Biaya Operasi Kista di Indonesia Beserta Prosedur Operasinya

Berapa biaya operasi kista? Pertanyaan ini yang sering menjadi pertanyaan pasien saat terdiagnosa memiliki kista. Saat ini biaya operasi kista di beberapa rumah sakit sangat bervariasi, mulai dari Rp24 juta – Rp60 juta.

Benjolan kista akan hilang sendiri, tanpa harus operasi, dalam jangka waktu minggu atau bulan. Hanya saja, pasien perlu melakukan tes untuk memastikan kondisi tersebut. Bila memang tidak ada perubahan, bahkan volumenya bertambah, dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan operasi.

Apa itu kista?

Kista biasanya berbentuk benjolan atau kantung dibawah kulit yang berisi cairan, udara atau zat lain. Ukuran kista pun beragam, mulai dari ukuran yang hanya bisa terlihat di mikroskop hingga berukuran besar. Nah, untuk kista dengan ukuran besar memungkinkan untuk mengimpit organ yang ada di dekatnya. 

Bila penyakit lain mudah diketahui penyebabnya, tapi hal tersebut berbeda dengan kista. Saat di awal biasanya kista jarang menimbulkan gejala. Hanya saja, saat didiamkan dalam jangka waktu lama, maka kista akan membesar dan bisa mempengaruhi organ lainnya. 

Salah satu kista yang kerap ditemui di pasien perempuan adalah kista ovarium. Jenis kista ini berbentuk benjolan atau kantung berisi cairan yang tumbuh di indung telur. 

Umumnya, kista ovarium akan hilang sendiri tanpa perlu pengobatan khusus. Tapi, yang perlu diwaspadai adalah bila kista ovarium membesar dan pecah bisa menyebabkan gejala serius. Seperti perut membesar, pingsan, nafas cepat, nyeri panggul juga perut. 

Biaya operasi kista di Indonesia 

Biaya Operasi Kista di Indonesia Beserta Prosedur Operasinya

Bisa dibilang biaya operasi kista di Indonesia tidak murah. Besarannya pun tergantung dari layanan kesehatan yang dipilih. Pasalnya, pasien harus merogoh kocek dalam, minimal Rp24 juta. Selain itu jenis kista pun juga mempengaruhi besaran dana yang harus disiapkan. 

Seperti biaya operasi kista ateroma berkisar mulai Rp 7 jutaan. Itu pun hanya untuk biaya saat tindakan operasi saja, di luar biaya dokter, rawat inap dan obat-obatan. 

Biaya operasi yang menggunakan teknik laparoskopi atau bedah teropong di Mayapada Hospital Jakarta minimal harus menyiapkan dana Rp23,1 juta. Angka ini pastinya berbeda dengan rumah sakit lainnya di Indonesia. 

Sebagai referensi, berikut estimasi biaya operasi kista ovarium di beberapa rumah sakit di Indonesia. 

  • RS Premier Surabaya Rp50.000.000
  • RS Permata Bekasi Rp3.396.000
  • RSIA Trinanda Palembang Rp9.000.000 
  • RSU YARSI Jakarta Rp9.000.000 
  • RSU Melania Bogor Rp17.955.000 
  • RSU Wonolangan Probolinggo Rp10.000.000 
  • RS Citra Medika Lamongan Rp7.590.000 
  • RS Citra Medika Depok Rp9.250.000 
  • RSKIA Sadewa Yogyakarta Rp5.256.000
  • RS Harapan Mulia Bekasi Rp3.780.000 
  • RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar Rp5.300.000 
  • RS PKU Muhammadiyah Mamajang Rp12.000.000 
  • RSIA Eria Bunda Pekanbaru Rp9.628.400 
  • RSU Karisma Subang Rp7.190.000 
  • RS Bedah Hasta Husada Malang Rp12.600.000 

Perlu diingat, biaya operasi kista ovarium tersebut merupakan estimasi bukan harga pasti. Bila ingin mengetahui akurasi biayanya bisa langsung menghubungi rumah sakit atau layanan kesehatan tersebut

Biaya operasi kista dengan BPJS 

Tingginya biaya operasi ini membuat sebagian orang memilih untuk mendiamkan kista. Meski bila tidak dilakukan tindakan medis kista akan membesar dan memungkinkan berbahaya. 

Salah satu cara agar tetap bisa melakukan operasi kista adalah dengan menggunakan asuransi kesehatan dari pemerintah, BPJS. Lalu, apakah bisa mengalihkan biaya operasi kista dengan BPJS? Jawabannya, ya. Saat ini BPJS menanggung seluruh biaya operasi. 

Meski prosedur yang harus dilewati cukup rumit, tapi paling tidak dengan memakai BPJS bisa menekan biaya operasi kista yang sangat mahal tadi. 

Sebelum melakukan operasi kista, kamu harus melewati beberapa tahap sesuai prosedur BPJS. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendatangi Faskes pertama dan mendapat diagnosa. Setelah itu, biasanya dokter akan memberi rujukan ke Faskes tingkat dua untuk tindakan lebih lanjut. 

Di faskes tingkat dua, kamu akan kembali melakukan pemeriksaan hingga kemudian bisa menjalani operasi pengangkatan kista. Salah satu kelebihan menggunakan BPJS adalah seluruh biaya operasi, obat-obata, kunjungan dokter hingga rawat inap ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan. 

Prosedur operasi kista 

Biaya Operasi Kista di Indonesia Beserta Prosedur Operasinya

Seperti dijelaskan sebelumnya, kista merupakan bentuk benjolan yang tidak berbahaya. Hanya saja akan memberi rasa tidak nyaman bila tidak dilakukan tindakan medis. Karena volume kista perlahan akan membesar seiring waktu. Oleh sebab itu, biasanya dokter akan menyarankan untuk dilakukan operasi pengangkatan kista. 

Selain pengangkatan, ada metode medis lain yang biasanya direkomendasikan dokter. Berikut metode operasi kista yang biasanya disarankan dokter. 

Drainase 

Pertama kamu akan melalui tahap pembiusan lokal atau di sekitar area kista. Kemudian dokter akan memberi sayatan kecil agar kista dapat diambil. Setelah itu luka sayatan akan ditempel kasa yang bisa dibuka dalam jangka waktu satu sampai dua hari. Biasanya untuk mencegah infeksi, dokter akan memberikan antibiotik. 

Sebagai catatan, metode ini tidak berlaku untuk kista pilar pada kulit. Sebab prosedur drainase bisa memancing kista muncul kembali. 

Aspirasi jarum halus 

Bisa dibilang metode ini cukup sederhana yaitu mengeluarkan cairan melalui jarum tipis yang disuntikkan ke dalam kista. Prosedur ini akan menyamarkan benjolan kista dan biasanya dilakukan untuk kista payudara. Metode ini juga biasanya digunakan untuk prosedur biopsi untuk melihat apakah jenis kista ini berpotensi kanker atau bukan. 

Pengangkatan kista 

Beberapa jenis kista seperti ganglion, baker dan dermoid melakukan operasi dengan cara ini. Sebelum operasi, kamu akan dibius terlebih dulu di area kista akan diangkat. Kemudian, dokter akan memberi sayatan di sekitar kista dan mengangkatnya. 

Laparoskopi 

Salah satu jenis kista yang menggunakan metode ini adalah kista ovarium. Dokter akan membuat beberapa sayatan sebelum memasukkan kamera teropong untuk melihat kista untuk kemudian dapat dikeluarkan. Biasanya biaya operasi kista laparoskopi tergolong mahal, mulai dari Rp24 juta hingga Rp60 juta-an. 

Proses penjahitan 

Setelah operasi, area kulit akan ditutupi kasa dan steril stip yang diberi lem bedah. Pengangkatan kista pasti akan menghasilkan bekas luka. Ukuran luka bekas operasi pun beragam tergantung dari ukuran kista juga proses penyembuhan setiap orang pasti berbeda. 

Kista yang membesar pastinya akan membuat penderitanya tidak nyaman dan merasa nyeri di bagian tertentu. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar dapat diketahui apakah kista tersebut berpotensi berbahaya atau tidak. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu mengetahui biaya operasi kista dan prosedurnya. 

Pertanyaan seputar biaya operasi kista 

Berapa biaya operasi kista di Indonesia?

Berikut estimasi biaya operasinya di beberapa rumah sakit di Indonesia. 

  • RS Premier Surabaya Rp50.000.000
  • RS Permata Bekasi Rp3.396.000
  • RSIA Trinanda Palembang Rp9.000.000 
  • RSU YARSI Jakarta Rp9.000.000 
  • RSU Melania Bogor Rp17.955.000 

Apakah operasi kista ditanggung BPJS?

Saat ini BPJS menanggung seluruh biaya operasi, termasuk operasi kista. Meski prosedur yang harus dilewati cukup rumit, tapi paling tidak dengan memakai BPJS bisa menekan biaya operasi kista yang sangat mahal tadi.

Tinggalkan komentar