Cara Cek Saldo Taspen Online Via Aplikasi dan Website 

Cek saldo Taspen online merupakan salah satu cara praktis untuk mengetahui nominal dana pensiun yang dimiliki Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Cukup memanfaatkan layanan digital E-Klim melalui website dan aplikasi Mobile Taspen, pegawai negeri nggak perlu jauh-jauh cek saldo pensiun ke kantor Taspen. 

Taspen atau Tabungan Asuransi Pegawai Negeri merupakan dana pensiun bagi pegawai negeri. Taspen merupakan bentuk jaminan hari tua saat pegawai negeri menginjak masa pensiun atau sudah tidak produktif lagi. 

Umumnya untuk mengetahui saldo yang ada di buku tabungan hari tua tersebut, peserta Taspen harus mengeceknya secara rutin. Biasanya pengecekan dilakukan dengan mendatangi kantor Taspen untuk mengetahui dana yang tersimpan dalam dana pensiun tersebut. 

Informasi seputar Taspen

Taspen (PERSERO) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang fokus menangani kesejahteraan PNS atau ASN. Setiap ASN merupakan peserta Taspen yang dijamin kesejahteraannya di saat usia sudah tidak produktif dalam bentuk tabungan dan asuransi. 

PT Taspen (PERSERO) sendiri memiliki empat layanan produk untuk PNS yang sudah pensiun, antara lain : 

  • Jaminan Kecelakaan Kerja
  • Tabungan Hari Tua
  • Program Pensiun
  • Program Jaminan Kematian

Cara cek saldo Taspen online 

Cara Cek Saldo Taspen Online Via Aplikasi dan Website 

Seiring perkembangan digital, saat ini peserta asuransi nggak perlu susah payah mendatangi kantor Taspen untuk cek saldo. Sebab, PT Taspen (PERSERO) sudah menyiapkan langkah alternatif yang efektif dengan membuat aplikasi mobile Taspen dan website E-Klim Taspen untuk cek saldo Taspen online. 

Bagaimana caranya? Selain itu, layanan apa saja yang tersedia di Taspen? Cek selengkapnya di artikel ini. 

Berikut langkah mudah cek saldo Taspen secara online : 

Cek saldo Taspen online melalui aplikasi mobile

Mobile Taspen merupakan aplikasi digital yang dikembangkan oleh PT Taspen (PERSERO) yang bisa diakses melalui smartphone. Melalui aplikasi ini peserta Taspen dapat mengecek saldo dana pensiun yang bakal diterima saat hari pensiun tiba. 

Agar nggak bingung, berikut panduan yang bisa diikuti untuk cek saldo Taspen online dengan Mobile Taspen : 

  • Download aplikasi Mobile Taspen melalui Play Store untuk tipe smartphone android. 
  • Setelah terpasangan, buka aplikasi Mobile Taspen 
  • Pilih menu SIMULASI 
  • Akan muncul dua opsi menu : ESTIMASI TMT BUP” dan “ESTIMASI TMT BULAN INI”.
  • Pilih ESTIMASI TMT BUP 
  • Masukkan Nomor Induk Pegawai (NIP) atau nomor PNS elektronik (KPE), lalu klik tombol CARI
  • Tunggu sampai muncul informasi data peserta seperti Nama, Besaran dana Tunjangan Hari Tua, dan Pensiun berdasarkan estimasi gaji yang diperoleh saat ini.

Cek Saldo Taspen Lewat Website E-Klim Taspen

Selain smartphone apakah ada cara lain bila ingin cek saldo Taspen online? Kamu bisa mengecek nominal dana pensiun yang bakal diterima melalui website E-Klim Taspen. Berikut caranya : 

  • Buka halaman E-Klim Taspen di browser desktop atau smartphone melalui situs atau website https://eklim.taspen.co.id/e-klim/ untuk pengajuan klaim online
  • Masukkan nomor induk pegawai (NIP), nomor Identitas Taspen (NOTAS, nomor kartu PNS elektronik. Pengisian nomor KTP dan tanggal lahir. 
  • Pilih fitur Estimasi Manfaat 
  • Kemudian pilih Estimasi Hak Usia Pensiun. 
  • Tunggu beberapa saat hingga halaman menampilkan informasi yang dibutuhkan seperti gaji pensiun per bulan juga saldo Tunjangan Hari Tua (THT)

Sebagai tambahan, saat melakukan cek saldo Taspen online di aplikasi atau website, informasi yang disajikan bersifat estimasi. Artinya, bukan angka pasti yang bakal diterima di saat usia pensiun. 

Pasalnya, ini berkaitan erat dengan estimasi gaji dan tunjang pokok yang pastinya berubah. Belum lagi jumlah keluarga peserta yang masuk kategori tertanggung. Jadi, bila semua itu berubah pastinya akan berimbas pada dana pensiun juga. 

Untuk otentikasi, peserta Taspen bisa melakukan pengecekan di website resmi Taspen. 

Jenis layanan Taspen bagi PNS 

Cara Cek Saldo Taspen Online Via Aplikasi dan Website 

Sebagai penjaminan di masa pensiun PNS dan ASN, Taspen memberikan empat layanan utama yaitu : 

Jaminan Kecelakaan Kerja

Layanan ini sebagai proteksi bagi peserta Taspen atas segala jenis musibah yang berkaitan dengan penyakit atau kecelakaan kerja. Untuk dapat menikmati perlindungan ini, peserta Taspen diwajibkan membayar iuran atau premi sebesar 0,24 persen dari gaji setiap bulannya. 

Manfaat dari proteksi Jaminan Kecelakaan Kerja ini antara lain : 

  • Cover biaya perawatan lengkap di rumah sakit. Biaya tersebut meliputi pemeriksaan dasar, perawatan intensif, rawat inap, obat-obatan dan tindakan pembedahan. Termasuk juga jasa pelayanan medis dan dokter. 
  • Santunan cacat akibat kecelakaan, kematian, biaya pemakaman hingga uang duka. Juga pemberian bantuan beasiswa untuk anak dari orang tua pensiunan PNS. 
  • Mencangkup tunjangan cacat permanen, PHK dengan hormat, juga apabila peserta mengalami cacat sehingga tidak bisa bekerja dan diputus hubungan kerja karena alasan tersebut. 

Sebagai informasi, jenis layanan ini bersifat reimburse, sehingga peserta Taspen harus menanggung pembayaran terlebih dulu, untuk kemudian mengajukan klaim penggantian. 

Layanan Tabungan Hari Tua

Proteksi yang juga bernama Asuransi Dwiguna ini memberi jaminan keuangan untuk ahli waris jika peserta meninggal sebelum usia pensiun. Bila mengikuti layanan ini, peserta wajib membayar iuran sebesar 3,25 persen dari total penghasilan bulanan. Salah satu fungsi cek saldo Taspen online, peserta bisa mengetahui estimasi besaran tabungan saat pensiun nanti. 

Selain itu, tabungan hari tua ini juga memberi manfaat kematian, yang tidak dipungut iuran atau premi. Mengenai asuransi kematian, ada dua kondisi terkait hal ini, yaitu :

  • Jaminan kematian diberikan pada keluarga peserta, suami/istri/anak. maksimal usia anak 21 tahun atau 25 tahun jika masih bersekolah dan belum menikah. 
  • Ahli waris mendapat jaminan keuangan jika peserta meninggal 

Sebagai pengingat, layanan ini hanya ditujukan untuk beberapa golongan PNS saja, seperti pejabat negara, PNS (kecuali Kementerian Pertahanan dan Keamanan) juga pegawai BUMN dan BUMD yang terdaftar resmi. 

Layanan Pensiun

Layanan dana pensiun memberi jaminan di hari tua bagi pensiunan PNS. Bentuk jaminan dari layanan ini ada pemberian penghasilan setiap bulannya bagi pensiunan PNS. 

Iuran yang diwajibkan per bulannya sebesar 4,75 persen dari jumlah penghasilan bulanan. Peserta Taspen juga wajib mengupdate data bila ada perubahaan. Perubahan data ini berpengaruh pada jumlah dana pensiun yang didapat nantinya. Karenanya, peserta harus perhatian pada pengupdatean data agar dana pensiun bisa cair sesuai haknya. 

Layanan Jaminan Kematian

Layanan ini kurang lebih sama pemahamannya dengan asuransi kematian kebanyakan yang memberi santunan jika peserta meninggal. Tapi berbeda dengan layanan THT, untuk proteksi jenis ini kematiannya bukan akibat pekerjaan. 

Agar dapat menikmati layanan ini, peserta wajib membayar iuran bulanan sebesar 0,3 persen dari total gaji pegawai. Sebagai catatan, pengajuan klaim hanya bisa dilakukan oleh ahli waris untuk mendapat manfaat santunan dan biaya pemakaman. 

Cara cek saldo Taspen online saat ini sudah sangat praktis dan efisien, bisa melewati aplikasi mobile dan website E-Klaim. Melalui cara online ini lebih memudahkan peserta Taspen memeriksa estimasi saldo yang akan diterima saat pensiun nanti. 

FAQ seputar Taspen

Bagaimana cara cek saldo Taspen online? 

Cukup memanfaatkan layanan digital E-Klim melalui website dan aplikasi Mobile Taspen, pegawai negeri nggak perlu jauh-jauh cek saldo pensiun ke kantor Taspen. Kamu bisa mendownload aplikasi Mobile Taspen melalui Play Store untuk tipe smartphone android. Pilih menu Simulasi. Kemudian ikuti petunjuk pengisian.

Bagaimana cara cek saldo Taspen online lewat website? 

  • Buka halaman E-Klim Taspen di browser desktop atau smartphone melalui situs atau website https://eklim.taspen.co.id/e-klim/ untuk pengajuan klaim online
  • Masukkan nomor induk pegawai (NIP), nomor Identitas Taspen (NOTAS, nomor kartu PNS elektronik. Pengisian nomor KTP dan tanggal lahir. 
  • Pilih fitur Estimasi Manfaat 
  • Kemudian pilih Estimasi Hak Usia Pensiun. 
  • Tunggu beberapa saat hingga halaman menampilkan informasi yang dibutuhkan seperti gaji pensiun per bulan juga saldo Tunjangan Hari Tua (THT)

Layanan apa saja yang ada di PT Taspen (PERSERO)? 

  • Jaminan Kecelakaan Kerja
  • Tabungan Hari Tua
  • Program Pensiun
  • Program Jaminan Kematian