Cara Mengatasi Aki Mobil Soak – Cek Juga Penyebabnya

Aki mobil soak tentu merupakan hal yang membuat para pemiliknya tidak akan pernah merasa nyaman sehingga kamu perlu mengetahui cara mengatasi aki mobil soak.

Pasalnya, aki mobil merupakan salah satu bagian penting dari kendaraan milikmu karena tanpanya sebuah mobil tidak kana dapat menyala dan dioperasikan sama sekali.

Tidak hanya itu, ada banyak sekali masalah yang sering kali ditimbulkan karena kondisi aki mobil yang soak, rusak, atau tidak dalam performa terbaiknya.

Hal inilah yang membuat kegiatan merawat kesehatan aki menjadi hal yang sangat penting.

Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang terdapat di dalam mesin yang berfungsi menjadi energi bagi setiap bagian dari mobil saat akan dioperasikan.

Dengan begitu, ketika aki mobil soak atau rusak, seluruh fungsi mobil akan terganggu sepenuhnya.

Sebelum ke cara mengatasi aki mobil soak, ketahui penyebabnya

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak – Cek Juga Penyebabnya

Ada beberapa penyebab aki mobil soak yang mana semua hal tersebut sebenarnya tergantung dari bagaimana kondisi awal kendaraan dan penggunanya.

Namun, ada beberapa penyebab umum kenapa aki kendaraanmu menjadi soak untuk kamu coba evaluasi kembali, yaitu:

1. Aki sudah terlalu lama digunakan

Tanda aki mobil soak utama yang menjadi penyebab aki mobilmu menjadi soak adalah aki yang saat ini digunakan sudah berumur begitu lama sehingga performanya mengalami penurunan.

Hal ini karena jika aki mobil yang telah digunakan begitu lama, tegangan yang dihasilkan mulai secara perlahan akan mengalami penurunan, bahkan hingga tidak mampu lagi menerima hantaran listrik dari alternatornya.

2. Alternator mengalami kerusakan

Kemungkinan lainnya dari penyebab aki soak adalah alternator mobil yang mengalami kerusakan. Alternator mobil sendiri merupakan sebuah komponen di dalam mobil yang dapat memastikan agar kendaraan dapat dihidupkan.

Alternator inilah yang menjadi mesin untuk melakukan suplai listrik kepada aki secara terus menerus ketika mesin mobil mulai dihidupkan sehingga jika alat ini mengalami kerusakan, sudah pasti tidak akan ada listrik yang dihantarkan kepada aki.

3. Mobil yang jarang dipanaskan

Mesin mobil yang jarang dihidupkan atau dipanaskan akan menyebabkan aki tidak pernah mendapatkan suplai listrik yang cukup dalam waktu yang lama. Hal ini tentu akan membuat kapasitas aki menjadi kurang optimal.

4. Air tampungan aki yang habis

Pemilik mobil dengan jenis aki tipe basah yang harus diisi ulang agar bisa menjalankan performanya dengan maksimal ini sering kali lupa untuk melakukan isi ulang.

Ketika air di dalamnya habis, aki mobil tentu tidak akan pernah bisa menjalankan fungsinya dengan baik untuk digunakan saat berkendara.

5. Mobil memiliki aksesoris yang terlalu banyak

Penyebab aki mobil soak lainnya ini sering terjadi karena modifikasi mobil yang berlebihan, seperti menambahkan aksesoris berupa sistem audio, lampu hingga interior mobil lainnya tanpa memperhatikan kapasitas dari aki itu sendiri.

Hal ini karena semakin banyak modifikasi yang dilakukan, semakin banyak pula kebutuhan listrik yang akan digunakan.

Jika aki mobilmu memiliki kapastitas yang tidak memadai, hal tersebut tentu akan membuat aki menjadi lebih cepat soak karena penggunaan listrik yang terlalu tinggi.

Cara mengatasi aki mobil soak

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak – Cek Juga Penyebabnya

Setelah mengetahui penyebab kenapa aki mobil bisa menjadi soak, penting bagi kamu juga untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Ketika suatu saat aki mobilmu soak, kamu tidak akan panik dan bisa menghadapinya dengan baik.

Beberapa cara memperbaiki aki mobil yang soak agar dapat turut menjaga seluruh performa dari mobil milikmu, yaitu:

1. Jumper aki (jump start)

Hal pertama sekaligus hal yang paling mudah sebagai cara service aki mobil soak adalah dengan melakukan jumper aki atau jump start

Jump start ini sebenarnya merupakan istilah yang menggambarkan sebuah mobil membantu mobil lainnya untuk memberikan dukungan support hantaran listrik tambahan agar bisa bekerja kembali dengan maksimal.

Perlu diperhatikan bahwa pihak mobil pendonor harus mematikan mesin terlebih dahulu sebelum melakukan jumper aki.

Lalu kamu bisa langsung memasangkan pengait kabel jumper aki berwarna merah pada kutub (+) pada tiap-tiap mobil.

Kemudian kamu bisa melanjutkannya dengan memasang penjepit kabel jumper berwarna hitam pada kutub (-) dari tiap-tiap mobil.

Jika rangkaian kabel sudah benar, kamu bisa mulai menghidupkan mesin dari pihak pendonor selama beberapa saat dan baru coba hidupkan mesin mobil yang memiliki aki soak.

Di saat itulah terjadi pengisian daya listrik untuk mengatasi aki mobil soak.

2. Melakukan cek aki secara berkala

Cara mengatasi aki mobil soak lainnya adalah dengan selalu melakukan cek aki secara berkala. Cek berkala ini harus selalu dilakukan untuk memastikan bahwa aki mobil selalu berada dalam performanya yang stabil.

Cara mengeceknya juga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Bisa mulai dengan menggunakan alat yang disebut sebagai baterai load tester danbisa dengan melihat larutan elektrolit jika jenis aki adalah basah.

Jika cairan telah mencapai garis, ada baiknya untuk langsung melakukan pengisian elektrolit ulang.

3. Rutin memanaskan mobil

Kamu juga perlu untuk rutin memanaskan mesin mobil secara berkala agar performa aki selalu berada dalam kondisi yang baik.

Pasalnya, mobil yang tidak pernah digunakan tentu akan menurunkan kondisi aki secara signifikan karena daya aki hanya akan terisi ketika mesin mobil dinyalakan.

4. Menghindari penggunaan aksesoris yang berlebihan

Seperti yang telah disebutkan, AC, audio, hingga lampu di dalam mobil ini perlu menggunakan aki untuk menyalakannya.

Ketika kamu melakukan modifikasi mobil tanpa memperhatikan kondisi aki, tentu hal tersebut akan menghabiskan daya pada aki lebih cepat.

FAQ

Apa maksud dari aki mobil soak?

Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang terdapat di dalam mesin yang berfungsi menjadi energi bagi setiap bagian dari mobil saat akan dioperasikan.

Ketika aki mobil soak atau rusak, seluruh fungsi mobil akan terganggu sepenuhnya seperti kondisi yang mana mobil sulit untuk dinyalakan ataupun dioperasikan karena mesinnya mati.

Bagaimana cara mengatasi aki mobil soak?

Ada beberapa cara untuk mengatasi aki mobil soak, yaitu melakukan jumper aki, melakukan cek aki secara berkala, rutin memanaskan mobil, dan menghindari penggunaan aksesoris yang berlebihan.

Tujuannya adalah agar aki mobilmu tetap dalam performa terbaiknya agar mesin bisa dinyalakan sehingga mobil bisa dioperasikan dengan benar.