Cara Memperbaiki Persneling Mobil yang Keras dan Penyebabnya

Ada beberapa cara memperbaiki persneling mobil yang keras karena banyak faktor. Penyebab persneling mobil keras karena usia kendaraan dan masalah di bagian transmisi. 

Keluhan utama yang kerap dialami pemilik kendaraan bertransmisi manual adalah persneling mobil yang keras. Kondisi ini, pada mobil transmisi manual, akan menyebabkan perpindahan gigi mobil menjadi keras. 

Kamu bisa melakukan beberapa cara memperbaiki persneling mobil yang keras. Tapi sebelum itu, sebaiknya pahami dulu penyebab kerasnya persneling pada kendaraan kesayangan kamu. 

Penyebab persneling mobil manual keras 

Cara Memperbaiki Persneling Mobil yang Keras dan Penyebabnya

Memiliki kendaraan dengan transmisi manual berarti kamu harus siap mengganti gigi secara manual. Meskipun sejatinya cara ini bisa memberi pengalaman yang menyenangkan saat berkendara. 

Selain itu, mobil transmisi manual juga hanya membutuhkan sedikit perawatan. Pun begitu, tak bisa diingkari kalau mobil bertransmisi manual memiliki masalah yang umum ditemui yaitu persneling mobil yang keras. 

Bahkan pada satu titik, kamu akan kesulitan mengganti persneling sama sekali. Kalau sudah begitu, mobil jadi nggak bisa dikendarai dan mau nggak mau kamu harus membawanya ke bengkel mobil terdekat untuk mengetahui masalah apa yang jadi penyebabnya.

Banyak faktor yang menjadi penyebab persneling mobil menjadi keras. Dua diantaranya adalah perawatan kendaraan yang nggak bagus dan juga gaya berkendara. 

Alasan lain yang jadi penyebab persneling mobil yang keras adalah : 

Sistem kopling rusak 

Sistem kopling pada mobil terdiri dari beberapa komponen yaitu silinder master kopling, tutup kopling (clutch cover), silinder pelepas (release cylinder), garpu pelepas (release fork) dan bantalan pelepas (release bearing). Jika salah satu saja komponen ini rusak, terutama silinder pelepas atau silinder master kopling, kamu akan alami kesulitan saat pindah gigi. 

Gigi rusak 

Penyebab lain dari persneling mobil yang keras ada kerusakan atau gigi mobil yang aus. Jika sudah seperti ini jelas kamu akan kesulitan saat memindahkan persneling karena keras. 

Oli transmisi kotor 

Sebagai pemilik mobil, seharusnya mengetahui bahwa setiap jarak tempuh mobil mencapai 20 ribu kilometer, maka oli transmisi harus diganti. Sebab bila dibiarkan terus menerus maka cairan tersebut berubah menjadi kotoran yang menumpuk. Tumpukan oli inilah yang bisa jadi penyebab persneling mobil keras. 

Oli transmisi atau cairan berkurang 

Persneling mobil yang keras juga bisa disebabkan karena cairan atau oli yang kurang atau berada di bawah normal. Kurangnya oli atau cairan ini bisa jadi dikarenakan adanya kebocoran pada bagian paking atau segel poros input dan output. 

Kabel tuas persneling rusak

Bisa jadi tuas persneling mengalami kerusakan hingga menyebabkan persneling transmisi menjadi keras. Kalau kondisi ini terjadi pada mobil kamu, maka harus dibawa ke bengkel untuk segera diperbaiki. 

Bushing tuas persneling getas

Bushing tuas persneling berbahan karet karenanya cenderung mengalami getas karena umur kendaraan dan pemakaian. Risiko yang terjadi adalah persneling mobil pun menjadi keras saat pindah gigi. 

Kabel kopling berkarat

Selain bushing yang alami getas karena umur kendaraan dan pemakaian, kabel kopling juga bisa alami karat sehingga menyebabkan tuas persneling menjadi keras atau macet. 

Cara memperbaiki persneling mobil yang keras dan biayanya 

Cara Memperbaiki Persneling Mobil yang Keras dan Penyebabnya

Jika penyebab kerasnya persneling saat pindah gigi, kamu jadi tahu langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Memperbaiki persneling mobil yang keras saat oper gigi salah satu cara paling mudah dan murah adalah dengan mengganti oli transmisi dan oli gardan. 

Memperbaiki persneling mobil yang keras dengan mengganti oli transmisi

Umumnya pemilik mobil menganggap remeh oli persneling dan oli gardan ini, karenanya sering terlupa untuk menggantinya. Padahal dua bagian ini mempengaruhi performa mesin. Lalu berapa biaya mengganti oli transmisi dan oli gardan ini? 

Biaya yang harus dikeluarkan sangat relatif, sebab tergantung dari merek oli yang kamu pilih juga jasa ganti oli di bengkel. Umumnya harga oli transmisi manual berkisar Rp70 ribu-Rp200 ribu per liter. Untuk menggantinya membutuhkan dua liter oli, total dengan jasa bengkel tidak sampai Rp500 ribu. 

Memperbaiki persneling mobil yang keras dengan cek komponen transmisi 

Cara lain untuk memperbaiki persneling mobil yang macet adalah dengan memeriksa komponen transmisi. Jika ternyata kampas kopling aus, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru. Hanya saja biaya penggantian ini sangat mahal 

Dibanding mobil matic, memperbaiki mobil transmisi manual jauh lebih mudah dengan cukup mengganti kampas kopling. Tipe mobil keluarga seperti Avanza, Xenia berkisar Rp1,3 juta. Sedangkan untuk Ertiga dan Nissan Livina kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp1,5 juta – Rp2,3 juta. Berbeda lagi dengan city car seperti Agya dan Ayla, kampas koplingnya dibanderol harga Rp850 ribu. 

Itu baru pembelian kampas kopling saja, belum termasuk jasa bengkel. Tarif atau ongkos jasa penggantian kampas kopling di bengkel resmi berkisar Rp800 ribu-Rp900 ribu. Sedangkan di bengkel non resmi ongkosnya dikenai Rp350 ribu-Rp500 ribu. 

Cara menyetel persneling L300 yang keras 

Mitsubishi L300 menjadi salah satu kendaraan niaga yang cukup populer di Indonesia. Bahkan di beberapa daerah, mobil yang dikenal dengan julukan Colt ini menjadi kendaraan angkutan antar kota. 

Nah, selain itu L300 ternyata memiliki keunikan sendiri yaitu memiliki persneling di samping setir. Pihak manufaktur Mitsubishi tetap mempertahankan posisi persneling tersebut karena dianggap user friendly. 

Seperti kebanyakan transmisi manual, persneling L300 juga alot saat digunakan. Seringkali keluhan tersebut terjadi pada mobil L300 yang baru. Dan kondisi tersebut masih terbilang wajar, meski bagi pengemudi hal tersebut membuat nggak nyaman. 

Cara membuat enteng persneling L300 adalah dengan menyetel transmisi yang terletak di bagian kolong mobil. Lepas segel atau sealed kemudian kendorkan setelan dari gigi yang terasa berat saat dipindah. Putar setelan tersebut setengah sampai satu putaran penuh. Setelah dirasa persneling mobil sudah tidak alot lagi, tutup kembali dengan segel atau sealed tadi. 

Bila masih ragu, kamu bisa mengunjungi bengkel mobil terdekat untuk memperbaiki persneling L300 yang keras. 

Cara merawat persneling mobil yang keras

Agar tak terulang lagi pindah gigi mobil keras, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sendiri, selain mengubah gaya berkendara. Yaitu dengan melakukan hal-hal di bawah ini : 

1. Rutin mengganti oli transmisi 

Seperti dijelaskan di atas, pemilik mobil harus tahu setiap kendaraan yang sudah mencapai jarak tempuh minimal 20 ribu kilometer harus mengganti oli transmisi manual. Pastikan oli transmisi sesuai dengan spek yang ada di buku manual. 

2. Gunakan komponen atau sparepart asli 

Menggunakan mobil transmisi manual di perkotaan selain melelahkan karena jalan yang macet, juga membutuhkan komponen yang berkualitas. Sebaiknya gunakan komponen yang orisinal, agar lebih awet dan terjamin. Penggunaan produk bajakan atau non asli biasanya saat perpindahan transmisi manual, suaranya lebih kasar. 

3. Ubah gaya berkendara

Supaya komponen mobil nggak cepat aus, ubah gaya berkendara kamu. Seperti misalnya sering meletakkan kaki di atas pedal kopling selesai pindah gigi. Ubah kebiasaan tersebut karena bisa meningkatkan friksi antara kopling dan transmisi. Selain itu juga membuat komponen pada mesin nggak awet. 

Terpenting dari cara memperbaiki persneling mobil keras adalah dengan memberi perawatan kendaraan dengan baik. Sebab, bila rajin dirawat dengan cara mengganti oli transmisi dan mengecek komponen mobil, masalah persneling mobil keras bisa dihindari. 

FAQ cara memperbaiki persneling mobil keras 

Apa penyebab persneling mobil keras? 

  • Sistem kopling rusak 
  • Gigi rusak 
  • Oli transmisi kotor 
  • Oli transmisi atau cairan berkurang 
  • Kabel tuas persneling rusak
  • Bushing tuas persneling getas
  • Kabel kopling berkarat  

Bagaimana cara merawat persneling agar saat pindah gigi tidak keras? 

  • Rutin mengganti oli transmisi 
  • Gunakan komponen atau sparepart asli
  • Ubah gaya berkendara