Biaya Operasi Gigi Bungsu di Indonesia Beserta Prosedurnya

Biaya operasi gigi bungsu bisa menjadi sangat mahal di beberapa layanan kesehatan. Di Puskesmas, biaya cabut gigi bungsu untuk pasien umum mulai dari Rp400 ribu – Rp1 juta. Harga tersebut berbeda dengan tindakan operasi gigi bungsu di rumah sakit yang berkisar Rp1 juta – Rp5 juta. 

Gigi bungsu atau wisdom tooth merupakan gigi geraham paling belakang yang tumbuh paling terakhir. Biasanya saat akan muncul ke permukaan, akan menimbulkan rasa sakit pada gusi. Karenanya, seringkali banyak orang memilih untuk melakukan operasi gigi bungsu sebagai solusi mengurang rasa sakit. 

Hanya saja, perlakuan tindakan medis pada gigi geraham bungsu berbeda seperti bedah gigi lainnya. Alasan operasi gigi bungsu lebih rumit dibanding cabut gigi biasa menjadi faktor biaya operasi ini bisa menjadi mahal. 

Lalu, kapan sebaiknya operasi gigi bungsu harus dilakukan? Dan berapa biaya operasi gigi bungsu yang harus disiapkan? Berikut ulasan DuitPintar. 

Kapan operasi gigi bungsu harus dilakukan? 

Setiap orang akan mengalami rasa yang nyeri dan tidak nyaman saat wisdom tooth akan muncul. Umumnya, di rentang usia 17 – 25 tahun kondisi nyeri gigi bungsu ini mulai dirasakan. 

Secara fungsi, gigi geraham paling terakhir muncul ini nggak memiliki fungsi yang spesifik di rongga mulut seperti gigi seri. Gigi geraham belakang atau dikenal juga dengan molar, berfungsi “hanya” untuk menghaluskan makanan. 

Meski nggak punya fungsi yang spesifik, namun saat pertumbuhannya keluar jalur bisa menjadi masalah yang nggak remeh. Bahkan, ada pula kasus dimana gigi bungsunya nggak keluar sama sekali atau terjebak di dalam gusi. Kondisi ini disebut juga dengan impaksi gigi atau kondisi gigi yang terjebak di dalam gusi. 

Kalau sudah begini, biasanya dokter gigi akan menyarankan untuk melakukan tindakan operasi. Hanya saja, untuk mengoperasi gigi bungsu nggak semudah yang dibayangkan. Operasi baru akan dilakukan saat infeksi atau sakit yang diderita akibat gigi bungsu reda.

  • Impaksi gigi yang biasanya dirasakan antara lain : 
  • Nyeri dan rasa nggak nyaman di sekitar area gigi bungsu tumbuh 
  • Gusi yang bengkak dan merah 
  • Nyeri dirasakan hingga rahang 
  • Ada juga gejala pembengkakan yang meluas hingga ke sekitar rahang 
  • Nafas bau 
  • Penderita akan merasa kesulitan saat mengunyah dan menelan makanan 
  • Sulit membuka mulut 

Saat gejala tersebut dirasakan, sebaiknya pasien langsung memeriksakan diri dokter. Sebab, kondisi tersebut menandakan infeksi yang sudah menjalar di area sekitar tumbuhnya gigi bungsu. 

Biasanya dokter gigi akan menyarankan untuk operasi gigi bungsu. Tapi menunggu gejala tersebut atau infeksi mereda. 

Biaya operasi gigi bungsu di Indonesia

Biaya Operasi Gigi Bungsu di Indonesia Beserta Prosedurnya

Seperti dijelaskan sebelumnya, tindakan pencabutan atau operasi gigi bungsu sangat berbeda dengan cabut gigi biasa. Hal ini dikarenakan gigi bungsu cukup kompleks. Karena itu pula biaya operasi ini akan cenderung mahal. 

Biaya bedah gigi bungsu pun beragam di setiap layanan kesehatan. Biaya operasi gigi bungsu di Puskesmas atau rumah sakit umum daerah (RSUD) biasanya harga yang dipatok kisaran Rp500 ribu – Rp1 juta. Beda lagi dengan rumah sakit swasta lainnya. 

Selain itu jenis anestesi juga bisa membedakan tarif operasi. Biaya operasi gigi bungsu bius total pasti besarannya berbeda dengan bius lokal. 

Sebagai referensi, berikut daftar biaya operasi gigi bungsu di beberapa rumah sakit di Indonesia. 

Biaya operasi gigi bungsu di Jakarta 

  • RS Gigi dan Mulut YARSI: Rp1.000.000 
  • RS Premier Jatinegara: Rp2.300.000
  • Audy Dental Kelapa Gading: Rp2.500.000 
  • RS TNI AL Dr. Mintohardjo: Rp2.896.000 
  • Audy Dental Kemang: Rp2.500.000 
  • RS Menteng Mitra Afia: Rp5.740.000 
  • RS Satya Negara: Rp1.650.000 

Biaya operasi gigi bungsu di Depok 

  • RSU Bunda Margonda: Rp1.500.000 
  • Klinik Gigi Nirmala Depok: Rp3.000.000 

Biaya operasi gigi bungsu di Surabaya 

  • RS Islam Jemursari, Surabaya: Rp1.500.000 
  • Mitra Keluarga Kenjeran Surabaya: Rp2.450.000 

Biaya operasi gigi bungsu di Tangerang 

Biaya operasi gigi bungsu di Cirebon 

  • RS Mitra Plumbon Indramayu: Rp1.150.000 
  • RS Mitra Plumbon Cirebon: Rp2.538.750

Biaya operasi gigi bungsu di Makassar 

  • Primaya Hospital Makassar: Rp3.000.000 
  • RS Stella Maris Makassar: Rp3.290.000 

Biaya operasi gigi bungsu di beberapa daerah lainnya 

  • RSU Ummi Bengkulu: Rp7.815.000 
  • Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin: Rp3.948.000 
  • RS EMC Sentul: Rp2.255.000 
  • Mitra Keluarga Pratama Jatiasih: Rp2.888.000 

Prosedur operasi gigi bungsu 

Saat memutuskan untuk melakukan tindakan operasi gigi bungsu, ada beberapa tahap yang perlu diketahui pasien. Berikut prosedur saat akan menjalani operasi gigi bungsu : 

Konsultasi dengan dokter 

Sebelum memutuskan tindakan, dokter gigi akan memeriksa kondisi mulut pasien. Sehingga bisa memutuskan kapan tindakan operasi gigi bungsu sebaiknya dilakukan. Di tahap ini, sebaiknya pasien lebih proaktif untuk mengetahui bagaimana proses operasi dan efek yang akan dirasa setelah tindakan. 

Rontgen panoramik 

Untuk menguatkan diagnosa biasanya dokter akan meminta pasien melakukan rontgen panoramik. Rontgen gigi bungsu akan memotret gigi rahang atas dan bawah dengan jelas sehingga penyebab sakit dalam gigi akan terlihat pasti. Pertumbuhan gigi yang miring atau terperangkap pun juga bisa dilihat dari rontgen ini. 

Jadwal operasi gigi bungsu 

Setelah melakukan konsultasi dan rontgen sebagai penguat tindakan medis, dokter akan memberi opsi jadwal waktu operasi. Buat yang bekerja, sebaiknya pilih di akhir pekan atau libur. Sebab, pasca operasi biasanya pasien akan mengalami pembengkakan pada pipi. 

Tindakan operasi gigi bungsu 

Saat operasi gigi bungsu, umumnya membutuhkan waktu antara 30 – 60 menit. Tapi ini tergantung dari tingkat kesulitan gigi bungsu pasien. Dalam prosedur operasi gigi bungsu ada tiga jenis anestesi atau pembiusan, yaitu : 

Anestesi lokal yang diberikan di sekitar area gigi yang akan dioperasi. Pasien akan tetap terjaga selama operasi dan mengetahui semua tindakan yang dilakukan. Hanya saja, pasien nggak merasakan sakit saat tindakan dilakukan. 

Anestesi sedari biasanya disuntikkan pada lengan pasien. Pembiusan jenis ini membuat pasien tidak sadar dan tidak mengetahui proses operasi gigi bungsu yang dijalani. 

Anestesi umum diberikan melalui suntikan atau dihirup melalui gigi. Operasi gigi bungsu bius total ini hanya dilakukan untuk kasus-kasus urgen tertentu saja. Saat operasi pasien tidak sadar dan tidak mengingat proses operasi berlangsung saat obat bius masuk ke tubuh, pasien akan langsung tidak sadar.

Saat tindakan, gusi pasien akan disayat dan mengurang tulang yang menutupi jalur ke akar gigi yang akan dicabut. Dokter akan membagi gigi bungsu menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dicabut atau diangkat. Setelah pencabutan, gigi akan dibersihkan dan dijahit untuk mempercepat proses pemulihan. 

Kenapa gigi bungsu harus dicabut? 

Biaya Operasi Gigi Bungsu di Indonesia Beserta Prosedurnya

Jika melihat dari biayanya yang terbilang cukup tinggi wajar saja banyak pasien yang mundur dan memilih pengobatan tanpa jalur operasi. Selain itu rumitnya tindakan operasi dan ketakutan akan efek setelah operasi gigi bungsu menjadi faktor lain. 

Padahal infeksi pada gigi bungsu karena pertumbuhannya yang salah bisa menyebabkan beberapa masalah lanjutan. Diantaranya adalah : 

Terjadi infeksi berulang 

Mengatasi gigi bungsu dengan berobat jalan akan menimbulkan risiko infeksi berulang. Sesaat setelah diobati, infeksi memang sembuh tapi sumber infeksinya yang nggak dihilangkan akan menyebabkan infeksi akan muncul lagi. 

Berisiko merusak gigi di sekitarnya 

Saat gigi bungsu tumbuh miring atau dikenal dengan impaksi, saat mengunyah makanan, maka sisa makanan akan tertinggal dan sulit dibersihkan. Bila kondisi ini dibiarkan terus menerus maka akan terjadi penumpukan bakteri dari sisa makanan tadi. Akibatnya yang bisa langsung dirasa adalah gigi berlubang.  

Memicu kerusakan tulang rahang 

Pada beberapa kasus impaksi, gigi bungsu yang terperangkap di dalam gusi akan terbungkus kantung yang berisi cairan. Cairan ini rentan berkembang menjadi kista. Bila kista dibiarkan tumbuh, maka secara nggak langsung akan merusak gigi di sekitar, tulang rahang dan tulang pendukung gigi. 

Merusak susunan gigi 

Gigi bungsu yang tumbuh miring akan berdampak pada rusaknya susunan gigi di sekitarnya. Dalam jangka waktu lama bukan nggak mungkin akan merubah susunan gigi sehingga menjadi berantakan. 

Risiko infeksi gusi 

Gigi bungsu yang tumbuh miring biasanya disebabkan karena ukuran rahang manusia yang mengecil, seiring pertumbuhannya. Sedangkan gigi bungsu yang terperangkap dalam gusi dan tetap memaksa keluar akan membuat gusi sobek sehingga menyebabkan rasa nyeri. 

Kondisi ini memicu gusi rentan terinfeksi hingga bisa menyebabkan gusi bengkak, berdarah, bahkan di kasus infeksi yang parah bisa bernanah. 

Meski tidak memiliki fungsi yang spesifik, namun saat gigi bungsu muncul akan menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahan. Untuk meredam rasa sakit tersebut sebaiknya menjalani operasi gigi bungsu. Agar lebih tenang lagi, siapkan juga dana untuk menutupi biaya operasi gigi bungsu yang terbilang tinggi. 

Pertanyaan seputar biaya operasi gigi bungsu

Berapa biaya operasi gigi bungsu di Jakarta? 

Berikut ini daftar biaya operasi gigi bungsu di Jakarta: 

  • RS Gigi dan Mulut YARSI: Rp1.000.000 
  • RS Premier Jatinegara: Rp2.300.000
  • Audy Dental Kelapa Gading: Rp2.500.000 
  • RS TNI AL Dr. Mintohardjo: Rp2.896.000 
  • Audy Dental Kemang: Rp2.500.000 
  • RS Menteng Mitra Afia: Rp5.740.000 
  • RS Satya Negara: Rp1.650.000 

Berapa biaya operasi gigi bungsu di Surabaya? 

Berikut ini daftar biayanya di Surabaya: 

  • RS Islam Jemursari, Surabaya: p1.500.000 
  • Mitra Keluarga Kenjeran Surabaya: Rp2.450.000 

Berapa biaya operasi gigi bungsu di Makassar? 

Berikut ini daftar biaya operasinya di Makassar 

  • Primaya Hospital Makassar: Rp3.000.000 
  • RS Stella Maris Makassar: Rp3.290.000

Tinggalkan komentar