4 Cara Melacak Mobil dengan Google Maps via Android

Bagaimana cara melacak mobil dengan Google Maps?

Pada zaman yang serba canggih ini, rasanya kita dapat melakukan banyak hal dengan bantuan teknologi. Salah satu hal yang kini dapat kita lakukan dengan mudah adalah melacak keberadaan mobil kita.

Caranya pun cukup mudah. Yang kamu perlukan hanyalah smartphone, aplikasi Google Maps, dan perangkat GPS pada mobil.

Dengan tiga hal ini, kamu bisa mengetahui riwayat perjalanan yang dilalui mobilmu, mengetahui posisi mobil secara real time, hingga mengetahui keberadaan mobil yang hilang.

Cara melacak mobil dengan Google Maps

4 Cara Melacak Mobil dengan Google Maps via Android

1. Unduh aplikasi Google Maps

Pertama-tama, hal yang harus kamu lakukan adalah memastikan aplikasi Google Maps sudah tersedia di smartphone-mu.

Untuk pengguna smartphone berbasis Android, kamu bisa mengunduh Google Maps secara gratis di Play Store.

2. Sambungkan perangkat GPS pada smartphone

Jika aplikasi Google Maps sudah terpasang di smartphone-mu, kamu hanya perlu melakukan registrasi dengan memasukkan username dan password.

Jika kamu memiliki akun Gmail, biasanya Google Maps akan otomatis mendeteksi akunmu.

Setelah masuk ke aplikasi, kamu selanjutnya harus menyambungkan perangkat GPS yang ada pada mobil dengan Google Maps.

Aktifkan mode pencari pada Google Maps agar perangkat GPS-mu terdeteksi. Jika sudah terdeteksi, tambahkan perangkat GPS dan pilih jenis mobil pada akun Google Maps-mu.

Tambahkan nama pada perangkat GPS agar semakin mudah dikenali.

3. Share lokasi kendaraan dan durasi lamanya berbagi lokasi

Apabila proses penyambungan akun sukses, kamu akan langsung mendapatkan notifikasi dan gambaran posisi mobil pada sistem peta.

Untuk memudahkan cara melacak mobil dengan Google Maps, kamu juga bisa mengatur tampilan Google Maps menjadi format dua dimensi atau peta satelit yang lebih detail.

Untuk melacak posisi mobil, cukup klik ikon lingkaran kecil berwarna biru di sebelah kanan. Dengan begitu, posisi perangkat GPS bisa segera diketahui secara real time.

Kamu juga bisa menentukan berapa lama durasi pembagian lokasi akan berlangsung. 

4. Atur detail pelacakan

Selain bisa mengatur durasi pembagian lokasi, kamu juga bisa mengatur fitur pelacakan lainnya, seperti riwayat perjalanan, jarak yang telah ditempuh, hingga lokasi yang telah dilalui.

Cukup mudah, bukan? Tanpa alat pelacak mobil, kamu sudah bisa mengetahui posisi mobil secara real time dan akurat selama smartphone-mu terhubung ke jaringan internet.

Mengapa pelacakan penting untuk dilakukan?  

4 Cara Melacak Mobil dengan Google Maps via Android

Mungkin banyak yang masih bertanya-tanya, mengapa kita perlu memasang GPS dan menyambungkannya dengan Google Maps untuk melakukan pelacakan pada mobil.

Padahal, hal ini sesungguhnya penting untuk keamanan dan kenyamanan pemilik kendaraan.

Ini adalah beberapa manfaat penggunaan alat pelacak mobil.

1. Bisa mengetahui Keberadaan mobil yang hilang 

Dengan menyambungkan GPS kendaraan dengan Google Maps yang ditanam di smartphone, kamu dapat dengan mudah mengetahui lokasi kendaraan, termasuk jika kamu ingin melacak mobil hilang karena pencurian. 

Lewat GPS buat mobil yang telah tersambung dengan Google Maps, kamu dapat melihat posisi mobil yang hilang sehingga memudahkanmu saat melapor kepada pihak kepolisian dan menelusuri jejaknya.

2. Dapat memantau histori perjalanan

Kamu sebagai pemilik kendaraan pun bisa mengetahui ke mana saja mobilmu melaju.

Misalnya, ketika mobilmu dibawa keluarga atau kerabat, kamu dapat memantau riwayat perjalanan yang mereka lalui dengan mudah.

Hati pun jadi lebih tenang karena bisa mengetahui keberadaan mereka di jalan secara real time.

Jika sesuatu terjadi kepada pengendara mobil dan mereka tak bisa dihubungi, kamu bisa mengetahui titik keberadaan mereka dengan mudah dan segera meminta bantuan kepada pihak yang berwenang.

FAQ

Bagaimana cara melacak keberadaan mobil?

Cara melacak mobil hilang adalah dengan menggunakan GPS dan aplikasi Google Maps. Cukup unduh aplikasi Google Maps pada smartphone dan lakukan registrasi dengan memasukkan username dan password.

Selanjutnya, kamu harus menyambungkan GPS pada mobil dengan Google Maps dan lakukan pembagian lokasi. Posisi mobil pun akan langsung terlihat di layar smartphone.

Bagaimana cara melacak posisi mobil tanpa GPS?

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah melaporkannya ke pihak kepolisian yang kemudian akan melacak posisi mobil dengan cara melacak posisi mobil dengan plat nomor.

Selain itu, kamu juga bisa menceritakan kasus hilangnya mobil di media sosial dengan menyertakan ciri-ciri dari mobil tersebut.

Dengan tersebarnya informasi mengenai mobil hilang dan ciri-cirinya pada publik luas, semakin banyak orang yang dapat membantumu.

Apakah mobil bisa dilacak?

Selama ada perangkat GPS dan aplikasi Google Maps, mobil bisa dilacak dengan mudah.

Selain itu, kamu memerlukan jaringan internet agar bisa melakukan koneksi antara smartphone dan perangkat GPS yang ada pada mobilmu.

Bagaimana cara melacak nomor HP di Google Maps?

Cara melacak nomor HP di Google Maps relatif simpel. Cukup akses aplikasi Google Maps dan pastikan smartphone telah terhubung dengan internet. Selanjutnya, pilih menu option dan pilih menu friend list atau daftar teman.

Pilih opsi add friend atau tambah teman lalu undang keluarga, kerabat, atau nomor orang yang ingin kita ketahui keberadaannya.

Pastikan orang tersebut mengetahui undangan tersebut dan menyetujuinya. Setelah itu, posisi mereka secara otomatis dapat terlihat di Google Maps.

Apakah no HP mati bisa dilacak?

Saat mati, HP otomatis akan berhenti melakukan aktivitas dan sudah tidak terhubung dengan menara seluler terdekat. 

Jika kamu ingin melacak HP yang hilang dalam keadaan mati, kamu bisa menggunakan fitur Find My Device untuk pengguna Android dan Find My iPhone untuk pengguna iPhone.