Cari Tahu Cara Rotasi Ban Mobil Terbaik Beserta Biayanya

Mungkin bagi sebagian orang, melakukan cara rotasi ban mobil bukan hal yang penting. Namun, tahukah kamu kalau rotasi dapat memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan asyik?

Rotasi ban mobil adalah proses menukar posisi ban mobil dengan bagian yang sama. Hal ini membantu membuat mobil ban memiliki kehalusan yang sama. 

Ternyata melakukan rotasi tidak boleh sembarang, ada aturannya agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Buat kamu yang tidak tahu bagaimana cara rotasi ban mobil, mungkin informasi di bawah ini bisa membantu.

Teknik dan cara rotasi ban mobil

Cari Tahu Cara Rotasi Ban Mobil Terbaik Beserta Biayanya

Rotasi ban mobil memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mencegah ban mobil aus atau usang. Karena itu, melakukan rotasi sangat direkomendasikan. 

Merotasi ban mobil itu tidak boleh sembarangan. Ada aturannya. Nah, buat kamu yang ingin tahu bagaimana cara rotasi yang baik. Simak penjelasan di bawah ini ya. 

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, ada dua teknik rotasi yang bisa dilakukan. Ban mobil tidak boleh asal dirotasi karena adanya beberapa instruksi yang ada di ban tersebut. Jika salah rotasi, akan berakibat fatal. 

Teknik rotasi ban mobil berdasarkan jumlah ban

Untuk rotasi ban 4, ada dua cara rotasi, yaitu dengan melihat profil tanda pada ban mobil baik dengan cara segaris atau silang.

Jika pada dinding ban tertulis tanda panah penunjuk arah rotasi ban mobil, teknik yang digunakan untuk rotasi adalah rotasi silang.

Caranya, rotasi ban depan kiri ke ban belakang kanan kemudian ban depan kanan ke ban belakang kiri dan sebaliknya. 

Jika pada dinding ban tertulis inside dan outside, rotasi segaris adalah teknik yang paling tepat. Caranya mudah, hanya memindahkan kedua ban belakang ke ban depan dan sebaliknya.

Lakukan rotasi sesuai tanda yang terdapat pada dinding ban. Jika menggunakan teknik yang tidak sesuai, akan berakibat fatal. 

Selanjutnya, pada teknik rotasi ban 5, menggunakan roda cadangan atau serep. Tata caranya hampir sama dengan teknik cara rotasi ban 4. Cara rotasinya dengan cara silang.

Pertama, ban cadangan diletakan di depan kanan kemudian ban depan kanan dipasangkan ke kanan belakang.

Berikutnya ban belakang kanan dipasang menyilang ke depan kiri dan kiri dipindahkan ke belakang kiri. Dengan begitu, ban cadangan kini berubah menjadi ban belakang kiri.

Cara rotasi ban mobil sesuai dengan jenis mobil

Selanjutnya, ada cara rotasi berdasarkan mobil berpenggerak roda belakang (Real Wheel Drive) dan mobil berpenggerak roda depan (Front Wheel Drive). 

Perlu dicatat, setiap posisi ban belakang dan ban depan memiliki peran yang berbeda.

Kendaraan dengan penggerak roda depan memiliki peran yang cukup banyak sebagai tumpuan ketika pengereman dan penarik kendaraan saat melaju. 

Berikut teknik rotasi yang sesuai dengan keduanya menurut Dunlop.

Cara rotasi ban mobil penggerak belakang (RWD)

  • Pindahkan ban kanan depan mundur ke posisi ban kiri belakang. 
  • Majukan ban kiri belakang ke depan menjadi ban kiri depan. 
  • Selanjutnya, pasangkan ban kanan belakang maju ke depan menjadi ban kanan depan. 
  • Kemudian ban kiri depan menjadi ban serep.
  • Terakhir ban kanan depan diganti dengan ban serep. 

Cara rotasi ban mobil penggerak depan (FWD)

  • Ban kanan depan mundur menjadi ban serep.
  • Kemudian ban kiri depan dipindahkan menjadi ban kiri belakang.
  • Majukan ban kanan belakang ke depan sehingga menjadi ban kiri depan.
  • Berikutnya ban kiri belakang dipindahkan maju menjadi dan kanan depan.
  • Selanjutnya, ban cadangan bisa menjadi ban kiri belakang.

Hal yang perlu dilakukan sebelum rotasi

Agar manfaat yang diberikan setelah merotasi ban mobil bisa dirasakan dengan sebaik mungkin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan rotasi.

  1. Demi memberikan kenyamanan lebih saat berkendara, pastikan terlebih dahulu kondisi kendaraan dan ban pada setiap sisinya sebelum melakukan rotasi ban. Perhatikan apakah setiap ban memiliki kondisi aus tidak normal, retak, atau ada kerusakan lain. 
  2. Perhatikan tekanan udara pada setiap ban. Perlu diketahui bahwa setiap ban belakang dan depan memiliki tekanan udara yang berbeda. Disarankan sebelum merotasi ban, samakan dahulu tekanan udara setiap ban. 
  3. Lakukan rotasi sesuai spesifikasi ban mobil. 
  4. Perhatikan tanda yang terdapat pada dinding ban, pahami dan jangan sampai salah melakukan rotasi ban. 

Itu beberapa hal yang perlu kamu cek sebelum melakukan rotasi. 

Biaya dan waktu ideal untuk rotasi ban mobil

1. Biaya rotasi ban mobil

Jika rotasi dirasa cukup merepotkan dan tidak memiliki waktu, kamu bisa menyerahkan masalah ini ke pihak yang lebih berpengalaman. Lalu, berapakah biaya yang dikeluarkan untuk rotasi di bengkel?

Sebenarnya, cara merotasi ban mobil bukanlah hal yang sulit. Karena itu, pelayanan seperti ini cukup terjangkau. Untuk melakukan rotasi di bengkel, biayanya mulai dari Rp70.000 hingga Rp200.000.

Sebagai catatan, biaya tersebut bisa berubah-ubah di setiap daerah dan kondisi ban mobil kamu. 

2. Waktu yang tepat untuk rotasi

Melakukan rotasi ban memang ada aturannya dan harus diikuti. Namun, tak hanya itu, ada ketentuan waktu yang ideal untuk melakukan rotasi untuk memaksimalkan penggunaan ban mobil. 

Berikut beberapa ketentuannya.

  1. Jika mobil sering dipacu pada kecepatan rendah, waktu yang tepat untuk rotasi ban adalah ketika sudah mencapai 7.000 km hingga 10.000 km.
  2. Penggunaan mobil pada kecepatan tinggi, disarankan untuk selalu merotasi ban mobil pada jarak maksimal 5.000 km sekali. Hal ini mencegah ban mobil cepat aus dan menghindari hal buruk saat berkendara. 

Manfaat rotasi ban mobil

Cari Tahu Cara Rotasi Ban Mobil Terbaik Beserta Biayanya

Setidaknya, ada beberapa manfaat yang kamu akan dapat setelah merotasi ban mobil. Selain memberikan kenyaman lebih saat berkendara, berikut ini beberapa manfaat rotasi.

1. Memaksimalkan umur ban mobil

Manfaat rotasi adalah mempermudah saat melakukan penggantian ban mobil.

Melakukan rotasi dengan cara dan waktu yang tepat dapat memaksimalkan umur ban sesuai dengan waktunya. Hal tersebut berlaku pada ke semua ban.

Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk menghemat biaya penggantian ban. Membantu efisiensi waktu karena tak harus bolak-balik ke bengkel untuk mengganti ban pada setiap sisi. 

2. Ban tidak mudah aus

Keuntungan kedua adalah mencegah percepatan keausan pada ban mobil terutama pada ban bagian depan.

Seringnya ban mobil pada bagian depan lebih cepat tergerus karena bekerja lebih keras dibanding ban bagian belakang. Ban depan juga menampung berat yang lebih berat.

Rotasi secara rutin juga membuat telapak ban mobil jadi rata pada keempat ban mobil. 

3. Mengetahui waktu yang ideal untuk balancing dan spooring

Manfaat selanjutnya adalah mengetahui apakah ban mobil perlu balancing. Rotasi bisa menunjukan apakah ban mobil memiliki tekanan ban yang berbeda atau mengalami kerusakan.

Dengan begitu, kamu bisa mengambil keputusan apakah ban perlu balancing atau tidak. 

Kemudian cara rotasi yang paling tepat adalah melakukan spooring setelahnya. Hal tersebut berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pada ban mobil.

FAQ

Apakah rotasi ban perlu spooring?

Disarankan melakukan spooring dan balancing setelah melakukan rotasi ban. Hal tersebut dilakukan untuk mengatur keseimbangan ban untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Kapan harus rotasi ban mobil?

Ada ketentuan jarak untuk melakukan rotasi sebagai berikut.

  1. Jarak antara 7.000 km hingga 10.000 km untuk mobil yang dipacu dengan kecepatan rendah. 
  2. Sementara jarak tempuh untuk mobil yang dipacu dengan kecepatan tinggi adalah maksimal jarak tempuh 5.000 km.

Apakah tujuannya dilakukan rotasi roda dan ban?

Tujuan dilakukan rotasi ban adalah untuk mencegah terjadinya keausan pada telapak ban dan membuat telapak ban rata pada keempat ban. Sebab roda yang aktif bergerak bisa membuat telapak ban menjadi tipis.

Berapa tekanan maksimal ban?

Besaran tekanan udara maksimal di Indonesia sekitar 28 psi hingga 33 psi.

Apa yang dimaksud ban simetris dan asimetris?

Ban simetris adalah ban yang memiliki pola yang sama pada setiap sisinya. Sementara ban asimetris justru kebalikannya menggunakan desain yang berbeda pada sisi dalam dan sisi luar ban mobil.