Ban Mobil – Fungsi, Bagian, Merk Terbaik dan Harganya

Ban mobil adalah salah satu komponen penting pada mobil yang harus rutin diganti. Sebab, hal ini berkaitan dengan performa mobil dan juga keselamatan penggunanya. Ketika ban sudah aus, maka bisa membuat performa kendaraanmu menurun, seperti kecepatannya tidak maksimal, proses pengereman akan terhambat karena bagian ban sudah aus, hingga menimbulkan kondisi yang tidak nyaman saat terjadi guncangan.

Selain itu, ban kendaraan yang tidak sering diganti juga bisa membahayakan pengendaranya. Contohnya saat hujan, maka risiko mobil tergelincir akan semakin tinggi. Atau, saat mobil melewati jalanan tanjakan, mungkin juga bisa tergelincir ke bawah karena kondisi ban yang aus. 

Penting juga loh untuk kamu memilih ban mobil dengan kualitas terbaik agar mobil semakin nyaman digunakan. Berikut ini ulasan mengenai ban mobil terbaik serta rekomendasi merk dan estimasi harganya. 

Kegunaan ban mobil

Ban Mobil – Fungsi, Bagian, Merk Terbaik dan Harganya

Mungkin kamu berpikir apabila ban kendaraan hanya berfungsi sebagai penggerak mobil saja. Padahal ada banyak sekali manfaat ban mobil, loh! Salah satunya menjadi pengaman saat mobil dikendarai.

Berikut ini manfaat ban mobil:

Meredam guncangan

Salah satu manfaat ban yang utama adalah membuat guncangan jadi tidak terlalu terasa saat kamu melewati jalanan yang terjal dan tidak rata.

Dengan fungsi ini, pengalaman berkendara kamu pun jadi lebih nyaman. Guncangan yang tidak terasa ini juga karena adanya angin di dalam ban tersebut.

Menahan beban

Manfaat ban mobil yang tak kalah penting lainnya adalah menahan beban mobil yang kamu kendarai. Sehingga mobil tetap bisa melaju dengan maksimal.

Pastikan juga apabila tekanan angin pada ban haruslah cukup, sehingga nyaman saat dikendarai.

Fungsi kemudi jadi maksimal

Ban mobil juga bisa memaksimalkan fungsi kemudi pada mobil yang kamu kendarai, contohnya seperti bisa mengontrol kemudi dengan optimal.  Apabila ban yang kamu pilih sudah tidak bagus kualitasnya, mungkin kamu akan kesulitan membelokkan kendaraan maupun mengarahkan dengan tepat.

Bagian ban mobil

Berikut ini informasi terkait bagian-bagian dalam ban mobil yang harus kamu ketahui.

  • Tread: komponen ban yang letaknya paling luar, berfungsi melindungi ban dari guncangan seperti batu atau benda yang tajam yang bisa merusak ban.
  • Cassing: merupakan rangka ban yang bisa menahan udara bertekanan tinggi.
  • Belt: bagian ini adalah lapisan benang yang fungsinya untuk memperkuat daya rekat antara cassing dan juga tread. Selain itu, bagian belt ini juga berfungsi melindungi ban dari benturan atau jalanan yang tidak merata. 
  • Bead: kawat yang fungsinya untuk melekatkan bagian velg, sehingga udara dalam ban tidak keluar.
  • Inner: fungsinya sebagai pengganti ban dalam. Biasanya ada pada ban tubeless.
  • Sidewall: fungsinya untuk melindungi carcass ban. Pada bagian sidewall ini juga terdapat informasi terkait merek ban, ukutan, hingga indeks beban.

Harga ban mobil berdasarkan mereknya

Ban Mobil – Fungsi, Bagian, Merk Terbaik dan Harganya

Ada banyak merek ban yang tersedia di pasaran dengan harga yang bervariasi. Berikut ini rekomendasi ban mobil terbaik dan estimasi harganya. 

Achilles

Achilles adalah salah satu merek ban yang dikenal berkualitas dan cukup populer. Selain itu, harga ban mobil merek Achilles ini pun cukup terjangkau. 

Merek Achilles cukup disukai oleh pehobi modifikasi mobil karena modelnya yang modern dan bervariasi. Berikut ini rincian harga ban Achilles.

Model ban Harga
Achilles Platinum 175-70/R13 Rp478 ribu
Achilles Platinum 195/60 15 Rp475 ribu
Achilles Platinum 195/60 15    Rp525 ribu
Achilles ATR Sport 195/55 R15 Rp590 ribu
Achilles Platinum 175/65 R14 Rp578 ribu
Achilles 122 185/70-R14 Rp582 ribu

Bridgestone 

Ban merk Bridgestone adalah merek ban asal Jepang yang cukup terkenal dengan kualitasnya yang bagus. Ban Bridgestone sudah ada selama 50 tahun. 

Menariknya, ban ini memang didesain khusus untuk wilayah dengan iklim tropis, sehingga sangat cocok digunakan di Indonesia. 

Beberapa mobil dengan ban bawaan dari Bridgestone seperti, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga Dreza, Kijang Innova, Honda Brio RS, Nissan Grand Livina, hingga Toyota Sienta.

Ban Bridgestone diketahui menggunakan teknologi lembar anyaman paralel, sehingga daya cengkramnya cukup kuat dan mencegah ban tergelincir.

Berikut ini daftar harga ban Bridgestone di pasaran.

Model ban Harga
Bridgestone Ecopia EP150 175/65 R14 Rp595 ribu
Bridgestone B-250 185/70R14 Rp585 ribu
Bridgestone Ecopia EP150 195/65R15 Rp582 ribu
Bridgestone Techno 175/70 R13 82T Rp598 ribu
Bridgestone Ecopia MPV1 185/65SR15 Rp596 ribu

GT Radial

GT Radial adalah salah satu merek ban populer yang diproduksi dalam negeri. Meskipun merek lokal, kualitasnya nggak kalah sama merek ban dari luar negeri loh.

Beberapa merek mobil yang menggunakan ban bawaan dari GT Radial seperti Suzuki Ertiga, Wuling Confero S, hingga Wuling Confero. Selain itu, ban dari GT Radial ini juga cukup memiliki ukuran yang banyak.

Berikut harga ban mobil GT Radial:

Model ban Harga
Champiro Bxt Plus 205/75 R15 Rp920 ribu
Champiro Bxt Plus 165/70 R13 Rp500 ribu
Champiro Bxt Plus 185/70 R14 Rp625 ribu
Champiro BXT Pro 225/60 R15 Rp921 ribu
Champiro BXT Pro 175/60 R13 Rp541 ribu
Champiro BXT Pro 205/55 R16      Rp958 ribu
Champiro Eco 185/65/ R14  Rp650 ribu
Champiro Eco 185/60/ R13 Rp581 ribu
Champiro Eco 185/60 R15 Rp743 ribu
Champiro Eco 185/70/ R13 Rp629 ribu

Goodyear

Merek ban satu ini mungkin cukup familiar, karena memang populer dengan kualitas terbaiknya. 

Goodyear terkenal dengan kualitas ban yang tebal dan volume karet yang banyak, sehingga tidak mudah aus ketika digunakan. Selain itu, ban Goodyear juga sudah dilengkapi dengan lapisan serta karbon, sehingga tahan terhadap benturan saat dikendarai.

Berikut ini harga ban merk Goodyear untuk berbagai tipe:

Model ban Harga
Goodyear Assurance Duraplus 175/45R14 Rp520 ribu
Goodyear Assurance Triple Max 185/55R15 Rp585 ribu
Goodyear Assurance Triple Max 2 185/65R15 Rp550 ribu
Goodyear Assurance Duraplus 185/45R15 Rp535 ribu
Goodyear Assurance Triple Max 2 175/65R14 Rp485 ribu

Michelin

Merek ban Michelin adalah salah satu merek ban yang biasanya digunakan untuk mobil balap dan juga motor. Beberapa mobil yang menggunakan ban Michelin seperti Porsche. 

Merek ban asal Prancis ini memang memiliki target pasar menengah ke atas, sehingga harganya pun cukup mahal, namun juga sebanding dengan kualitasnya.

Ban Michelin ini dilengkapi dengan teknologi seperti compound karet dari full silica, sehingga mampu mencengkeram dengan baik dan tidak mudah tergelincir, bahkan saat melakukan rem mendadak, ban Michelin pun tetap bekerja maksimal. 

Berikut ini harga ban Michelin di pasaran terbaru. 

Model ban Harga
Michelin Energy XM2 195/70 R14 Rp820 ribu
Michelin Agilis 185-R14 Rp870 ribu
Michelin Energy XM2 205/65 R15 Rp970 ribu
Michelin Energy XM2 195/60 R14 Rp975 ribu
Michelin Primacy 3ST 195/65-R15 Rp976 ribu
Michelin Primacy 3ST 195-65 R15 Rp981 ribu

Dunlop

Rekomendasi merek ban berikutnya adalah Dunlop. Merek Dunlop terkenal dengan compound yang lebih soft dan memiliki daya redam yang baik terutama saat terkena guncangan.

Dengan teknologi ini, pengalaman kamu dalam berkendara pun akan semakin nyaman. Selain itu, ban Dunlop juga memiliki keunggulan daya cengkram yang cukup kuat, sehingga mencegah dari tergelincir. 

Harga ban Dunlop sendiri yaitu sekitar Rp329 ribu hingga Rp3,2 jutaan.

Falken

Ban merek Falken juga sering direkomendasikan oleh pecinta otomotif karena kualitasnya yang bagus serta cukup baik dikendarai di jalan raya dibandingkan untuk balapan.

Struktur ban Falken dirancang khusus sesuai dengan kondisi jalan raya, sehingga cocok dipilih apabila mobil yang kamu miliki hanya digunakan untuk aktivitas ringan saja, seperti pergi ke kantor. Harga ban merk Falken juga cukup terjangkau, yakni Rp600 ribuan. 

Tips memilih ban mobil

Memilih ban kendaraan tidak boleh sembarangan. Sebab, hal ini berkaitan dengan performa mobil dan juga keselamatan pengendara.

Sebelum memilih mobil, ada baiknya kamu mengikuti tips di bawah ini:

Pilih sesuai ukuran ban mobil

Setiap merek ban yang dijual di pasaran pastinya berbeda-beda. Jangan sampai kamu memilih ban yang terlalu kecil atau lebih besar dari ukuran ban yang seharusnya.

Untuk mengetahui ukuran ban kendaraan milik kamu, kamu bisa melihatnya dari informasi yang ada di bagian sidewall ban tersebut. Kamu bisa berkonsultasi dengan montir yang sudah berpengalaman.

Sesuaikan dengan tipe mobil

Selain melihat ukuran ban, kamu juga harus menyesuaikannya dengan tipe mobil kamu. Setiap mobil pasti memiliki tipe bawaan ban mobil yang disesuaikan dari pabriknya. 

Kamu bisa mengetahui tipe ban dari buku petunjuk atau dengan bertanya pada bengkel resmi tempat kamu membeli mobil.

Perhatikan lebar ban

Hal yang sering dilupakan yakni dalam memilih lebar ban. Lebar ban juga menjadi salah satu hal yang cukup berpengaruh, khususnya untuk performa mobil kamu.

Apabila lebar ban tidak disesuaikan, mungkin kecepatan mobil tidak maksimal dan sulit saat melakukan pengereman. 

Beli ban mobil di tempat resmi

Tips lainnya dalam membeli ban yakni beli lah di bengkel resmi jangan membeli di bengkel abal-abal yang kamu tidak tahu apakah ban tersebut asli atau tidak.

Memang secara harga lebih mahal, namun tidak masalah karena dengan membeli ban di tempat resmi keselamatan kamu juga jadi terjamin. 

Periksa umur ban mobil

Selalu periksa umur ban kamu secara rutin, ya maksimal 5 tahun sesuai dengan rekomendasi dari pabrik.

Apabila sudah 5 tahun, segera ganti agar performa mobil juga tetap bagus. 

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa disampaikan seputar ban . Jangan lupa untuk melengkapi perlindungan kendaraanmu dengan asuransi mobil. 

Produk asuransi mobil dapat meringankan beban finansialmu saat mobil mengalami kerusakan. Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia.  

FAQ seputar ban mobil

Berapa harga ban mobil di pasaran?

Harga ban mobil dari beberapa merek terbaik mulai dari Rp300 ribuan hingga Rp4 jutaan. Kamu bisa membelinya sesuai kebutuhanmu.

Apakah asuransi mobil penting?

Ya, asuransi mobil cukup penting untuk dimiliki. Salah satunya adalah meringankan beban finansialmu saat mobil mengalami kerusakan. Mengingat biaya perbaikan mobil tidak murah. Asuransi mobil akan mengcover biaya tersebut hingga 100%.