WanaArtha Life | Cek Daftar Produk Asuransi, Manfaat, dan Profil

Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62

WanaArtha Life | Cek Daftar Produk Asuransi, Manfaat, dan Profil

Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62

WanaArtha Life | Cek Daftar Produk Asuransi, Manfaat, dan Profil

Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62

WanaArtha Life | Cek Daftar Produk Asuransi, Manfaat, dan Profil

Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas

WanaArtha Life | Cek Daftar Produk Asuransi, Manfaat, dan Profil

Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62

Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!

1
2
3
Isi Formulir Untuk Melihat Pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi Gratis Melalui Telepon Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu
1
Isi Formulir Untuk Melihat Pilihan Sesuai Profil & Kebutuhanmu
2
Konsultasi Gratis Melalui Telepon Dengan tim ahli, cukup 5 menit
3
Temukan Asuransi Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

WanaArtha Life | Cek Daftar Produk Asuransi, Manfaat, dan Profil

Siapa DuitPintar, PT Anugrah Atma Adiguna (AAA), dan Lifepal

WanaArtha Life atau biasa juga disebut dengan PT Asuransi Jiwa Adisarana WanaArtha adalaha salah satu perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan yang ada di Indonesia dan sudah beroperasi sejak tahun 1974.

Perusahaan asuransi ini diketahui memiliki beragam produk asuransi, baik untuk individu maupun korporasi. 

Dari berbagai produk asuransi yang dimiliki WanaArtha Life ini, beberapa ada yang merupakan asuransi murni dan beberapa lainnya ada juga yang memiliki unsur investasi atau biasanya dikenal sebagai unit link.

Sayangnya, pada 2021, WanaArtha Life dihantam berita yang kurang baik terkait kinerjanya.

Untuk mengetahui bagaimana sejarah dan nasibnya kini, kita simak yuk ulasannya berikut ini. 

Sejarah WanaArtha Life

Disebutkan sebelumnya bahwa perusahaan asuransi ini berdiri sejak tahun 1974 yang mana awalnya memiliki nama PT Asuransi Jiwa Mahkota Abadi yang kemudian berubah menjadi PT Asuransi Jiwa Mahkota Said hingga tahun 1998.

Setelah tahun 1998, nama ini kemudian berubah menjadi WanaArtha Life hingga saat ini.

WanaArtha Life termasuk perusahaan asuransi yang mendapatkan dukungan dari Fadent Consolidated Companies dan Yayasan Wanajaya yang bernaung di bawah Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. 

WanaArtha Life menyediakan kemudahan aksesibilitas bagi nasabah di seluruh Indonesia dengan melakukan perluasan Marketing Distribution Channels WanaArtha Life.

Adapun tiga jalur distribusi yang dimanfaatkan WanaArtha Life: Agency, Bancassurance, dan Grup.

Salah satu prestasi yang pernah dicatatkan WanaArtha Life adalah memiliki aset sebesar Rp9,7 triliun dengan pendapatan premi mencapai Rp9,1 triliun per Oktober 2018 lalu.

Produk asuransi WanaArtha Life untuk Individu

Asuransi individu ini mencakup beberapa jenis asuransi, yaitu asuransi jiwa, asuransi investasi, asuransi kesehatan, hingga dana pensiun dalam bentuk DPLK.

Dalam hal ini, WanaArtha Life setidaknya memiliki 10 jenis produk, yaitu:

1. Wana Makmur Pro

Wana Makmur Pro adalah produk asuransi yang mengombinasikan proteksi kematian dan tabungan.

Produk ini menawarkan skema pembayaran yang mudah dan fleksibel, yaitu bisa dilakukan secara bulanan, kuartalan, semesteran, atau tahunan.

2. Wana Multi Protector

Wana Multi Protector adalah produk asuransi jiwa seumur hidup atau sering juga disebut traditional whole life insurance dengan usia maksimal tertanggung hingga 100 tahun.

Salah satu kelebihan produk asuransi ini adalah menawarkan pilihan skema pembayaran premi yang fleksibel dan juga dapat ditentukan sendiri oleh nasabah.

Misalnya saja, pembayaran dilakukan secara sekaligus pada awal pertanggungan asuransi atau secara reguler yang dibayarkan secara berkala selama 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun, atau 20 tahun.

3. WAL Link

WAL Link adalah produk asuransi dasar unit link yang menawarkan pertanggungan sebagai manfaat asuransi jiwa seumur hidup sekaligus manfaat investasi hingga nasabah berusia 85 tahun.

4. WANA Saving Plus

WANA Saving Plus adalah program asuransi jiwa dwiguna yang mana produk ini dapat memberi manfaat pertanggungan atas risiko kematian sekaligus memberikan manfaat hidup berupa santunan sejumlah nilai tunai.

5. WANA Flexi Account

WANA Flexi Account adalah produk asuransi individu unit link berbasis proteksi sekaligus investasi.

Produk ini memungkinkan para nasabah untuk mengatur sendiri program asuransi dan investasi mereka sesuai kebutuhan masing-masing.

Produk ini juga menawarkan fleksibilitas komposisi premi asuransi dan investasi bagi nasabah dengan komposisi alokasi premi yang dibayarkan batas maksimum alokasi 30-70 persen.

6. Wana Eazy Pro

Wana Eazy Pro adalah produk asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan, baik akibat kecelakaan maupun sakit.

Melalui produk ini, nasabah dapat memilih masa perlindungan asuransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan proteksi dengan skema pembayaran premi 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun, atau 20 tahun.

7. WAL CI110 

WAL CI110 adalah produk asuransi rider atau tambahan untuk produk asuransi dasar unit link bagi para nasabah yang dipertanggungkan pada asuransi dasarnya.

Manfaat yang ditawarkan dari produk WAL CI110 ini adalah adanya santunan sebesar persentase dari Uang Pertanggungan Penyakit Kritis apabila nasabah terdiagnosis mengalami salah satu dari 110 jenis penyakit kritis.

Adapun penyakit kritis ini akan dikelompokkan ke dalam tiga Tahapan Jenis Penyakit Kritis, yaitu Tahap Awal, Tahap Menengah, dan Tahap Lanjut.

8. WANA Bright Link 

WANA Bright Link adalah produk asuransi yang memberi perlindungan asuransi jiwa sekaligus dengan investasi hingga usia nasabah mencapai 100 tahun.

Ada beragam jenis investasi yang bisa dipilih sesuai dengan profil risiko nasabah masing-masing.

Lagi-lagi produk ini juga menawarkan sekam pembayaran yang fleksibel bagi nasabahnya.

9. WAL Hospitalization 

Ini adalah produk asuransi rider atau tambahan dengan manfaat santunan harian rawat inap, santunan harian ICU/ICCU, serta santunan pembedahan apabila nasabah menjalani rawat inap dan atau pembedahan di rumah sakit.

10. WanaArtha DPLK 

WanaArtha DPLK adalah produk dana pensiun yang ditujukan untuk menjamin kebutuhan serta kesejahteraan di hari tua.

Dalam produk ini, terdapat beberapa tawaran program yang diikuti nasabah.

Salah satunya adalah Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) yang dapat digunakan sebagai Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP).

Produk asuransi WanaArtha Life untuk Korporasi

Jika untuk produk asuransi individu WanaArtha Life memiliki sekitar 10 produk, asuransi korporasi terdiri dari empat produk, yaitu:

1. Asuransi Jiwa Kredit

Asuransi Jiwa Kredit adalah produk asuransi kumpulan yang memberikan jaminan kepada kreditur terhadap suatu pinjaman yang diberikan kepada debitur apabila debitur meninggal dunia sebelum sisa kredit tersebut dilunasi.

Produk asuransi ini juga menawarkan dua manfaat, yaitu pembayaran manfaat asuransi menurun sebesar sisa pinjaman (tidak termasuk tunggakan) atau pembayaran manfaat asuransi tetap sebesar pinjaman awal.

2. Artha Sehat

Produk asuransi ini dapat membantu perusahaan dalam memberikan perlindungan kesehatan untuk para karyawan beserta keluarganya atau employee benefit.

Beberapa manfaat perlindungan yang bisa didapatkan meliputi perlindungan untuk rawat inap serta beberapa pilihan perlindungan tambahan lainnya, seperti rawat jalan, melahirkan, perawatan gigi, dan kacamata.

3. WanaArtha DPLK Korporasi

WanaArtha DPLK Korporasi adalah produk untuk dana pensiun yang dirancang untuk dijadikan sebagai kompensasi pesangon dari perusahaan berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003.

4. WANA Platinum Plan

Merupakan produk asuransi jiwa dari perusahaan untuk karyawannya dengan memberikan manfaat meninggal dunia, manfaat pensiun atau selesai masa jabatan, serta manfaat investasi.

Kabar WanaArtha Life terbaru saat ini

Jika menengok ke belakang, tentu kita tahu bahwa WanaArtha Life bukanlah perusahaan asuransi yang abal-abal.

Perjalanan WanaArtha Life yang tidak singkat juga menandakan bahwa perusahaan ini memang memiliki nasabah yang cukup loyal.

Akan tetapi, kabar terkini tentang WanaArtha Life memang dirasa kurang mengenakkan.

WanaArtha Life dikabarkan mendapatkan sanksi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupa pembatasan kegiatan usaha.

Alasan pemberlakukan sanksi tersebut adalah karena OJK menilai bahwa WanaArtha Life telah melanggar sejumlah ketentuan di bidang perasuransian.

Sanksi tersebut juga sudah ditetapkan melalui surat OJK nomor S-333/NB.2/2021 tanggal 27 Oktober 2021. 

Adapun pelanggaran yang sudah dilakukan pihak WanaArtha Life semsial kesehatan keuangan perusahaan asuransi berupa pemenuhan rasio pencapaian solvabilitas, rasio kecukupan investasi, dan jumlah ekuitas minimum. 

Selama pemberlakukan sanksi berlangsung, perusahaan asuransi ini tidak diizinkan untuk melakukan kegiatan pemasaran dan penerimaan premi pertanggungan.

WanaArtha Life juga tidak diperkenankan membuat atau memproduksi produk asuransi baru baik itu konvensional ataupun syariah yang mengandung unsur tabungan dan investasi sejak tanggal 27 Oktober 2021.

Hal ini akan berlangsung sampai dengan dipenuhinya penyebab dikenakannya sanksi pembatasan kegiatan usaha tersebut. 

FAQ

Apa saja produk asuransi WanaArtha Life?

WanaArtha Life memiliki dua jenis produk utama: produk asuransi individu dan korporasi.

Tiap-tiap produk ini juga masih memiliki produk turunan, seperti produk asuransi individu terdapat produk WANA Flexi Account, Wana Eazy Pro, Wana Multi Protector, Wana Makmur Pro, dan sebagainya.

Sementara untuk asuransi korporasi, contoh produknya adalah WanaArtha DPLK Korporasi, WANA Platinum Plan, Asuransi Jiwa Kredit, dan Artha Sehat.

Bagaimana nasib WanaArtha Life saat ini?

Saat ini WanaArtha Life diketahui sedang mendapatkan sanksi pembatasan kegiatan usaha oleh OJK terkait adanya pelanggaran sejumlah ketentuan di bidang perasuransian.

WanaArtha Life | Cek Daftar Produk Asuransi, Manfaat, dan Profil
Dapatkan Diskon 10% + Cashback 10% Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
+62