Daftar Biaya Cuci Mobil Terbaru, Manual Hingga Robotic

Biaya cuci mobil di tiap kota atau daerah pasti memiliki besaran yang berbeda-beda. Harga cuci mobil di daerah tier tiga pastinya jauh lebih murah dibanding dengan biaya cuci mobil di pusat kota. 

Cuci mobil merupakan jasa pencucian mobil di setiap komponen yang terdapat di bodi mobil. Tapi nggak menutup kemungkinan pencucian dilakukan di bagian dalam mobil atau kabin.  Peralatan yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini antara lain air, selang air, kain kering atau basah, sabun, pengangkat mobil. Atau bila menggunakan metode yang canggih sudah memanfaatkan teknologi robot atau mesin. 

Bagi pemilik mobil, musim penghujan seperti saat ini seringkali menjadi dilema saat ingin membawa kendaraan. Satu sisi ingin terlindung dari hujan, tapi di sisi lain nggak ingin mobil kotor karena air kubangan karena hujan. 

Padahal hal tersebut sebenarnya bukan masalah besar untuk dipikirkan lebih jauh. Ada solusi cerdas tanpa harus capek mencuci mobil setiap hari, yaitu dengan jasa pencucian mobil atau car wash. 

Nah, yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah berapa biaya cuci mobil di tempat pencucian? Untuk menjawab hal tersebut, Duitpintar akan mengulasnya di artikel ini. Yuk, disimak lebih jauh. 

Jenis-jenis metode cuci mobil 

Sebelum masuk ke besaran biaya cuci mobil yang harus dikeluarkan, kamu harus paham dulu jenis-jenis cuci mobil yang ada di car wash. Ada empat jenis cuci mobil, yaitu: 

Cuci mobil manual

Daftar Biaya Cuci Mobil Terbaru, Manual Hingga Robotic

Mencuci mobil secara manual biasanya teknisi akan menggunakan alat semprot air berkekuatan 1PK. Kelebihan dari cuci mobil dengan cara ini adalah kendaraan jadi lebih bersih, karena pengerjaannya yang detail. Hanya saja, dengan cara manual kamu akan lebih lama menunggu saat kendaraan dicuci. 

Cuci mobil hidrolik 

Daftar Biaya Cuci Mobil Terbaru, Manual Hingga Robotic

Cara pengerjaannya kurang lebih sama dengan mencuci manual. Pembedanya adalah mobil akan diangkat untuk memudahkan pencucian mobil di bagian bawah. Meski terbilang lebih detail dari cuci mobil manual tanpa hidrolik, namun ada risiko yang perlu kamu ketahui. Yaitu risiko mesin hidrolik macet hingga memungkinkan mobil jatuh. Harga cuci kolong mobil atau metode hidrolik biasanya lebih mahal sedikit dibanding mencuci manual. 

Cuci mobil waterless 

Daftar Biaya Cuci Mobil Terbaru, Manual Hingga Robotic

Melihat dari namanya sudah ketahuan ya bagaimana sistem kerjanya. Ya, cara ini mencuci tanpa air, tapi memakai cairan berbahan polimer yang sanggup mengangkat kotoran membandel di kendaraan. 

Cuci mobil Touchless 

Daftar Biaya Cuci Mobil Terbaru, Manual Hingga Robotic

Bisa dibilang pencucian dengan touchless menjadi cara yang populer belakangan ini. Cara kerja mencuci tanpa menyentuh ini menggunakan alat semprot air bertekanan tinggi untuk meluruhkan kotoran dan debu pada mobil. 

Pengerjaannya pun nggak memakan waktu lama, maksimal 20 menit sehingga sangat efisien bagi masyarakat perkotaan yang sibuk. 

Cuci mobil robotic 

Daftar Biaya Cuci Mobil Terbaru, Manual Hingga Robotic

Cara ini memungkinkan pemilik mobil nggak perlu keluar dari mobil. Cukup dengan menutup rapat pintu dan jendela, maka mesin akan mencuci mobil secara otomatis. Mesin khusus untuk mencuci kendaraan inilah yang disebut dengan robotic. 

Biaya cuci mobil sesuai metodenya

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis cuci mobil, kamu jadi bisa tahu metode mana yang akan dipakai di car wash. Masing-masing metode pencucian pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan dan harga cuci mobil yang berbeda-beda juga pastinya. 

Sebagai referensi berikut daftar biaya cuci mobil sesuai dengan metode pencucian. Selain cuci mobil di car wash yang biasa dijumpai, ternyata Pertamina juga memiliki layanan cuci mobil. Di Pertamina biaya cuci mobil dikenakan harga Rp40 ribu-an untuk member dan Rp50 ribu-an untuk non member. 

Berikut ini daftar harga cuci mobil berdasarkan metodenya:

  • Biaya cuci mobil manual: Rp30.000 – Rp60.000
  • Biaya cuci mobil waterless: Rp50.000 – Rp100.000
  • Biaya cuci mobil touchless: Rp50.000 – Rp75.000
  • Biaya cuci mobil robotic: Rp80.000 – Rp150.000
  • Biaya cuci mobil hidrolik: Rp30.000 – Rp60.000 

Biaya cuci mobil sesuai ukuran mobil 

Hal lain yang bisa mempengaruhi besaran biaya cuci mobil antara lain dimensi kendaraan yang akan dicuci. Misalnya, biaya cuci mobil Ayla pastinya berbeda dengan tarif cuci Alphard. 

Berikut panduan biaya cuci mobil manual dilihat dari ukuran kendaraan. 

  • Mobil ukuran kecil (Agya, Ayla, dsb): Rp20.000 – Rp25.000
  • Mobil ukuran sedang (Avanza, Rush, dsb): Rp25.000 – Rp30.000
  • Mobil ukuran besar (Fortuner, Pajero, dsb): Rp30.000 – Rp35.000
  • Mobil taksi: Rp15.000 – Rp20.000

Sebagai catatan, biaya cuci mobil di atas jangan dijadikan patokan dasar. Sebab tarif jasa pencucian setiap wilayah atau daerah pastinya berbeda satu sama lainnya. Agar lebih akurat, kamu bisa survey di car wash terdekat untuk biaya cuci mobil. 

Apa saja bagian mobil yang harus dibersihkan?

Sekilas saat mencuci mobil perhatian utama yang harus dibersihkan adalah bodi kendaraan. Padahal selain bodi mobil, ada beberapa komponen lain yang harus diperhatikan kebersihannya secara rutin. 

Berikut komponen yang harus dibersihkan secara berkala : 

  • Bodi mobil : jika nggak rutin dibersihkan memungkinkan muncul jamur pada bodi mobil. Sehingga perlu rutin dibersihkan dan diberi perlindungan. 
  • Kaca mobil rentan dengan munculkan noda akibat air hujan atau cairan lainnya. Karenanya perlu dibersihkan dengan glass cleaner secara rutin 
  • Lampu harus dibersihkan agar saat dikendarai nyaman dan nggak mengganggu penglihatan di saat kendaraan melaju. 
  • Atap mobil yang rentan terkena sinar matahari langsung hingga bisa menyebabkan warna cepat kusam. 
  • Ban mobil yang kotor karena penumpukan kotoran bisa berakibat turunnya fungsi ban. 
  • Kolong mobil meski nggak terlihat, tapi kolong mobil rentan terkena air kubangan dan becek. Untuk menghindari penumpukan debu dan kotoran, pemilik mobil harus rajin membersihkannya. 

Tips memilih car wash yang tepat

Sudah jadi solusi yang tepat di musim penghujan ini menyerahkan aktivitas cuci mobil ke jasa car wash. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih tempat cuci mobil. Jangan sampai salah pilih, alih-alih mobil jadi mengkilap tapi terlihat goresan atau malah jadi kusam. 

Nah, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam memilih sebuah car wash : 

Survey beberapa tempat pencucian terlebih dulu 

Salah satu cara mudah melakukan survey adalah mencari dan mengunjungi website resmi car wash terdekat. Jika memang tidak web resmi, kamu dapat langsung datang ke tempat cuci mobil tersebut dan acek layanan apa saja yang ada di car wash tersebut. 

Kamu juga bisa survey dengan bertanya ke lingkungan pertemanan car wash mana yang pantas jadi rekomendasi. 

Cek fasilitas mesin hidrolik 

Bila tempat cuci mobil sudah kamu survey, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memilih metode cuci hidrolik. 

Bengkel atau car wash yang menyediakan metode cuci hidrolik biasanya akan lebih detail akan kebersihan seluruh bagian kendaraan. Terlebih di bagian bawah mobil yang sering terkena cipratan air. 

Perbandingan harga 

Selalu cek harga sebelum berbelanja, dengan begitu kamu punya patokan car wash yang memberikan harga murah dengan fasilitas komplit dan berkualitas. 

Urusan kendaraan kesayangan pastinya harus detail, termasuk urusan cuci mobil. Dengan membanding harga bisa mengantisipasi kantong tidak jebol juga. 

Perhatikan peralatan yang dipakai 

Bila kamu memilih jasa cuci mobil, perhatikan peralatan yang digunakan seperti sponnya bersih atau nggak. Sebab banyak jasa pencucian mobil yang menggunakan spon kotor untuk mencuci mobil pelanggan. 

Memakai spon kotor untuk mencuci atau mengelap mobil bisa mengakibatkan lapisan cat terkikis. Nggak mau kan mobil kesayangan kamu jadi tergores hanya karena lap kotor? 

Jangan sampai ada sisa sabun atau sampo di bodi mobil 

Kesalahan yang umum terjadi di car wash komersial adalah sisa sabun atau sampo yang masih sering tertinggal. 

Biasanya masalah ini dijumpai di pencucian mobil salju. Busa sabun atau sampo yang menempel mengandung deterjen yang jika didiamkan lama akan membuat permukaan mobil belang dan kusam. Apalagi jika sampai meninggalkan noda, sudah pasti akan susah hilang. 

Bekas cucian masih ada bagian yang basah 

Air cucian mobil yang masih tertinggal di mobil karena nggak sepenuhnya kering akan menyisakan noda berbentuk butiran air. Alhasil noda tersebut bisa membuat kusam kaca atau permukaan mobil. 

Perhatikan tekanan air 

Saat ini untuk memudahkan proses pencucian, car wash selalu menggunakan selang dengan tekanan udara tinggi untuk menyemprot air ke bodi mobil. Langkah ini terbilang praktis dan efisien, tapi perlu jadi catatan serius. Sebab nggak semua jenis mobil tahan disemprot dengan air bertekanan tinggi. Salah-salah malah jadi merusak lapisan coating permukaan mobil dan membuat kusam tampilannya. 

Mencuci mobil di tempat pencucian menjadi alternatif paling masuk akal saat musim hujan. Nggak hanya lebih praktis, tapi juga ada nilai ekonomis karena biaya cuci mobil yang nggak mahal. 

Perlu jadi catatan, harga cuci mobil di setiap daerah pasti berbeda. Sehingga perlu untuk melakukan survey atau mengunjungi web resmi untuk memastikan biaya cuci mobil dan layanan yang disediakan sebuah car wash. 

Jangan lupa untuk melindungi kendaraan kesayanganmu dengan asuransi mobil. Mengingat tidak ada yang tahu kejadian buruk yang mungkin akan terjadi, maka asuransi mobil bisa jadi solusi untuk mengatasi berbagai perawatan kendaraan dan risiko kecelakaan. 

FAQ seputar biaya cuci mobil

Berapa biaya cuci mobil metode waterless? 

Untuk biaya cuci mobil waterless dikenai harga berkisar mulai dari Rp50.000 – Rp100.000. 

Berapa biaya cuci mobil metode touchless? 

Untuk biaya cuci mobil waterless dikenai harga berkisar mulai dari Rp80.000 – Rp150.000. 

Apa yang harus diperhatikan saat memilih sebuah car wash? 

  1. Survey beberapa tempat pencucian terlebih dulu 
  2. Cek fasilitas mesin hidrolik 
  3. Perbandingan harga 
  4. Perhatikan peralatan yang dipakai 
  5. Jangan sampai ada sisa sabun atau sampo di bodi mobil 
  6. Bekas cucian masih ada bagian yang basah 
  7. Perhatikan tekanan air