Cat Duco Mobil – Kegunaan, Merk, dan Harganya

Memiliki mobil dengan bodi yang mulus dan cat yang rapi tentu akan lebih menyenangkan ketimbang kondisi bodi mobil yang sudah baret atau terkelupas.

Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan melakukan pengecatan ulang agar mobil tampak seperti baru lagi. 

Beberapa orang mungkin lebih suka melakukan pengecatan di bengkel-bengkel besar. Namun, tidak sedikit juga yang lebih meminati bengkel cat duco.

Kamu tahu nggak sih apa sebenarnya cat duco dan apa bedanya dengan bengkel cat besar lainnya?

Apa itu cat duco mobil?

Cat Duco Mobil – Kegunaan, Merk, dan Harganya

Cat duco memang lebih populer di kalangan para pemilik mobil yang ingin melakukan pengecatan ulang mobil mereka dengan biaya yang lebih murah dan pengerjaan yang lebih cepat.

Namun, tahukah kamu, bagaimana bengkel-bengkel cat ini dikenal dengan sebutan cat duco?

Hal ini sebenarnya wujud dari majas metonimia yang mana merek dijadikan sebagai nama objek.

Misalnya saja, orang Indonesia kerap menyebut sepeda motor dengan “Honda”, pasta gigi dengan “Pepsodent”, dan lain sebagianya. Nah, begitu juga dengan cat duco ini. 

Awalnya, penyebutan cat duco ini  berasal dari nama merek cat DuPont Paint. DuPont Duco ini merupakan salah satu cat berjenis nitrocellulose (NC) yang dulu memang sangat terkenal di Indonesia.

Karena sebegitu terkenalnya merk cat ini, bengkel-bengkel yang mengerjakan pengecatan bodi mobil akhirnya menyebutnya dengan nama cat duco.

Hal ini tentu tidak serta merta menunjukkan bahwa semua bengkel menggunakan cat NC merk DuPont Duco ini. 

Kelebihan dan kekurangan menggunakan cat duco mobil

Mengecat mobil di bengkel cat duco memang memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan mengecat mobil di cat duco meliputi biayanya yang lebih murah.

Harga cat duco mobil di bengkel-bengkel pinggir jalan biasanya memiliki patokan harga yang jauh lebih murah dibandingkan bengkel besar.

Adapun harga yang ditawarkan sekitar Rp150.000 hingga Rp350.000 saja untuk panel kecil. Pada bengkel-bengkel besar, pengecatan panel kecil dapat memakan biaya antara Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta. 

Selain itu pengerjaan pengecatan di bengkel cat duco memang relatif lebih cepat.

Ketika mengecat bodi mobil di bengkel cat duco, kamu mungkin hanya akan membutuhkan waktu beberapa jam. Sementara di bengkel cat besar tentu akan memakan waktu berhari-hari. 

Meski begitu, mengecat mobil di bengkel cat duco juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya saja, risiko warna cat duco mobil belang.

Mengecat sebagian bodi mobil memang cenderung akan menghasilkan warna yang tidak sesuai atau belang. Jika kamu menginginkan garapan yang lebih halus dan serasi, ada baiknya pilihlah bengkel resmi. 

Kekurangan lain mengecat mobil di bengkel cat duco, yaitu risiko warna yang lebih cepat pudar, cat kemungkinan tidak merata, dan adanya kotoran seperti debu yang banyak menempel di mobil ketika dicat. 

Pilihan cat duco mobil

Cat Duco Mobil – Kegunaan, Merk, dan Harganya

Cat duco sebetulnya merupakan salah satu jenis cat yang digunakan untuk mengecat bodi atau eksterior mobil. Cat duco ini mampu menghasilkan warna bodi mobil seperti baru lagi.

Cat duco juga dikenal sebagai cat yang bisa menghasilkan warna yang pekat dan dan tajam. Itulah kenapa jenis cat ini banyak diminati, khususnya bagi mereka yang ingin tampilan lebih baru pada mobil lama mereka. 

Beberapa rekomendasi cat duco mobil terbaik yang bisa kamu gunakan ketika akan mengecat ulang mobil, yaitu:

1. Nebula

Salah satu cat duco terbaik yang banyak digunakan adalah Nebula. Dengan harga sekitar Rp210.000 hingga Rp515.000 per kalengnya, cat duco merk Nebula ini bisa menghasilkan warna eksterior mobil yang tampak baru lagi.

Keunggulan dari cat duco Nebula ini adalah dapat menghasilkan warna yang pekat dan tajam, serta proses pengeringan yang cukup cepat.

Itulah kenapa cat duco Nebula ini disebut sebagai cat berkualitas premium yang harganya masih cukup terjangkau di kelasnya.

2. Danapaint Danagloss

Danapaint Danagloss adalah salah satu jenis cat cat duco yang diproduksi Danapaint.

Sama halnya dengan cat Nebula, cat ini juga masuk dalam kategori cat duco yang dapat memberikan kesan warna mobil terlihat baru kembali.

Kelebihan yang ditawarkan Danapaint Danagloss, yaitu:

  • dapat menghasilkan warna yang tajam,
  • pekat,
  • teksturnya kental, dan
  • warna yang awet.

Harga cat Danapaint Danagloss dibanderol sekitar Rp57.000 hingga Rp181.000. Sangat terjangkau, bukan?

3. Cat duco di pinggir jalan 

Memilih cat duco di pinggir jalan memang sudah cukup lumrah dilakukan para pemilik mobil yang ingin memperbarui tampilan eksterior kendaraan mereka.

Bukan tanpa sebab, biasanya pemilik kendaraan memilih untuk melakukan cat duco di pinggir jalan karena alasan biaya yang lebih terjangkau.

Selain itu, tahukah kamu bahwa biasanya pengecatan mobil di pinggir jalan justru dapat dilakukan dengan cepat dan bahkan tidak perlu menginapkan mobil.

Pengecatan di pinggir jalan sangat cocok bagi kamu yang ingin segera mendapatkan hasil tampilan baru, tapi juga segera ingin menggunakan mobil kembali. 

Hal ini karena umumnya pengerjaan cat duco di pinggir jalan dilakukan dengan cepat. Para pekerja biasanya akan langsung mengerjakan mobil klien yang datang tanpa harus menunggu atau menumpuk pekerjaan terlebih dahulu. 

Bagi kamu yang ingin punya tampilan mobil baru dengan cepat dan terjangkau, melakukan pengecatan mobil di pinggir jalan bukan jadi masalah.

Akan tetapi, jika kamu berniat melakukan pengecatan di kala musim hujan, ada baiknya hindari cat duco pinggir jalan. Sebab biasanya mereka tidak bisa melakukan pengerjaan. 

4. Cat duco di bengkel umum

Jika kamu ingin mengecat ulang bodi mobil di tempat atau bengkel yang agak proper, tapi masih dengan biaya yang lebih miring, pilihannya adalah cat duco di bengkel umum.

Beberapa komponen dan peralatan yang digunakan untuk pengecatan di bengkel umum memang sudah lebih bagus ketimbang cat duco kaki lima.

Itulah kenapa dari segi harga juga tentu lebih tinggi dibandingkan cat duco kaki lima. Meski begitu, harganya masih belum setinggi mobil atau dealer resmi. 

Perbandingan harga cat duco

Untuk biaya pengerjaan cat duco kaki lima atau yang kerap dilakukan di tepi jalan, biasanya besaran biayanya adalah sekitar Rp150.000 hingga Rp350.000 saja untuk panel kecil. 

Biaya ini lebih miring jika dibandingkan dengan biaya cat duco di bengkel umum.

Untuk pengerjaan panel kecil di bengkel umum, biasanya biayanya akan dibanderol sekitar Rp300 ribu-Rp800 ribu, tergantung pada area yang dikerjakan. 

Sementara untuk siram full body di bengkel umum biasanya dikenai harga Rp4 jutaan.

Harga atau biaya tertinggi untuk pengecatan mobil memang berlaku pada bengkel resmi. Untuk pengecatan pada panel kecil biasanya bengkel resmi akan mengenakan biaya sekitar Rp700 ribu hingga Rp1,8 juta.

Sementara untuk pengecatan full body, biasanya memakan biaya Rp7 juta hingga Rp11 juta. Bahkan, pada kendaraan atau mobil yang berukuran besar, bisa mencapai Rp17 jutaan. 

FAQ

Apakah cat duco bagus untuk mobil?

Cat duco adalah cat yang bagus untuk pengecatan ulang bodi mobil. Bahkan, dikatakan juga bahwa jenis cat ini merupakan pilihan cat terbaik bagi kamu yang akan melakukan pengecatan ulang bodi mobil. 

Cat duco untuk apa?

Cat duco biasanya digunakan untuk menghasilkan warna yang pekat dan tajam. Bukan hanya untuk eksterior mobil, tapi juga bisa untuk mebel, motor, kayu, dan sebagainya.

Berapa lama waktu untuk cat mobil?

Lama pengecatan mobil tergantung pada tempat pengecatan. Jika dikerjakan tukang pinggir jalan, biasanya memakan waktu hitungan jam. Namun, jika di bengkel resmi, biasanya butuh waktu beberapa hari.