Biaya Operasi Kutil Terbaru, Penyebab dan Prosedurnya

Biaya operasi kutil dimulai di angka ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Estimasi biaya operasi kutil tersebut tergantung di mana letak kutil dan rumah sakit mana yang dipilih.

Sebagian besar kutil bisa hilang dengan sendirinya tanpa diobati. Tapi sayangnya bisa memakan waktu hingga beberapa minggu, bahkan beberapa bulan. Prosedur operasi kutil mungkin saja disarankan dengan ketentuan khusus seperti munculnya daging, timbul di wajah dan lainnya.

Yuk, baca informasi tentang kutil di bawah ini!

Apa itu kutil?

Kutil adalah infeksi permukaan kulit yang ditandai dengan adanya benjolan kecil yang teksturnya kasar serta warnanya pucat atau kecoklatan. Benjolan ini terkadang terasa gatal dan sakit saat disentuh.

Kutil umumnya muncul pada kulit di siku, di sekitar kuku-kuku, telapak, dan jari-jari tangan atau kaki. Kutil juga bisa muncul di bagian yang sensitif, seperti alat kelamin.

Gak pandang bulu, berapapun usianya seseorang bisa diserang kutil, lho. Bagi mereka, seperti anak-anak dan remaja, yang kekebalan tubuhnya rendah akan sangat rentan kutilan.

Biaya operasi kutil terbaru

Biaya Operasi Kutil Terbaru, Penyebab dan Prosedurnya

Biaya operasi kutil wajib dipikirkan sebelum mendatangi rumah sakit untuk melakukan prosedur. Perlu kamu ketahui kalau biaya operasi kutil tergantung di mana letak kutil berada.

Biaya operasi kutil kelamin misalnya, berkisar mulai dari Rp900 ribuan sampai belasan juta. Berikut ini adalah daftar biaya operasi kutil di klinik dan biaya operasi kutil di rumah sakit:

Estimasi biaya operasi kutil kelamin dan kutil lainnya:

  • Klinik Makassar Metro: Rp400.000 ‐ Rp1.000.000
  • Surabaya Skin Centre: Rp750.000
  • RS Permata Bekasi: Rp931.000
  • Siloam Hospitals Lippo Village: Rp10.000.000
  • Rumah Sakit Hermina: Rp7.000.000 – Rp10.000.000
  • Rumah Sakit Premiere Jatinegara: Rp8.000.000 – Rp12.000.000

Oh iya, satu lagi yang perlu kamu ingat kalau harga diatas juga tergantung rumah sakit, peralatan dan juga fasilitas di dalamnya. Besarnya biaya di atas mungkin saja termasuk biaya laser kutil kelamin atau biaya operasi kutil dengan laser.

Penyebab munculnya kutil

Kutil atau veruka vulgaris (common warts) disebabkan oleh virus human papilloma virus (HPV) menyerang dan menyebabkan kelainan pada kulit.

Hadirnya HPV menyebabkan kulit memproduksi keratin secara berlebihan sehingga menumpuk di permukaan kulit yang membentuk tekstur kulit baru.

Virus HPV penyebab kutil dapat menular dengan mudah jika seseorang bersentuhan langsung dengan kulit penderita kutil atau benda yang terkontaminasi virus HPV. Walau demikian, tidak semua orang yang bersentuhan dengan virus HPV akan terkena kutil.

Apa saja jenis-jenis kutil?

Selain menyerupai bulatan kasar, ada juga kutil dengan bentuk memanjang dan tipis. Kutil pada mata kaki biasanya bentuknya seperti cincin yang dikelilingi lapisan kulit keras dan tebal. Umumnya diameter kutil berkisar antara 0,1–1 cm.

Ada lima jenis kutil yang perlu kamu tahu, yaitu:

1. Kutil biasa

Kutil biasa disebut veruca vulgaris yang umumnya muncul di mana saja khususnya jari dan buku-bukunya, siku, dan lutut atau area pada tubuh yang sering terluka dan terekspos.

Kutil bias any berkonsistensi keras, tekstur kasar dan sedikit menonjol di permukaan kulit. Tidak sedikit orang menjuluki kutil biasa dengan kembang kol karena bentuknya.

2. Kutil filiformis

Kutil filiformis tumbuh di area mulut, hidung, leher atau di bawah dagu yang bentuknya seperti benjolan lunak yang berwarna menyerupai kulit. Kutil filiformis terlihat seperti “daging tumbuh”. Walaupun demikian, kutil ini gak menimbulkan rasa sakit sama sekali.

3. Kutil pipih

Kutil ini tidak menonjol dan hanya terlihat seperti area sedikit kasar pada kulit. Kutil pipih warnanya kontras dengan warna kulit asli, bisa berwarna kecoklatan, merah muda, atau kekuningan.

Bagian tubuh yang biasanya ditumbuhi kutil adalah area wajah, paha, atau lengan. Ukuran kutil pipih termasuk kecil sehinggan keberadaannya sering gak disadari.

4. Kutil telapak kaki

Kutil telapak kaki juga disebut kutil plantar yang tumbuh ke dalam kulit di bagian belakang telapak kaki atau tumit. Keberadaan kutil ini ditandai dengan adanya lubang kecil yang dikelilingi kulit yang mengeras. Alhasil, kutil bisa menyebabkan orang kesakitan saat berjalan.

5. Kutil periungual

Benjolan ini kerap kali tumbuh di sekitar kuku kaki dan tangan. Orang yang punya kutil ini akan merasa nyeri mengingat kutil periungual bisa mengganggu arah tumbuhnya kuku.

Cara penyembuhan dan penanganan kutil

Biaya Operasi Kutil Terbaru, Penyebab dan Prosedurnya

Kutil bisa ditangani berdasarkan lokasi dan keluhan yang dialami si pengidap. Penanganan bisa berlangsung cepat atau lama, bergantung pada respon daya tahan tubuh.

Beberapa pilihan cara penanganan kutil, di antaranya:

1. Pengobatan peeling yang kuat

Penangan ini adalah sejenis asam salisilat berbentuk obat oles yang dapat diresepkan dokter. Cara kerjanya adalah dengan cara mengangkat lapisan kutil sedikit demi sedikit.

2. Pembekuan atau krioterapi

Dilakuakn oleh ahli, terapi ini adalah pelekatan nitrogen cair pada kutil yang menimbulkan luka pada dan di sekitar kutil. Gak perlu khawatir karena jaringan kulit yang mati akan terkikis sekitar seminggu.

Metode ini ada kalanya perlu dilakukan lebih dari sekali. Efek samping krioterapi adalah berupa rasa nyeri dan perubahan warna kulit pada daerah yang terinfeksi yang normal terjadi.

3. Asam jenis lainnya

Ada jenis asam lain yang biasa digunakan oleh para dokter jika asam salisilat tidak berfungsi. Asam tersebut yaitu asam bikloroasetik atau trikloroasetik. Efek samping asam ini adalah rasa nyeri dan sensasi terbakar.

4. Terapi laser

Terapi laser bertujuan untuk merusak pembuluh darah kecil sehingga jaringan yang terinfeksi akan rusak dan mati. Alhasil, kutil akan terlepas dan hilang. Efek samping yang mungkin timbul dari prosedur terapi laser adalah sedikit rasa nyeri dan pembentukan jaringan parut.

Karena menggunakan teknologi laser, bisa saja biaya operasi kutil dengan laser atau terapi laser bisa lebih mahal dari sekadar krioterapi dan peeling.

Waktu yang tepat untuk melakukan operasi kutil

Pengobatan kutil bisa berlangsung beberapa minggu saja. Tapi, ada juga yang sampai beberapa tahun. Semua itu tergantung pada lokasi dan jumlah kutilnya.

Jika ternyata kutil tak kunjung hilang dan malah menimbulkan gejala lain yang mengganggu, sudah saatnya kamu wajib untuk memeriksakannya ke rumah sakit.

Berikut ini adalah tanda-tanda kutil harus dioperasi:

  • Kutil muncul kembali setelah sembuh
  • Pertumbuhan kutil menyebabkan rasa nyeri
  • Tumbuh di wajah
  • Menyebabkan malu, stres, atau mengganggu aktivitas
  • Bentuk dan warna kutil berubah
  • Ada daging yang tumbuh
  • Kutil mengeluarkan darah

Segera pergi ke rumah sakit dan temui dokter jika kamu merasakan gejala-gejala di atas. Penanganan yang tepat dapat meminimalkan akibat yang ditimbulkan. Alhasil, pengobatan bisa segera dilakukan.

Cara alami menghilangkan kutil

Beberapa cara alami banyak dilakukan untuk menghilangkan kutil dilakukan, di antaranya:

1. Mengonsumsi daun zaitun

Daun zaitun mengandung antivirus yang bisa mengurangi infeksi HPV. Ekstraknya bisa memperbaiki sistem imunitas tubuh sehingga tubuh terbebas dari ancaman berbagai virus, termasuk HPV.

Kamu bisa mengonsumsi daun ini dengan cara memasukkan satu sendok teh daun zaitun ke dalam secangkir air panas. Saringlah airnya dan minum setiap hari secara rutin. Dianjurkan minum hingga 2 sampai 4 cangkir teh zaitun setiap hari agar hasil maksimal.

2. Mengompres dengan ekstrak teh hijau

Teh hijau juga efektif dijadikan sebagai obat alami kutil kelamin dan kutil lainnya karena kandungan polyphenon E yang dimilikinya.

Kamu bisa membeli ekstrak teh hijau kemudian mencampurkannya dengan satu atau dua tetes minyak kelapa untuk kemudian dikompreskan pada tubuh yang ada kutilnya.

3. Mengoleskan minyak pohon teh

Selain dimanfaatkan dalam bidang kecantikan, ternyata tea tree oil alias minyak pohon teh bisa menyembuhkan infeksi HPV dengan cepat berkat khasiat anti virus, anti jamur, serta antiseptiknya.

Sama halnya dengan penggunaan teh hijau, tea tree oil bisa dioleskan pada daerah tumbuhnya kutil. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Perlu diingat kalau si tea tree oil ini bisa menimbulkan alergi pada beberapa orang. Sangat disarankan, sebelum mencobanya, oleskan ke kulit tangan terlebih dahulu, jika tidak bereaksi dalam 24 jam maka obat ini aman.

Cara lainnya yaitu dengan menambahkan campuran tea tree oil ke dalam bak mandi yang telah terisi air hangat. Rendamlah tubuh selama kurang lebih 15 menit. Ulangi metode dua kali sehari.

4. Meningkatkan sistem imun

Kamu bisa meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi bahan makanan tertentu, seperti biji bunga matahari, pepaya, kerang, kiwi, jahe, kacang almond, yogurt, atau bawang putih.

6. Mengoleskan vitamin C

Caranya dengan menghancurkan tablet vitamin C yang dicampurkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta.

Oleskan pasta vitamin C tersebut pada kutil. Selanjutnya, tutuplah dengan plester. Lepaskan plester pada malam hari dan biarkan kutil terkena udara dan cahaya. Lakukan cara selama beberapa hari.

7. Menggunakan minyak kastor dan baking powder

Kamu juga bisa lho mengoleskan campuran minyak kastor dan baking powder pada kutil dengan menggunakan kapas. Setelah diolesi, tutuplah kutil dengan plester semalaman. Ganti plester pada pagi harinya.

Perlu diingat, bahan ini akan menyebabkan iritasi pada kutil dengan membuatnya terkelupas. Oh iya, cara ini dianggap lebih efektif menghilangkan kutil datar di wajah dan punggung tangan.

8. Mengoleskan cuka apel

Cuka apel mengandung zat asam yang bisa membunuh virus penyebab kutil. Cobalah celupkan cotton bud atau kapas ke wadah berisi cuka apel. Tempelkan pada area yang ditumbuhi semalaman dan lepaskan keesokan paginya. Lakukan cara ini setiap malam.

Cara menghilangkan kutil secara alami di atas belum tentu berhasil dan efektivitasnya pun belum teruji secara medis. Kutil masih berpotensi menyebar ke anggota tubuh lain atau kembali muncul.

Agar tidak menularkan kutil orang lain, sebaiknya jangan berenang di kolam renang umum, kenakan sandal saat berada di tempat umum yang berair, cuci tangan secara teratur, dan hindari menyentuh kutil.

Itu dia informasi seputar kutil, dari pengertian, biaya, jenis-jenis, cara penyembuhan dan penanganan, hingga prosedur operasi kutil.

Pertanyaan seputar biaya operasi kutil

Apa penyebab munculnya kutil?

Kutil atau veruka vulgaris (common warts) disebabkan oleh virus human papilloma virus (HPV) menyerang dan menyebabkan kelainan pada kulit.

Berapa biaya operasi kutil di klinik dan rumah sakit?

Estimasi biaya operasi kutil kelamin dan kutil lainnya:

  • Klinik Makassar Metro: Rp400.000 ‐ Rp1.000.000
  • Surabaya Skin Centre: Rp750.000
  • RS Permata Bekasi: Rp931.000
  • Siloam Hospitals Lippo Village: Rp10.000.000
  • Rumah Sakit Hermina: Rp7.000.000 – Rp10.000.000
  • Rumah Sakit Premier Jatinegara: Rp8.000.000 – Rp12.000.000

Apakah kutil bisa menular?

Virus HPV penyebab kutil dapat menular dengan mudah jika seseorang bersentuhan langsung dengan kulit penderita kutil atau benda yang terkontaminasi virus HPV. Walau demikian, tidak semua orang yang bersentuhan dengan virus HPV akan terkena kutil.

Tinggalkan komentar