Mengenal Asuransi Bumiputera Beserta Kronologi Kasus Gagal Bayarnya

Asuransi Bumiputera mengalami permasalahan gagal bayar klaim para nasabah yang sejak tahun 2010 sampai saat ini masih belum selesai. Pada tahun 2020 silam asuransi Bumiputera mengklaim sudah mulai menuntaskan pembayaran klaim nasabah yang tertunggak. 

Nasabah Bumiputera pun satu per satu menanti kapan klaim akan turun.

Sebagai informasi, mari kenali lebih dalam mengenai asuransi Bumiputera, kronologi kasus gagal bayar yang mereka alami, beserta produknya.

Apa itu Bumiputera?

Mengenal Asuransi Bumiputera Beserta Kronologi Kasus Gagal Bayarnya

Bumiputera adalah perusahaan asuransi jiwa yang berada di bawah naungan BUMN Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera. Berdiri sejak tahun 1912, produk asuransi perusahaan BUMN ini terbagi menjadi 3 kategori, yaitu asuransi individu, asuransi kumpulan, dan dana pensiun lembaga keuangan (DPLK).

Asuransi ini menjadi perusahaan asuransi mutual yang dimiliki oleh pemegang polis Indonesia, dioperasikan untuk kepentingan pemegang polis Indonesia, dan dibangun berdasarkan tiga pilar mutualisme, idealisme, dan profesionalisme.

Jika melihat sejarah AJB Bumiputera 1912 sebelum kasus gagal bayar menimpanya, perusahaan asuransi ini sempat menjadi perusahaan asuransi terbesar di Indonesia. Perusahaan ini juga menjadi satu-satunya asuransi berbentuk badan hukum usaha bersama di Indonesia. 

Bentuk usaha bersama ini membuat seluruh pemegang polis berperan sebagai pemilik perusahaan dan mempercayakan manajemen perusahaan ke Badan Perwakilan Anggota (BPA). 

Selain itu, bentuk badan hukum usaha bersama ini juga sudah dijamin dalam UU Perasuransian layaknya perseroan terbatas.

Kronologi kasus Bumiputera yang gagal bayar klaim nasabah

Tahun 2020 lalu, kasus gagal bayar Asuransi Jiwa Bersama (AJB) menimpa perusahaan asuransi tersebut. Namun sebenarnya jauh sebelum itu terjadi, di tahun 2010 silam asuransi Bumiputera sudah didera permasalahan yaitu menunggak pembayaran klaim para nasabah mereka.

Diduga pula bahwa kontrak antara pihak AJB Bumiputera dengan manajemen investasi juga sempat bermasalah. Pada tahun 2007 sampai 2008, Bumiputera mengalami kasus skandal kontrak pengelolaan dana dan investasi yang dilakukan melalui PT Optima Kharya Capital Management (Optima) sebanyak 7 kali. 

Diketahui Optima mengelola uang dari AJB Bumiputera mencapai Rp307 miliar. Berlanjut di tahun 2009, Optima tidak dapat mengembalikan dana investor, termasuk Bumiputera. Mereka hanya bisa mengembalikan sekitar Rp10 miliar uang Bumiputera saat jatuh tempo.

Kemudian, ada juga 5 manajer investasi bermasalah yang turut mengelola dana perusahaan asuransi tersebut.  Alhasil, audit keuangan Bumiputera mendapatkan nota yang tidak wajar sepanjang 2009-2011.

Puncaknya di tahun 2012, utang perusahaan mencapai Rp22,77 triliun, padahal total asetnya hanya Rp12,1 triliun. 

Masalah keuangan tersebut terus bergulir. Namun, manajemen Bumiputera disinyalir sedang berusaha melakukan perbaikan dari sisi manajemen aset dan pengelolaan dana.

Selain itu, mereka juga masih terus berusaha melunasi seluruh utang klaim yang belum bisa terbayarkan dengan cara menjual aset dan meluncurkan produk baru. 

Semoga dengan memahami informasi yang menimpa Bumiputera, maka kamu bisa dengan bijak dan cermat ketika hendak memilih produk asuransi terbaik untukmu dan keluarga.

Berbagai macam faktor bisa terjadi jika sebuah perusahaan asuransi tidak mampu membayar klaim dari nasabahnya, bisa jadi karena faktor eksternal atau faktor internal.

Pilihan produk asuransi Bumiputera

Mengenal Asuransi Bumiputera Beserta Kronologi Kasus Gagal Bayarnya

Asuransi Bumiputera memiliki beberapa produk yang menjadi unggulannya, diantaranya: 

Mitra Sehat (Asuransi kesehatan Bumiputera)

Polis asuransi kesehatan AJB Bumiputera 1912 bernama Mitra Sehat akan memberikan dana untuk membiayai perawatan dan memberikan hasil investasi terbaik dari premi yang dibayar. Manfaat yang diperoleh adalah sebagai berikut: 

  • Asuransi biaya rawat inap sebesar 3 persen dari Uang Pertanggunga, maksimum Rp1 juta per hari, dimulai pada hari ketiga, maksimum 90 hari per tahun
  • Santunan meninggal dunia sebesar 100 persen dari Uang Pertanggungan.
  • Hasil investasi sebesar 4,5 persen per tahun dari akumulasi simpanan premi
  • Tambahan hasil investasi jika dana investasi yang diperoleh AJB Bumiputera 1912 melebihi hasil investasi yang dijamin pada poin 3.

Mitra Beasiswa (Asuransi jiwa Bumiputera)

Polis ini dibuat bagi orang tua yang telah memiliki anak demi memastikan pendidikan anak terjamin hingga masa depan. Melalui polis Mitra Beasiswa, anak-anak akan mendapatkan kepastian atas dana pendidikan secara teratur sampai lulus, walaupun orang tua telah meninggal dunia. 

Manfaat yang diperoleh produk ini antara lain: 

  • Dana pendidikan yang diberikan bertahap sesuai dengan usia anak, baik saat orang tua masih hidup walaupun telah meninggal dunia.
  • Dana beasiswa langsung saat perjanjian asuransi berakhir
  • Santunan sebesar 100 persen dari uang pertanggungan jika pemegang polis meninggal dunia.
  • Premi bebas kalau tertanggung meninggal dunia.

Mitra Proteksi Mandiri 

Polis khusus untuk mempersiapkan masa pensiun pengusaha mikro, seperti petani, nelayan, peternak, atau pekerja lain yang memiliki penghasilan terbatas. Harga premi produk ini terbilang murah, yaitu Rp200 ribu per bulan, dengan manfaat sebagai berikut: 

  • Memperoleh nilai tunai bila kontrak polis habis.
  • Jika pemegang polis meninggal dunia, maka ahli waris berhak mendapatkan santunan meninggal dunia sebesar uang pertanggungan dan nilai tunai. 
  • Jika pemegang polis berhenti kontrak, tetap mendapatkan nilai tunai. 

Asuransi Kredit (Asuransi jiwa kumpulan Bumiputera)

Tak hanya asuransi jiwa perorangan, perusahaan ini juga memiliki produk asuransi jiwa kumpulan, salah satunya Asuransi Kredit. Polis ini memberikan perlindungan kepada mereka yang memiliki utang kepada lembaga keuangan. 

Adapun manfaat yang diperoleh berupa jaminan dan santunan sebesar nilai sisa pinjaman kalau peserta asuransi meninggal dunia selama periode asuransi. 

Asuransi Kecelakaan 

Produk asuransi kumpulan ini memberikan perlindungan kepada para pemegang polis dari risiko meninggal dunia atau cacat akibat kecelakaan. Nasabah akan mendapatkan uang pertanggungan bila meninggal dunia akibat kecelakaan. 

Selain itu, mereka juga berhak mendapatkan maksimal 100 persen uang pertanggungan ketika menderita cacat tetap total atau sebagian akibat kecelakaan.  

Asuransi IDAMAN 

Polis Asuransi Jiwa Iuran Dana Mantap (IDAMAN) akan memberikan perlindungan atas risiko kematian untuk jangka waktu hingga maksimal 30 tahun. Selain itu, nasabah juga akan mendapatkan manfaat dana tabungan dalam bentuk akumulasi nilai uang yang meningkat dari waktu ke waktu. 

Manfaat yang diberikan juga mencakup santunan meninggal dunia, dan manfaat nilai tunai yang diberikan saat masa asuransi telah berakhir. 

DPLK (Dana Pensiun)

Terakhir adalah Dana Pensiun Asuransi Bumiputera. Polis ini menawarkan pengelolaan dana pensiun, yang akan membantu peserta mendapatkan manfaat uang pensiun ketika sudah tidak lagi bekerja. 

Pilihan investasinya pun beragam mulai dari pasar uang, surat pengakuan utang, saham, dan saham syariah.

Cara klaim dana Bumiputera asuransi online

Nasabah asuransi ini bisa melakukan klaim sesuai ketentuan-ketentuan yang ditetapkan sebelumnya dalam polis.  Untuk dapat mengajukan klaim, nasabah bisa mengisi formulir klaim dengan lengkap lalu menyertakan dokumen pendukung sesuai jenis klaim.

Secara umum, ada beberapa syarat klaim yang harus dipenuhi, antara lain: 

  • Polis asli dan salinannya
  • Bukti pembayaran asli dari premi terakhir yang dibayarkan
  • Surat keterangan kematian dari Kelurahan atau Kepala Desa yang dilegalisir oleh Camat. Atau bisa juga melampirkan Sertifikat Kematian
  • Jika nasabah meninggal karena kecelakaan, maka harus menyertakan Surat Keterangan dari Kepolisian atau pihak berwenang 
  • Jika nasabah meninggal dunia ketika perawatan maka wajib menyeratakan Surat keterangan kesehatan dari Rumah atau dokter
  • Pengajuan klaim atas kematian
  • Melengkapi kuesioner klaim
  • Fotokopi kartu keluarga (jika berlaku)
  • Surat kuasa dari penerima pengalihan hak (ahli waris)
  • Surat keputusan mengenai perwalian dari Pengadilan Negeri jika penerima pengalihan hak usianya belum memenuhi syarat menurut hukum, sementara orang tuanya meninggal dunia
  • Surat keputusan mengenai ahli waris dari Pengadilan Negeri jika Pemegang Polis yang ditunjuk untuk menerima manfaat telah meninggal dunia

Cara cek polis Asuransi Bumiputera online

Untuk mengetahui dan mengecek tentang polis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan ini kamu bisa mengecek langsung di situs websitenya, tapi ada juga cara lain untuk mengecek yaitu dengan mengirim SMS Center ke nomor 0811881912. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Daftar untuk mendapatkan informasi terbaru: Ketik: REG (spasi) NOMOR POLIS (Contoh: REG 123456789, kirim ke 0811881912)
  • Info Premi: Ketik: BP (spasi) Nomor polis (spasi) PREMI. Contoh: BP 123456789 PREMI, kirim ke 0811881912
  • Info Nilai Tunai. Ketik: BP (spasi) Nomor polis (spasi) NT. Contoh: BP 123456789 NT, kirim ke 0811881912
  • Nomor polis: Ketik: BP (spasi) Nomor polis (spasi) PJPOL. Contoh: BP 123456789 PJPOL, kirim ke 0811881912
  • Info Lain: Ketik: BP (spasi) Nomor polis (spasi) TANYA (spasi) Pertanyaan kamu. Contoh: BP 123456789 TANYA DI MANA ALAMAT KANTOR CABANG SOLO? kirim ke 0811881912

Layanan nasabah Bumiputera

Kalau kamu nasabah Bumiputera yang membutuhkan informasi lengkap seputar produknya, maka bisa menghubungi perusahaan ini melalui kontak berikut:

  • Alamat kantor pusat: Wisma Bumiputera Lantai 17 – 21 Jl. Jend. Sudirman Kav. 75 Jakarta Selatan 12910.  
  • Call Center Halo Bumiputera: 08041001912 (bebas pulsa)
  • SMS Center: 0811881912
  • Email: customercare@bumiputera.com
  • Website: ajb.bumiputera.com  

Demikian informasi yang bisa disampaikan mengenai asuransi Bumiputera yang bisa DuitPintar. Sebelum membeli polis asuransi, pastikan kamu sudah mempelajari perusahaannya terlebih dahulu supaya bisa memperoleh produk terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

FAQ seputar Bumiputera

Apa itu asuransi Bumiputera?

Bumiputera adalah perusahaan asuransi jiwa yang berada di bawah naungan BUMN Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera. Berdiri sejak tahun 1912, produk asuransi perusahaan BUMN ini terbagi menjadi 3 kategori, yaitu asuransi individu, asuransi kumpulan, dan dana pensiun lembaga keuangan (DPLK).

Apa benar Asuransi Bumiputera bangkrut?

Asuransi Bumiputera tidak bisa dikatakan bangkrut tetapi mereka memang mengalami kasus gagal bayar klaim. Meski begitu pada tahun 2020 asuransi Bumiputera mengklaim sudah mulai menuntaskan pembayaran klaim nasabah yang tertunggak. Nasabah Bumiputera pun satu per satu menanti kapan klaim akan turun.