Bagaimana Bisa Bumiputera Gagal Bayar?

Banyak masyarakat di Indonesia yang tidak asing lagi ketika mendengar asuransi Bumiputera karena perusahaan asuransi ini sudah hampir berdiri sejak 109 tahun lalu. Namun, isu Bumiputera gagal bayar menjadikan citranya kurang begitu baik.

Kasus gagal bayar ini sudah berjalan lebih dari 3 tahun. Namun, penyelesaianya yang tak kunjung selesai membuat para nasabahnya kebingungan dan melakukan aksi somasi untuk menuntut hak mereka kepada asuransi Bumiputera. 

Sebelum pembahasan tentang kronologi kasus Bumiputera kita lanjutkan, apakah kamu tahu apa itu Bumiputera? Simak dulu beberapa info tentang asuransi Bumiputera berikut ini.

Asuransi Bumiputera gagal bayar? Ini sejarah singkatnya

Bagaimana Bisa Bumiputera Gagal Bayar?

Untuk kamu yang bertanya-tanya “apa itu Bumiputera?” Berikut sekilas informasi tentang sejarah AJB Bumiputera 1912. 

  • Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera (Asuransi Bumi Putera) adalah salah satu perusahan yang menawarkan produk asuransi jiwa terbesar di Indonesia sejak 1912.
  • Perusahaan asuransi ini dibangun berdasarkan tiga pilar: mutualisme, idealisme, dan profesionalisme.
  • Bumiputera menjadi satu-satunya asuransi yang berbentuk badan hukum usaha bersama di Indonesia.
  • Jenis badan usaha bersama yang dianut Bumiputera berbeda dengan perusahaan asuransi lainnya yang biasanya menganut sistem Perseroan Terbatas (PT) atau pemodal tertentu.
  • Berdasarkan profil perusahaannya, AJB Bumiputera merupakan perusahaan asuransi mutual.
  • Secara umum, asuransi mutual adalah asuransi yang dimiliki sepenuhnya pemegang polis dan mempercayakan kegiatan manajemennya ke Badan Perwakilan Anggota atau BPA.
  • Berbicara soal keuntungan, pada badan usaha ini, laba yang diperoleh akan disimpan di perusahan atau diberikan berupa pembagian deviden dan atau pengurangan premi bagi pemegang polisnya.

Jenis produk asuransi Bumiputera

Dilansir dari website resmi asuransi Bumiputera, ada beberapa kategori dan produk polis asuransi yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan perlindungan asuransi kepada para nasabah. 

Setiap kategori dan produk asuransi AJB Bumiputera juga memiliki manfaat sesuai produk asuransi yang diambil. Selekapnya terkait penjelasan terkait produk asuransi Bumiputera berikut ini. 

1. Asuransi jiwa perorangan

Pada asuransi jiwa perorangan, AJB Bumiputera memiliki dua pilihan produk asuransi individu meliputi Mitra Beasiswa dan Mitra Mandiri. Berikut jabaran manfaat yang didapat.

Mitra beasiswa

Sesuai dengan namanya, Mitra Beasiswa ini secara khusus dirancang untuk dana pendidikan anak di masa depan.

Diharapkan dengan produk asuransi, para orang tua akan lebih siap untuk mempersiapkan dana pendidikan yang setiap tahun mengalami kenaikan.

Masa depan anak akan terjamin dan terlindungi karena manfaat yang didapat. Berikut manfaat yang didapat dari polis Mitra Beasiswa.

  • Manfaat akan diberikan hingga anak lulus dari program pendidikannya. 
  • Dana pendidikan yang disebut Dana Kelangsungan Belajar (DKB) dibayarkan bertahap berdasarkan usia anak, baik saat tertanggung masih hidup maupun meninggal. 
  • Dana Beasiswa akan dibayarkan langsung ketika perjanjian asuransi berakhir, baik saat tertanggung masih hidup maupun meninggal dunia. 
  • Tidak ada premi bagi tertanggung yang meninggal dunia.
  • Apabila pemegang polis meninggal, akan diberikan santunan sebesar 100% dari uang pertanggungan.

Mitra proteksi Mandiri

Mitra Proteksi Mandiri memberi solusi bagi kamu yang ingin memiliki kesejahteraan, baik untuk diri sendiri maupun keluarga setelah masa pensiun. 

Tak hanya itu, asuransi Bumiputera mikro ini cocok untuk yang bekerja sebagai pedagang, petani, nelayan dan lainnya.

Dengan begitu, mereka yang memiliki pekerjaan nonformal bisa memiliki dana pensiun sebagai bentuk kesejahteraan pada masa tua.

Dengan bebas biaya polis dan minimal premi cukup murah sebesar Rp200.000 per bulan, cocok untuk setiap individu yang mendambakan kehidupan yang stabil di masa tua. 

Manfaatnya pun cukup menguntungkan.

  • Pemegang polis berhak menerima Nilai Tunai pada akhir kontrak jika Tertanggung masih hidup hingga masa asuransi berakhir.
  • Ahli waris dari Tertanggung akan menerima santunan meninggal dunia berupa Nilai Tunggal pada saat meninggal dan Uang Pertanggungan yang jumlahnya sesuai pada saat meninggal. Pada saat itu, asuransi berakhir.
  • Jika Pemegang Polis mengundurkan diri sebelum masa asuransi berakhir, Pemegang Polis akan mendapatkan Nilai Tunggal yang jumlahnya sesuai pada saat mengundurkan diri. Selanjutnya, asuransinya dianggap berakhir.

2. Asuransi jiwa kumpulan

Mitra medicare

Produk asuransi kesehatan Bumiputera ini ditujukan untuk menutupi biaya perawatan kesehatan ataupun tindakan operasi yang dialami Tertanggung. 

Pemegang polis memiliki kebebasan untuk menggunakan manfaat asuransi di pelayanan kesehatan rekanan Bumiputera, yaitu PT Intensive Medicare dan PT Administrasi Medika (AdMedika). 

Manfaat yang diterima Pemegang Polis sebagai berikut.

  • Menerima fasilitas kesehatan, seperti konsultasi Dokter Umum dan Dokter Spesialis, rawat inap, rawat jalan, tindakan operasi, perawatan gigi, apotek, laboratorium, dan beberapa fasilitas pendukung. 
  • Selama menjalani perawatan, Tertanggung tidak adakan dikenakan advanced payment kepada rumah sakit atau apotek. 

Mitra ekawaktu

Produk asuransi ini cocok bagi kamu yang mencari perlindungan risiko finansial untuk karyawan kamu beserta keluarganya diakibatkan kematian. 

Ahli waris dari pemegang polis akan menerima santunan Uang Pertanggungan sesuai kesepakatan ketika pemegang polis meninggal dunia.  

Mitra kecelakaan

Asuransi Bumiputera juga memberi perlindungan untuk keadaan tak terduga seperti kecelakaan dengan risiko catat total dan permanen atau meninggal dunia. Manfaat yang ditawarkan:

  • Peserta akan mendapatkan Uang Pertanggungan hingga 100% untuk keadaaan cacat total/sebagian dan permanen akibat kecelakaan. 
  • Santunan Uang Pertanggungan diberikan kepada ahli waris Tertanggung yang meninggal akibat kecelakaan. 
  • Biaya pengobatan akibat kecelakaan sebesar 10% dari Uang Pertanggungan. 

Mitra IDAMAN

Asuransi Jiwa Iuran Dana Mantap (IDAMAN) adalah asuransi jiwa Bumiputera memberikan perlindungan atas risiko kematian dengan jangka asuransi hingga 30 tahun. 

Manfaat yang diberikan berupa perlindungan kematian dan manfaat dana tabungan yang berbentuk nilai uang yang nilainya dapat meningkat seiring berjalannya waktu. 

Pemegang polis akan menerima manfaat nilai tunai pada saat kontrak asuransi berakhir. Selain itu, manfaat santunan meninggal dunia juga diberikan.

3. DPLK AJB Bumiputera 1912

Produk asuransi Bumiputera ini membantu untuk menyiapkan masa tua yang tenang dan sejahtera dengan pengelola dana pensiun yang baik dan bermanfaat. 

Asuransi yang sekaligus investasi ini miliki berbagai jenis asuransi terkait investasi yang bisa dipilih, seperti pasar uang, saham, dan surat utang atau obligasi. 

Cara cek polis asuransi Bumiputera online

Sebelumnya, proses pengajuan klaim atau cek polis asuransi Bumiputera hanya bisa dilakukan dengan mendatangi kantor pusat ataupun cabang dan mengirimkan dokumen terkait melalui POS atau jasa kirim lainnya. 

Untuk cara cek polis asuransi Bumiputera online, kamu bisa menggunakan aplikasi terbaru dari Bumiputera. Mobile Bumiputera (M-Bumiputera) bisa diunduh di smartphone kamu.

Dengan begitu, pemegang polis dapat mengakses seluruh informasi polis asuransinya tanpa harus ke kantor. 

Namun, aplikasi ini belum mendukung transaksi keuangan. Seluruh transaksi keuangan hanya bisa dilakukan di kantor pusat atau cabang dan outlet resmi. 

Kronologi kasus Bumiputera gagal bayar

Bagaimana Bisa Bumiputera Gagal Bayar?

Sejak tahun 2019, muncul isu bahwa manajemen AJB Bumiputera menyatakan bahwa perusahaan tidak bisa membayarkan klaim yang diajukan pemegang polis.

Ada 500 ribu klaim polis yang telah habis masa aktifnya dan tak kunjung cair dana polis sejak tiga tahun terakhir. Total nilai polis yang harus dibayarkan kepada pemegang polis sedikitnya Rp9 triliun. 

Berikut rangkuman kronologi kasus Bumiputera yang sebabkan gagal cairkan dana pemegang polis.

  • Kasus ini bermula pada salah satu nasabah asuransi Bumiputera yang ingin mengajukan klaim atas asuransi pendidikan Beasiswa Berencana dengan masa kontrak dari tahun 2003-2019. Namun, sejak kontrak habis, nasabah tersebut tidak mendapatkan kepastian kapan dana polis akan dicairkan. 
  • Sebelum kabar Bumiputera gagal bayar mencuat di beberapa media, ternyata keuangan di Bumiputera sudah bermasalah. Pada rentang tahun 1997-2010, total nilai defisit yang dialami sudah lebih dari Rp4,48 triliun. Hal ini membuat para nasabah khawatir polis yang mereka miliki.
  • Manajemen Bumiputera diketahui telah melakukan reasuransi seluruh bisnis yang diperoleh. Reasuransi bisa membuat neraca keuangan perusahaan terlihat baik-baik saja dan tidak terlihat indikasi Bumiputera gagal bayar.
  • Karena dianggap gagal membayar klaim asuransi, Bumiputera berniat ingin menjual aset perusahaan yang nilainya hanya Rp2 triliun. 
  • Tak hanya itu, terendusnya kasus korupsi yang dilakukan oknum dalam membuat masalah yang dihadapi Bumiputera semakin pelik.
  • Kasus korupsi pertama kali terjadi ketika ada nasabah melakukan klaim kematian dengan nilai kerugian Rp100 juta yang seharusnya dana yang diterima adalah Rp200 juta. 

Sisa dana klaim tersebut masuk ke beberapa oknum untuk melakukan perayaan “klaim asuransi”

  • Ada juga oknum yang menjual aset perusahan di daerah Jakarta Selatan. Pembayarannya pun dengan kepemilikan saham dengan harga yang sangat murah.
  • Oknum kantor cabang juga melakukan korupsi, misalnya premi yang dibayarkan malah masuk ke kantong pribadi. Jika ada klaim, oknum tersebut akan membayarkan. 
  • Audit lengkap atas laporan keuangan Bumiputera dilakukan dengan hasil yang mengagetkan. Akibat penggerogotan dana asuransi oleh orang dalam Bumiputera, tercatat kewajiban atau utang Bumiputera sebesar Rp22,77 triliun, sedangkan asetnya hanya Rp12,1 triliun.  

Ada beberapa penyebab kasus ini terjadi. Selain korupsi orang dalam, asuransi Bumiputera menganut badan usaha asuransi mutual yang cukup berisiko dan mengalami kerugian investasi.

FAQ

Berapa lama pencairan asuransi?

Lama proses pencairan asuransi polis berbeda-beda, tergantung kebijakan perusahaan dan jenis produknya. Proses pengajuan klaim paling cepat dalam hitungan menit dan jam. Ada juga produk asuransi yang membutuhkan beberapa hari mulai 7-14 hari.

Kapan pembayaran premi asuransi Bumiputera?

Masa tenggang premi asuransi di Bumiputera adalah 1 bulan atau 30 hari sejak jatuh tempo.

Apa aplikasi Bumiputera?

M-Bumiputera adalah nama aplikasi yang ditujukan untuk memberikan informasi terkait polis asuransi. Sementara untuk kegiatan transaksi keuangan, masih harus dilakukan di kantor atau outlet pembayaran resmi.