Cara Mengganti Sil Master Rem Mobil dengan Mudah

Umumnya cara mengganti sil master rem mobil (seal master rem) diawali dengan melakukan bleding atau membuang angin. Tujuannya untuk memeriksa apakah ada angin yang terjebak di dalamnya atau nggak. 

Hal yang lumrah jika sebuah kendaraan mengalami kerusakan pada beberapa komponennya. Karena sistem kerja mobil satu kesatuan, maka bila ada bagian yang rusak pastinya berpengaruh pada komponen lainnya. 

Seperti kerusakan pada master rem yang pastinya berefek pada sistem pengereman yang jadi bekerja nggak maksimal. Umumnya saat komponen di mobil mengalami kerusakan ada gejala yang muncul hingga kamu bisa mendeteksi ada hal yang nggak beres. 

Untuk master rem yang bermasalah, indikasi kerusakan menimbulkan beberapa tanda seperti injakan menjadi turun dan dalam padahal posisi tekanan pada pedal rem tetap, injakan harus dilakukan berkali-kali, menyusut minyak rem pada tabung. Hal lain yang bisa jadi gejala master rem bermasalah adalah setelan rem mengunci sendiri, hingga asap dari knalpot berwarna putih. Kondisi ini disebabkan karet pada master rem yang terbakar. 

Fungsi master silinder rem mobil 

Cara Mengganti Sil Master Rem Mobil dengan Mudah

Salah satu sistem keamanan terpenting dalam berkendara adalah sistem pengereman. Ketika sistem pengereman terawat dengan baik, tentunya akan memberikan fungsi keselamatan tinggi bagi pengendara maupun penumpangnya. Di dalam sistem pengereman, banyak sekali komponen rem yang saling bekerja sama untuk memberikan rasa aman sepanjang perjalanan. Salah satunya adalah master silinder rem. 

Fungsi master silinder adalah untuk membuat tekanan pedal rem naik saat ditarik atau diinjak oleh pengemudi. Tekanan yang ada akan diubah menjadi gaya hidrolik pada master silinder. Itulah yang akan menekan piston pada kaliper atau silinder dari setiap roda mobil.

Komponen ini sangat penting perannya dalam melakukan pengereman pada mobil. Maka dari itu, komponen ini perlu perawatan yang insentif agar kondisinya terkontrol dengan baik. Ketika master silinder rem bekerja maksimal, maka sistem pengereman yang Anda gunakan sepanjang perjalanan akan berjalan lancar. Keselamatan Anda pasti terjaga. 

Komponen yang ada dalam master rem silinder

Dari fungsi-fungsi di atas harus dipahami juga ada beberapa komponen terkait dari sistem pengereman ini. Berikut penjelasannya: 

  • White Cap atau penutup pada tangki yang berfungsi menampung minyak dari rem. 
  • Diaphragm berfungsi sebagai pelindung master silinder itu sendiri, seal ini berbahan karet. 
  • Reservoir Tank berfungsi untuk menampung minyak rem cadangan. 
  • Level Sensor, komponen ini berfungsi memberi notifikasi pada pengendara saat minyak rem habis atau berkurang. 
  • Master Cylinder Body merupakan body luar tempat piston dan seal rem bekerja. 
  • Primary Piston merupakan piston utama pada rem depan dengan dua seal yang ada pada ujungnya. 
  • Return Spring berfungsi mengembalikan posisi piston ke posisi semula. 
  • Secondary Piston adalah piston sekunder yang ada di rem belakang kendaraan yang memiliki seal di kedua ujungnya. 
  • Return Part atau lubang katup yang berfungsi sebagai pengembali minyak rem dari ruang tekanan. 
  • Inlet Port, komponen terakhir ini berfungsi sebagai lubang untuk mengisi minyak rem dari reservoir tank menuju ruang tekanan minyak. 

Cara Kerja Silinder Rem Mobil

Secara umum, cara kerja silinder rem mobil dibagi menjadi tiga bagian , yaitu saat kondisi bebas, saat pedal ditekan dan saat pedal terlepas. 

Saat kondisi bebas 

Dalam keadaan ini artinya tidak ada tekanan pada tuas atau pedal rem. Poisis piston utama, sekunder, dan pegas berada di tengah lubang kompensasi dan lubang penambahan. 

Saat kondisi seperti itu, minyak rem akan terhubung dengan ruang kerja yang memberi tekanan pada bagian belakang piston, jadi lebih rendah. 

Saat Pedal Ditekan

Cara kerja yang kedua yaitu saat pedal atau tuas rem tertekan. Pada saat pedal rem mendapat tekanan, maka push rod secara otomatis akan mendorong piston utama menuju depan. 

Oleh karena itu, akan terjadi tekanan pada ruang utama. Tekanan ini semakin lama akan meningkat apabila tuas ditekan lebih jauh. Dengan demikian, tekanan antara piston utama dan sekunder juga ikut bertambah. Hal ini juga memungkinkan untuk membuat tekanan pada semua sisi kaliper sama. 

Saat Pedal terlepas

Cara kerja yang terakhir yaitu ketika pedal dilepas. Saat pedal dilepas, maka tidak ada tekanan sama sekali pada tuas atau pedal rem. Oleh karena itu, return spring akan mengembalikan piston silinder pada posisi awal.

Cara cek master rem yang bermasalah 

Sebelum melangkah pada perbaikan, kamu harus lakukan pengecekan atau pemeriksaan seksama dulu agar bisa diketahui penyebabnya. 

  • Periksa apakah ada angin yang terjebak di saluran oli rem atau tidak. Pengecekan ini disebut juga dengan bleding. 
  • Setelah bleding, langkah selanjutnya adalah coba jalankan mobil dan rem seperti biasa. Saat kondisi rem nggak pakem, maka itu salah satu tanda ada masalah pada master rem.
  • Bongkar master rem yang ada pada dudukan booster rem. 
  • Periksa bagian dalam dinding master rem dengan jari telunjuk. 
  • Rasakan apakah ada bagian yang terasa kasar atau berkarat pada dinding master rem mobil kamu. 

Cara memperbaiki master rem 

Cara Mengganti Sil Master Rem Mobil dengan Mudah

Setelah diketahui penyebab masalah dari master rem, dari sini kamu bisa langsung lakukan perbaikan atau penggantian master rem. 

Berikut beberapa cara mengganti master rem : 

1. Periksa dinding master rem 

Saat ada kotoran atau karat pada dinding master rem mobil kamu, segera gosok dengan amplas hingga bagian tersebut bersih. Ini merupakan cara paling mudah untuk memperbaiki master rem mobil tanpa harus mengeluarkan biaya besar. 

2. Mengganti master rem

Saat cara sebelumnya nggak ampuh menjadi solusi memperbaiki masalah master rem, mau nggak mau kamu mengganti master rem silinder. 

Cara ini nggak berlaku, kalau saat master rem dibersihkan sistem pengereman sudah berfungsi maksimal. Tapi, bila ternyata masih ada kendala, kamu harus menyiapkan bujet khusus untuk penggantian master rem silinder. 

3. Mengganti karet master rem mobil 

Selain itu, kamu bisa mengganti karet master rem dengan komponen yang baru. Setelah perbaikan pada master rem mobil, selanjutnya pasangkan lagi semua komponen terkait pada sistem pengereman ke posisi semula. 

Lagi, lakukan bleding untuk benar-benar memastikan tak ada angin pada saluran oli rem. Sebab, bila ditemui ada angin pada saluran oli rem, maka hasilnya rem jadi nggak pakem 

Periksa dan pastikan kondisi rem benar-benar sudah bekerja dengan baik. Coba injak pedal rem, jika baik maka pedal rem nggak ambles lagi. Bila dirasa aman, tes dengan menjalankan mobil. 

Harga seal master rem mobil 

Salah satu komponen yang berhubungan dengan master rem adalah seal master rem. Nah, harga dari seal master rem mobil pun bervariasi. Seal master rem mobil dapat dengan mudah kamu temui di toko aksesoris mobil, bengkel, ataupun lokapasar. Harganya pun beragam tergantung dari merk dan jenis kendaraan yang kamu kendarai. Berikut harga master rem mobil di lokapasar di Tanah Air:

  • Harga Seal Kit Caliper Rem Camry ACV30 Alphard ANH10 Wish ANE10 Original Rp380.000
  • Harga Seal Kit Caliper Rem New Camry ACV40 Original Rp390.000
  • Harga Cup Kit Seal karet rem belakang set untuk kendaraan Agya Rp94.000
  • Harga seal rem depan Datsun  Rp111.134
  • Harga seal master rem atas mobil timor sohc dan dohc original Rp175.000
  • Harga seal rem depan Nissan March Rp383.299
  • Harga seal rem atas Nissan Rp132.000
  • Harga seal master rem belakang karimun kotak Rp120.000
  • Harga Master Rem Soluna 46610-0A010 asli Original Rp640.000
  • Harga Brake Master Rem Atas Toyota Soluna/Starlet Kapsul Rp495.000
  • Harga Master Rem Atas Soluna – Brake Master / BM Assy – Sanyco Taiwan Rp492.000

Tips cara mengganti sil master rem mobil

Untuk cara mengganti sil master rem mobil sebenarnya bisa kamu lakukan sendiri. Namun sebelum itu, kamu bisa memulainya dengan pengecekan dinding master rem terlebih dahulu baru kemudian mengganti master sil termasuk karet sil. 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membongkar seluruh komponen yang ada di bagian master rem. Perhatikan dengan seksama bagian sil master rem. Bila terlihat sudah aus atau getas, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. 

Saat kamu melihat rem macet saat berbelok, biasanya bantalan tidak rata saat menyentuh cakram. Ini adalah salah satu akibat dari masalah pada master seal rem.

Sebaiknya segera ganti bagian tersebut dengan yang baru. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan rem. Dengan menggunakan bensin untuk lebih mudah menghilangkan kotoran yang sudah terlanjur melekat. 

FAQ cara mengganti sil master rem mobil 

Bagaimana cara mengganti sil master rem mobil? 

Untuk cara mengganti sil master rem mobil sebenarnya bisa kamu lakukan sendiri. Namun sebelum itu, kamu bisa memulainya dengan pengecekan dinding master rem terlebih dahulu baru kemudian mengganti master sil termasuk karet sil. 

Berapa harga sel master rem mobil soluna? 

Harga master rem bervariasi, tergantung dari merknya dan mobil yang digunakan. Misalnya harga master rem dari Soluna 46610-0A010 asli Original Rp640.000. Kemudian Brake master rem atas Toyota Soluna/Starlet Kapsul Rp495.000. Tetapi untuk harga Master Rem Atas Soluna – Brake Master / BM Assy – Sanyco Taiwan Rp492.000.

Bagaimana cara cek master rem yang bermasalah? 

  • Periksa apakah ada angin yang terjebak di saluran oli rem atau tidak. Pengecekan ini disebut juga dengan bleding. 
  • Setelah bleding, langkah selanjutnya adalah coba jalankan mobil dan rem seperti biasa. Saat kondisi rem nggak pakem, maka itu salah satu tanda ada masalah pada master rem.
  • Bongkar master rem yang ada pada dudukan booster rem. 
  • Periksa bagian dalam dinding master rem dengan jari telunjuk. 
  • Rasakan apakah ada bagian yang terasa kasar atau berkarat pada dinding master rem mobil kamu.