Dongkrak Mobil – Jenis, Harga, dan Cara Menggunakannya

Tiba-tiba ban mobil bocor di jalan, lalu kamu bingung cara menggantinya? Padahal, tersedia dongkrak mobil di bagasi, tapi tidak tahu cara menggunakannya. Wah, bisa repot!

Berikut ini kami jabarkan cara penggunaan dongkrak pada mobil beserta jenis-jenisnya. Jadi, kalau mobil mengalami hal tak diinginkan di jalan, kamu sudah tahu cara menanggulanginya.

Fungsi dongkrak mobil

Dongkrak Mobil – Jenis, Harga, dan Cara Menggunakannya

Mengangkat badan mobil adalah fungsi utama dongkrak. Dengan begitu, memudahkan kita untuk mengecek, copot-pasang part mobil yang ada di bagian bawah, hingga kolong mobil. 

Salah satunya ketika kita mengalami pecah ban di jalan. Untuk mengganti ban, kamu membutuhkan dongkrak untuk mengangkat badan mobil sehingga kamu bisa mengganti ban yang rusak dan memasang ban baru. 

Itulah mengapa dongkrak sangat dibutuhkan dan wajib ada di dalam mobil. Jadi, ketika suatu saat ada masalah genting dan mendadak, dongkrak siap digunakan untuk memecahkan masalah teknis pada mobilmu.

Jenis-jenis dongkrak dilihat dari sistem gaya

1. Dongkrak mekanik

Dongkrak jenis ini memiliki sistem kerja bertumpu pada roda gigi serta batang. Gaya pada dongkrak ini berpusat di bagian roda gigi, kemudian gaya dongkraknya akan diteruskan dan diperbesar ke bagian batangnya.

Cara kerjanya dengan memutar roda gigi kemudian gaya tekan akan berpindah ke bagian batang. Barulah bagian batangnya akan mengubah gaya tekan menjadi gaya angkat.

2. Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik memiliki sistem tumpu yang terletak pada cairan fluida. Cairan ini memberi gaya tekan yang kemudian menghasilkan gaya angkat.

Titik tumpu dongkrak mobil jenis ini berbentuk pipih dan memiliki roda kecil. Karena itu, memiliki ground clearance yang rendah.

Sistem hidrolik ini membuat gaya tekannya mengecil, tapi menghasilkan gaya angkat yang besar sehingga memudahkan kita dalam menggunakannya.

Jenis-jenis dongkrak dilihat dari bentuk

1. Dongkrak gunting

Dongkrak standar yang biasa disertakan dalam setiap pembelian mobil baru adalah dongkrak gunting atau biasa disebut dongkrak ketupat. 

Dongkrak ini adalah salah satu dongkrak yang terbilang praktis, murah, serta ringan. Penggunaannya pun praktis.

Cukup letakkan dongkrak di bagian kaki-kaki mobil yang dirasa kuat dan tepat. Ambil batang tuas pengungkit, kaitkan pada lubang di tepi dongkrak.

Putar tuas searah jarum jam (ke kanan) agar perlahan terangkat. Mudah, bukan?

2. Dongkrak botol

Bentuk dongkrak yang satu ini memang seperti botol. Selain dongkrak gunting, dongkrak botol ini juga banyak disertakan dalam pembelian mobil baru.

Dongkrak botol memiliki banyak kelebihan. Salah satunya lebih mudah digunakan. Penggunaannya tidak membutuhkan banyak energi sehingga mampu mengangkat mobil dengan jauh lebih mudah.

Selain itu, dongkrak ini tersedia mulai dari ukuran 2 ton hingga 100 ton.

Cara dongkrak mobil satu ini cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu menempatkan dongkrak di bawah poros mobil dan mengambil tuas pengungkit.

Putar ke kanan penuh pada pengunci hidrolik dan pindahkan tuas ke pemompa hidrolik. Kemudian pompalah dengan menaikturunkan tuas.

Jika sudah selesai, kamu bisa menurunkannya dengan memutar pengunci hidrolik ke arah kiri.

3. Dongkrak buaya

Dongkrak lain yang umum digunakan adalah dongkrak buaya. Bentuknya memang menyerupai buaya dan termasuk jenis dongkrak hidrolik.

Dongkrak ini merupakan jenis yang paling mudah digunakan dibanding jenis lain. Bahkan, bisa digunakan untuk segala jenis mobil.

Bentuk dongkrak ini mirip dongkrak botol, tapi memiliki roda dan dalam posisi rebah sehingga membuat dongkrak ini semakin mudah digunakan.

Dongkrak buaya juga bisa digunakan di segala medan, baik miring maupun tidak rata, karena adanya roda tadi.

Cara menggunakan dongkrak ini hampir sama dengan dongkrak botol, yaitu memutar pengunci ke kanan dengan tuas pengungkit.

Kemudian tuas dipindahkan pada pompa hidrolik untuk memompa dengan cara menaikturunkan tuas. Untuk menurunkan, putar pengunci ke arah kiri.

4. Dongkrak botol M atau buaya

Dari namanya, kita sudah tahu bahwa ini perpaduan antara dongkrak botol dan buaya. Kelebihannya adalah daya angkatnya memiliki kapasitas yang besar. Bahkan, bisa mengangkat beban seberat 20 hingga 50 ton.

Cara menggunakan dongkrak ini sama dengan dongkrak botol M atau buaya, yaitu melakukan penguncian dan memompanya.

Cara menggunakan dongkrak yang aman dan benar

Dongkrak Mobil – Jenis, Harga, dan Cara Menggunakannya

Agar kerja dongkrak maksimal, perhatikan beberapa hal penting berikut agar penggunaannya aman dan tak membahayakan kita.

Sebelum mendongkrak, perhatikan permukaan parkir mobil kita. Parkirkan mobil di permukaan yang datar agar mobil tidak maju ataupun mundur saat sedang didongkrak.

Jangan lupa gunakan rem tangan pada mobil saat sedang didongkrak agar mobil tak bergerak! Sesuaikan jenis dongkrak dengan jenis mobil kita agar kerjanya maksimal dan sesuai kapasitas.

Selanjutnya, pastikan bahwa titik tumpu dongkrak sudah tepat. Titik tumpu dongkrak di mobil biasanya terletak antara batang gardan di dekat suspensi dan terletak bagian bawah badan mobil sebagai rangka utama.

Pastikan mobil tidak terangkat lebih dari 15 cm karena bisa berpotensi mobil bergerak saat didongkrak. 

Ketika mobil sudah terangkat, jangan sekalipun masukan bagian tubuhmu ke bawah mobil karena hal ini sangat berbahaya! Di saat itu, mobil hanya bertumpu pada dongkrak sehingga beresiko meniban tubuhmu sewaktu-waktu.

FAQ

Apa saja dongkrak mobil terbaik?

Berikut ini beberapa dongkrak mobil terbaik, yaitu:

  1. Dongkrak Tekiro. Ini merupakan dongkrak jenis buaya berkekuatan 2 ton.
  2. Dongkrak listrik Krisbow. Dongkrak mobil elektrik ini mudah digunakan.
  3. Dongkrak botol Nankai. Dengan tenaga hidrolik, penggunaannya jadi mudah.
  4. T-Max Farm Jack. Cocok untuk mobil off-road.
  5. Lippro 8624-3T. Dongkrak buaya yang mudah dipindahkan dan digunakan. Kapasitas mencapai 3 ton.

Berapa harga dongkrak mobil gunting?

Dongkrak gunting adalah salah satu dongkrak mobil yang harganya relatif terjangkau. Berkisar Rp100 ribu hingga Rp200 ribuan.

Dongkrak mobil menggunakan prinsip apa?

Dongkrak hidrolik menggunakan hukum paskal. Di satu sisi tekanan diberikan, zat cair dalam dongkrak yang ditekan akan meneruskan tekanan ke sisi dongkrak yang lain.

Sisi yang ditekan luas penampangnya lebih kecil sehingga menghasilkan tenaga yang berkali lipat di sisi sebaliknya.

Berapa harga dongkrak mobil 2 ton?

Dongkrak botol merupakan dongkrak yang memiliki kapasitas angkat seberat 2 ton. Harga dongkrak jenis ini berkisar Rp100 ribu hingga Rp300 ribuan.