5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci Plus Penyebabnya

Ada berbagai cara membuka pintu mobil yang terkunci. Mengalami mobil yang terkunci dan kuncinya tertinggal di dalam pasti membuat kamu panik plus sebal. Jika sudah demikian, tentu kamu tidak bisa mendobrak pintunya.

Dalam keadaan tersebut tentu saja kamu tidak bisa menyalahkan orang lain. Yang wajib dilakukan adalah mencari jalan keluar cara membuka pintu mobil yang terkunci. 

Jangan terburu-buru memanggil tukang kunci, karena kamu pun bisa melakukannya. Yuk, simak cara membuka pintu mobil dan kunci mobilnya tertinggal di dalam berikut ini. 

Cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan besi

5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci Plus Penyebabnya

Bukalah sedikit celah pada bagian atas pintu dengan menggunakan pegangan yang panjang seperti kawat besi untuk memencet tombol pengunci.

Selanjutnya, buka sedikit pintu atas agar terdapat celah untuk memasukkan kawat besi. Begitu terbuka, ganjal dengan benda yang telah disiapkan. Lalu masukkan tongkat untuk menekan tombol.

Gunakan kawat kecil dengan panjang minimal 20 cm yang ujungnya dibengkokkan sebagai pengait. Masukkan kawat tersebut diantara bagian pembatas pintu dan jendela. Geser kawat hingga menyentuh tuas pengait.

Langkah selanjutnya adalah tarik kawat ke atas pengait tersebut perlahan dan jangan terlalu memaksa. Bila tuas kunci bergerak berarti pintunya telah terbuka.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan gantungan baju

Gantungan atau hanger yang terbuat dari bahan aluminium bisa dipakai untuk mengatasi pintu mobil yang terkunci dari dalam. Cara ini cocok untuk mobil dengan kunci manual.

Caranya dengan meluruskan gantungan baju dan menekuk salah satu ujung kawatnya sebagai pengait dengan ukuran 3 cm sampai 5 cm. Masukkan ujung itu di antara jendela dan segel pintu yang posisinya menutupi jendela.

Mungkin kamu perlu menggeser kabel beberapa inci ke bawah untuk merasakan ujung pengait saat melalui jendela. Putar pengait sehingga mengarah ke mobil.

Ujung hanger harus sejajar antara pintu mobil dan tuas pengunci, jadi putarlah pengait 90 derajat agar posisinya tegak lurus. Gerakkan pengait dan tangkap tuas penguncinya.

Perhatikan tuas pengunci yang bergerak dan bergoyang. Jadi, usahakan hingga pengait menangkap tuas pengunci hingga kamu melihatnya bergerak. Selanjutnya, tarik ke atas agar pintu mobil terbuka.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan tali

Tali yang kuat dan gak mudah putus juga bisa digunakan untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Carilah tali yang tidak akan putus saat diregangkan, contohnya tali sepatu.

Kemampuan tali temali sangat berguna dalam hal ini. Dengan tali simpul, cara ini akan bekerja. Cara membuat tali simpul adalah: 

  • Carilah tali sepatu yang sudah tidak terpakai.
  • Buatlah simpul hidup di bagian tengah tali dengan menyisakan tali sekitar 5 hingga 8 cm untuk simpul hidup agar lingkarannya lebih mudah masuk ke dalam kunci sebelum dikencangkan.
  • Masukkan tali melalui celah pintu dari sudut paling atas pintu dan tarik celah antara pintu dan lapisan karet. Lalu masukkan simpul tali yang dibuat ke dalam celah pintu yang berbingkai.
  • Turunkan tali ke dalam mobil. Jangan lupa siapkan juga pengganjal untuk menahan sudut pintu saat menekan tali di antara celah pintu.
  • Letakkan simpul hidup di atas kunci manual pada pintu mobil yang terkunci.
  • Kencangkan simpul.
  • Apabila mencapai kunci pintu mobil, tarik simpul ke atas hingga pintu terbuka.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam juga bisa menggunakan tali plastik yaitu dengan melipat dan memasukkannya ke celah-celah pintu mobil. Angkat kunci dan pintu akan terbuka.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan penggaris

5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci Plus Penyebabnya

Siapkan penggaris besi yang ukurannya ramping. Cara ini bisa digunakan pada mobil yang berteknologi keyless. Kamu harus berhati-hati saat melakukannya agar tidak terkena kabel yang ada di balik pintu. Berikut ini cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan penggaris:

  • Lepas karet bawah samping kaca sebagai jalan untuk penggaris masuk ke pengait kunci. Oh iya, umumnya karet pada kaca mobil ini mudah untuk dilepas pasang. Jadi, kamu gak perlu khawatir.
  • Masukkan penggaris ke celah yang ada pada kaca pintu sedalam kurang lebih 60 hingga 80 cm.
  • Pada saat yang sama, perhatikan titik panel kunci.
  • Tekanlah bagian handle pintu naik turun terutama di bagian yang keras.
  • Jangan lupa sambil tarik juga handle pintunya. Cara ini mungkin perlu dilakukan beberapa kali agar berhasil.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan bola tenis

Berbagai alat  bahkan yang gak terduga sebelumnya bisa digunakan untuk membuka pintu mobil yang terkunci, salah satunya adalah bola tenis. Tapi, mobil harus menggunakan kunci konvensional di mana terdapat lubang kunci pada pintunya.

Lubangi bola tenis yang nantinya akan berfungsi sebagai pompa untuk mendorong udara masuk ke lubang kunci. Arahkan lubang bola di depan lubang kunci. Selanjutnya, tekan dengan cepat dan kuat hingga gepeng.

Ulangi langkah ini jika belum berhasil. Tekanan yang kuat memungkinkan konektor kunci pintu dapat bergerak dan akhirnya terbuka. Berikut langkah detailnya:

Oh iya, dimensi lubang jangan terlalu besar, tapi cukup dalam. Kamu bisa gunakan obeng atau benda lainnya yang tajam untuk membuat lubangnya.

Penyebab pintu mobil terkunci dan tidak bisa dibuka dari luar

Mengetahui cara membuka pintu mobil yang terkunci kurang lengkap tanpa paham apa penyebabnya. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir kejadian ini. Gak mau terjadi sama kamu?

Apa saja faktor penyebab pintu mobil terkunci?

1. Motor penggerak berkarat

Pintu mobil memang mudah untuk ditutup. Sebaliknya, membuka pintu mobil kadang jadi masalah apalagi saat motor penggeraknya berkarat dan menjadi seret. Faktor ini bisa menjadi penyebab pintu mobil tidak bisa dibuka dari luar.

Hal ini biasanya disebabkan karena mobil kurang perawatan atau karena usia pemakaian yang lama. Alhasil, pintu susah dibuka bahkan fatalnya pintu bisa terkunci karena motor penggerak berkarat.

Lakukan perawatan beberapa bulan sekali untuk mengecek berbagai komponen mobil untuk menghindari terjadinya pintu mobil tertutup secara otomatis dan juga menghindari kejadian buruk lainnya.

2. Kotoran menyumbat handle mobil

Handle pintu mobil yang penuh dengan kotoran bisa menyebabkan pintu mobil terkunci karena seret. Terlebih jika kotoran tersebut sudah terkontaminasi dengan udara. Sudah pasti, handle pintu berkarat.

Untuk mengatasi kunci pintu mobil macet karena handle mobil tersumbat kotoran, dalam waktu tertentu, kamu harus membersihkan handle mobil atau membawanya ke bengkel.

Membersihkannya secara berkala juga dapat membuat handle pintu awet dan tidak mudah rusak. Jadi, kamu bisa lebih hemat.

3. Pintu mobil penyok atau terbentur

Benturan bisa mengakibatkan banyak komponen pintu yang rusak seperti handle pintu yang berubah posisi gigi penggeraknya dan gak bisa dibuka. Tenang saja, kamu bisa kok menggunakan beberapa cara di atas untuk mengatasinya.

Kalau belum berhasil, ada baiknya mendatangkan ahli kunci yang dapat membantu mengatasi hal tersebut. Usahakan cari ahli kunci yang sudah ahli dan profesional.

4. Faktor ketidaksengajaan dan kelalaian

Apa sih faktor ketidaksengajaan dan kelalaiannya tersebut? Misalnya, pemilik mobil meninggalkan kunci di dalam, tapi seluruh pintu mobil terkunci. Hal semacam ini sering terjadi.

Cara membuka kunci mobil yang tertinggal di dalam sedikit berbeda antara satu mobil dengan mobil lainnya. Untuk beberapa tipe mobil seperti Avanza dan Xenia, kamu bisa mengatasinya dengan membuka pintu bagian tengah.

Kamu hanya perlu membuka karet pintu bagian kanan belakang untuk menemukan besi yang terkait ke plastic yang ada di bawah tombol pengait kunci. Congkel dengan obeng kecil atau penggaris.

Wajar jika masalah pintu mobil yang terkunci dari dalam atau terkunci secara otomatis membuat panik. Tapi sekarang gak usah galau, karena kamu bisa mengatasinya dengan cara di atas.

FAQ seputar cara membuka pintu mobil yang terkunci

Bagaimana cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan penggaris?

Siapkan penggaris besi yang ukurannya ramping. Cara ini bisa digunakan pada mobil yang berteknologi keyless. Langkah-langkah membuka pintu mobil yang terkunci dengan penggaris adalah:

  • Lepas karet bawah samping kaca sebagai jalan untuk penggaris masuk ke pengait kunci. Oh iya, umumnya karet pada kaca mobil ini mudah untuk dilepas pasang. Jadi, kamu gak perlu khawatir.
  • Masukkan penggaris ke celah yang ada pada kaca pintu sedalam kurang lebih 60 hingga 80 cm.
  • Pada saat yang sama, perhatikan titik panel kunci.
  • Tekanlah bagian handle pintu naik turun terutama di bagian yang keras.
  • Jangan lupa sambil tarik juga handle pintunya. Cara ini mungkin perlu dilakukan beberapa kali agar berhasil.

Bagaimana cara mengatasi kunci mobil yang tertinggal di dalam?

Cara membuka kunci mobil yang tertinggal di dalam sedikit berbeda antara satu mobil dengan mobil lainnya. Untuk beberapa tipe mobil seperti Avanza dan Xenia, kamu bisa mengatasinya dengan membuka pintu bagian tengah. Kamu hanya perlu membuka karet pintu bagian kanan belakang untuk menemukan besi yang terkait ke plastic yang ada di bawah tombol pengait kunci. Congkel dengan obeng kecil atau penggaris.