Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Mudah Tanpa ke Bengkel

Cara menghilangkan baret mobil tak harus dengan pergi ke bengkel. Menghilangkan goresan pada kendaraan bisa dilakukan di rumah dengan alat-alat sederhana. 

Sudah bukan rahasia lagi kalau cat mobil mudah tergores. Tanpa sengaja meletakkan tas belanjaan di atap mobil atau saat membuka dan menutup bagasi, pasti tanpa sadar pernah dilakukan pemilik mobil. Alhasil, goresan instan pun tercipta dari aktivitas tak sengaja tadi. 

Meski bukan sesuatu hal yang besar, tapi goresan pada mobil pastinya mempengaruhi penampilan mobil kamu. Membawa mobil ke bengkel memang cara paling praktis menjawab persoalan tersebut. 

Tapi sebaiknya kamu jangan panik. Menghilangkan baret mobil bisa dilakukan sendiri. Bahkan, hanya dalam kurun waktu satu jam saja, baret pada mobil bisa tersamarkan. 

Cara kompon mobil untuk menghilangkan baret samar  

Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Mudah Tanpa ke Bengkel

Kompon adalah penghilang baret mobil yang paling sering digunakan para pemilik kendaraan. Apa itu kompon? Bahan yang bersifat mengikis cat mobil ini digunakan dengan cara memoles. 

Kompon biasa digunakan untuk menyamarkan baret-baret halus hingga sedang yang ada pada bodi mobil. Kompon bisa jadi penghilang lecet mobil yang terbilang ampuh. Sebelumnya perlu dipahami dulu, baret mobil yang bisa diperbaiki sendiri adalah goresan yang tidak dalam. Bila baret mobil kamu tidak dalam, bisa dilakukan dengan cara sederhana ini. 

Adapun cara melakukan kompon mobil untuk menghilangkan baret adalah sebagai berikut:

  • Siapkan kompon, kain, dan amplas grit 3000. 
  • Bersihkan bagian baret pada mobil menggunakan air sekaligus untuk membersihkan kotoran yang menempel. 
  • Lap bagian yang dikenai air tadi menggunakan lap kering. 
  • Poles bagian baret pada mobil dengan kompon poles. Karena sifat kompon yang cepat kering, saat mengoleskan harus dilakukan dengan cepat. Sebab bila kompon mengering dan mengeras malah jadi sulit dibersihkan. 
  • Oles bagian yang sudah diberi kompon tersebut dengan amplas grit 3000 dengan satu arah dan perlahan saja. Hal ini dilakukan agar cat mobil tidak ikut terkikis. 
  • Setelah diamplas dan bagian baret sudah bersih, bilas dengan air lalu keringkan. 

Cara menghilangkan baret mobil menggunakan pasta gigi 

Selain krim kompon, kamu juga bisa menggunakan benda yang mudah ditemui di rumah untuk menutup baret pada mobil. Pasta gigi bisa jadi penghilang lecet mobil. Hanya saja, penggunaan pasta gigi hanya untuk goresan yang dangkal alias tidak dalam. 

Pastikan mobil kamu dalam keadaan bersih sebelum mengoles pasta gigi pada baret di kendaraan. Siapkan kain lembut yang berfungsi sebagai tempat pasta gigi. 

Langkah yang harus dilakukan kurang lebih sama dengan penggunaan kompon. Tuangkan pasta gigi secukupnya bagian yang terbaret. Gosok dengan kain lembut yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air. Pastikan kamu menggosok dengan gerakan melingkar agar polesan merata. 

Pemolesan menggunakan pasta gigi sebenarnya kurang efektif apabila Anda cukup mengandalkan pasta gigi saja tanpa memadukan dengan bahan lain. Selama goresannya tidak parah, kamu dapat menggunakan cara seperti ini.

Penggunaan pasta gigi bisa dilakukan bila kamu tidak memiliki material seperti amplas grit 3000. Keduanya memiliki sifat abrasif yang sama dan berfungsi sebagai senyawa poles. 

Cara menghilangkan baret mobil dengan mengecat ulang 

Kalau mobil sudah baret parah, maka kamu bisa mengecat ulang. Baret cat yang dalam pada mobil sebenarnya sedikit sulit untuk diperbaiki, tapi bukan berarti tidak bisa dihilangkan sama sekali. Di sini hanya membutuhkan kesabaran dari kamu untuk melakukannya. 

Bahan yang kamu butuhkan untuk menghilangkan baret mobil yang dalam adalah amplas, pemoles, handuk microfiber, selotip, kertas dan wax mobil. Sama seperti cara menghilangkan baret mobil lainnya, kendaraan yang terkena goresan harus dibersihkan terlebih dulu. 

Poles bagian yang tergores dengan amplas grit 2000 sampai terlihat panel metal mobil. Tutupi area yang di luar baret dengan kertas dan selotip, untuk menghindari semprotan cat. Lalu, semprotkan cat primer mobil ke area yang diamplas tadi dan biarkan mengering. Setelah itu semprotkan dengan cat warna sama dengan kendaraan kamu dan biarkan mengering. 

Bila cat semprot mengering pastikan warnanya sama dengan warna sebelumnya. Lap bagian tersebut dengan kain microfiber dan gosok melingkar hingga semua lapisan cat hilang. 

Perlu digarisbawahi, cara ini cukup sulit untuk seorang amatir yang mengerjakan sendiri di rumah. Apalagi mencari cat dengan warna yang benar-benar sama. 

Cara menghilangkan baret mobil dengan tipe wax

Sama seperti penggunaan kompon dan pasta gigi, tipe goresan yang bisa dihilangkan dengan tipe wax adalah baret halus. Tipe wax sendiri ada dua jenis yaitu padat dan cair. 

Jenis wax cair biasanya digunakan untuk menyamarkan baret karena sifatnya yang abrasif. Saat menggunakan jenis tipe wax ini, hati-hati saat menggosoknya. Jangan terlalu keras karena bisa menyebabkan goresannya malah bertambah. Sedangkan wax padat lebih aman digunakan karena tidak mengandung bahan abrasif. 

Cara menghilangkan baret mobil dengan minyak rem 

Bahan yang dibutuhkan untuk cara ini adalah minyak rem dan kanebo. Pertama tuang minyak rem secukupnya pada kanebo kering. Oleskan ke bagian mobil yang tergores secara merata. Setelah dipoles, bilas bagian tersebut dengan air dan lap lagi menggunakan kanebo kering. 

Memakai cara menghilangkan baret mobil dengan minyak rem sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya saja dibutuhkan kehati-hatian karena sifat minyak rem yang keras. Sangat disayangkan bila terjadi kesalahan hanya karena menuang minyak rem terlalu banyak hingga menyebabkan bagian lain menjadi rusak. 

Cara menghilangkan baret mobil dengan obat nyamuk 

Jangan cepat pergi ke bengkel saat menemui goresan atau baret pada mobil kesayangan kamu. Ada cara menghilangkan baret mobil dengan obat nyamuk yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan adalah satu sachet obat oles nyamuk, kain lembut bersih, dan air. 

Oleskan krim obat nyamuk ke bagian mobil yang terkena gores atau baret. Buat satu gerakan memutar. Jika sudah merata, biarkan selama 15-20 detik kemudian bilas dengan permukaan tersebut dengan air bersih dan keringkan kembali dengan kain lap. 

Biaya menghilangkan baret mobil di bengkel 

Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Mudah Tanpa ke Bengkel

Bila kamu nggak punya waktu untuk mengerjakan penghilangan baret sendiri di rumah, ada jasa cat duco yang bisa jadi alternatif selain bengkel. Selain mudah dijumpai, perbaikan goresan atau baret mobil yang ringan pun bisa langsung dilakukan di tempat. 

Kalau baret mobil parah juga lebih baik dilakukan oleh ahlinya di bengkel. Biaya jasa cat duco untuk menghilangkan baret mobil di pinggir jalan harganya bervariasi. Tarif rata-rata untuk lecet lebih dari satu titik, pemilik mobil harus menyiapkan biaya Rp200 ribu sampai Rp900 ribu. Sedangkan untuk lecet satu bagian saja, seperti bumper misalnya, tarif yang dipatok mulai dari Rp350 ribu hingga Rp400 ribu. 

Berikut estimasi biaya yang harus disiapkan untuk cat mobil memakai cat jenis polyurethane untuk mengatasi lecet atau baret di bengkel body repair bukan resmi. 

  • Harga Per panel Rp300.000 – Rp450.000 (Standar Panel Pintu, Spakbor/Fender, Bumper, Sidekirt dan Spoiler/Wing)
  • Kap Mesin & Bagasi Rp400.000 – Rp600.000
  • Atap Mobil Rp500.000 – Rp800.000

Sedangkan untuk estimasi harga termurah menggunakan cat Acrylic Lacquer, berikut daftar biayanya : 

  • Kap Mesin Rp450.000
  • Kabin Atas Rp650.000
  • Kap Bagasi Rp350.000
  • Pintu Per-Panel Rp350.000
  • Fender Per-Panel Rp350.000
  • Bemper Depan Rp350.000
  • Bemper Belakang Rp350.000

Harga tersebut relatif terjangkau dibanding di bengkel resmi yang harganya bisa menginjak angka jutaan. Seperti Auto2000 dengan jaringan dealer resmi mobil Toyota, mematok harga cat cat untuk mengatasi lecet atau baret mulai dari Rp700 ribu per panel dan Rp1,8 juta untuk atap.

FAQ cara menghilangkan baret mobil 

Apakah baret mobil bisa dihilangkan? 

Cara menghilangkan baret mobil tak harus dengan pergi ke bengkel. Menghilangkan goresan pada kendaraan bisa dilakukan di rumah dengan alat-alat sederhana. Menghilangkan baret mobil bisa dilakukan sendiri. Bahkan, hanya dalam kurun waktu satu jam saja, baret pada mobil bisa tersamarkan. 

Apa saja yang bisa jadi penghilang baret mobil?

  • Kompon 
  • Pengecatan ulang 
  • Obat nyamuk
  • Wax
  • Minyak rem 

Berapa biaya perbaikan mobil baret?

Biaya jasa cat duco untuk menghilangkan baret mobil di pinggir jalan harganya bervariasi. Tarif rata-rata untuk lecet lebih dari satu titik, pemilik mobil harus menyiapkan biaya Rp200 ribu sampai Rp900 ribu. Sedangkan untuk lecet satu bagian saja, seperti bumper misalnya, tarif yang dipatok mulai dari Rp350 ribu hingga Rp400 ribu.