5 Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil dengan Mudah

Cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil perlu diketahui oleh para pemilik kendaraan, terutama kalau punya mobil tua.  Oli mesin rembes bisa dilihat dari titik tetesan minyak oli. Dari ini, kamu bakal mudah nyari sumbernya di mana dan penyebabnya apa.

Oli mobil yang merembes bisa menandakan adanya masalah di mobil kamu. Walaupun cuma beberapa tetes, tetap saja masalahnya bisa jadi besar.

Oli pada mesin kendaraan bermotor punya fungsi yang sangat vital sebagai dan sebagai media pendinginan mesin.

Kalau oli rembes di mesin mobil, wajib cari tahu penyebabnya dan cara mudah mengatasi oli rembes tanpa membongkar mesin mobil. Berikut ulasannya.

1. Kencangkan semua baut atau menggantinya dengan yang baru

5 Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil dengan Mudah

Cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil yang pertama dengan memeriksa baut. Baut yang kendor sering sering dialami oleh kendaraan-kendaraan yang punya jam terbang tinggi. Kamu harus memeriksa setiap baut di area kebocoran oli untuk sekadar memastikan.

Jika baut ternyata kendor, maka kamu cuma perlu mengencangkannya dan memastikannya agar terpasang dengan benar dan tidak miring.

Baut yang miring akan menyebabkan mobil terasa berat dan berpotensi merusak ulir karter atau baut itu sendiri.

Lain halnya dengan baut yang rusak. Kamu perlu menggantinya dengan yang baru. Kamu bisa kok membuat drat baru atau memanfaatkan baut lain yang masih oke.

2. Ganti paking segel yang rusak dan aus

Berbagai komponen dan poros dalam mobil punya sambungan yang berbeda dan punya gasket untuk menjaga oli tetap di dalam mesin.

Mobil yang sering dipakai menyebabkan banyak bagian mesin yang bergerak sehingga, maka poros berputar dan suhunya akan meningkat.

Dalam kondisi tersebut, oli akan mudah merembes. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti segel dan paking. Gak mengeluarkan biaya banyak kok untuk menggantinya.

3. Manfaatkan sealant oli mesin

Sealant juga biasa lho digunakan untuk menangani kebocoran oli ringan. Sealant adalah sejenis cairan untuk menutup kebocoran dari dalam.

Sealant ini digunakan sebagai penutup dan kondisioner untuk segel dan paking sehingga dapat mengembalikan bentuk semula. Penggunaannya harus dicampur dengan oli mesin.

Tenang saja, bahan ini tidak akan mengganggu kinerja bagian mesin mobil lain.

4. Perhatikan ring mobil

Baut karter oli umumnya dilengkapi dengan ring untuk mencegah kebocoran oli. Jika ring ini hilang atau rusak, maka bisa jadi inilah penyebab oli rembes. Kamu bisa membelinya jika ring mobil rusak.

5. Gunakan seal tape

Seal perseneling atau yang dikenal sebagai seal kick starter, jika rusak bisa diperbaiki dengan tanpa membongkar mesin. Kamu hanya perlu mencongkel seal yang sudah rusak kemudian menggantinya dengan yang baru.

Setelah itu, jangan lupa untuk menambahkan oli untuk menjaga kapasitas oli yang ditentukan.

Perlu diingat, cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil ini hanya berlaku untuk mengatasi kerusakan kecil. Jika kamu menemukan blok mesin yang retak, maka harus segera dibawa ke bengkel.

Penyebab oli mobil rembes

5 Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil dengan Mudah

Kebocoran minyak oli bisa menjadi alasan penyebab masalah serius pada kendaraan. Belum lagi jika ada kaitannya dengan kerusakan komponen lain. Apa sih penyebab oli rembes?

Seal gearbox robek

Jika kamu menemukan rembesan oli di bagian bawah mesin mobil dekat dengan radiator, maka penyebabnya bisa dipastikan karena seal gearbox yang robek. Gak cuma membuat oli rembes, seal gearbox yang rusak juga membuat mesin mobil berisik.

Seal crankshaft bocor

Oli rembes juga bisa disebabkan oleh seal crankshaft. Jika dibiarkan terlalu lama, kebocoran seal crankshaft ini akan menyebabkan oli merembes dari depan hingga belakang kolong mobil.

Perbaikan kebocoran seal crankshaft atau seal oil pump sebaiknya dilakukan dengan segera agar kerusakan tidak menjalar ke timing belt dan komponen mesin lain.

Tank oli longgar

Setelah mengisi oli, jangan lupa menutup tanknya dengan rapat. Kalau tank oil tidak rapat atau longgar maka siap-siap saja oli bakal merembes.

Gak cuma itu, oli pastinya akan semakin berkurang dari kapasitas sebelumnya. Hal ini juga akan menyebabkan tekanan oli mengalami penurunan.

Transmisi bocor

Kebocoran oli pada bagian transmisi pelumas sangat mungkin terjadi. Oli akan merembes dari arah belakang mesin bila terjadi kebocoran transmisi.

Walaupun demikian, biasanya volume oli tidak akan terkuras. Selain itu, titik rembesan juga tidak berasal dari tangki oli, melainkan berasal pada belakang mesin saja.

Oli gardan bocor

Oli gardan bisa dikatakan sebagai salah satu komponen distribusi pelumas yang jarang rusak. Jangan salah, saat oli gardan mengalami bocor, maka akan muncul rembesan dari arah belakang mesin mobil atau wheel drive.

Pentingnya oli pada mesin kendaraan

Oli kendaraan takaran dan kekentalan harus sesuai untuk mendapatkan performa dan keawetan mesin. Hal ini akan menambah pengalaman berkendara yang maksimal.

Perlu diingat kalau kebocoran minyak oli bisa menjadi penyebab masalah serius pada kendaraan, apalagi kalau kerusakannya menjalar ke komponen lain.

Oli ini bagaikan elemen yang penting dalam mekanisme kerja mobil untuk meningkatkan umur komponen mesin. Oli juga berfungsi untuk mengurangi korosi dan gesekan antar bagian mesin saat bergerak.

Lebih parahnya lagi dapat membuat mesin gagal menyala atau cepat rusak. Oli yang rembes atau mengalami kebocoran biasanya akan menunjukkan kondisi dimana oli berkurang secara signifikan dibandingkan pemakaian biasa.  

Untuk menjaga agar kendaraan tetap dalam kondisi prima, maka pastikan kamu selalu rutin servis dan ganti oli sesuai jadwalnya. Jika tidak dilakukan, akan memicu kerusakan yang parah. Kalau kamu ingin melindungi kendaraan dari biaya ganti oli atau biaya servis, maka berikan perlindungan asuransi mobil.

Produk asuransi mobil akan memproteksi keuanganmu dari perbaikan dan perawatan kendaraan maupun kehilangan sesuai polis. Yuk, cari tahu perusahaan dan produk asuransi mobil terbaik untuk mobilmu di DuitPintar!

FAQ seputar oli rembes

Apa penyebab oli rembes?

Oli mobil rembes disebabkan oleh seal gearbox yang robek, seal crankshaft bocor, tank oli longgar, transmisi bocor dan oli gardan bocor.

Bagaimana cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin?

  1. Kencangkan semua baut atau menggantinya dengan yang baru
  2. Ganti paking segel yang rusak dan aus
  3. Manfaatkan sealant oli mesin
  4. Perhatikan ring mobil
  5. Gunakan seal tape

Apakah asuransi mobil menanggung biaya ganti oli?

Ya. Produk asuransi mobil akan memproteksi keuanganmu dari perbaikan dan perawatan kendaraan maupun kehilangan sesuai polis. Yuk, cari tahu perusahaan dan produk asuransi mobil terbaik untuk mobilmu di DuitPintar!