Mengenal Asuransi BNI Life, Produk, Manfaat dan Cara Klaim

BNI Life menyediakan berbagai produk asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, Pendidikan, Investasi, Pensiun dan Syariah. Di Indonesia, asuransi BNI itermasuk perusahaan asuransi yang populer sekaligus perusahaan asuransi terbaik. Tingkat solvabilitasnya saja mencapai 721 persen. Artinya, kemampuan bayar klaim nasabah perusahaan asuransi ini terbilang baik.

Terkait cara klaimnya juga lebih cepat dan mudah berkat fitur Eazy Claim. Melalui layanan ini, nasabah bisa memperoleh pelayanan klaim selama 25 menit, satu hari dan same day service.

Sebelum membeli polis asuransi BNI Life, kamu bisa membaca artikel DuitPintar berikut ini. 

Sekilas mengenai asuransi BNI Life  

Mengenal Asuransi BNI Life, Produk, Manfaat dan Cara Klaim

BNI Life telah memperoleh izin usaha dalam bidang asuransi jiwa berdasarkan surat dari Menteri Keuangan Nomor 305/KMK.017/1997 pada tanggal 7 Juli 1997. Sejalan dengan perusahaan induknya, yaitu PT Bank Negara Indonesia (BNI), BNI Life hadir untuk menyediakan layanan jasa keuangan terpadu bagi nasabahnya.  

Sejak 9 Mei 2014, BNI Life telah menjadi perusahaan asuransi kehidupan (jiwa) joint venture dengan PT Bank Negara indonesia (Persero) TBK sebagai pemegang saham pengendali sebesar 60%. 

Selama menjalankan operasional usahanya lebih dari 25 tahun, perusahaan ini hadir melalui empat saluran distribusi, diantaranya:

  • Agency dipasarkan melalui agen yang memasarkan produk individu. 
  • Bancassurance dipasarkan melalui jaringan BNI di seluruh Indonesia. 
  • Employee Benefits dikhususkan bagi produk asuransi ke perusahaan-perusahaan. 
  • Syariah memasarkan produk asuransi baik individu ataupun kumpulan dengan prinsip syariah.

Produk BNI Life insurance

Sebagai perusahaan asuransi yang berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi setiap sisi kehidupan nasabahnya, BNI Life Insurance memiliki beragam produk unggulan baik untuk individu maupun kelompok. 

Berikut adalah beberapa produk asuransi untuk individu yang ditawarkan oleh asuransi dari BNI:

Asuransi jiwa

Asuransi jiwa dari BNI memberikan perlindungan keuangan terhadap risiko yang mungkin terjadi pada tertanggung selama masa masa asuransi. Risiko yang dimaksud ialah baik karena kecelakaan maupun bukan kecelakaan. 

Perusahaan ini memiliki beberapa tipe asuransi jiwa, yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah. Berikut beberapa plan asuransi jiwa tersebut. 

Perisai Plus

Polis ini memberikan perlindungan bagi pemegang kartu kredit BNI sebagai tertanggung terhadap risiko meninggal dunia, ketidakmampuan tetap total, maupun penyakit kritis selama masa pertanggungan. 

Salah satu yang menjadi keunggulan dari produk ini adalah premi yang ringan. Nasabah akan membayar premi setiap bulan sebesar 0,69 persen dari saldo terhutang kartu kredit BNI setiap bulan.

Sejumlah manfaat dari produk ini antara lain:  

  • Santunan meninggal dunia sebesar 300 persen
  • Santunan ketidakmampuan sementara berupa pembayaran tagihan bulanan kartu kredit BNI
  • Santunan ketidakmampuan tetap total akibat sakit atau kecelakaan, yang menyebabkan tertanggung tidak dapat melakukan pekerjaan apapun selama 6 bulan berturut-turut. Penanggung akan membayarkan sisa saldo hutang kartu kredit BNI tertanggung
  • Santunan penyakit kritis bila tertanggung menderita sakit dari salah satu penyakit kritis dalam masa asuransi. Dalam kondisi tersebut, penanggung akan membayarkan santunan asuransi sebesar 100% dari saldo hutang dengan batas maksimum uang pertanggungan penyakit kritis

Double Protection

Jenis asuransi jiwa dibuat untuk nasabah yang sedang merencanakan masa pensiun, masa depan atau warisan. Nasabah akan memperoleh perlindungan jiwa sebesar 100 persen uang pertanggungan.

Berikut ini manfaat dari double protection

  • Manfaat hidup sebesar 100 persen uang pertanggungan
  • Santunan kematian sebesar 100 persen uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan.
  • Masa asuransi sama dengan masa pembayaran premi yaitu 5 Tahun sampai dengan 20 Tahun.
  • Metode Pembayaran premi per tahun, semester,  triwulan atau bulan
  • Minimal pembayaran premi sebesar Rp300.000 per bulan.

Plan Multi Protection

Plan Multi Protection dipilih nasabah karena bisa menjamin ketersediaan dana di masa mendatang. Pembayaran preminya pun sangat fleksibel dan terjangkau, dengan manfaat sebagai berikut:  

  • Uang pertanggungan 100 persen ditambah nilai investasi jika tertanggung meninggal dunia oleh sebab apapun.
  • Hasil investasi optimal sesuai dengan jenis dana investasi yang dipilih nasabah
  • Nasabah bisa memiliki polis ini usia 6 bulan hingga 99 tahun
  • Premi ringan mulai dari Rp200 ribu per bulan, yang dapat di-top-up secara berkala maupun sekaligus.

BLife Spectra Link

Polis ini merupakan jenis asuransi jiwa dengan proteksi dan investasi. BLife Spectra Link menawarkan pembayaran nilai investasi ketika tertanggung hidup sampai dengan akhir masa asuransi.

Selain itu, nasabah juga akan memperoleh santunan kematian sejumlah nilai pertanggungan ditambah dengan nilai investasi, ketika tertanggung meninggal dalam masa asuransi. Pilihan penempatan dana pada instrumen investasi pun bervariasi, berupa konservatif, moderat atau agresif. 

Digi Micro Protection 

Berikutnya merupakan produk dengan jaminan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia karena kecelakaan. Total uang pertanggungan yang diperoleh nasabah adalah Rp90 juta.

Dibandingkan produk lainnya, jenis asuransi jiwa mikro ini memiliki kemudahan dalam proses pembeliannya karena persetujuannya yang singkat tanpa medical check-up. Harga preminya juga terjangkau, yaitu Rp54 ribu selama satu tahun. 

Asuransi kesehatan BNI Life

BNI Life memiliki produk asuransi kesehatan yang akan memberikan rasa aman dalam bekerja. Berikut adalah produk asuransi kesehatan dari BNI Life.

Solusi Dana Kesehatan

Jika kamu menginginkan produk dengan perlindungan dengan segudang manfaat, maka polis Solusi Dana Kesehatan dari BNI Life bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk ini memberikan manfaat, antara lain:

  • Santunan harian rawat inap rumah sakit, biaya pembedahan, rawat inap ICU, rawat inap yang diakibatkan oleh infeksi virus dan bakteri, meninggal dunia, hingga tambahan santunan bila meninggal akibat infeksi virus dan bakteri.
  • Premi terjangkau, mulai dari Rp70 ribu 
  • Fitur gratis konsultasi telemedis secara online  
  • Fitur no claim bonus sebesar 25%   

Solusi Proteksi Sehat

Produk ini memberikan manfaat kesehatan yang komprehensif dengan layanan cashless yang bisa digunakan di berbagai rumah sakit rekanan di seluruh Indonesia. 

Berikut ini manfaat dari produk Solusi Proteksi Sehat BNI Life: 

  • Santunan perawatan rumah sakit karena penyakit dan kecelakaan
  • Santunan harian rawat inap di ICU
  • Kunjungan dokter spesialis
  • Pembedahan
  • Santunan meninggal dunia
  • Manfaat hidup berupa pengembalian premi

Asuransi pendidikan BNI Life 

Asuransi pendidikan bertujuan untuk memberikan perlindungan atas masa depan anak, yang disertai dengan investasi. Selain menjamin pendidikan untuk anak, asuransi pendidikan biasanya juga dilengkapi asuransi jiwa untuk orangtua. 

Terdapat juga keuntungan tambahan, yaitu dana asuransi bisa digunakan kapan saja dalam masa pertanggungan. Berikut adalah produk asuransi pendidikan dari BNI Life Insurance.

Solusi Pintar BNI Life

Solusi pintar bertujuan untuk mempersiapkan pendidikan anak dengan manfaat pemberian dana mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Produk ini juga memberikan manfaat perlindungan jiwa yang bisa ditambahkan dengan produk asuransi lainnya, seperti personal accident, term life dan personal health. 

Selain itu, program solusi pintar juga memberikan pilihan pembayaran premi, baik per bulan, triwulan, semester dan tahun.  

BNI Life Smart Education

Produk Smart Education memberikan manfaat perencanaan tabungan pendidikan masa depan anak disertai dengan perlindungan jiwa sebesar 200 persen dari uang pertanggungan bagi orang tua maupun anak.  

Polis ini memberikan manfaat hidup berupa tahapan biaya pendidikan mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi ditambah dengan uang saku selama kuliah. Pembayaran ini dilakukan secara berkala selama 5 tahun setelah masa pertanggungan berakhir sebesar 25% uang pertanggungan setiap tahunnya.    

Asuransi Hari Tua 

Hari tua bertujuan untuk menjamin kebutuhan hidup nasabah tetap terpenuhi ketika sudah memasuki usia non produktif. Asuransi hari tua dapat dibeli melalui program Solusi Abadi Plus.

Solusi Abadi Plus merupakan program asuransi jiwa yang memberikan perlindungan seumur hidup atau sampai usia 90 tahun dengan masa pembayaran premi singkat. Program ini juga memberikan keuntungan berupa pengembalian seluruh premi yang telah dibayarkan.

Solusi Abadi plus memberikan berbagai manfaat, meliputi asuransi kecelakaan, asuransi perlindungan jiwa (term life) dan asuransi kesehatan individu. Program ini dapat dibeli sejak usia tertanggung 18 tahun hingga 55 tahun.

Cara cek saldo BNI Life insurance

Mengenal Asuransi BNI Life, Produk, Manfaat dan Cara Klaim

Sebagai nasabah asuransi, maka jumlah saldo asuransi yang dipilih menjadi hal yang harus diketahui. Jumlah saldo asuransi di BNI Life, dapat diketahui melalui 4 cara berikut ini.

  • Menghubungi contact center dengan panggilan suara ke nomor 1-500-045
  • SMS ke nomor 0811117627 dengan menuliskan isi pesan: SALDO (spasi) Nomor Polis.
  • Log ini ke menu customer portal di website bni-life.co.id
  • Live chat di website bni-life.co.id

Cara mencairkan dana BNI Life

Hal yang tidak kalah penting untuk diketahui ketika hendak membeli asuransi adalah cara pencairan dana atau proses klaim. Untuk mencairkan dana atau proses asuransi dari BNI Life, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan: 

  • Nasabah menyiapkan dokumen yang diperlukan
  • Nasabah mengisi formulir pengajuan klaim
  • Menyerahkan dokumen klaim ke BNI Life
  • BNI Life melakukan verifikasi & analisa dokumen pengajuan
  • Nasabah menerima pembayaran klaim atau surat pending verifikasi lanjutan atau surat penolakan.

Perihal pencairan dana ini, BNI Life telah melakukan inovasi untuk mempersingkat waktu pencairan dana asuransi dengan membuat program klaim 25 menit dan one day claim service, berikut ini ketentuannya:

  • Klaim 25 menit berlaku untuk pencairan dana asuransi dengan nominal hingga Rp10 juta
  • One Day Claim Service digunakan untuk mencairkan asuransi dengan nominal hingga Rp50 juta. Khusus untuk asuransi jiwa, pengajuan klaim meninggal dunia dapat dilakukan dengan One Day Claim Service dengan nominal maksimal Rp250 juta per berkas pengajuan klaim.

Informasi kontak BNI Life

Kontak BNI Life bisa menjadi hal yang penting bagi nasabah untuk mengetahui informasi lengkap seputar perusahaan, produk, hingga cara klaim. Berikut ini sejumlah cara menghubungi BNI Life:

  • Alamat kantor pusat: Centennial Tower, 9th Floor Jl. Gatot Subroto, Kav 24-25 Jakarta 12930 (jam operasional hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB)
  • Call center BNI Life: 1-500-045
  • Email: care@bni-life.co.id
  • Situs: https://www.bni-life.co.id/id/hubungi-kami

Kamu bisa langsung membeli produk BNI Life melalui sejumlah channel, seperti agen asuransi, kantor pusat, kantor cabang terdekat, atau memanfaatkan bancassurance di Bank BNI terdekat. Kalau mau lebih mudah atau ingin mendapatkan perbandingan terbaik, bisa membeli melalui marketplace asuransi seperti Lifepal.co.id. 

Jangan lupa cari tahu dulu profil perusahaan asuransi dan pilihan polis yang disediakannya melalui DuitPintar, ya! Semoga informasi ini bermanfaat.

FAQ Seputar BNI Life

Apa saja produk asuransi BNI Life? 

BNI Life menyediakan berbagai produk asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, Pendidikan, Investasi, Pensiun dan Syariah. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel DuitPintar berikut ini. 

Apakah asuransi BNI Life bagus?

Di Indonesia, BNI Life termasuk perusahaan asuransi yang populer sekaligus perusahaan asuransi terbaik. Tingkat solvabilitasnya saja mencapai 721 persen sehingga pembayaran klaim tersalur dengan baik.