pemeriksaan dokter, perawatan gigi, dan biaya pembelian obat saja, atau ada penambahan manfaat lainnya seperti misalnya untuk pemeriksaan mata.

4. Tarif premi

Perbedaan yang terakhir yaitu ada pada tarif preminya.

Asuransi rawat inap tentu memiliki premi yang lebih mahal karena asuransi jenis ini memberikan manfaat pertanggungan yang lebih banyak, termasuk rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap.

Sementara itu, premi asuransi untuk rawat jalan adalah sesuai limit yang ditetapkan dan manfaat yang dipilih, sehingga preminya cenderung lebih murah.

FAQ

Apakah asuransi Prudential bisa untuk rawat jalan?

Prudential memiliki polis asuransi rawat jalan, salah satunya PRUPrime HealthCare yang merupakan polis tambahan (rider)  dari PRULink Generasi Baru.

Apakah asuransi kesehatan bisa dipakai di semua rumah sakit?

Setiap perusahaan asuransi biasanya memiliki klinik atau rumah sakit rekanan mereka masing-masing.

Jadi, belum tentu perusahaan asuransi A dan B memiliki rekanan yang sama.

Sebelum konsultasi medis, pastikan kamu mengecek rumah sakit atau klinik rekanan asuransi kamu.

Asuransi kesehatan mengcover apa saja?

Asuransi kesehatan adalah produk yang memberikan pertanggungan biaya apabila pemegang polis (tertanggung) mengalami gangguan kesehatan baik itu sakit atau karena kecelakaan.

Adapun manfaat pertanggungan yang umumnya diberikan yaitu pertanggungan biaya rumah sakit (rawat inap, rawat jalan, dokter, obat, dan tindakan) hingga biaya operasi berdasarkan ketentuan yang tertera di polis.

Apakah rawat jalan ditanggung asuransi?

Ya, manfaat pertanggungan rawat jalan bisa kamu dapatkan melalui produk asuransi kesehatan yang telah dimiliki.

Namun, ada juga produk asuransi rawat jalan yang bersifat stand alone, sehingga kamu tidak perlu membeli asuransi kesehatan terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaat pertanggungannya.

Berapa premi Smarthealth Maxi Violet?

Tarif premi Allianz Smarthealth Violet atau biasa juga disebut Allianz Maxi Violet yaitu berkisar antara Rp662 ribu hingga Rp12 juta per tahun untuk tertanggung individu.

Asuransi Rawat Jalan Terbaik Plus Promo Premi dan Manfaatnya
Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62