Cara Membersihkan Mesin Mobil – Kerak Oli hingga Ruang Bakar

Bagaimana cara membersihkan mesin mobil?

Mesin mobil perlu dibersihkan secara berkala agar performanya tetap terjaga. Meski berada dalam ruang tertutup, mesin mobil masih bisa terkena debu dan kotoran.

Untuk membersihkan mesin mobil, kamu tidak perlu selalu datang ke car detailing atau salon mobil. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah asalkan tahu cara membersihkan mesin mobil yang benar.

Dengan membersihkannya secara rutin, kamu bisa memperpanjang usia pakai mesin mobil. Namun, kamu harus berhati-hati ya. Sebab banyak komponen kelistrikan yang ada di dalam mesin.

Jika salah penanganan, mesin mobil bisa mengalami korsleting atau bahkan gagal guna. Untuk menghindari risiko itu, pelajari cara yang benar di sini.

Cara membersihkan mesin mobil yang kotor

Cara Membersihkan Mesin Mobil – Kerak Oli hingga Ruang Bakar

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan mesin mobil yang kotor, yaitu:

  • Pilih lokasi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan pastikan mesin mobil dalam keadaan dingin. Kamu bisa mulai membersihkannya pada pagi hari ketika mobil belum digunakan. Jika mobil baru saja selesai dipakai, tunggu selama 30-45 menit sebelum mulai dibersihkan.
  • Mulai bersihkan debu dan kotoran ringan tanpa menggunakan air. Kamu bisa menggunakan sikat, kuas, atau kain lap untuk membersihkan hingga sela-sela mesin yang sulit dijangkau. Kamu juga bisa memakai blower atau hair dryer untuk memudahkan pekerjaan.
  • Selanjutnya, lepaskan aki mobil untuk memutus aliran listrik agar tidak terjadi korsleting saat kamu sedang membersihkan mesin. Setelah itu, bungkus perangkat elektronik lain yang berada dalam mesin menggunakan alumunium foil, kain, atau plastik.
  • Jika aki sudah dilepas, kamu bisa mulai membersihkan mesin mobil menggunakan air. Pertama, bersihkan bagian bawah kap mesin menggunakan cairan pembersih serbaguna. Jika ada kotoran membandel, gunakan sikat atau kuas. Jika sudah, keringkan dengan lap microfiber atau plas chamois.
  • Jika kamu memiliki steamer uap, kamu bisa memakainya agar lebih mudah mengangkat kotoran. Namun, kalau tidak punya, kamu tetap bisa membersihkan mesin dengan cairan pembersih serbaguna atau air sabun. Caranya, basahi permukaan mesin yang ingin dibersihkan lalu angkat kotoran yang menempel dengan kuas atau sikat. Jika ada kotoran yang membandel, kamu bisa menggunakan degreaser. Pilih permukaan mesin yang lebar sebelum melanjutkan ke bagian yang lebih kecil dan sempit.
  • Jangan lupa untuk membersihkan bagian depan mesin dengan membuka grille depan.
  • Jika semua bagian sudah dibersihkan, bilas kembali menggunakan air sebelum dikeringkan. Kamu bisa mengeringkan permukaan mesin dengan lap microfiber atau lap plas chamois untuk menghindari karat pada komponen mesin.

Setelah itu, pasang kembali aki dan coba nyalakan mesin. Mudah, kan?

Cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil

Untuk membersihkan kerak oli pada mesin mobil, kamu membutuhkan peralatan khusus. Selain spons, sikat, dan lap microfiber, kamu juga harus menyiapkan engine conditioner, engine flush, dan engine degreaser.

Setelah semua siap, ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

  • Semprotkan engine conditioner ke ruang bakar. Cairan ini akan menghasilkan busa yang akan memudahkan kamu membersihkan kerak oli pada mesin.
  • Setelah itu, gunakan engine flush yang berbentuk seperti detergen untuk membersihkan kotoran dan menghilangkan kerak di jalur oli. Caranya adalah dengan memasukkannya ke bagian dalam mesin sebelum mengganti oli. Jika sudah, hidupkan mesin selama kurang lebih 15 menit dan injak gas dengan posisi stasioner di angka 2.000 rpm. Setelah itu, buang oli saat mesin masih panas.
  • Jika langkah di atas sudah dilakukan, bersihkan ruang mesin secara total dengan engine degreaser. Caranya, semprotkan cairan tersebut ke mesin dan sikat dengan air sabun sampai bersih. Setelah itu, bilas dengan air mengalir dan keringkan menggunakan lap microfiber.

Cara membersihkan ruang bakar tanpa bongkar mesin mobil 

Bagaimana cara membersihkan ruang bakar tanpa harus pergi ke bengkel dan membongkar mesin mobil?

Kamu bisa menggunakan teknik gurah yang biasanya dilakukan bengkel, ini langkah-langkahnya.

  • Pertama, panaskan mesin hingga mencapai suhu yang ideal. Tujuannya adalah agar kerak dapat terangkat dengan mudah.  
  • Setelah itu, masukkan cairan carbon cleaner ke ruang bakar melalui lubang busi. Diamkan mobil selama 10-15 menit agar cairan bekerja dengan sempurna untuk mengangkat kerak.
  • Jika sudah, isap kembali cairan tersebut menggunakan alat vakum khusus. Kerak yang terangkat akan membuat cairan yang dihisap menjadi berwarna hitam pekat.

Cara cuci mesin mobil

Cara Membersihkan Mesin Mobil – Kerak Oli hingga Ruang Bakar

Kamu harus berhati-hati saat mencuci mobil karena ada banyak komponen kelistrikan yang berada di dalamnya.

Pertama-tama, kamu harus membungkus area kelistrikan tersebut menggunakan plastik yang dikencangkan dengan lakban. Setelah itu, lakukan cara berikut.

  • Gunakan air bertekanan rendah untuk membersihkan debu yang menempel di bagian luar mesin mobil juga pada sela-sela mesin yang sulit dijangkau. Jangan gunakan air bertekanan tinggi, seperti pada steam mobil, karena menyebabkan kerusakan komponen mesin.
  • Untuk membersihkan kotoran membandel, semprotkan engine degreaser dan sikat permukaan mesin dengan sikat halus secara perlahan. Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan celah-celah kecil yang sulit dijangkau.
  • Bilas mesin dengan air bersih untuk merontokkan sisa-sisa kotoran dan sabun yang masih menempel.
  • Kamu bisa menggunakan kompresor angin untuk membersihkan sisa air yang masih ada di celah-celah mesin.
  • Diamkan mobil selama 2-3 jam dalam posisi kap mesin terbuka agar terhindari dari kerak alias water spot.
  • Jika sudah, lepaskan pembungkus plastik dan coba nyalakan kembali mesin mobil.

FAQ

Bolehkah mencuci mobil pakai air?

Boleh tetapi dengan beberapa syarat. Pertama, cuci di tempat yang teduh. Kedua, perhatikan kualitas air. Hindari air tanah dengan kadar asam tinggi karena dapat merusak cat dan menimbulkan jamur. Hindari juga air dengan kadar garam tinggi karena bisa menyebabkan karat pada mesin.

Apakah bahaya mencuci mesin mobil?

Jika salah cara, seperti menyemprot mesin dengan air bertekanan tinggi, akibatnya akan merusak komponen kelistrikan dan menyebabkan korsleting. Oleh sebab itu, pelajari cara mencuci mobil yang benar agar tidak salah langkah.

Kenapa mesin mobil harus bersih?

Mesin mobil yang bersih akan menunjang performa mobil saat dikendarai. Pasalnya, debu, kotoran, dan kerak oli yang menempel pada mesin dapat membuat performa mesin menurun karena menghambat pelepasan panas pada mesin mobil.