Dividen – Keuntungan Saham, Daftar Emiten, dan Cara Dapatkan

Apa itu dividen? Dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan kepada para pemegang saham pada periode tertentu.

Pembagian ini didasarkan atas besarnya saham yang dimiliki tiap-tiap pemegang saham. Jadi, semakin besar saham yang kamu miliki, akan semakin besar pula nominal keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Dividen biasanya dibagikan setahun sekali. Namun terkadang, perusahaan tidak membagikan profit karena alasan-alasan tertentu.

Misalnya, keuntungan dari usaha digunakan untuk modal kerja, seperti pengembangan usaha atau melunasi pembayaran agar keuangan perusahaan menjadi lebih sehat.

Keuntungan tersebut dikenal sebagai laba ditahan. Ada kalanya perusahaan mengalami kerugian dalam satu periode usaha, sehingga di akhir periode tidak ada pembagian profit kepada para pemegang saham.

Cara kerja pembagian dividen

Dividen – Keuntungan Saham, Daftar Emiten, dan Cara Dapatkan

Pembagian keuntungan diatur dan ditetapkan lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dengan persetujuan direksi. Jadi, tidak bisa sembarangan ya.

  • Pihak emiten akan menentukan siapa saja pemegang saham yang berhak menerima pembagian keuntungan dari perusahaan.
  • Setelah nama ditentukan, distribusi keuntungan yang akan dibagikan juga ikut ditentukan.
  • Distribusi ini akan dilakukan melalui Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), yakni broker tempat para investor saham menanamkan dana mereka.
  • Selanjutnya adalah menentukan kapan pembagian keuntungan akan dilakukan. Keuntungan akan dikirim langsung ke rekening para pemegang saham yang sudah ditentukan.
  • Pembagian saham ini juga sudah diatur sesuai dengan penghitungan pajak dan ditentukan sesuai besaran saham yang ditanamkan oleh investor.

Cara menghitung dividen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap investor akan mendapatkan pembagian keuntungan yang berbeda sesuai dengan besaran saham yang dimilikinya.

Besaran keuntungan yang akan dibagikan ini ditentukan dalam RUPS, termasuk porsi keuntungan yang dibagikan dari laba tahunan. Sebab perusahaan wajib menyisihkan laba sebagai modal kerja tambahan.

Bagaimana rumus menghitung keuntungan? Mudah saja, ini caranya.

  • Total jumlah dividen yang akan dibagi = laba bersih x persentase rasio pembayaran dividen (%)

Setelah itu, kamu bisa menghitung jumlah dividen per saham (DPS) dengan rumus berikut ini.

  • Jumlah dividen per saham= total nominal dividen : jumlah saham beredar

Jenis-jenis dividen 

Pada umumnya, ada enam jenis keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan, yaitu:

1. Dividen tunai

Pembagian keuntungan yang dibayarkan dalam bentuk tunai dan dikenai pajak tahunan. Keuntungan ini biasanya dibayarkan secara berkala. Sebanyak dua hingga empat kali dalam setahun sesuai dengan performa perusahaan.

2. Dividen saham

Pembagian keuntungan yang dibayarkan dalam bentuk saham tambahan. Besaran keuntungan ini disesuaikan dengan banyaknya saham yang dimiliki investor.

Pembagian ini dilakukan dengan cara menambah jumlah saham sekaligus mengurangi nilai tiap saham yang ada sehingga tidak berpengaruh pada kapitalisasi pasar.

3. Dividen properti

Pembagian keuntungan yang dibayarkan dalam bentuk aset. Langkah ini biasanya dilakukan karena minimnya uang tunai yang tersedia karena sudah diinvestasikan pada perusahaan lain.

4. Dividen skrip

Pembagian keuntungan yang dibayarkan dalam bentuk surat utang.

Surat tersebut berisi pernyataan bahwa perusahaan akan membayarkan keuntungan ini pada waktu dan jumlah yang telah ditetapkan.

Surat utang ini juga berbunga sampai keuntungan tersebut dibayarkan kepada pemilik saham.

5. Dividen interim

Pembagian keuntungan yang dilakukan sebelum perusahaan melakukan pembukuan tahunan. Keuntungan interim biasanya dibagikan kepada para pemegang saham pada pertengahan tahun.

6. Dividen likuidasi

Pembagian keuntungan yang dilakukan jika perusahaan akan bangkrut. Keuntungan ini merupakan pengembalian modal kepada para investor jika perusahaan masih memiliki sisa kekayaan untuk membayarnya.

Jika tidak ada, investor tidak akan mendapatkan keuntungan likuidasi.

Daftar saham pemberi dividen tertinggi

Saat berinvestasi pada saham, tentu kamu ingin mendapat keuntungan yang besar. Ada baiknya untuk tahu daftar emiten yang memberikan keuntungan saham tertinggi sehingga kamu bisa memperoleh keuntungan maksimal.

Berikut ini dividen saham tertinggi pada 2021 yang berasal dari delapan emiten.

  1. Bank Mandiri Persero Tbk (BMRI)
  2. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)
  3. PT United Tractors Tbk (UNTR)
  4. PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI)
  5. Soho Global Health Tbk (SOHO)
  6. PT Baramulti Suksessarana (BSSR)
  7. PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA)
  8. PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE)

Cara cek jadwal pembagian dividen

Dividen – Keuntungan Saham, Daftar Emiten, dan Cara Dapatkan

Pembagian keuntungan harus sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Biasanya pembagian keuntungan ini dilakukan setahun sekali atau lebih, tergantung kebijakan dan peraturan masing-masing perusahaan.

Biasanya sebelum membagi keuntungan, perusahaan akan mengumumkan jadwal pembagian saham yang dipublikasikan melalui KSEI.

Jadwal tersebut berisi tanggal-tanggal khusus yang sudah sesuai dengan prosedur pembagian saham, seperti:

  1. Declaration date atau tanggal pengumuman: tanggal diumumkannya pembagian keuntungan secara resmi oleh perusahaan. Ini meliputi tanggal pencatatan, pembayaran, dan jumlah keuntungan yang akan dibagikan.
  2. Date of record atau tanggal pencatatan: tanggal pencatatan pemegang saham yang akan menerima pembagian keuntungan dari perusahaan.
  3. Tanggal cum dividen atau tanggal terakhir aktivitas jual beli saham dilakukan. Artinya, jika kamu masih memegang saham di tanggal cum dividen, kamu berhak untuk mendapatkan pembagian keuntungan.
  4. Tanggal ex dividen: tanggal setelah hak perhitungan pada pembagian keuntungan dilakukan oleh perusahaan. Jadi ketika kamu masih melakukan aktivitas jual beli saham pada tanggal ex dividen, maka kamu tidak berhak untuk mendapatkan pembagian keuntungan pada periode tersebut.
  5. Payment date atau tanggal pembayaran keuntungan kepada para para investor.

Cara mendapatkan dividen

Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan agar mendapatkan pembagian keuntungan. Ini caranya.

1. Pilih emiten dengan bijak

Pilihlah saham-saham yang rutin membagikan keuntungan kepada investor. Kamu juga bisa memilih saham yang masuk ke dalam indeks IDX High Dividend 20 yang dapat memberikan keuntungan besar.

2. Pantau jadwal pembagian keuntungan

Pantau jadwal pembagian keuntungan di situs www.ksei.co.id agar tidak terlewat dari tanggal-tanggal yang telah ditentukan emiten.

3. Cari tahu tanggal-tanggal penting

Cari tahu jadwal pembagian keuntungan, seperti cum date, ex date, dan payment date.

4. Lakukan pembelian saham saat masih berada pada tanggal cum date

Tujuannya adalah agar kamu mendapatkan pembagian keuntungan. Jangan membeli saham saat sudah masuk dalam tanggal ex date. Lalu tahan saham hingga ex date (minimal).

Jika sudah mendapatkan keuntungan, kamu bisa menariknya langsung secara tunai di rekening milikmu.

Kamu juga bisa melakukan reinvestasi keuntungan, yakni menginvestasikan kembali keuntungan yang kamu peroleh ke saham yang sama dan atau lainnya agar mendapatkan keuntungan maksimal.

FAQ

Apa itu dividen perusahaan?

Dividen perusahaan adalah keuntungan perusahaan yang akan didapatkan pemegang saham perusahaan/investor sesuai dengan besaran saham yang dimilikinya.

Bagaimana dividen dibayarkan?

Pembayaran keuntungan bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya secara tunai langsung ke rekening pemegang saham atau dalam bentuk penambahan saham. Bisa juga dibayarkan dalam bentuk aset atau surat utang dengan bunga.