Body Repair – Langkah-Langkah, Harga dan Tips Memilih Bengkel

Seiring berjalannya waktu, bodi mobilmu bisa saja mengalami kerusakan, mulai dari baret, gores, penyok, hingga kerusakan lain yang lebih parah. Saat seperti itulah, body repair sangat diperlukan.

Kerusakan pada bodi mobil ini dapat terjadi ketika kamu mengalami tabrakan dengan benda lain di sekitar mobil atau saat mengalami kecelakaan lalu lintas.

Bisa juga karena pengendara lain yang tak hati-hati dan menabrak mobil kita di jalan raya.

Jika bodi mobil sudah tergores atau rusak, tentu membuat tampilan mobil tak lagi menawan. Untuk itu, kamu memerlukan body repair sebagai solusinya.

Berikut kami rangkum informasi seputar perbaikan bodi mobil untuk memudahkanmu memahami apa itu body repair serta manfaat dan kisaran biayanya.

Pengertian body repair

Body Repair – Langkah-Langkah, Harga dan Tips Memilih Bengkel

Body repair mobil adalah perbaikan yang bisa dilakukan untuk memulihkan kerusakan pada bodi mobil apa pun keadaannya, baik itu karena kecelakaan maupun penggunaan sehari-hari.

Perbaikan sendiri memiliki banyak metode, seperti metode palu on off, metode washer welder, atau sinking untuk perbaikan ringan.

Jika terjadi kerusakan berat, metode seperti mag welding untuk penyambungan pun diperlukan.

Jadi, bukan hanya mengecat ulang coating, melainkan perbaikan untuk kerusakan berat pun bisa dilakukan di bengkel body repair.

Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih bengkel body repair. Jangan sampai mobilmu ditangani orang yang bukan ahlinya.

Fungsi body repair

Fungsi utama dari perbaikan bodi mobil adalah melakukan perbaikan terhadap mobil yang mengalami permasalahan dan kerusakan.

Yang tadinya ada baret, kini mulus kembali. Yang sebelumnya penyok, kini permukaannya menjadi rata seperti sedia kala.

Selain itu, perbaikan bodi mobil juga akan mengembalikan warna mobilmu yang sebelumnya rusak akibat lecet ataupun tabrakan.

Jika mobil tergores atau baret cukup dalam, kamu wajib segera membawanya ke bengkel supaya jamur dan karat tidak muncul dari bagian mobil yang rusak tersebut.

Nantinya usai diperbaiki, tampilan mobil akan kembali menawan dan mengkilap. Sebab ada empat lapisan cat yang nanti diaplikasikan, mulai dari primer, surfacer, base coat, dan juga clear coat.

Tahapan body repair

1. Identifikasi

Tahap pertama yang akan dilakukan teknisi bengkel adalah melakukan identifikasi untuk melihat kerusakan apa saja yang ada pada mobilmu.

Identifikasi dilakukan pada semua bagian mobil secara mendetail di setiap panelnya. Biasanya bagian yang rusak akan diberi tanda dan dicatat supaya tidak terlewat.

Selanjutnya, teknisi akan memberikan kisaran biaya yang perlu kamu keluarkan untuk memperbaiki semua kerusakan pada mobilmu.

2. Perbaikan dan pendempulan

Selanjutnya, mobilmu akan langsung menjalani proses perbaikan dan pendempulan.

Di sini mobil yang mengalami penyok akan diperbaiki agar permukaannya kembali rata. Namun, biasanya jika pengerjaan termasuk sulit, panel mobil yang rusak akan dilepas agar lebih mudah untuk diperbaiki.

Setelahnya, bodi mobil akan dibersihkan dan diamplas. Setelah bersih, bagian yang rusak akan didempul berulang kali agar permukaannya rata kembali. Kemudian panel akan dicat warna dasar sesuai dengan body kit.

3. Finishing

Setelah selesai diperbaiki, mobil akan menjalani tahap finishing agar tampilan mobil kembali mulus dan mengkilap. 

Hasil finishing yang memuaskan ini berasal dari 4 lapisan cat yang digunakan saat perbaikan bodi mobil.

Lapisan pertama adalah lapisan primer yang mencegah karat besi mobil lalu surfacer sebagai pencegahan defect absorb.

Lapisan diatasnya adalah base coat sebagai warna utama dari mobil dan terakhir adalah clear coat untuk mencegah cat mobil menjadi pudar. Selain itu, clear coat juga berfungsi untuk mengkilapkan cat mobil.

Tips memilih bengkel body repair

Saat mobil kita rusak, tentu kita ingin cepat-cepat membawanya ke bengkel untuk perbaikan bodi mobil.

Namun, kamu harus hati-hati dalam memilih bengkel perbaikan bodi mobil yang berkualitas dan terpercaya.

Sebab jika kamu memilih bengkel secara asal-asalan, dikhawatirkan proses pengerjaannya tidak maksimal dan hasilnya pun jauh dari harapan.

Berikut adalah beberapa tips memilih bengkel perbaikan bodi mobil yang berkualitas.

1. Lihat jumlah pelanggannya

Hal yang paling mudah dalam memilih bengkel terpercaya adalah melihat jumlah pelanggan.

Jika saat kamu masuk lalu melihat antrean pelanggan atau banyaknya mobil yang sedang dikerjakan, itu berarti bengkel tersebut memiliki banyak pelanggan yang percaya dengan pelayanannya.

2. Cek kredibilitas bengkel

Cara kedua, cobalah mengecek kredibilitas bengkel perbaikan bodi mobil yang kamu ingin datangi dengan cara-cara sederhana.

Misalnya, cari tahu sudah berapa lama bengkel tersebut beroperasi. Kamu juga bisa mencari ulasan pelanggan mengenai bengkel tersebut di Google dan forum otomotif.

Umumnya, jika bengkel tersebut sudah lama beroperasi dan memiliki pelayanan yang baik, akan ada banyak ulasan positif di Google atau forum otomotif.

3. Minta rekomendasi dari sesama pecinta otomotif

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah melihat rekomendasi dari sesama pecinta otomotif.

Dengan begitu, kamu dapat mengetahui secara langsung bagaimana pendapat pelanggan mengenai pelayanan bengkel tersebut.

Jika banyak yang merekomendasikan bengkel tersebut karena pelayanan dan pengerjaannya yang baik, kamu dapat merasa tenang dan mempercayakan semua kebutuhan mobilmu di sana.

4. Pilih bengkel body repair yang sesuai kebutuhan

Terakhir, kamu harus pastikan bahwa bengkel yang kamu pilih adalah bengkel yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu menginginkan bengkel yang resmi, kamu bisa mendatangi bengkel dealer sesuai merek mobilmu. Biasanya dealer juga melayani perbaikan bodi mobil dan pengecatan.

Yang pasti, teknisi bengkel resmi memiliki layanan yang terpercaya. Selain itu, alat body repair yang digunakan juga sesuai dengan standar mobilmu.

Jadi, dipastikan hasilnya akan memuaskan. Tak ada cat yang belang atau tidak rata, pengerjaan pun rapi dan dijamin profesional. Namun, tentunya biaya perbaikannya tak murah.

Kedua, kamu bisa memilih bengkel khusus perbaikan bodi mobil. Biasanya bengkel seperti ini banyak tersebar di kota-kota besar.

Di bengkel ini, umumnya biaya perbaikan lebih murah dari bengkel dealer resmi. Namun, pastikan bengkel yang kamu pilih memiliki pelayanan yang baik dan menawarkan hasil yang memuaskan.

Terakhir, ada bengkel las ketok magic cat duco yang biasa berdiri di pinggir jalan.

Sebetulnya, bengkel ini tidak disarankan untuk dipilih karena pengerjaannya seringkali tak rapi. Namun, biaya perbaikan mobil disana sangat ramah di kantong.

Nah, kamu bisa memilih bengkel mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Kisaran harga dan biaya body repair

Body Repair – Langkah-Langkah, Harga dan Tips Memilih Bengkel

Biaya perbaikan bodi mobil sesungguhnya cukup variatif, tergantung dari tingkat kerusakan, panel mobil yang perlu diperbaiki, teknik perbaikan bodi mobil yang diperlukan, dan lain-lain.

Biaya pengerjaan perbaikan bodi mobil di bengkel resmi dan nonresmi juga berbeda-beda. Biaya yang ditawarkan bengkel nonresmi cenderung lebih murah dibandingkan bengkel resmi.

Namun, bengkel resmi lebih terjamin kualitas dan proses pengerjaannya.

Di bengkel resmi, umumnya biaya perbaikan per panel memakan biaya sekitar Rp700 ribu hingga Rp1,8 juta.

Namun, jika menggunakan cat jenis sikkens dan spies hecker, bisa memakan biaya hingga Rp800 ribu per panel.

Sementara untuk pengerjaan full body, kamu bisa merogoh kocek sampai Rp15 juta. Biaya ini belum termasuk pengelasan dan beberapa biaya lainnya yang dibutuhkan.

Di bengkel khusus body repair, harga body repair mobil penyok atau rusak juga dihitung per panel.

Per panel kecil seperti pintu, bumper, atau pintu bagasi dikenai biaya Rp350 ribu hingga Rp600 ribu. Untuk panel besar, dikenai biaya Rp600 ribu hingga Rp800 ribu.

Sementara untuk pengerjaan full body, dibagi lagi dalam dua tahap yaitu teknik siram cat baru dan teknik full kerok cat lama dan dicat ulang.

Untuk cat siram, harganya sekitar Rp8 juta hingga Rp15 juta. Sementara teknik kerok dan cat ulang dibuka di harga Rp20 juta.

Terakhir, bengkel cat duco pinggir jalan mematok biaya perbaikan mulai dari Rp200 ribu hingga Rp300 ribu. Untuk harga pengecatan kap mesin dan atap mobil, biayanya antara Rp400 ribu hingga Rp500 ribu.

Sementara untuk pengecatan full body bisa Rp2,5 juta hingga Rp5 juta. Menariknya, harga tersebut masih bisa dinego sesuai kesepakatan.

FAQ

Body repair mobil itu apa?

Body repair mobil adalah perbaikan yang bisa dilakukan untuk memulihkan kerusakan pada bodi mobil apa pun keadaannya, baik itu karena kecelakaan maupun penggunaan sehari-hari.

Fungsi utama dari perbaikan bodi mobil adalah melakukan perbaikan terhadap mobil yang mengalami permasalahan dan kerusakan.

Berapa biaya body repair?

Biayanya beragam, tergantung bengkel mana yang kamu pilih. Perbaikan satu panel di bengkel cat duco adalah Rp200 ribu hingga Rp300 ribu.

Sementara di bengkel khusus body repair, dikenai harga Rp350 ribu hingga Rp600 ribu. Untuk bengkel dealer resmi, satu panel dikenai biaya Rp700 ribu hingga Rp1,8 juta.

Berapa lama proses body repair mobil?

Pengerjaan perbaikan bodi mobil sedikitnya memakan waktu sekitar 1-2 hari tergantung seberapa berat kondisi kerusakan mobil.

Berapa lama pengerjaan body repair?

Umumnya, perbaikan bodi mobil membutuhkan waktu yang cukup singkat, yaitu 1-2 hari. Namun, jika bengkel yang kamu pilih memiliki banyak pelanggan, kamu harus bersabar karena bisa jadi pengerjaannya jadi cukup lama.