9 Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih dan Penyebabnya

Bagaimana ya cara mengatasi mobil keluar asap putih?

Saat mobilmu tiba-tiba mengeluarkan asap putih, pasti kamu akan merasa cemas karena takut mobilmu mengalami kerusakan parah.

Namun, sebagai tindakan awal, kamu dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasi masalah pada mobilmu.

Sebelum melakukan cara mengatasi mobil keluar asap putih, ketahui dulu penyebabnya

9 Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih dan Penyebabnya

1. Seal katup retak

Pertama, kita mesti tahu apa kegunaan dari seal katup. Ya, ini berguna untuk membuka ruang di antara saluran intake/exhaust ke ruang bakar. Dengan begitu, udara bisa mengalir masuk ke dalam ruang bakar. 

Namun, kalau seal katup sudah aus, udara tidak mampu masuk dengan maksimal dan bahkan membuat oli bocor ke dalam ruang pembakaran mesin. Hal inilah yang membuat asap putih keluar dari knalpot mobil.

2. Gasket kepala silinder rusak

Gasket kepala silinder berfungsi untuk merapatkan hubungan kedua komponen blok mesin sekaligus kepala silinder karena berbahan dasar logam.

Jadi, bisa menahan kebocoran kompresi atau tercampurnya oli. Namun, mengalami rusak seperti keretakan, oli bisa menetes ke ruang bakar.

3. Ada kerusakan pada PCV System

Masalah lainnya adalah kerusakan sistem PCV atau Positive Crankcase Ventilation

Sistem PCV berguna agar tekanan udara dalam ruang engkol tetap stabil walaupun ada perubahan.

Sama seperti penyebab sebelumnya, ketika sistem PCV rusak, oli bisa masuk ke saluran komponen ini dan keluar ke saluran udara.

Itulah kenapa bisa menyebabkan asap putih keluar dari knalpot mobil.

4. Kebocoran oli pada turbocharger

Kebocoran oli bisa diawali juga dari fungsi turbo pada mobil. Sejatinya, oli berguna untuk melumasi komponen turbo.

Kondisi kerja yang cukup ekstrem terkadang membuat oli mesin bocor. Bisa bocor ke bagian exhaust ataupun intake. Hal ini yang dapat mengakibatkan asap putih keluar dari knalpot mobil.

5. Ring piston dan silinder blok aus

Penyebab terakhir adalah ring piston dan silinder blok mengalami keausan. Oli bisa masuk ke ruang bakar karena pembesaran volume silinder blok ataupun keausan ring piston yang terkikis sedemikian rupa.

Ini 9 cara mengatasi mobil yang mengeluarkan asap putih

1. Pastikan oli mesin penuh

Cara mengatasi mobil keluar asap putih yang harus kita lakukan adalah dengan memastikan volume oli mesin masih dalam kondisi full.

Sebab jika di bawah indikator normal maka dipastikan ada kebocoran oli yang cukup deras yang mengakibatkan masuk ke dalam ruang pembakaran.

Karena itu, jika hal demikian terjadi, kita harus mengecek bagian mana yang perlu mendapat perbaikan di bagian oli ini.

Jika tidak ada indikasi kebocoran, tentu ada kerusakan lain yang membuat oli merembes keluar.

2. Cek indikator engine

Selalu perhatikan lampu indikator engine. Tentu harus jeli dalam mengeceknya agar letak kerusakan bisa terdeteksi dengan tepat sehingga perbaikan yang diambil pun juga tepat.

3. Pastikan tidak ada keretakan pada kepala silinder

Kepala silinder merupakan salah satu sektor atau bagian mesin yang rentan terhadap tekanan atau mudah pecah jika ada tekanan yang berlebihan.

Bilamana ada kerusakan pada bagian ini, kita harus menggantinya dengan yang baru mengingat tidak bisa diperbaiki.

Pasalnya, jika kerusakan pada kepala silinder ini dibiarkan, oli akan selalu merembes keluar dan mengalir mengikuti jalur retakan sehingga secara otomatis akan menetes ke bagian ruang pembakaran.

Bila memang demikian kondisinya, kita tentu harus melakukan penggantian kepala silinder dengan yang baru agar tidak terjadi kebocoran atau melubernya oli ke bagian ruang bakar dari permesinan mobil yang memicu timbulnya asap putih saat mesin dihidupkan.

4. Cek saluran pipa yang tersambung dengan oli mesin

Salah satu penyebab munculnya asap putih dari knalpot mobil karena terbakarnya oli mesin yang kemudian masuk ke sistem pembakaran.

Kebocoran oli ini bisa dipicu beberapa hal. Salah satunya karena kerusakan saluran yang terhubung pada oli mesin. Kerusakan tersebut bisa ditandai dengan adanya lubang kecil dari setiap saluran yang terhubung dengan oli mesin.

Kita harus rajin-rajin mengecek. Sebab satu lubang kecil saja bisa menyebabkan oli menetes ke sistem pembakaran.

Karena itu, jika memang ada lubang kecil tersebut, segeralah ganti saluran tersebut dengan yang baru. Kalau tidak, mobil akan terus mengeluarkan asap putih.

5. Melepas dan mengganti saluran PCV

Kalau terlihat tetesan oli, itu berarti bisa terjadi kebocoran karena kerusakan separator. Jika ingin lebih memastikan, lepas juga saluran udara.

Cek apakah ada jejak oli di bagian permukaan dalam saluran. Cara pertama yang harus kita lakukan untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan melepas saluran PCV yang ada di dekat saliran udara setelah bagian filter.

Kalau memang terlihat jejak oli di dalam saluran udara, ada baiknya mengganti satu set saluran PCV, dimulai dari selang hingga separator.

6. Mengecek turbocharger

Kalau tidak ada masalah di bagian saluran PCV, coba cek bagian turbo jika mobil kita memilikinya. Hidupkan mesin dan dengarkan suara dari turbo. Kalau ada suara tidak lazim, mungkin di sana masalahnya.

7. Melepas selang udara

Cara mengatasi mobil keluar asap putih selanjutnya, kita bisa melepas saluran udara output dari turbo.

Perhatikan apakah ada ceceran oli mesin atau tidak. Jika memang ada, itu berarti ada baiknya segera perbaiki masalah ini.

8. Periksa kondisi seal katup

Selanjutnya, kita bisa memeriksa seal klep. Lepas intake manifold dan lihat lubang intake. Kalau memang ada kerak oli, itu berarti inilah penyebab dari asap putih dari knalpot mobil.

Kita bisa mengganti seal katup untuk menyelesaikan masalah ini.

9. Cek tekanan kompresi mesin

Terakhir, kita bisa juga mengecek tekanan kompresi mesin. Pengecekan ini memang hanya bisa dilakukan di beberapa bengkel besar.

Ya, dengan mengecek tekanan kompresi mesin, kita bisa menemukan sumber permasalahan ini. Kalau kompresi mesin terlalu rendah, bisa ada masalah di bagian piston atau silinder.

Hati-hati jika knalpot mobil mengeluarkan asap putih dan air

Nah, beda cerita lagi jika knalpot mobil mengeluarkan asap putih dan air. Terdapat beberapa sebab. Salah satunya karena kerusakan pada komponen mesin.

Jika rembesan air yang keluar merupakan oli, mungkin sudah ada kerusakan klep yang sudah tidak layak pakai atau piston yang sudah aus. 

Kalau sudah terjadi demikian, oli akan keluar bersama asap. Tentunya ini akan mengakibatkan pembakaran tidak berjalan optimal.

Kedua, jika knalpot mobil mengeluarkan asap putih dan air bisa jadi karena pembakaran yang tidak sempurna.

Karena itu, biasakan memanaskan mesin mobil terlebih dulu sebelum melakukan perjalanan supaya hal tersebut tidak terjadi.

Penyebab knalpot mobil mengelurkan asap putih dan air berikutnya, yaitu karena adanya embun yang terperangkap.

Saat proses pembakaran sempurna, uap air pastinya akan keluar. Ini juga bisa disertai embun yang terperangkap dalam knalpot yang ikut keluar dan mengakibatkan seperti ada tetesan air.

Saat mesin mulai panas embun akan terdorong keluar dan mengakibatkan keluarnya tetes-tetes air dalam jumlah wajar.

Knalpot mobil keluar asap putih di pagi hari, amankah?

9 Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih dan Penyebabnya

Ada beberapa hal kecil dari kondisi mobil yang kadang membuat kita panik, seakan berpikir bahwa mobil kita sedang dalam keadaan rusak.

Salah satunya seperti knalpot mobil keluar asap putih di pagi hari. Apakah hal ini terbilang aman?

Jika knalpot mobil keluar asap putih pada pagi hari, bukan berarti menandakan bahwa ada masalah pada mobil kita. Hal itu dinilai sebagai sesuatu yang wajar terjadi.

Sebab jika mobil sedang dipanaskan pada pagi hari, suhu di sekitar pun masih terbilang sejuk atau dingin. Jadi, wajar jika knalpot mengeluarkan asap putih tipis.

Sebab nantinya asap tersebut akan hilang seiring dengan kondisi suhu mesin yang sudah menyesuaikan dengan udara sekitar.

Mobil diesel mengeluarkan asap putih

Sebenarnya, ada beberapa faktor penyebab mobil diesel mengeluarkan asap putih. Kita sebagai pemilik, harus paham betul supaya kondisi mobil kita tetap terjaga. Terus tahu apakah mobil kita sedang ada masalah atau tidak.

Sebab mobil diesel yang sehat seharusnya tidak mengeluarkan asap putih dari knalpotnya. Berikut penjelasan beberapa faktor penyebab mengapa mobil diesel mengeluarkan asap putih.

Pertama-tama, disarankan untuk mengecek pompa injeksi, injektor, atau filter bahan bakar. Sebab umumnya komponen tersebutlah yang menyebabkan mobil diesel mengeluarkan asap putih.

Selain itu, perhatikan usia mobil diesel kita. Sebab jika usia mobil sudah di atas tujuh tahun, kondisi mobil tidak seprima saat awal dipakai, termasuk juga cek kondisi sistem pembakaran pada bahan bakarnya.

Lalu, hal lain yang bisa menyebabkan mobil diesel mengeluarkan asap putih karena blok mesin retak. Jika blok mesin retak, air akan masuk ke ruang bakar.

Hal inilah yang membuat mobil diesel mengeluarkan asap putih saat dipanaskan.

FAQ

Mengapa mobil mengeluarkan asap putih?

Sebenarnya, ada banyak faktor mengapa mobil mengeluarkan asap putih. Misalnya saja, kebocoran oli hingga masuk ke ruang pembakaran, air pendingin yang bocor, terdapat sisa air di knalpot, dan pengembunan gas buang.

Karena itu, kita harus benar-benar cek apa penyebab pastinya. Jika bingung caranya, silakan bawa mobil ke bengkel terdekat.

Pada saat mesin hidup keluar asap putih keabu-abuan pada knalpot apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Pada saat mesin mobil hidup, tapi keluar asap putih ke abu-abuan pada knalpot, hal ini disebabkan karena oli yang terbakar, campuran bahan bakar yang tidak tepat, atau kerusakan pada komponen mesin.

Nah, agar tidak terjadi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik untuk pencegahan maupun mengatasinya.

Pertama, cek volume oli mesin apakah sudah normal atau belum.

Kedua, perhatikan lampu indikator check engine. Jika menyala, mungkin ada masalah terkait sistem injeksi.

Ketiga, jika tak ada lampu indikator yang menyala pada dashboard, lanjut cek ke bagian PVC valve dengan cara mencabut ujung selang yang ada di bagian saluran udara setelah filter. Jika ada tetesan oli, masalahnya ada di PVC separator.

Jika kering, lanjut cek tekanan kompresi mesin. Pengecekan ini akan mengetahui apakah linner silinder haus atau tidak.

Untuk melakukan pengecekan ini, kita perlu alat compression tester yang hasilnya bisa kita bandingkan dengan tekanan kompresi ideal.

Apa penyebab mesin diesel keluar asap putih tebal?

Sebenarnya, banyak hal yang memengaruhi mesin diesel keluar asap putih tebal.

Misalnya saja, kondensasi udara dingin, kerusakan di bagian silinder, mobil lama tak dipanaskan, usia mobil, bagian blok mesin retak, oli menjadi terbakar, hingga pompa bahan bakar haus.

Cek satu per satu agar masalahnya benar-benar ketahuan sehingga mobil bisa tertangani dengan baik.

Apa penyebab mobil bensin berasap?

Intinya, sebab-sebab mobil bensin berasap secara umum karena masalah pada kebocoran oli atau kerusakan pada mesin. Tinggal bagaimana kita memeriksakan hal tersebut secara jeli.