Baut Ban Mobil – Ukuran, Harga, dan Cara Memasangnya

Meski ukurannya kecil, baut ban mobil merupakan salah satu komponen yang tidak bisa disepelekan. Komponen yang menghubungkan antara ban dan pelek juga perlu diperhatikan lho!

Pasalnya, baut roda mobil yang bagus akan menunjang keselamatan pengendara saat berada di jalanan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Mengapa baut ban mobil penting?

Baut Ban Mobil – Ukuran, Harga, dan Cara Memasangnya

Baut yang kencang dapat menunjang keselamatan berkendara. Sebagai pemilik mobil, kamu harus tahu hal dasar ini.

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan seluruh kondisi mobil dalam keadaan prima, termasuk baut ban mobil. Ketika ada satu baut yang longgar, bisa jadi ada baut lain yang berada dalam kondisi sama.

Saat hal itu terjadi, roda bisa terlepas dari hapnya dan membahayakan pengendara ataupun pengguna jalan lain. Padahal, roda adalah komponen yang membuat mobil dapat melaju di jalanan.

Jadi, segala hal yang terkait dengan ban, termasuk baut, juga penting untuk diperhatikan.

Jenis baut ban mobil

Jenis baut bisa dibedakan berdasarkan materialnya. Ada beberapa material yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan baut.

Pertama, baja hitam yang berwarna abu-abu gelap. Material ini biasanya dipilih karena tidak mudah memuai dan lebih tahan akan suhu yang tinggi.

Kedua, besi biasa yang berwarna mengkilap, seperti crom atau berwarna kekuningan hasil dari sepuhan.

Selain itu, ada aluminium dan karbon yang juga biasa digunakan sebagai bahan pembuat baut. Baut velg mobil yang bagus biasanya menggunakan material yang bagus kualitasnya.

Ukuran dan harga baut ban mobil

Ukuran baut juga berbeda-beda dan penggunaannya disesuaikan dengan tipe mobil yang kamu miliki. Ukuran baut ban 1,25 mm biasanya diperuntukkan bagi mobil merek Suzuki, Nissan, dan Subaru.

Mobil merek Toyota, Daihatsu, dan Honda pada umumnya memakai baut ukuran 1,5 mm. Sementara ukuran baut terbesar, yaitu 1,75 mm biasanya dipakai untuk mobil Volvo.

Berapa harga baut ban mobil?

Harganya juga sangat bervariasi, tergantung ukuran, material, dan kualitas baut. Baut yang sama bisa jadi berbeda harga jika kamu membelinya di toko perkakas atau gerai otomotif yang berbeda.

Selain itu, harga baut velg racing mobil dan baut velg mobil variasi biasanya berbeda dengan baut mobil standar. Namun, pada umumnya, harga baut roda mobil racing berkisar dari Rp80ribu hingga Rp250 ribu per buah.

Cara memasang baut ban mobil yang benar

Memasang baut ban mobil tidak bisa sembarangan. Sebab pemasangan baut yang salah bisa berpengaruh pada performa dan ketahanan ban saat melaju di jalanan.

Bayangkan jika saat mengganti ban kamu salah memasang baut. Bisa jadi ketika mobil tersebut dikendarai, roda bisa terlepas dari hapnya.

Jadi, pengetahuan tentang bagaimana memasang baut dengan benar harus kamu kuasai dengan baik.

Saat terjadi keadaan darurat yang mengharuskan untuk mengganti ban, kamu tidak perlu kerepotan mencari bengkel karena bisa melakukanya sendiri.

Nah, ini cara memasang baut ban mobil yang benar.

  1. Memasang baut ban mobil harus dilakukan secara menyilang atau diagonal. Tujuannya agar permukaan pelek ban dan dinding tromol pada ban rata. Jika fitting roda dan pelek sudah pas, ban tidak akan goyang.
  2. Pastikan fitting roda dan pelek pas dan kuat. Jika tidak, saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, baut bisa longgar dan roda bisa terlepas.
  3. Perhatikan urutan memasang baut. Jika yang dipasang pertama kali baut bagian atas kiri, yang dipasang berikutnya adalah baut bagian bawah kanan. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Jika yang dipasang pertama adalah baut bagian kiri bawah, yang berikutnya harus dipasang adalah baut bagian kanan atas.

Cara mengatasi baut ban mobil yang sulit dibuka

Baut Ban Mobil – Ukuran, Harga, dan Cara Memasangnya

Baut dan mur yang macet adalah kendala yang sering terjadi ketika mengganti ban mobil. Kendala ini biasanya disebabkan baut dan mur karatan atau aus karena terlalu kuat saat dilepas ataupun dikencangkan.

Selain itu, penggunaan baut dan mur yang ukurannya tidak standar juga bisa menjadi penyebab baut dan mur macet sehingga sulit dibuka.

Bagaimana cara mengatasinya? Ini penjelasan lengkapnya.

1. Gunakan alat bantu

Jika kamu mengalami kesulitan saat membuka baut dan mur, gunakan alat bantu pemutar untuk melakukannya. Kamu juga bisa menggunakan alat ungkit yang berbentuk seperti pipa yang disambungkan ke kunci roda agar mudah melepaskan mur.

2. Semprotkan cairan penetran

Sebelum melepaskan baut dan mur, ada baiknya kamu menyemprotkan cairan penetran. Gunanya agar debu-debu halus dan karat di bagian baut dan mur bisa hilang sehingga lebih mudah dibuka.

3. Gunakan kunci momen

Saat memasang baut dan mur, ada baiknya menggunakan kunci momen atau kunci torsi dengan kekuatan yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan.

Jika kamu tidak punya kunci momen, pasanglah baut dan mur secukupnya dan jangan berlebihan. Cukup sampai kedua komponen tersebut terasa tidak bisa berputar lagi.

4. Pasang baut dan mur secara menyilang dan bertahap

Memasang baut dan mur harus dilakukan secara menyilang agar fitting roda dan pelek pas. Pemasangan juga harus dilakukan secara berurutan agar daya tekannya berimbang di seluruh baut.

Jika tidak, daya ikat baut dan mur akan menjadi kurang rata sehingga pelek tidak dapat terikat erat pada as roda. Hal ini tentu akan membahayakan saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi karena baut ban mobil bisa patah.

5. Rotasi ban secara berkala

Melakukan rotasi ban secara rutin dan berkala bisa mencegah baut dan mur macet saat dibuka. Rotasi bisa kamu lakukan enam bulan sekali atau bisa juga dilakukan saat waktu servis.

6. Bersihkan baut dan mur

Jangan hanya mencuci mobil tanpa memerhatikan kebersihan lubang baut di pelek mobil. Baut dan mur harus dibersihkan juga dengan rutin untuk menghindari karat atau kotoran yang menempel.

Jangan lupa untuk melumasi baut dan mur dengan grease agar semakin mudah dibuka. 

Cara merawat baut ban mobil

Merawat baut ban mobil tidak ribet, kok. Tidak perlu ke bengkel, kamu pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Ini di acara merawat baut ban mobil yang bisa kamu lakukan.

1. Pastikan baut tidak berkarat

Posisi baut yang berada di bagian roda membuatnya sering terkena debu, kotoran, tanah, lumpur, dan air hujan. Jika dibiarkan menumpuk, kotoran tersebut bisa membuat baut berkarat.

Nah, kamu harus rajin membersihkan kotoran-kotoran tersebut agar tidak mengendap lama dan menimbulkan karat.

Caranya, kamu bisa menyemprotnya dengan air setiap selesai menggunakan mobil, terutama setelah melewati medan yang ekstrim dan becek.

Setelah itu, lap baut hingga kering dan sesekali semprot dengan cairan penetran atau olesi dengan grease.

2. Hati-hati saat mengencangkan baut

Saat memasang kembali baut ban mobil, lakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu kencang. Jika kamu melakukannya terlalu kencang, baut bisa tergerus. Akibatnya, baut akan sulit dibuka.

FAQ

Apa perbedaan baut dengan dengan sekrup? 

Meski memiliki fungsi yang sama, baut dan sekrup mempunyai bentuk yang berbeda. Perbedaan itu bisa dilihat dari ulir pada baut yang tidak penuh, sedangkan sekrup memiliki ulir penuh yang mencapai kepala sekrup.

Bentuk kepalanya juga berbeda yang membuat alat yang digunakan untuk membuka juga lain.

Membuka baut biasanya dilakukan dengan kunci, sedangkan sekrup dibuka dengan obeng menyesuaikan bentuk kepalanya.

Perbedaan terakhir adalah baut dilengkapi dengan mur, sedangkan sekrup tidak.

Berapa ukuran baut ban mobil Avanza?

Ukuran baut mobil Avanza adalah 1,5 mm.