Cara Membatalkan AXA Mandiri – Cek Juga Biaya Pembatalannya

Merasa tidak cocok setelah membeli polis asuransi dan ingin membatalkannya? Kalau kamu nasabah AXA Mandiri, cari tahu informasi cara membatalkan AXA Mandiri dalam ulasan berikut ini.

Pembatalan polis asuransi itu wajar terjadi kok. Sesuai aturan yang berlaku, calon nasabah ataupun nasabah asuransi berhak untuk membatalkan polis yang telah mereka beli.

Perusahaan asuransi pun telah memiliki mekanisme pembatalan asuransi ini, termasuk AXA Mandiri. Bagaimana cara membatalkan AXA Mandiri? Semua jawaban atas pertanyaan tersebut dapat kamu temukan di sini.

Cara membatalkan AXA Mandiri

Cara Membatalkan AXA Mandiri – Cek Juga Biaya Pembatalannya

Guna membatalkan polis asuransi AXA Mandiri, kamu bisa menempuh dua jalur yang berbeda sesuai prosedur yang berlaku.

Pertama, melalui mekanisme pembatalan dalam masa cooling off. Kedua, lewat mekanisme surrender. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cooling off adalah waktu yang diberikan kepada pemegang polis untuk mempertimbangkan apakah isi polis sudah sesuai dengan kebutuhan calon nasabah.

Dalam masa cooling off yang biasanya berlangsung selama 14 hari setelah membeli polis asuransi, kamu belum terhitung sebagai nasabah tetap AXA Mandiri.

Sehingga, ketika merasa tidak cocok dengan polis, kamu bisa membatalkannya dalam pada rentang waktu cooling off.

Sedangkan surrender adalah pembatalan polis setelah kamu telah menjadi nasabah tetap AXA Mandiri. Dengan demikian, perusahaan asuransi tidak lagi berkewajiban untuk melindungimu sebagai nasabah AXA Mandiri.

Lantas bagaimana dengan premi yang sudah dibayarkan sebelumnya? Ada mekanisme penghitungan khusus yang telah disampaikan dalam polis.

Oleh sebab itu, pelajari dulu sebaik-baiknya isi polis sebelum mengajukan pembatalan, ya.

Jika sudah yakin untuk membatalkan polis, apa yang harus dilakukan? Pertama-tama, kamu harus menghubungi Customer Care Center AXA Mandiri di nomor +6221 3005 8788.

Staf customer care akan menanyakan data lengkapmu sebagai nasabah AXA Mandiri seperti nama lengkap, nomor polis, dan alasanmu membatalkan asuransi.

Setelah itu, ikuti langkah selanjutnya yang disarankan oleh staf customer care tersebut. Pada umumnya inilah tahap-tahap yang harus kamu lewati.

1. Mengunduh formulir pembatalan polis asuransi

Kamu akan diminta untuk mengunduh formulir pembatalan polis asuransi di website resmi AXA Mandiri www.axa-mandiri.co.id.

Setelah diunduh, lengkapi seluruh kolom yang harus diisi dengan data yang benar, jangan sampai salah memasukkan data ke formulir pembatalan tersebut.

Jika khawatir salah, kamu bisa berkonsultasi dengan Financial Advisor yang ada di seluruh kota cabang AXA Mandiri Indonesia.

Mereka akan membantu untuk mengisi formulir pembatalan tersebut. Apalagi formulir ini juga digabung dengan Formulir Pengajuan Penarikan Dana, sehingga kamu harus benar-benar tahu bagaimana cara mengisinya.

2. Mengembalikan dokumen polis asuransi

Setelah mengisi formulir pembatalan, selanjutnya kamu harus menyerahkan formulir beserta dokumen-dokumen sesuai persyaratan ke kantor pusat AXA Mandiri yang berada di Jakarta.

Apa saja dokumen yang harus dikembalikan? Ini dia daftar lengkapnya.

Dokumen-dokumen yang harus dikembalikan jika kamu membatalkan polis pada periode cooling off:

  • Formulir pembatalan polis asuransi
  • Fotokopi identitas diri (bisa berupa KTP, Paspor, atau KITAS)
  • Fotokopi buku tabungan yang digunakan untuk transaksi asuransi
  • Buku polis asli
  • Kamu juga harus membayar biaya administrasi sebesar Rp420.000 dan biaya pemeriksaan medis (jika ada)

Sedangkan jika kamu mengajukan pembatalan polis asuransi dalam mekanisme surrender, berikut dokumen-dokumen yang harus dikembalikan:

  • Formulir pembatalan asuransi
  • Fotokopi identitas diri (bisa berupa KTP, Paspor, atau KITAS)
  • Fotokopi buku tabungan yang selama ini digunakan untuk transaksi asuransi
  • Buku polis asli
  • Mengikuti aturan pajak asuransi yang berlaku, yang tertera dalam polis asuransi
  • Kamu juga harus memastikan dokumen-dokumen tersebut diterima langsung oleh Financial Advisor yang ada di seluruh kantor cabang AXA Mandiri di Indonesia.

Dokumen-dokumen tersebut di atas juga harus kamu sertakan jika memilih cara membatalkan AXA Mandiri lewat email.

3. Menunggu proses pembatalan polis

Setelah menyerahkan dokumen ke Financial Advisor AXA Mandiri, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Kamu hanya perlu menunggu proses pembatalan polis asuransi.

Biasanya untuk pembatalan dalam periode cooling off membutuhkan waktu selama 14 hari setelah seluruh dokumen diterima.

Sedangkan jika kamu mengajukannya dalam mekanisme surrender, kamu hanya perlu menunggu selama tujuh hari hingga pembatalan polis diproses oleh AXA Mandiri.

Kamu juga bisa memantau status pengajuan pembatalan polis asuransi dengan beberapa cara.

  1. Menghubungi customer service dengan nomor yang disediakan saat proses pembatalan polis.
  2. Menanyakan status pembatalan polis melalui surel ke customer@axa-mandiri.co.id.

Itu dia cara cancel asuransi AXA Mandiri sesuai prosedur yang berlaku. Langkah-langkah ini juga dapat kamu ikuti sebagai cara membatalkan Mandiri Protection.

Namun inget, sebelum membatalkan polis, ada baiknya kamu mempertimbangkan dengan matang keuntungan dan kerugian yang mungkin akan kamu alami, terutama jika sudah menjadi nasabah tetap AXA Mandiri.

Jika masih ragu, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan Financial Advisor AXA Mandiri atau pihak-pihak lain yang ahli di bidang ini. Sehingga kamu tidak salah memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Biaya pembatalan AXA Mandiri

Berapa biaya pembatalan AXA Mandiri? Jika kamu mengajukan pembatalan pada masa cooling off, maka kamu diharuskan untuk membayar biaya administrasi sebesar Rp420.000 dan biaya pemeriksaan medis jika ada.

Profil AXA Mandiri

Sebelum membahas lebih jauh tentang pembatalan polis AXA Mandiri, ada baiknya kamu mengetahui perusahaan ini.

AXA Mandiri atau PT AXA Mandiri Financial Services merupakan perusahaan patungan (joint company) antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan AXA Group, yang telah berdiri sejak tahun 2003.

Perusahaan asuransi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK berdasarkan Surat Ijin Usaha no. S-071/MK.6/2004 tanggal 11 Februari 2004.

AXA Mandiri berhasil meraih sejumlah penghargaan seperti Top Agent Award tahun 2014 kategori Telemarketing versi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Best Insurance Companies tahun 2014 kategori perusahaan asuransi dengan aset di atas Rp 15 triliun versi Majalah Investor, dan Golden Trophy Award pada Infobank Insurance Award 2015 atas kinerja keuangan yang sangat baik selama lima tahun berturut-turut.

Hingga kini, AXA Mandiri memiliki lebih dari 1.900 Financial Advisor yang tersebar di sekitar 1.100 cabang Bank Mandiri dan 200 cabang Bank Syariah Mandiri di seluruh Indonesia.

AXA Mandiri juga mempunyai lebih dari 500 Telesales Officer yang memasarkan produk asuransi lewat telemarketing.

FAQ 

Membatalkan asuransi AXA Mandiri apakah uang kembali?

Jika kamu membatalkan asuransi AXA Mandiri pada masa cooling off, maka perusahaan asuransi akan mengembalikan premi yang telah kamu bayarkan setelah dikurangi dengan biaya-biaya tertentu.

Misalnya biaya penerbitan polis, biaya pemeriksaan medis jika ada, dan manfaat asuransi yang telah dibayarkan pada masa tersebut.

Namun jika membatalkannya setelah menjadi nasabah tetap, maka premi yang dikembalikan akan mengikuti ketentuan yang telah disepakati dalam polis asuransi.

Kapan polis asuransi bisa dibatalkan?

Polis asuransi bisa dibatalkan pada masa cooling off atau 14 hari setelah membeli polis asuransi atau setelah menjadi nasabah tetap dengan ketentuan yang berbeda dan sesuai peraturan yang berlaku.

Apakah bisa berhenti AXA Mandiri?

Ya, kamu bisa berhenti sebagai nasabah asuransi AXA Mandiri dengan mengikuti aturan-aturan yang telah disepakati sebelumnya.