Fuse Box – Fungsi, Jenis-Jenis, dan Harga Jualnya

Kamu pasti tahu sekring, kan? Sekring atau fuse atau fuse box biasanya digunakan untuk melindungi peralatan listrik atau elektronik dari kerusakan akibat arus yang berlebihan.

Sekring dapat dikatakan juga sebagai pengaman listrik.

Umumnya sekring pada mobil terdiri dari beberapa komponen berukuran kecil dan ditempatkan secara teratur. Untuk memudahkan kamu, sekring ditaruh dalam kotak sekring atau fuse box.

Di mobil, fuse box ditempatkan di ruang mesin. Namun, ada juga sih yang penempatannya di bagian bawah dasbor sisi pengemudi.

Kotak sekring selalu dilengkapi dengan diagram di bagian luar atau dalam penutup sekring. Tujuannya adalah untuk memudahkan pemilik mobil mengetahui dan menemukan sekring yang melindungi komponen-komponen di mobil.

Apa saja sih serba-serbi info tentang sekring si pengaman listrik untuk mobil ini? Yuk, simak ulasannya!

Fungsi fuse box

Fuse Box – Fungsi, Jenis-Jenis, dan Harga Jualnya

Fuse box adalah wadah atau tempat lalu lalangnya arus listrik dan pengaman bagi sistem kelistrikan kendaraan. Beberapa fungsi dari kotak sekring, yaitu:

  • Memutuskan hubungan arus listrik ketika terjadi hubungan singkat karena kelebihan arus yang mengalir atau beban lainnya sehingga arus listrik tidak akan mengalir.
  • Menjaga komponen listrik pada mobil dalam sebuah rangkaian listrik.
  • Sebagai pengaman kelistrikan.
  • Mencegah kebakaran atau sebagai pelindung agar komponen kelistrikan tetap aman.

Umumnya fuse terbuat dari kawat halus pendek yang akan meleleh dan terputus kalau dialiri arus listrik yang terlalu besar.

Dengan putusnya fuse atau sekring, arus listrik yang berlebihan akan terhenti sehingga tidak merusak komponen kelistrikan.

Ada beberapa jenis fuse mobil yang bisa kamu temukan saat melakukan pengecekan sendiri, seperti:

1. Fuse tabung kaca

Fuse dengan tipe cartridge ini memiliki bentuk seperti tabung kaca berwarna bening dan transparan. Ada penutup di kedua ujung tabung yang terbuat dari kuningan atau tembaga serta berlapis chrome nikel.

Ukurannya juga beragam. Namun, diameternya hanya seperempat inch atau 6,35 mm. Kecil banget ya?

Kamu bisa melihat kapasitas maksimal arus listrik dari fuse tabung kaca dari bagian penutupnya.

2. Fuse fusible link

Jenis ini umumnya memiliki bentuk yang terdiri dari dua strip logam dan disolder bersamaan. Titik solderan dua strip tersebut memang sengaja dirancang agar bisa meleleh pada suhu tertentu.

Jadi, pada kemudian hari, keduanya bisa terputus.

3. Fuse Yazaki

Fuse ini memiliki nama lengkap Yazaki Battery Fuse Terminal (BFT). Fuse Yazaki juga disebut sebagai versi pengembangan fuse fusible link.

Namun, desainnya dianggap lebih kompleks agar bisa melindungi wiring kabel aki sehingga lebih baik dari sisi pengamanan.

4. Fuse pisau

Bentuknya kotak dan terbuat dari bahan plastik transparan dengan sifat konduktif dan tidak mudah terbakar. Ada enam tipe fuse pisau, yaitu Micro 2, Micro3, Low Profile Mini Fuse (LP Mini), Mini, Regular, dan Maxi.

Sama seperti Fuse Tabung Kaca, di bagian atas terdapat angka sebagai penunjuk batas maksimal arus listrik.

Kode universal warna sekring

Jenis fuse pisau memiliki warna-warni yang berbeda. Namun, tidak semua sekring tancap ini dilengkapi kode tulisan spesifikasi arus di bagian atasnya. Itu kenapa kamu harus paham dari dasar warnanya saja.

Walaupun ukurannya kecil, kalau gak ada fuse ini, sistem perkabelan mobil bisa terbakar. Jadi, kamu juga harus rutin mengecek sistem pengaman listrik mobil ini secara mandiri dan teratur.

Nah, beberapa warna yang akan kamu temukan untuk jenis fuse pisau ini meliputi:

  • Oranye mewakili 5 Ampere (A).
  • Merah mewakili 10A.
  • Biru untuk 15A.
  • Kuning untuk sekring 20A.
  • Bening atau ungu dipakai sekring 25A.
  • Hijau untuk 30A.

Kalau kamu aktif menggunakan mobil hampir setiap hari atau akan melakukan perjalanan jauh, usahakan agar kamu selalu menyimpan cadangan sekring ya.

Ingat juga untuk jangan membeli fuse yang dibawah atau diatas batas listriknya karena justru akan sering menimbulkan masalah. Jadi, beli yang pas-pas aja sesuai kebutuhannya.

Misalnya, standard 10A dipasang justru 5A maka akan sering putus. Sementara kalau standard 5A dipasang 10A, dapat menyebabkan kerusakan peranti yang membutuhkan setrum, seperti head unit atau bohlam.

Macam fungsi kode sekring mobil

Selain warna, ada juga nih kode-kode sekring berupa huruf kapital yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu paham, nanti kamu bisa dengan mudah mengganti sekring sesuai komponen yang rusak.

Namun, ingat juga ya, proses penggantian sekring juga harus dilakukan secara hati-hati agar fungsi fuse mobil tetap baik dan tidak menyebabkan konslet akibat salah pasang.

Berikut ini adalah beberapa kode sekring pada mobil (Toyota Avanza) beserta fungsinya.

  1. H-LPH RH: Lampu headlamp kanan.
  2. H-LP LH: Lampu headlamp kiri.
  3. (ABS NO. 2): Antilock brake system.
  4. EFI: Sistem injeksi bahan bakar, bahan bakar sequential multiport, sistem injeksi, pompa bahan bakar.
  5. (A/C NO. 1): Sistem AC mobil.
  6. TAIL: Lampu belakang, lampu plat nomor polisi, lampu kabut depan, lampu posisi depan, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport.
  7. HORN (KLAKSON): Klakson mobil.
  8. (ECU-B): Transmisi otomatis.
  9. STOP: Lampu interior, lampu rem, lampu rem high mounted, sistem kontrol shift lock, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, anti-lock brake system.
  10. BACK UP: Sistem diagnosis on-board, sistem audio.
  11. HTR: Sistem air conditioner.
  12. POWER: Power window.
  13. ECU IG1: Anti-lock brake system, electric power steering, SRS airbag system.
  14. (DEF): Defogger kaca belakang.
  15. (D/L): Sistem power door lock.
  16. HAZARD: lampu sein tanda belok.
  17. (CIG): Power outlet.
  18. ACC: Sistem audio, shift lock control system, sistem kaca spion luar.
  19. ST: Sistem injeksi bahan bahan bakar multiport/sequential multiport, starter.
  20. (A/C NO. 2): Sistem AC mobil.

Cara merawat sekring dan fuse box mobil

Fuse Box – Fungsi, Jenis-Jenis, dan Harga Jualnya

Semakin tua kendaraan, biasanya fuse box semakin rentan dan dapat berakibat fatal. Hal ini karena kabel-kabel di fuse box bisa menjadi kaku. Begitu pun dengan soket-soket yang mulai teroksidasi karat.

Kalau sudah begini, kelancaran aliran listrik bisa terhambat, bahkan tak jarang berujung pada arus pendek atau korsleting.

Mengganti kabel dan fuse box menjadi solusi ideal untuk mengatasi masalah tersebut. Sebelum itu terjadi, kamu juga bisa melakukan pencegahan agar sekring dan fuse box dapat terawat dengan baik.

Perawatan sekring dan fuse box sangat mudah kok, bahkan kamu bisa melakukannya sendiri. Mau tau tahapan cara membersihkan sekring dan fuse box? Simak penjelasannya berikut ini!

  1. Siapkan perlengkapan, seperti penetrant, lap bersih, kuas, atau sikat gigi.
  2. Temukan lokasi fuse box dan sekring. Kamu bisa mencarinya di buku manual, tapi umumnya fuse box berada di ruang mesin atau dasbor bagian bawah sisi pengemudi.
  3. Gunakan penjepit khusus sekring (biasanya ada dalam kotak sekring) untuk melepas sekring. Jangan langsung melepas semua sekring yang ada, lepas satu persatu untuk menghindari salah pasang.
  4. Sekring yang sudah dilepas bisa langsung dibersihkan dengan penetrant dan kuas atau sikat gigi, lalu keringkan dengan lap.
  5. Ingat juga untuk bersihkan dudukan sekring di fuse box dengan penetrant dan kuas atau sikat gigi, keringkan juga dengan lap.
  6. Kalau ada sekring yang terlihat gosong, ganti dengan yang baru. Perhatikan kode dan warnanya baik-baik, usahakan sama persis dengan sebelumnya. Hal ini agar fungsi fuse mobil tetap maksimal dalam perlindungan komponen kelistrikan

Kalau kamu mencari sekring dan fuse box, sudah banyak banget yang jual secara online. Harganya juga bervariasi, ada yang jual satuan, ada juga yang jual satu set dengan fuse box-nya.

Untuk harga sekring colok mini mulai Rp3.500 per item. Sementara untuk harga satu set dengan fuse box-nya, dibanderol pada kisaran Rp1,5 jutaan.

Jangan lupa pastikan sekring dan fuse box yang kamu beli asli agar tidak gampang rusak nantinya!

Cara memilih fuse box dan sekring terbaik

Fuse box tidak hanya sebagai wadah tapi juga dudukan dan terminal penghubung arus listrik. Jadi, kalau kualitas fuse box sudah gak bagus, gampang banget buat fuse dan fuse box-nya korsleting dan terbakar.

Kualitas bagus berarti seharusnya fuse box tidak mudah terbakar walaupun korsleting. Paling parah pun hanya meleleh karena terkena panas yang tinggi.

Kamu bisa melakukan kualitas fuse box dengan tes bakar menggunakan korek. Kalau fuse box-nya meleleh dan ada api, jelas banget kalau itu kualitasnya jelek.

Harga fuse box dengan kualitas lumayan pun gak akan menguras kantongmu kok. Umumnya fuse box dengan harga diatas Rp10.000 sudah berkualitas baik, termasuk fitting dan kabel besar dengan jumlah kawatnya yang banyak.

Untuk sekring, jangan hanya fokus pada ukuran ampere ya, tapi lagi-lagi perhatikan kualitasnya. Saat membeli, perhatikan dan utamakan lempengan pengaman dan kualitas material pelindungnya.

Sekring dengan kualitas baik biasanya gak akan mudah putus saat dicopot. Kalau yang kualitasnya jelek, kaki sekring biasanya gampang putus saat dipasang atau dicopot.

Selain itu, kurang sensitif juga kalau korsleting, jadi fuse box-nya bisa meleleh deh.

Sekring dengan kualitas lumayan bagus hanya berkisar Rp2.000. Yang lebih bagus lagi juga ada lho. Bahannya dari keramik untuk tahan panas dan antibakar, kaki sekringnya juga lebih tebal, harganya pun hanya Rp15.000.

FAQ

Apa itu kotak sekring dan fungsinya?

Kotak sekring atau fuse box adalah wadah untuk dudukan dan terminal penghubung arus listrik. Tujuannya untuk memudahkan pemilik mobil mengetahui dan menemukan sekring yang melindungi komponen-komponen di mobil.

Berapa harga fuse box mobil?

Untuk harga sekring colok mini mulai Rp3.500 per item. Sementara untuk harga satu set dengan fuse box-nya di bandrol pada kisaran Rp1,5 jutaan.

Bagaimana cara ganti sekring yang rusak?

Kamu bisa melakukan penggantian sekring yang sudah rusak dengan cara:

  • Cari panel sekring.
  • Lepaskan sekring yang sudah rusak.
  • Ganti sekring rusak dengan yang baru.
  • Periksa jalur arus listriknya.