Cara Poles Mobil dengan Tangan dan Mesin Biar Kinclong Lagi

Poles mobil dianggap sebagai cara ampuh menghilangkan kotoran yang membuat mobil jadi kusam dan terlihat gak terawat. Tapi, memoles mobil gak boleh dikerjain sembarangan dan asal-asalan.

Biar hasilnya optimal, kamu harus mengetahui cara poles cat dan body mobil yang benar. Karena ada ilmu atau teknik yang membuat polesan benar-benar memberikan hasil yang diharapkan. Selain itu, kamu juga butuh peralatan khusus poles mobil.

Yuk, simak panduan memoles mobil berikut ini.

Ini 4 jenis penghilang goresan mobil

Cara Poles Mobil dengan Tangan dan Mesin Biar Kinclong Lagi

Terdapat 4 jenis penghilang goresan yang bisa gunakan saat memoles mobil yaitu Wax, Compound, Spray, dan Touch Pen. Berikut ulasannya:

1. Wax

Jenis penghilang gores yang satu ini terkenal bisa menghilangkan goresan halus pada bodi mobil. Ada 2 jenis wax berdasarkan bentuknya, yaitu cair dan padat atau solid.

Wax jenis cair bisa menghilangkan goresan yang tak kasat mata. Efek wax cair ini berlangsung lama. Tapi perlu diingat, wax mengandung bahan abrasif jadi hindari penggunaan cairan wax agar tidak memunculkan goresan pada mobil.

Dibandingkan dengan wax cair, wax padat lebih aman dan tidak mengandung banyak risiko walaupun sama bisa buat menghilangkan goresan yang tidak terlihat sekalipung.

2. Compound

Gak jauh beda dengan wax, compound atau kompon mobil bisa menghilangkan goresan halus dan dangkal. Compound punya khasiat lain yaitu bisa merawat cat mobil.

Compound punya beragam bentuk, dari mulai cair hingga padat. Selain itu, compound juga hadir dalam beberapa level, dimana semakin tinggi levelnya semakin kasar kandungannya.

3. Spray

Penghilang goresan jenis spray atau semprot dapat dikatakan sebagai jenis penghilang paling baik karena bisa menghilangkan goresan yang cukup dalam.

Selain kelebihan, ada juga kekurangannya. Jenis spray ini ketersediaannya tidak terlalu banyak apalagi kecocokan warna cat, jenis spray dan teknik penerapannya yang tidak mudah.

4. Touch Pen

Touch pen mampu menghilangkan goresan serta karat dan silikon yang menempel pada body mobil. Sesuai dengan namanya, kamu harus menggoreskannya, layaknya menulis, pada goresan.

Touch pen sangat cocok dimanfaatkan untuk menghilangkan baret berbentuk garis. Namun, touch pen memiliki kekurangan yang sama dengan jenis spray dimana kamu harus menyesuaikan produk dengan warna cat.

Persiapan sebelum poles mobil

Cara Poles Mobil dengan Tangan dan Mesin Biar Kinclong Lagi

Sebelum memoles mobil, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal dan mempersiapkan peralatan serta bahan yang akan digunakan. Apa saja persiapannya?

1. Cuci mobil sampai bersih

Jika kamu memoles mobil di rumah, sebelum benar-benar melakukannya, mobil harus dicuci terlebih dahulu. Mencuci mobil ini gak boleh banget untuk dilewati.

Kalau mobil kamu masih kotor, bukannya akan menjadi mengkilap, siap-siap saja, bodi mobil malah menjadi baret saat dipoles. Akan lebih baik kalau kamu punya alat atau mesin untuk cuci mobil di rumah, jadi bersihnya bisa maksimal.

Mengapa demikian? Tekanan yang tinggi dari mesin untuk cuci mobil bisa menyapu kotoran yang ada di bodi mobil. Kamu gak perlu mengusapnya dengan tangan yang malah berisiko membuat cat menjadi baret.

Gunakan sabun khusus untuk mencuci mobil. Kamu bisa membelinya di toko dekat rumah. Jangan pernah mencucinya menggunakan sabun cuci piring atau sabun colek karena bisa merusak cat mobil, kadar pH sabun yang tidak sesuai.

Baiknya sih pakai sabun yang sudah ada bahan wax-nya karena bahan ini bakal buat mobil kamu makin kinclong dan hasilnya bikin wah.

2. Gunakan lap microfiber untuk mengeringkan mobil setelah dicuci

Kalau sudah bersih dicuci, langkah selanjutnya adalah mengeringkannya menggunakan lap berbahan microfiber.

Lap ini biasa dijumpai dan dipakai oleh salon-salon mobil maupun rumah jasa detailing. Hal ini dikarenakan lap microfiber mempunyai lapisan yang lembut, tidak akan merusak cat mobil dan dapat menyerap air yang lebih baik.

Bagaimana kalau gak punya lap microfiber? Jika tidak ada lap microfiber, kamu bisa menggunakan kanebo dengan sedikit catatan.

Siapkan dua kanebo dan air bersih di ember kecil. Bilas kanebo yang sudah dipakai dengan air yang disediakan. Jangan gunakan kanebo sejak awal pengeringan hingga akhir tanpa dibilas.

Alasanya adalah, dengan menggunakan 2 kanebo, kamu bisa mengupayakan agar kanebo tetap bersih untuk mengurangi risiko cat tergores atau swirlmark.

3. Siapkan alat poles dan wax

Persiapannya gak cukup dengan mencuci mobil saja, kamu juga harus menyiapkan alat poles khusus memoles bodi mobil dan wax. Untuk poles mobil sendiri di rumah, cukup memakai wax saja.

Jika ingin hasilnya lebih optimal, kamu bisa gunakan cara kompon mobil yang bahannya soft atau medium. Sebelum melakukan poles mobil, pastikan tidak ada debu yang menempel pada bodi mobil.

Cara poles mobil di rumah secara manual

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk memoles mobil yaitu memakai tangan dengan cara manual dan memakai mesin poles khusus mobil. Sebelum memoles mobil dengan tangan, pastikan kamu sudah makan karena prosesnya membutuhkan waktu dan tenaga yang sangat besar.

Cara poles mobil sendiri di rumah dilakukan secara berurutan agar hasilnya lebih maksimal. Kamu bisa memulainya dari bagian panel samping depan kanan atau kiri, lanjut ke pintu depan, pintu samping, dan panel samping bagian belakang.

Cara menggunakan wax mobil adalah dengan mengoleskan cairan tersebut demi sedikit sampai merata di badan mobil. Jika sudah rata, gunakan kain lap microfiber yang bersih untuk memoles cairan yang menempel tersebut dengan cara memutarnya secara berulang.

Kalau satu bagian dirasa sudah cukup bersih, kamu bisa melanjutkan ke bagian mobil lainnya. Karena dilakukan secara manual, siap-siap ya pundak dan punggung kamu akan terasa pegal.

Oh iya, biasanya hasil pemolesan kurang merata dan kurang maksimal. Cara poles body mobil dengan tangan setidaknya membutuhkan waktu 2-4 jam tergantung ukuran mobil.

Cara poles mobil menggunakan mesin

Cara Poles Mobil dengan Tangan dan Mesin Biar Kinclong Lagi

Menggunakan mesin untuk memoles mobil caranya sama dengan cara memoles mobil yang baru dicat dengan tangan.

Kamu bisa memulainya dari bagian yang termudah dulu, seperti di sisi samping mobil. Karena proses polesnya hanya memakai wax, gunakan kecepatan terendah dulu saat pertama kali proses dilakukan. Setelah itu, barulah naikkan kecepatan secara perlahan ke tahap menengah.

Perlu diperhatikan, sesuaikan busa untuk poles mobil dengan peruntukannya. Busa poles mobil terdiri dari busa kontur rata, busa kontur bergelombang, busa rata dengan ketebalan agak keras, dan busa yang terbuat dari bulu.

Kamu bisa gunakan model busa rata. Pastikan pada saat poles body mobil, posisi mesin poles harus rata dan tidak miring. Jika posisinya miring, cat bisa rusak, bergelombang bahkan terkikis.

Usahakan jangan terlalu lama memoles body mobil agar lapisan cat tidak rusak. Dalam prosesnya, kamu perlu sedikit menekan alat poles agar lebih maksimal. Jangan terlalu ditekan karena berpotensi menyebabkan kerusakan pada panel bodi mobilnya.

Cara poles mobil tanpa mesin

Sudah dijelaskan di atas kalau memoles mobil dengan tangan bukan pekerjaan mudah karena kamu butuh stamina yang prima. Jangan heran ya kalau paska memoles mobil, tangan kamu akan pegal-pegal.

Poles mobil tanpa mesin juga bisa lho menjadikan mobil makin kinclong kalau prosesnya dilakukan dengan baik. Berikut adalah beberapa tips poles mobil tanpa mesin yang bisa kamu terapkan:

  • Saat mencuci dan melakukan proses detailing, jangan lupa untuk menjangkau bagian yang terhindar dari sinar matahari dan paparan debu.
  • Mulailah perawatan ketika suhu mobil normal atau dingin. Jangan memulai perawatan saat mobil baru saja digunakan dan mesin masih panas.
  • Proses pemolesan menggunakan soft buff pad dan cairan compound atau kompon yang bisa menghilangkan baret atau goresan halus dan memulihkan permukaan cat yang kusam.
  • Cara kompon mobil yang tepat adalah dengan membubuhi soft buff dengan cairan microfiber. Usapkan bahan tersebut pada bagian mobil per panel. Setelah selesai, ulangi proses dengan cara meneteskan cairan dan mengusapkannya pada bagian panel mobil yang lain.
  • Tunggu proses tersebut selama sekitar 5 menit, kemudian bersihkan sisa dengan lap microfiber.
  • Jika proses sudah selesai, kamu bisa melakukan polishing untuk membuat warna cat mengkilap.
  • Terakhir adalah waxing untuk melapisi atau memproteksi bodi mobil. Cara menggunakan wax mobil sama dengan proses pemolesan.
  • Bersihkan atau lap seluruh bagian mobil dengan lap microfiber untuk menghilangkan sisa-sisa cairan.

Itulah beberapa langkah untuk poles mobil sendiri di rumah secara manual maupun dengan mesin. Lakukan cara di atas dengan benar agar hasilnya maksimal.

FAQ cara poles mobil

Apa yang perlu dilakukan sebelum poles mobil?

Sebelum memoles mobil, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal:

  1. Cuci mobil sampai bersih
  2. Gunakan lap microfiber untuk mengeringkan mobil setelah dicuci
  3. Siapkan alat poles dan wax

Bagaimana cara poles mobil di rumah secara manual?

Cara poles mobil sendiri di rumah dilakukan secara berurutan agar hasilnya lebih maksimal. Kamu bisa memulainya dari bagian panel samping depan kanan atau kiri, lanjut ke pintu depan, pintu samping, dan panel samping bagian belakang.

Bagaimana cara poles mobil menggunakan wax?

Cara menggunakan wax mobil adalah dengan mengoleskan cairan tersebut demi sedikit sampai merata di badan mobil. Jika sudah rata, gunakan kain lap microfiber yang bersih untuk memoles cairan yang menempel tersebut dengan cara memutarnya secara berulang.

Bagaimana cara poles mobil menggunakan mesin?

Menggunakan mesin untuk memoles mobil caranya sama dengan cara memoles mobil yang baru dicat dengan tangan. Kamu bisa memulainya dari bagian yang termudah dulu, seperti di sisi samping mobil. Karena proses polesnya hanya memakai wax, gunakan kecepatan terendah dulu saat pertama kali proses dilakukan. Setelah itu, barulah naikkan kecepatan secara perlahan ke tahap menengah.