8 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil yang Kotor

Sebagian orang mungkin pernah kebingungan bagaimana cara membersihkan evaporator ac mobil. Apakah harus pergi ke bengkel? Sekadar informasi, membersihkan AC mobil bisa dilakukan sendiri, lho.

Pembersihan AC mobil harus dilakukan saat evaporator AC mobil sudah kotor akibat penggunaanya yang terus menerus.

AC mobil biasanya punya satu lubang yang letaknya di bawah dashboard untuk menghisap udara sebagai jalur sirkulasi. Karena letaknya, lubang tersebut rentan menghisap debu dan kotoran dari karpet mobil.

Kalau kotoran sudah menumpuk, satu-satunya jalan adalah membersihkan evap AC mobil yang kotor. Yuk, simak informasi seputar evaporator AC mobil dan cara mengatasinya ketika kotor.

Fungsi dan cara kerja evaporator AC mobil

Evaporator berfungsi untuk mengeluarkan udara sejuk pada bagian dalam kabin mobil. Prinsip kerjanya sama seperti kulkas. Secara sederhana, evaporator AC mobil menyerap hawa panas dan mengeluarkannya dengan suhu yang lebih dingin. 

Pada komponen tersebut akan terjadi pengkabutan di area ekspansi valve katup ekspansi yang selanjutnya disalurkan pada evaporator dalam bentuk udara bersuhu dingin.

Hembusan pada bagian blower nantinya akan melewati bagian sisi evaporator serta akan membuat udara dingin keluar dan kabin mobil pun terasa lebih sejuk.

Komponen blower berfungsi sebagai alat yang bertugas untuk memastikan jalannya sirkulasi udara yang ada pada kabin mobil dapat melewati evaporator yang dingin ketika AC telah dihidupkan.

Sebagai komponen AC mobil yang sangat penting, alangkah baiknya jika kamu tahu betul bagaimana fungsi dari evaporator sehingga jika terjadi masalah atau kotoran menumpuk, bisa langsung dilakukan cara mengatasinya.

Cara membersihkan evaporator AC mobil yang kotor

8 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil yang Kotor

Sebelum memulai membersihkan AC mobil, kamu perlu tahu letak evaporatornya secara detail dengan membaca buku panduan pemilik kendaraan. Letak evaporator AC mobil biasanya berada di bawah dashboard mobil, namun semuanya tergantung dari jenis dan merek mobil.

Gak perlu ke bengkel, karena untuk membersihkan evaporator AC mobil dan mengganti filter, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut ini cara membersihkan evaporator AC mobil yang sudah kotor: 

1. Matikan mesin mobil

Pastikan kamu mematikan mesin mobil saat akan membersihkan AC mobil mengingat kamu bakal membongkar mesin saat membersihkan bagian evaporatornya. Selain itu, siapkan alat pembersih yang dibutuhkan seperti brush atau sikat gigi.

2. Mengetahui letak evaporator

Sudah disebutkan di atas kalau umumnya, evaporator AC mobil berada pada bagian bawah atau belakang dashboard.

Letak evaporator AC mobil ini menyesuaikan dengan tipe dan merek dari mobilnya. Kalau kamu tidak dapat menemukannya, sebaiknya baca buku panduan dengan teliti.

3. Buka evaporator atau filter AC mobil

Kalau kamu sudah menemukannya, selanjutnya adalah membuka filter AC dengan perlahan. Cara membukanya juga bisa kamu lihat di buku manual.

Jika ternyata filter AC mobilmu sudah sangat kotor, sebaiknya ganti dengan yang baru agar kinerja AC jadi lebih maksimal.

Sebaliknya, kalau kotorannya masih sedikit, kamu cuma perlu menggunakan brush atau sikat gigi untuk membersihkan. Lakukan dengan perlahan agar tidak merusak komponen AC lainnya.

Ingat ya, jangan pernah sekalipun merendam filter ac atau mencuci evaporator AC mobil dengan air sabun karena akan menyebabkan bulu halus penangkap debu akan hilang.

Setelah filter sudah bersih, masukkan kembali ke box filter AC dan tutup laci dasbor mobil ke posisi semula.

4. Gunakan cairan pembersih khusus saat bersihkan AC mobil

Cara bersihkan AC mobil selanjutnya adalah mempersiapkan cairan pembersih AC. Kamu bisa mendapatkannya di bengkel AC atau online shop. Pilihlah cairan pembersih yang berbentuk spray dengan kandungan foam.

Kocok kaleng spray agar cairan di dalamnya tercampur rata. Selanjutnya, sisipkan kaleng spray mendekati blower AC mobil dengan posisi moncong spray ke arah blower AC.

Oh iya, harga cairan pembersih AC mobil ZONE Foaming Evaporator Cleaner Conditioner ukuran 300 ml hanya Rp16.400 saja, lho.

5. Membuka ventilasi AC serta kaca mobil

Langkah berikutnya adalah membuka ventilasi AC dan kaca mobil agar sirkulasi udara dari luar kabin masuk ke dalam mobil.

Pastikan kamu melakukan hal ini di tempat yang tidak berdebu untuk menghindari banyaknya kotoran yang terhisap.

6. Hidupkan mesin mobil

Hidupkan kembali mesin mobil agar AC mobil juga menyala. Jangan lupa putar suhu AC mobil ke suhu paling tinggi dan tiupan blower paling kencang untuk mengetahui apakah putaran blower sudah maksimal atau belum.

Jika hembusan anginnya masih pelan, cobalah periksa kembali bagian filter AC. Matikan kembali mesin mobil, segera periksa bagian mana yang bermasalah.

7. Mendiamkan mesin mobil dan membersihkan air dari lubang ventilator

Diamkan mesin mobil selama kurang lebih 10 – 15 menit saat foam mulai berkeluaran dari ventilator AC. Pastikan tidak ada air yang tersisa di bagian ventilator.

Selain itu jangan lupa bersihkan air dari lubang ventilator. Kamu bisa menyapu air tersebut ke selokan atau parit.

8. AC mobil kembali dingin

Setelah mobil didiamkan selama 15 menit, kamu bisa masuk ke bagian kabin untuk merasakan apakah suhu udara sudah dingin atau tidak. Jika kamu melakukan langkah di atas dengan benar, dapat dipastikan suhu udara AC kembali dingin.

Akibat malas membersihkan AC mobil

Seiring penggunaannya, AC mobil bisa kotor karena debu yang terhisap ke evaporator. Ketika debu banyak menumpuk di komponen ini, maka sirkulasi AC tidak lancer dan suhu juga berubah-ubah tidak jelas.

Evaporator AC mobil punya peran yang sangat vital yaitu memberikan sirkulasi dingin di seluruh kabin mobil. Cara kerja komponen yang bentuknya mirip radiator ini adalah dengan mengubah freon menjadi gas yang dingin.

Apabila tertutup kotoran, evaporator AC mobil akan membeku. Alhasil, hembusan angin tidak dapat keluar dan membuat mampet hembusan angin ke blower.

Efek beku tadi juga membuat pipa AC mobil akan diselimuti oleh es, terutama saat tekanan suhunya rendah.

Dampak lain yang ditimbulkan adalah panas yang berlebihan di bagian kompresor AC mobil karena beban kerja meningkat sehingga evaporator tidak berfungsi maksimal.

Mungkin kamu tidak punya waktu untuk membersihkan evaporator AC mobil sendiri di rumah. Gak ada salahnya kok membawa mobilmu ke bengkel.

Biaya membersihkan evaporator AC mobil berkisar antara Rp600 – 800 ribu. Tentu saja, harga tersebut beda jauh dengan membersihkan sendiri yang hanya menghabiskan biaya antara Rp50.000 – Rp150.000.

Kebiasaan yang bikin AC mobil cepat kotor

Kotoran pada filter AC dan evaporator yang menumpuk sebenarnya bisa dicegah dengan caranya membuang kebiasaan buruk yang bikin debu dan kotoran menumpuk.

Hal yang paling sering dilakukan adalah merokok di dalam mobil dan membuka jendela terlalu lama saat AC dihidupkan.

Sisa asap rokok dan debu tentu saja bisa ikut masuk ke dalam filter. Kotoran tersebut lebih cepat menumpuk dan ikut terbawa masuk ke dalam evaporator.

Membuka jendela terlalu lama juga akam membuat debu dari luar ikut masuk ke dalam kabin dan memaksa kompresor membuat suhu ideal di dalam kabin jadi lebih berat.

Harga evaporator AC mobil

8 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil yang Kotor

Saat kamu mendapati evaporator AC mobil ternyata rusak, segeralah cek harganya di pasaran biar kamu bisa mempersiapkan berapa dana yang mungkin akan keluar.

Harga evaporator AC mobil tentunya berbeda-beda, tergantung jenis mobil serta merek evaporatornya. Berikut daftar harganya.

Evaporator AC mobilHarga evaporator AC mobil
Evaporator Cooling Coil Koil Ac Mobil Toyota Avanza Rp220.000
Evaporator AC Mobil Nissan March VALEO Rp570.000
Evaporator Cooling Coil AC Mobil Nissan Juke Rp550.000
Evaporator Cooling Coil AC Mobil Datsun Go Rp361.000
Denso Cooling Coil Evaporator AC Mobil Avanza Veloz Rp520.000
Denso Cooling Coil Evaporator AC Mobil Inova Rp625.000
Evaporator Cooling AC Mobil Nissan Grand Livina dan Livina Rp280.000

 Itulah informasi seputar cara membersihkan evaporator AC mobil yang kotor. Selamat mencoba dan jangan lupa lakukan pembersihan secara rutin ya.

Jangan lupa untuk memberikan perlindungan asuransi mobil supaya kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya perbaikan kendaraan. Yuk, cari tahu profil dan ulasan asuransi mobil terbaik di DuitPintar!

FAQ seputar cara membersihkan evaporator AC mobil yang kotor

Bagaimana cara membersihkan evaporator AC mobil yang kotor?

  1. Matikan mesin mobil
  2. Mengetahui letak evaporator
  3. Buka evaporator atau filter ac mobil
  4. Gunakan cairan pembersih khusus saat bersihkan ac mobil
  5. Membuka ventilasi AC serta kaca mobil
  6. Hidupkan mesin mobil
  7. Mendiamkan mesin mobil dan membersihkan air dari lubang ventilator
  8. AC mobil kembali dingin

Berapa harga evaporator AC mobil?

  • Evaporator Cooling Coil Koil Ac Mobil Toyota Avanza: Rp220.000
  • Evaporator AC Mobil Nissan March VALEO: Rp570.000
  • Evaporator Cooling Coil AC Mobil Nissan Juke: Rp550.000
  • Evaporator Cooling Coil AC Mobil Datsun Go: Rp361.000
  • Denso Cooling Coil Evaporator AC Mobil Avanza Veloz: Rp520.000
  • Denso Cooling Coil Evaporator AC Mobil Inova: Rp625.000
  • Evaporator Cooling AC Mobil Nissan Grand Livina dan Livina: Rp280.000

Apakah asuransi mobil penting?

Ya, perlindungan asuransi mobil supaya kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya perbaikan kendaraan. Yuk, cari tahu profil dan ulasan asuransi mobil terbaik di DuitPintar!