Cara Kredit Mobil Bekas dan Perhitungan Simulasi Kreditnya

Apabila kamu berencana membeli mobil tapi dana yang kamu miliki terbatas, bisa kok beli mobil bekas dengan cara kredit. Namun, sebelum itu, pastikan kamu mencari tahu cara kredit mobil bekas agar bisa memperkirakan berapa lama angsuran yang harus kamu bayar.

Dengan mengetahui cara kredit mobil bekas, kamu juga bisa mengetahui regulasi serta aturan-aturan yang sudah ditentukan, sehingga ke depannya proses angsuran kredit mobil kamu bisa berjalan lancar hingga kamu bisa melunasinya. 

Selain harganya yang murah, membeli mobil bekas dengan cara kredit juga punya banyak keuntungan, salah satunya adalah tingkat depresiasi yang rendah, sehingga saat kamu menjual mobilmu kembali, harganya tidak turun terlalu banyak. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan negosiasi hingga menghasilkan harga mobil yang sudah disepakati bersama. 

Berikut ini cara kredit mobil bekas  yang murah dan aman yang bisa kamu pahami dengan baik. 

Cara kredit mobil bekas murah dan aman

Cara Kredit Mobil Bekas dan Perhitungan Simulasi Kreditnya

Ada beberapa cara kredit mobil bekas yang bisa kamu ikuti agar prosesnya bisa berjalan lancar tanpa kendala hingga nantinya mobil lunas. 

1. Pilih lembaga pembiayaan yang terpercaya

Saat kamu memutuskan melakukan kredit mobil, pastikan kamu memilih lembaga pembiayaan yang terpercaya, misalnya bank atau leasing yang sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jangan terburu-buru dalam memilih lembaga pembiayaan. Kamu bisa kok sambil melakukan riset dan membandingkan dengan lembaga pembiayaan yang lain. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keuntungan dan risiko yang akan dihadapi nantinya.

Agar tidak membebani finansial, pilih lembaga pembiayaan dengan bunga yang ringan. 

2. Ketahui bunga kredit mobil bekas

Beberapa lembaga pembiayaan pasti memberikan bunga kredit yang beragam. Sebelum membelinya, pastikan kamu sudah mencari tahu bunga kredit mobil bekas pada masing-masing pembiayaan. 

Hal ini akan memudahkan kamu menentukan lembaga pembiayaan mana yang cocok dengan kondisi finansial kamu. 

Kamu bisa mengambil lembaga pembiayaan dengan bunga di bawah 10%, contohnya seperti KKB BCA dengan bunga 6,75%, Bank Jasa Jakarta dengan bunga 6,79%, Maybank Finance Kredit dengan bunga 8,5%, dan MyAuto Kredit Mobil Bekas Bank Mayapada dengan bunga 9%. 

Agar lebih lengkap, kamu bisa menanyakan langsung pada masing-masing lembaga pembiayaan tersebut. 

3. Cek kondisi mobil

Selanjutnya, kamu bisa melakukan pengecekan kondisi mobil bekas yang akan kamu beli dengan cara kredit. Apakah mesinnya masih berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk mobil bekas, sebaiknya beli mobil dengan usia maksimal 10 tahun. 

Pilih mobil sesuai dengan anggaran dan kebutuhanmu, ya. Jangan sampai kamu membeli mobil bekas dengan harga yang terlalu mahal. Hal ini bisa menjadi boomerang apabila nantinya kamu kesulitan dalam membayar cicilan mobil bekas. 

4. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan

Apabila kamu sudah menemukan mobil bekas yang akan kamu beli, mulai lah dengan mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang akan dibutuhkan.

Sehingga, saat pihak bank atau leasing meminta dokumen, kamu sudah mempersiapkannya tanpa kelimpungan mencari ke sana kemari. Berikut beberapa dokumen yang nanti mungkin akan dibutuhkan. 

  • Kartu identitas diri seperti KTP
  • Kartu keluarga
  • NPWP
  • Slip gaji
  • Tagihan kartu kredit selama tiga bulan terakhir apabila ada
  • Khusus profesional seperti dokter, harus menyertakan Keterangan Izin Praktik
  • Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan atau bisa juga dengan tagihan listrik dan PDAM
  • SIUP apabila kamu adalah seorang pengusaha

Setelah dokumen terkumpul kamu bisa langsung mengajukan kredit mobil pada bank atau leasing yang sudah kamu pilih.

5. Memilih asuransi 

Meskipun kamu membeli mobil bekas, kamu tetap membutuhkan asuransi untuk meringankan finansial dari risiko yang tak terduga.

apalagi, mobil bekas pasti akan rentan mengalami masalah seperti kerusakan pada mesin karena usianya yang sudah tua. 

Apabila masih ragu memilih asuransi mobil yang tepat, kamu bisa melakukan konsultasi dengan pihak dealer.

Tapi, biasanya untuk mobil bekas, asuransi mobil yang direkomendasikan adalah asuransi Total Loss Only (TLO).

6. Konfirmasi kredit mobil bekas

Proses terakhir dalam kredit mobil bekas adalah konfirmasi. Proses ini menentukan apakah nantinya pengajuan kreditmu akan disetujui atau ditolak. 

Jika diterima, kamu akan menerima kontrak kredit beserta beberapa ketentuan seperti uang muka hingga tenor cicilan. Pastikan kamu membacanya dengan benar dan teliti, ya. 

Apabila semuanya sudah selesai, maka bank akan mencairkan dana kredit pada dealer tempat kamu membeli mobil bekas. 

Syarat mengajukan kredit mobil bekas

Secara umum, berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan kredit mobil bekas. 

  • Kartu identitas seperti KTP
  • Kartu keluarga
  • Slip gaji
  • NPWP
  • Surat keterangan bekerja apabila kamu adalah pegawai
  • Surat Keterangan Izin Praktik apabila kamu adalah seorang profesional
  • SIUP apabila kamu pengusaha
  • Bukti pembayaran PBB, tagihan listrik, dan air

Setiap lembaga pembiayaan seperti bank atau leasing syaratnya pasti berbeda-beda, namun secara umum persyaratan yang harus kamu penuhi seperti yang tertera di atas. 

Simulasi kredit mobil bekas

Seperti yang diketahui, minimal uang muka untuk melakukan kredit mobil biasanya adalah sebesar 25-30% dari harga mobil yang dibeli.

Meskipun minimalnya sebesar 30%, kalau harga mobilnya mahal pasti uang muka yang dibutuhkan juga mahal. Tak perlu khawatir karena ternyata bisa juga kok kita membeli mobil secara kredit dengan DP kecil. 

Sebab, beberapa leasing atau bank memiliki program untuk DP ringan, yakni sekitar Rp2 juta hingga Rp5 juta. Berikut ini beberapa tips dan juga simulasi perhitungannya

Kredit mobil bekas DP 2 juta

Pastikan kamu memilih tenor paling lama agar kamu bisa membayar DP yang murah. Berikut ini simulasinya. 

Ani membeli mobil bekas harga Rp50 juta dengan tenor 8 tahun dan DP Rp 2 juta. Jadi, berapa cicilan yang harus Ani bayar?

Pokok utang: Harga mobil – DP = Rp50.000.000 – Rp2.000.000.000 = Rp48.000.000

Maka, cicilan yang harus dibayar Ani adalah Rp48.000.000/96 bulan: Rp500.000.

Cicilan ini tentunya belum final, ya, karena belum ditambah dengan biaya-biaya lain seperti biaya admin, biaya provisi, dan administrasi lainnya. 

Kredit mobil bekas DP 5 juta

Kamu juga bisa mencoba tips dengan memilih ballon payment di mana pelunasan akan langsung dilakukan di akhir masa tenor, sehingga cicilan di awal tenor lebih ringan. Kamu bisa menggunakan Rp5 juta untuk DP. Berikut ini simulasinya. 

Pak Bagus membeli mobil bekas seharga Rp75 juta dengan tenor 5 tahun. Kemudian bunga kredit di tiga tahun pertama adalah 6%.

Pokok utang: Rp75.000.000-Rp5.000.000 = Rp70.000.000

Bunga yang harus dibayar: (Rp70.000.000 x 6%)/60 bulan = Rp70.000

Cicilan selama 3 tahun yang harus dibayar: (Rp75.000.000 x 30%)/36 bulan + Rp70.000= Rp695 ribu per bulan

Jumlah yang harus dilunasi di akhir masa tenor: Rp75.000.000 x 50%: Rp37.500.000.

Dengan penjabaran di atas, menunjukkan bahwa meskipun DP kamu tidak besar, kamu tetap bisa kok mengajukan kredit mobil bekas. Pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan pihak bank atau leasing terlebih dahulu, ya.

Tips mengajukan kredit mobil agar segera disetujui

Cara Kredit Mobil Bekas dan Perhitungan Simulasi Kreditnya

Meskipun kelihatannya mudah, namun kredit mobil bekas yang kamu ajukan bisa saja ditolak. Oleh karena itu, kamu wajib tahu beberapa tips mengajukan kredit mobil biar disetujui. 

1. Uang muka yang dibayarkan minimal 30%

Meskipun ada beberapa leasing atau bank yang memberikan keringanan terkait DP, tapi sebaiknya kamu mengajukan DP minimal 30% dari harga mobil yang akan kamu beli. Hal ini dilakukan agar proses pengajuanmu segera disetujui. 

Pihak bank atau leasing mungkin akan berpikir bahwa kamu adalah orang yang mampu melakukan angsuran kredit mobil dengan baik tanpa terkendala macet. 

2. Siapkan persyaratan dengan lengkap

Terkadang, ada saja orang yang menyepelekan persyaratan dokumen. Padahal hal ini sangat berpengaruh apakah pengajuan kreditmu akan diterima atau tidak. 

Persiapkan baik-baik persyaratan dan dokumen yang diminta oleh pihak leasing atau bank. 

3. Jangan terlalu banyak cicilan

Saat kamu mengajukan pinjaman, bank atau leasing tentu saja akan menelusuri riwayat cicilan kamu melalui BI Checking. 

Apabila riwayat kamu jelek dan cicilan yang dimiliki lebih dari ⅓ penghasilan, maka bisa dipastikan pengajuan kreditmu akan segera ditolak. 

4. Beli mobil sesuai kemampuan

Pihak bank juga nantinya akan melihat tipe mobil apa yang akan kamu beli. Apabila mobil yang akan dibeli terlalu mahal dan tidak sesuai dengan penghasilan kamu, maka dipastikan pengajuan kamu juga akan ditolak. Belilah mobil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu. 

Asuransi apa yang tepat untuk mobil bekas?

Apabila kamu masih bingung menentukan asuransi mobil yang tepat untuk mobil bekasmu, kamu bisa memilih asuransi sesuai dengan usia mobil bekasmu.

Apabila usia mobil bekas di atas 10 tahun, kamu bisa memilih asuransi TLO (Total Loss Only) yang bisa memberikan ganti rugi atas kerusakan hingga 75%. Berikut ini beberapa keuntungan asuransi TLO.

  • Premi yang dibayarkan lebih murah
  • Memberikan ganti rugi atas risiko kerusakan di atas 75%
  • Penggantian ganti rugi atas risiko hilang lebih rendah 10% dari harga jual mobilnya

Namun, apabila usia mobil bekas yang kamu beli masih di bawah 10 tahun, kamu bisa memilih asuransi All Risk yang memberikan perlindungan komprehensif atas biaya kerusakan mobil dari yang ringan hingga berat.

Untuk informasi lebih lanjut, pastikan kamu tanyakan pada ahlinya, ya!

FAQ seputar cara kredit mobil bekas

Apa yang membuat kredit mobil segera disetujui?

Ada beberapa faktor yang bisa membuat pengajuan kredit mobil bekasmu segera disetujui, seperti penghasilanmu yang cukup besar, jumlah cicilan rendah tidak lebih dari ⅓ penghasilan, riwayat kredit di BI Checking aman, hingga pembelian mobil yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Jumlah DP yang kamu bayar juga menentukan pengajuan kreditmu lebih cepat disetujui. 

Apa asuransi yang tepat untuk mobil bekas?

Apabila usia mobil bekas di atas 10 tahun, kamu bisa memilih asuransi TLO (Total Loss Only) yang bisa memberikan ganti rugi atas kerusakan hingga 75%. Namun, apabila usia mobil bekas yang kamu beli masih di bawah 10 tahun, kamu bisa memilih asuransi All Risk yang memberikan perlindungan komprehensif atas biaya kerusakan mobil dari yang ringan hingga berat.