Cara Cek Saldo Asuransi AIA – Plus Cara Pencairan Klaim

Asuransi AIA adalah asuransi yang resmi terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).Buat kamu yang menjadi nasabah asuransi ini, cari tahu cara cek saldo asuransi AIA plus cara klaimnya berikut ini.

Untuk kamu yang tertarik ataupun sudah memiliki asuransi AIA, simak juga ulasan kita tentang ragam produknya, mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, hingga manfaat tabungan atau investasi dengan layanan konvensional maupun syariah.

Cara cek saldo asuransi AIA

Cara Cek Saldo Asuransi AIA – Plus Cara Pencairan Klaim

Meskipun terlihat sepele, pengecekan saldo penting untuk dilakukan, lho. Apalagi disaat kamu membutuhkan pertolongan pelayanan asuransi yang kamu pilih.

Jangan sampai juga, kamu yang lupa bayar premi tapi tetap ngotot untuk dilayani sesuai kondisi yang tertera di polis. 

Untuk kamu yang sudah menjadi nasabah asuransi AIA, apa kamu sudah paham beberapa opsi mudah untuk mengecek saldo asuransimu? Kalau belum, simak caranya berikut ini!

1. Lewat kantor cabang

Nggak semua nasabah mungkin menyukai sistem pelayanan teknologi yang sudah canggih saat ini.

Ada nasabah yang mungkin lebih nyaman untuk melakukan pengecekan saldo asuransi secara konvensional dengan langsung mendatangi kantor cabang AIA.

Meskipun memakan waktu dan tenaga, cara ini masih diminati oleh sebagian nasabah karena lebih aman dan memuaskan. Sayangnya, fasilitas kantor cabang ini tidak tersedia di semua wilayah Indonesia.

Empat kota besar yang memiliki kantor cabang asuransi AIA adalah:

  • Jakarta: AIA Tower, Jl. Jendral Sudirman Kav. 48A, Jakarta Selatan
  • Medan: Iskandar Muda No. 31, Medan
  • Surabaya: Sinarmas Land Plaza Lantai 14, Jl. Pemuda No. 60-70, Surabaya
  • Bandung: Wisma Monex Lantai 11, Jl. Asia-Afrika No. 133-137, Bandung

Kalau kamu berdomisili di empat kota tersebut, kamu bisa dengan mudah mendatangi langsung kantor cabang AIA untuk melakukan cek saldo asuransi, ya.

2. Lewat agen

Agen asuransi merupakan pihak yang penting untuk kamu hubungi terkait produk asuransi yang kamu pilih. Selain itu, agen juga bisa memberikan bantuan untukmu mengetahui berapa saldo asuransimu saat ini. 

Kamu bisa menghubungi pihak agen yang dulu membantu mengurus pendaftaran dan pembelian produk asuransi. Tapi, jangan heran jika kamu diminta untuk memberikan sejumlah data demi kebutuhan pengecekan saldo ini. 

Yang perlu kamu waspadai adalah tetap harus berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian atau penyalahgunaan data dan lainnya. Pastikan agen tersebut masih terdaftar dan aktif sebagai agen resmi AIA.

3. Lewat customer service

Cara mudah lainnya adalah melalui customer service. Kamu tinggal menghubungi call center AIA di No Telp asuransi AIA 1500980.

Ini cocok untuk kamu yang malas pergi ke kantor cabang atau memang kantor cabangnya belum ada di kotamu. Pastikan pulsa selulermu cukup untuk melakukan panggilan telepon ini, ya.

Setelah terhubung, customer service line akan memandu kamu sampai bisa berbicara langsung dengan petugas customer service.

Ikuti instruksinya dengan baik. Setelah terhubung dengan petugas customer service AIA, kamu bisa sampaikan maksud atau tujuan untuk pengecekan saldo asuransi milik kamu.

4. Lewat AIA Priority Service Line

Cara cek saldo asuransi AIA yang satu ini hampir mirip dengan customer service, tapi Priority Service Line lebih memberikan kamu kebebasan untuk mengecek saldo kapanpun dan dimanapun selama 24 jam.

Cukup pastikan pulsa dan jaringan internet selulermu dalam kondisi terisi dan baik.

Layanan AIA Priority Service Line untuk mengecek saldo asuransi AIA dapat dilakukan dengan cara menghubungi secara langsung di nomor (021) 2927 9676.

Atau dapat pula melalui chat atau mengirimkan pesan melalui WhatsApp ke nomor telepon 0811 1611 660. 

5. Via website atau situs resmi

Cara terakhir ini cocok banget untuk kamu yang banyak menghabiskan waktu di depan handphone ataupun laptop dengan modal koneksi internet yang bagus. 

Untuk mengetahui saldo asuransi AIA  kamu, beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Kunjungi website resmi AIA di www.aia-financial.co.id.
  • Klik menu ‘My AIA’ untuk membuat akun baru.
  • Isi beberapa data pendukung penting untuk pembuatan akun My AIA (email, password, atau bisa juga dengan menggunakan akun Facebook dan akun Google).
  • Setelah akun kamu berhasil dibuat, kamu bisa pilih menu pengecekan saldo.

Produk asuransi AIA

Asuransi AIA menawarkan produk yang cukup lengkap. Produknya dibagi menjadi dua, yaitu individu dan korporasi. Nama produk yang bisa kamu pilih dari asuransi AIA, yaitu:

  • AIA Critical Protection (asuransi jiwa).
  • AIA Priority Plus Assurance (asuransi jiwa).
  • AIA Sakinah Assurance (asuransi jiwa syariah).
  • AIA Infinite Link Assurance (asuransi jiwa).
  • AIA Prolink Assurance (asuransi jiwa).
  • AIA Infinite Plus Assurance (asuransi jiwa).
  • AIA Family First Protection (asuransi jiwa).
  • Hospital & Surgical Protection (asuransi kesehatan).
  • Hospital & Surgical Plus (asuransi kesehatan).
  • AIA Critical Protection (asuransi penyakit kritis).
  • Comprehensive Critical Cover Additional (asuransi penyakit kritis).
  • AIA Prolink Assurance (tabungan dan asuransi plus investasi).
  • AIA Infinite Link Assurance (tabungan dan asuransi plus investasi).
  • AIA Priority Plus Assurance (tabungan dan asuransi plus investasi).
  • Asuransi Dana Pensiun (dana pensiun kumpulan).
  • Asuransi Dana Pensiun Sevpay Plus (dana pensiun kumpulan).
  • AIA Voluntary Solutions (kumpulan).
  • AIA BCA Medic Pro (asuransi AIA BCA).

Untuk individu, AIA menawarkan empat produk andalannya, yaitu:

1. Proteksi jiwa

Proteksi jiwa adalah asuransi jiwa yang memberikan manfaat dukungan finansial atas risiko meninggal dunia atau cacat tetap total. 

2. Kesehatan

Asuransi kesehatan ini akan memberi manfaat pertanggungan biaya rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya ketika nasabah mengalami risiko medis.

3. Penyakit kritis

Asuransi ini menawarkan manfaat perlindungan berupa pertanggungan biaya perawatan terhadap risiko penyakit kritis sesuai polis, misalnya kanker dan serangan jantung.

4. Tabungan dan investasi

Jenis ini memberikan layanan tabungan, asuransi plus investasi untuk masa depan. Dengan perencanaan yang matang, kamu bisa mewujudkan rumah idaman, pendidikan terbaik untuk anak, dana hari tua, dan impian lainnya.

Sementara untuk korporasi, AIA memberi dua layanan, yaitu:

Dana pensiun

Sesuai namanya, asuransi ini memberikan manfaat dana pensiun untuk karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan jika terjadi PHK.

Program asuransi DPLK atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan akan memberikan nilai tambah dalam hal perpajakan, cara pembayaran manfaat dan pengaturan hak atas manfaat jatuh tempo kepada karyawan.

Employee benefit

Memberikan manfaat perlindungan untuk karyawan dan keluarganya jika mengalami risiko rawat inap, kematian, penyakit kritis, cacat tetap total atau kecelakaan.

Asuransi Voluntary Solutions merupakan solusi yang tepat dan mudah untuk memenuhi kebutuhan proteksi dengan harga terjangkau. 

Program ini juga memberikan nilai tambah bagi program asuransi yang disediakan oleh pemberi kerja sehingga akan lebih kompetitif dan fleksibel untuk menarik dan memelihara karyawan terbaik kamu.

Cara pengajuan klaim

Cara Cek Saldo Asuransi AIA – Plus Cara Pencairan Klaim

Setelah kamu tahu cara cek saldo asuransi AIA, kamu juga perlu tahu nih gimana langkah-langkah dalam pengajuan klaim. 

Amit-amit nanti kamu atau keluarga dan kerabat ada yang tertimpa musibah dan butuh pertolongan pengajuan klaim biaya perawatan atau pengobatan, jadi nggak perlu bingung lagi, deh.

Langkah-langkahnya cukup sederhana kok. Yang perlu kamu lakukan, yaitu:

1. Siapkan dan lampirkan dokumen persyaratan klaim

Sejumlah dokumen persyaratan klaim asuransi yang umum akan diminta adalah kartu identitas (KTP), kartu asuransi AIA, dan bukti tagihan.

Dokumen-dokumen ini dapat dikirim langsung ke kantor cabang AIA ataupun melalui Bancassurance Officer dan agen asuransi yang menangani kamu. Pastikan dokumen persyaratan lengkap agar proses klaim berjalan lancar.

2. Proses verifikasi dokumen

Setelah dokumen diterima, pihak asuransi akan melakukan proses verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan dokumen yang kamu kirim telah lengkap dan sesuai. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari.

Kalau dokumen dirasa belum lengkap, pihak asuransi akan menghubungi kamu untuk melengkapi dokumen terlebih dahulu.

Karena itu, pastikan kelengkapan dokumen sebelum mengirimnya agar tidak terjadi hal-hal seperti ini karena bisa menghambat waktu.

3. Tunggu pemberitahuan dari asuransi

Jika dokumen sudah dinyatakan lengkap, kamu tinggal menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari pihak asuransi AIA. Pemberitahuan biasanya melalui telepon atau bisa juga email.

4. Terima klaim

Setelah semua proses verifikasi selesai dilakukan dan pihak asuransi menyetujui pengajuan klaim, maka kamu akan diinformasikan melalui telepon maupun email yang terdaftar mengenai proses penerimaan klaim.

Umumnya, klaim akan diberikan dalam jangka waktu 8 hari untuk asuransi kesehatan dan 11 hari untuk santunan meninggal dunia.

Kelebihan asuransi AIA

Dengan banyaknya produk dan kemudahan yang ditawarkan, ada beberapa kelebihan dari asuransi AIA ini yang patut untuk kamu pertimbangkan, seperti:

  • Tingkat solvabilitas 5 kali lebih tinggi dari standar. Hal ini menunjukkan bahwa sistem keuangan AIA yang kuat mampu memberikan jaminan keamanan kamu dalam melakukan klaim atau pembayaran tagihan terkait polis.
  • Program beli satu dapat empat sangat bermanfaat bagi keluarga yang dapat terproteksi dalam satu polis asuransi.
  • Klaim asuransi AIA terbilang cepat jika syarat-syarat untuk mengajukan terpenuhi dan lengkap.
  • Premi murah dan terjangkau sesuai rata-rata kemampuan masyarakat Indonesia.

FAQ

Apa saja produk asuransi AIA?

Untuk individu, AIA menawarkan empat produk, yaitu Proteksi jiwa, Kesehatan, Penyakit kritis, Tabungan, dan investasi. Sedangkan untuk korporasi, AIA memberikan dua layanan, yaitu Dana pensiun dan Employee benefit.

Apa itu AIA Power Pro Life-Covid-19?

AIA Power Pro Life-Covid-19 memberikan manfaat perlindungan terhadap risiko pandemi atau terpapar Covid-19 yang memerlukan perawatan ICU (butuh ventilator invasive) juga perlindungan jiwa jika pemegang polis tutup usia karena risiko Covid-19.

Ada berapa kantor cabang AIA di Indonesia?

Empat kota besar yang memiliki kantor cabang asuransi AIA, yaitu:

  • Jakarta: AIA Tower, Jl. Jendral Sudirman Kav. 48A, Jakarta Selatan
  • Medan: Iskandar Muda No. 31, Medan
  • Surabaya: Sinarmas Land Plaza Lantai 14, Jl. Pemuda No. 60-70, Surabaya
  • Bandung: Wisma Monex Lantai 11, Jl. Asia-Afrika No. 133-137, Bandung