6 Cara Membersihkan Plafon Mobil yang Kotor dengan Efektif

Pernahkah kamu perhatikan plafon mobilmu? Apakah ada sisi yang terlihat kotor, berdebu, dan bernoda? Cari tahu cara membersihkan plafon mobil secara efektif dalam artikel ini.

Meski jarang diperhatikan karena letaknya di sisi atas kabin, plafon mobil tetap harus dijaga kebersihannya.

Jika kotor dan bernoda, tentunya membuat penampilan mobil jadi kurang baik. Selain itu, kenyamanan pengemudi dan penumpang juga ikut terganggu.

Sayangnya, masih banyak yang beranggapan bahwa membersihkan plafon mobil adalah hal yang sulit dilakukan dan memerlukan bantuan profesional.

Padahal, ada banyak cara mudah dan efektif bersihkan plafon mobil yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Berikut enam cara mudah dan efektif yang bisa kamu lalukan untuk membersihkan plafon mobilmu.

Alat dan bahan untuk melakukan cara membersihkan plafon mobil

6 Cara Membersihkan Plafon Mobil yang Kotor dengan Efektif

1. Kain microfiber

Pertama-tama, kamu membutuhkan sebuah kain berbahan microfiber yang lembut dan halus untuk mengusap plafon.

Kain atau lap microfiber memiliki permukaan yang lembut sehingga tidak akan merusak plafon yang umumnya memiliki lapisan beludru yang berserat halus.

2. Sikat gigi

Kamu juga butuh sebuah sikat gigi bekas yang memiliki bulu sikat yang halus untuk menghilangkan debu di plafon mobil. Pastikan sikatnya kering dan bersih ya.

3. Cairan pembersih jok atau sampo khusus plafon mobil

Kamu bisa membeli cairan pembersih jok atau sampo khusus plafon mobil di gerai toko yang menjual aksesoris dan aneka perlengkapan otomotif.

Cairan jenis ini memang dirancang khusus untuk membersihkan bagian interior mobil.

4. Campuran air dan cuka

Selanjutnya, kamu memerlukan campuran air dan cuka dengan perbandingan 3:1 untuk menghilangkan noda minyak di plafon mobil.

Larutan ini efektif untuk menghilangkan noda minyak tanpa merusak plafon mobil.

5. Pengharum atau minyak jeruk

Kamu juga membutuhkan pengharum atau minyak jeruk sebagai alat pamungkas untuk menghilangkan bau yang menempel di plafon.

6. Air dan sabun

Terakhir, kamu membutuhkan air dan sabun untuk membersihkan plafon mobil. Kamu bisa menggunakan sabun cuci piring, cairan pembersih pakaian, atau deterjen sebagai campurannya.

Cara membersihkan plafon mobil secara efektif

6 Cara Membersihkan Plafon Mobil yang Kotor dengan Efektif

1. Berdebu? Ini cara membersihkan plafon mobil dengan Sunlight

Biasanya debu bisa masuk ke dalam mobil dan menempel di plafon ketika kamu membuka jendela mobil atau pintu mobil.

Saat debu masuk dan menempel di plafon mobil, tentunya akan sangat mengganggu kebersihan dan kenyamanan di dalam mobil. Terlebih jika kamu atau penumpang lainnya ada yang mengidap penyakit asma atau alergi debu.

Sayangnya, membersihkan plafon menggunakan vacuum cleaner kurang disarankan karena daya hisap alat vacuum yang kuat bisa merusak serat halus pada plafon.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas yang memiliki sikat yang halus dan larutan sabun cuci piring, seperti Sunlight atau Mama Lemon.

Pertama, gosok perlahan bagian plafon yang kotor dengan sikat gigi. Ingat, kamu harus menyikatnya secara perlahan dan satu arah agar serat di plafon tidak rusak.

Selanjutnya, kamu bisa membersihkan plafon mobil dengan Sunlight yang telah dicampur air. Celupkan kain lap ke dalam cairan tersebut dan peras hingga lap menjadi tak terlalu basah.

Usapkan searah di bagian plafon yang kotor lalu bilas hingga tak ada lagi busa sabun yang tersisa. Voila, plafon berdebu kini bersih kembali.

2. Ada noda ringan? Ini cara membersihkan plafon mobil dengan Vanish

Kamu juga bisa membersihkan plafon mobil dengan pembersih pakaian seperti Vanish. Cairan ini bisa membantu menghilangkan noda yang ada pada plafon mobil.

Cukup oleskan Vanish ke sikat gigi dan sikat perlahan bagian plafon yang kotor dan gosok searah agar tidak merusak serabut beludru pada plafon mobil.

Diamkan sesaat dan bilas dengan sedikit air sampai bersih. Jika masih ada noda yang membandel, kamu bisa tunggu plafon mengering dan ulangi prosesnya beberapa kali.

3. Gunakan cairan pembersih untuk noda membandel

Jika noda sulit dihilangkan, kamu bisa membeli cairan pembersih khusus interior mobil atau sampo khusus plafon yang banyak dijual di toko perlengkapan otomotif.

Dengan cairan ini, bisanya kamu hanya perlu menuangkannya sedikit ke lap microfiber kemudian usapkan pada permukaan plafon yang bernoda hingga noda bandel tersebut menghilang secara perlahan-lahan.

4. Bersihkan noda minyak dengan campuran air dan cuka

Pernah tak sengaja menyipratkan minyak ke plafon mobil? Tak perlu khawatir. Cara paling efektif untuk menghilangkannya adalah dengan mengusapkan lap yang dibasahi campuran air dan cuka.

Kamu cukup campurkan air dan cuka dengan perbandingan 3:1 lalu basahi lap microfiber dengan cairan tersebut. Gosok perlahan ke atas permukaan plafon yang kotor hingga noda menghilang.

5. Ulangi proses pembersihan ketika plafon sudah kering

Jika noda dan kotoran sudah terlalu lama menempel pada plafon mobil, umumnya akan lebih sulit dibersihkan sehingga kamu perlu mengulangi proses pembersihan.

Kamu bisa melakukan pengulangan ketika plafon yang tadinya baru dibersihkan sudah dalam kondisi kering kembali.

Jika plafon sudah kering, cukup ulangi langkah yang sama hingga noda dan kotoran yang membandel benar-benar hilang.

6. Pengharum sebagai solusi plafon mobil bau

Nah, selain bisa kotor oleh noda dan debu, plafon juga bisa mengeluarkan bau yang kurang sedap.

Kalau sudah begini, kamu bisa menyiasatinya dengan menyemprotkan cairan atau minyak pengharum ke plafon mobil yang bermasalah.

Semprotkan pengharum ruangan ke arah plafon mobil dari jarak yang tak terlalu dekat. Sebab jika plafon terlalu basah, bisa-bisa lem perekat kainnya rusak.

Perlukah melakukan perawatan di salon plafon mobil?

Jika cara untuk membersihkan plafon mobil di atas masih belum bisa menghilangkan kotoran dan noda membandel dari plafon mobilmu, kamu bisa melakukan perawatan di salon plafon mobil.

Di salon, mobil akan dibersihkan menggunakan high preassure vacum cleaner untuk membersihkan interior mobil dari debu dan kotoran. Mulai dari karpet bawah, plafon mobil, hingga  sela-sela lipatan mobil yang sempit juga akan dibersihkan.

Selain itu, bagian dalam mobil juga akan diberikan steaming dan fogging. Steaming dilakukan untuk menjaga kabin tetap lembab dengan menghembus uap panas secara menyeluruh.

Sementara fogging dilakukan agar interior mobil menjadi wangi dan bebas bakteri. Soal harga salon plafon mobil, kamu akan dikenai biaya mulai dari Rp250 ribuan. 

FAQ

Apa saja cairan pembersih plafon mobil terbaik?

Untuk membersihkan plafon mobil dari noda membandel, kamu bisa menggunakan cairan pembersih yang bisa kamu dapatkan di toko otomotif terdekat.

Beberapa cairan pembersih plafon mobil yang banyak direkomendasikan adalah Super Gloss Active Interior, BRL Interior Cleaner, Sealant Guard, Rudder Interior Cleaner, dan Zerone Interior Cleaner.

Harganya beragam, mulai dari Rp17 ribu hingga Rp150 ribu.

Bagaimana cara membersihkan headlamp yang kuning?

Headlamp atau penutup pada lampu mobil sering terlihat menguning dimakan usia. Untuk membersihkannya ternyata cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan pasta gigi.

Aplikasinya tidak sulit. Pertama cukup cuci headlamp sampai bersih kemudian keringkan. Setelah itu beri oleskan pasta gigi secara merata ke permukaan dan gosok dengan pola melingkar.

Bagaimana cara membersihkan lampu mobil dengan pasta gigi?

Kaca atau mika lampu mobil bisa berubah menjadi kuning jika  jarang dibersihkan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pasta gigi.

Caranya cukup oleskan pasta gigi ke atas mika atau kaca headlamp yang kuning lalu gosok perlahan dengan kain microfiber.