7 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter Plus Penyebabnya

Pernahkah kamu mengalami mobil tidak bisa distarter secara tiba-tiba? Bagaimana ya cara mengatasi mobil tidak bisa distarter?

Tentunya mobil tidak bisa distarter bisa membuatmu panik, apalagi jika kamu sedang ada urusan dan harus buru-buru beraktivitas.

Namun, tak perlu bingung. Sebab kamu hanya perlu mengetahui penyebab mobilmu mogok dan mengatasinya dengan cara sederhana ini.

Penyebab mobil tidak bisa distarter

7 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter Plus Penyebabnya

Saat mobil tidak bisa distarter alias mogok, ada banyak hal yang bisa menyebabkan mesin mobil mati meski sudah distarter. Bisa jadi karena aki lemah, karburator kotor, dan sebagainya.

Untuk itu kamu wajib melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabnya. Inilah beberapa hal yang bisa membuat mobilmu tidak bisa distarter.

1. Aki lemah

Aki adalah salah satu komponen penting yang ada pada sistem kelistrikan kendaraan. Fungsinya adalah sebagai alat untuk menyimpan dan melepas arus listrik.

Saat melepas arus listrik, aki digunakan untuk menyalakan mesin dan memenuhi kebutuhan perangkat elektronik, seperti AC, lampu-lampu, sistem hiburan, dan fitur keselamatan.

Jika aki mobil bermasalah atau lemah, kendaraan akan sulit distarter. 

2. Relay dan dinamo starter bermasalah

Hal kedua yang bisa kamu cek saat mobil tidak bisa menyala adalah relay dan dinamo starter.

Relay starter adalah komponen penting pada sistem mesin kendaraan dengan fungsi sebagai pengaman sekaligus saklar elektromagnetik yang bertugas untuk mengaktifkan dinamo.

Sementara dinamo starter berfungsi sebagai pemutar mesin pertama kali yang membantu untuk menghidupkan mesin mobil.

Kemudian dinamo akan mengubah energi listrik menjadi energi gerak untuk memutar crankshaft mesin atau poros mesin melalui flywheel.

Apabila komponen-komponen ini mengalami masalah, mobil tidak bisa distarter saat mesin panas atau hanya mengeluarkan suara “tek-tek” saat distarter.

3. Alternator bermasalah

Selain dinamo starter, ada juga dinamo ampere atau alternator yang fungsinya mengisi setrum aki sebagai sumber energi listrik untuk mensuplai kebutuhan tenaga listrik mobil saat mesin hidup.

Jika alternator rusak, ada beberapa ciri yang bisa kamu kenali. Misalnya, indikator aki menyala saat mesin dihidupkan, adanya bunyi keras dari alternator, serta lemahnya aki saat proses starter yang disebabkan kurangnya kekuatan alternator saat mengisi setrum aki.

4. Busi rusak

Selain aki dan dinamo, busi juga menjadi penyebab lain yang sering membuat mobil tidak bisa menyala.

Busi adalah komponen penting dalam proses starter mobil. Busi yang kotor oleh debu dan kotoran bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter.

Adanya kotoran pada busi dapat menghambat percikan bunga api ketika proses starter dijalankan.

Namun, bisa juga busi sudah dalam kondisi yang kurang baik sehingga mobil tidak bisa distarter saat mesin panas dan baru bisa menyala saat temperatur mesin turun.

Kalau kondisinya seperti ini, lebih baik kamu membawa mobilmu ke bengkel untuk mengganti busi dengan yang baru.  

4. Suhu koil tinggi

Komponen lain yang harus kamu cek adalah koil yang berfungsi untuk menggandakan tegangan listrik dalam jumlah besar ke aki mobil. Nah, jika temperatur koil terlampau panas, akibatnya adalah mobil bisa distarter, tapi tidak nyala.

Biasanya hal ini disebabkan adanya korslet atau short sircuit pada ballast resistor. Ballast resistor yang mengalami korslet membuat arus listrik yang seharusnya mengalir dari aki mobil tidak bisa dibatasi lagi.

Dampaknya adalah kawat penghantar menerima beban yang terlalu besar secara terus menerus hingga menyebabkan panas berlebih.

Tak hanya ballast resistor, korslet juga bisa terjadi di primary coil dan secondary coil

Selain itu, mungkin terjadi kebocoran arus listrik yang mengakibatkan pengapian menjadi lebih lemah dan berefek pada panasnya koil.

5. Aliran fuel pump tersumbat

Fuel pump adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar mobil agar tetap lancar sehingga mobil bisa berfungsi dengan baik.

Nah, tanda paling signifikan untuk mengetahui tersumbatnya aliran fuel pump adalah jika mobil tidak bisa distarter saat mesin dingin. 

Kalau pun mobil bisa dinyalakan, suara mesin mobil menjadi kasar dan tersendat-sendat saat digas.

Biasanya ini dikarenakan komponen fuel pump tersumbat kotoran sehingga asupan bahan bakar ke ruang pembakaran tersendat.

6. Kompresi silinder rendah

Tekanan kompresi sangat berpengaruh pada performa kendaraan. Sebab,, jika tekanan udara dalam ruang bakar rendah, akan membuat bensin sulit terbakar.

Umumnya, tekanan kompresi melemah karena adalah kebocoran kompresi akibat adanya celah atau kerenggangan pada ruang bakar menuju luar.

Salah satu komponen yang rentan bermasalah dan berpengaruh pada kompresi rendah adalah blok silinder.

Hal ini bisa disebabkan telatnya penggantian oli atau jenis oli yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin sehingga membuat silinder cepat aus dan memberi keregangan pada ruang bakar.

Kalau penyebab mogoknya mobilmu adalah kompresi yang lemah, kamu perlu membawa mobilmu ke bengkel untuk ditangani segera.

Ini 7 langkah mengatasi mobil tidak bisa distarter

Saat mobil tidak bisa distarter, kamu bisa melakukan tujuh langkah pengecekan dan perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Dengan peralatan sederhana, kamu bisa mengecek apa penyebab mobilmu tidak bisa menyala seperti seharusnya. Berikut adalah solusi mobil tidak bisa starter yang bisa kamu lakukan.

1. Cek kondisi aki mobil

Saat aki lemah, praktis membuat mobilmu mendadak sulit dinyalakan. Kamu bisa melakukan pengecekan dengan melihat kondisi tegangan listrik dan cairan elektrolit yang ada pada aki.

Untuk melihat tegangan listrik, kamu memerlukan alat multitester atau voltmeter aftermarket untuk melihat besaran tegangan.

Pastikan aki mencapai tegangan 12,6 V hingga 13,6 V saat kondisi mesin mati dan 13,7 V hingga 14,7 V saat mesin menyala.

Jika tidak punya alatnya, kamu bisa mengecek dengan menyalakan lampu-lampu dalam kabin. Jika nyalanya redup atau mati, itu berarti aki mulai lemah.

Untuk mengecek cairan elektrolit, cukup lihat indikatornya. Jika cairan berada di bawah garis low level, aki perlu diisi ulang.

Selain itu, jangan lupa membersihkan kedua kutub aki dengan melepas kutub positif aki dan membersihkan kotoran yang ada di dalamnya.

2. Periksa aliran fuel pump 

Untuk mengetahui apakah aliran fuel pump tersumbat atau tidak, kamu bisa melakukan pengecekan tekanan bahan bakar dengan alat fuel pressure gauge.

Alat ini dipasang pada selang dan kemudian dimasukkan ke injektor. Saat fuel pump dinyalakan, tekanan akan terbaca oleh alat dan kamu bisa mengetahui apakah aliran bahan bakarnya bermasalah atau tidak.

3. Pantau keadaan karburator mobil

Karburator memiliki peran mengatur sirkulasi udara serta bahan bakar yang berada di dalam saluran hisap mesin kendaraaan.

Jika karburatornya kotor, tentu bisa menghambat proses starter mesin. Karena itu, bersihkan kotoran yang menutupi karburator agar dapat berfungsi optimal seperti semula.

4. Cek relay dan dinamo starter

Kamu bisa melakukan pengecekan pada relay starter dan dinamo starter sebagai salah satu cara mengatasi mobil tidak bisa distarter dan bunyi tek tek.

Untuk mengeceknya, kamu bisa melihat bagian mesin dan mencari relay yang mirip sekring berbentuk kotak.

Bila komponen tersebut berwarna hitam, menggelembung, dan seolah habis terbakar, itu tandanya relay harus diganti.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek aliran listrik pada relay dengan ohm meter.

Dalam relay starter, terdapat terminal dan lilitan yang menghantarkan arus listrik. Terminal 85 dan 86 yang bentuknya kumparan/lilitan terhubung dengan kunci kontak.

Sementara terminal 87 terhubung dengan solenoid starter dan terminal 30 terhubung dengan aki mobil.

Apabila saat diukur dengan ohm meter terminal 85 dan 86 tidak saling terhubung, relay starter dalam kondisi rusak. Namun, bila keduanya terhubung, perlu pemeriksaan lanjutan dengan cara memberikan arus listrik.

Untuk dinamo, kamu bisa lihat bagian soket otomatis pada dinamo starter. Biasanya kamu akan melihat sebuah kabel berukuran kecil yang terhubung ke bagian dinamo starter. Pastikan kabel tidak putus atau lepas.

Kamu juga harus memastikan baut dinamo terpasang kencang dan tidak aus agar dinamo tidak berbunyi tek tek saat dinyalakan.

Jika kamu mendapati permasalahannya lebih parah, ada baiknya kamu meminta bantuan profesional untuk melakukan pengecekan karena menyangkut bagian kelistrikan yang cukup rumit.

5. Lihat kondisi alternator

Alternator atau yang dikenal juga dengan istilah dinamo ampere pun tak boleh luput dari perhatianmu. Sebab jika alternator bermasalah, bisa berpengaruh pada mogoknya mobil.

Untuk mengetahui kondisinya, kamu bisa mengecek indikator aki di layar speedometer. Jika menyala, itu berarti ada masalah pada alternator yang berfungsi mengisi setrum aki.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan obeng atau kunci pas dan menempelkannya ke pulley alternator. Jika ada gaya magnet yang menarik obeng atau kunci pas tersebut, itu berarti kondisi alternator masih bagus.

6. Bersihkan busi

Selanjutnya, coba bersihkan busi dari debu dan kotoran yang menumpuk. Sebab kotoran juga bisa mengganggu kinerja busi.

Untuk itu, harus rutin membersihkannya dengan cara menggosok bagian busi yang kotor dengan cairan penetran khusus. Setelah itu, cobalah untuk menstarter ulang mobilmu.

 7. Turunkan suhu koil

Suhu koil yang tinggi bisa kamu siasati dengan cara mengompresnya. Cukup sediakan ember berisi air dan sebuah kain lap. Basahi lap dan kompres bagian koil secara berkala untuk menurunkan suhunya.

Jika koil masih terasa terlalu panas, kamu bisa melakukan pengecekan lebih lanjut di bengkel untuk mengetahui penyebabnya.

Cara menghidupkan mobil matic yang tidak bisa distarter

7 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter Plus Penyebabnya

Mobil matic kian memiliki banyak penggemar karena terasa lebih mudah dikendarai.

Selain itu, mobil matic juga tidak membuat kaki pengemudi pegal karena harus terus-menerus menginjak kopling seperti di mobil bertransmisi manual.

Sayangnya, mobil matic memiliki kekurangan yaitu sering sulit distarter. Biasanya karena ada masalah di kunci kontak, banyaknya kerak karbon di saluran pembakaran dan lain-lain.

Inilah empat cara menghidupkan mobil matic yang tidak bisa distarter.

1. Periksa kunci kontak

Biasanya ketika kamu memutar kunci kontak atau menekan tombol ignition switch, mobil akan menyala secara otomatis. 

Jika mobil masih tidak bisa menyala, itu berarti ada masalah pada kunci kontakmu. Jadi, periksa kunci kontak sebagai cara mengatasi mobil tidak bisa distarter.

2. Cek bahan bakar

Jika mobil tetap tak bisa dinyalakan meski kunci kontak atau ignition switch sudah dinyalakan berulang kali, cobalah periksa bahan bakarnya.

Jangan-jangan, kamu lupa mengisi bensin sehingga mobilmu kekurangan bahan bakar untuk bisa menyala. Cek bahan bakar dan pastikan terisi sebagai cara mengatasi mobil tidak bisa distarter.

3. Bersihkan busi

Selain itu, kamu juga bisa memeriksa busi. Biasanya busi yang kotor dan tertutup noda juga berpengaruh pada matinya mesin mobil.

Solusi pertama, kamu bisa membersihkan busi dengan kain bersih dan kering terlebih dahulu sebagai cara mengatasi mobil tidak bisa distarter.

Namun, jika mobil tetap tidak mau menyala, kamu bisa mengatsinya dengan mengganti busi baru.

4. Lihat kondisi aki

Terakhir kamu bisa melihat kondisi aki pada indikator yang ada di dashboard. Jika simbol aki menyala oranye, itu berarti akimu bermasalah.

Aki tidak harus diganti, kamu juga bisa membersihkan atau memperbaikinya saja sebagai cara mengatasi mobil tidak bisa distarter.

Cara membersihkannya, kamu cukup membuka komponen aki dan mencabut kutub positifnya.

Setelah itu, bersihkan kutub tersebut dengan lap bersih dan kering. Setelah kutub positifnya bersih, diharapkan aliran listrik jadi lebih lancar dan normal.

FAQ

Kenapa mobil tidak bisa dinyalakan?

Mobil tidak bisa dinyalakan disebabkan oleh masalah di komponen-komponen penting dalam mobil. 

Bisa karena kunci kontak atau ignition switch rusak, dinamo yang bermasalah, aki yang melemah, busi dan karburator yang kotor, koil yang terlalu panas, kosongnya tangki bahan bakar, aliran fuel pump yang tidak lancar, dan kurangnya kompresi mesin.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, kamu perlu melakukan pengecekan dan perawatan terlebih dahulu.

Mengapa mobil matic tidak bisa distarter?

Umumnya ada empat penyebab mobil matic tidak bisa distarter. Pertama, ada masalah di kunci kontak atau ignition switch. Meski sudah diputar atau ditekan ke posisi starter, mobil tetap tidak mau menyala.

Selain itu, bisa jadi karena tangki bensin kosong sehingga tidak ada pasokan bahan bakar yang memadai bagi mobil untuk bisa menyala.

Ketiga, ada masalah di aki mobil. Biasanya aki mobil memiliki masa pakai antara 2 hingga 5 tahun, tapi kamu perlu melakukan pengecekan secara berkala untuk melihat kondisi aki.

Jika aki kurang setrum atau cairan elektrolitnya habis, kamu perlu mengisinya kembali.

Kenapa mobil kalau panas susah distarter?

Saat mobil dalam kondisi panas tapi susah distarter, dapat berarti banyak hal. Umumnya, ada masalah pada koil, busi, atau aliran bahan bakarnya.

Koil yang terlalu panas disebabkan adanya korslet yang membuat listrik yang seharusnya mengalir dari aki mobil tidak bisa dibatasi lagi. Kalau sudah begini, coba kompres koil menggunakan lap dan air.

Kalau masalahnya ada pada busi yang membuat mobil mogok meski baru saja dinyalakan atau dalam kondisi panas, kamu perlu memeriksanya di bengkel.

Terakhir, jangan lupa untuk memeriksa aliran bahan bakar mobil dan memastikan bahwa alirannya lancar dan tidak tersumbat.

Mengapa ketika distarter bunyi tek tek tek?

Penyebab umum mobil berbunyi tek tek saat distarter adalah adanya masalah pada dinamo starternya.

Dinamo starter harus terikat kuat pada mesin dengan baut khusus. Jika baut tersebut longgar, mesin akan mengeluarkan bunyi tek tek saat dihidupkan.

Solusinya adalah mengencangkan baut pengikat dinamo starter. Namun, jika ternyata lubang baut sudah aus, perlu dilakukan pembubutan agar dinamo starter tidak bergetar saat mesin distarter.

Masalah lain juga bisa terjadi pada gigi pinion atau gigi kecil antara dinamo starter dan flywheel. Pastikan roda gigi pinion tidak aus atau hancur agar mesin mobil tidak lagi berbunyi.

Selain itu sobeknya karet peredam engine mounting juga bisa membuat mesin berbunyi saat dinyalakan. Jika begitu, kamu hanya perlu mengganti karet peredam dengan yang baru.

Terakhir, mesin mobil berbunyi tek tek saat distarter jyga bisa disebabkan oli yang belum naik. 

Saat mobil sudah lama tidak dinyalakan, oli akan mengendap di bagian carter atau oil pan. Akibatnya, bagian atas mesin pun mengalami kekeringan oli.

Mobil dalam kondisi seperti ini akan sulit distarter dan mengeluarkan bunyi tek tek.