Harga Gearbox Mobil Matic Plus Estimasi Biaya Servisnya

Gearbox mobil matic merupakan komponen penting yang saling menunjang satu sama lain. Bagian ini sangat vital pada sebuah kendaraan karena memiliki fungsi mentransmisikan daya agar mesin bisa bergerak. 

Jika tak hati-hati dalam mengendarai mobil, komponen ini akan cepat rusak. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan yang sering dilakukan pengemudi. 

Nah, artikel ini membahas informasi lengkap mengenai gearbox mobil matic, termasuk kerusakan, harga, hingga kisaran biaya servis di bengkel mobil matic.

Apa itu gearbox pada mobil matic?

Harga Gearbox Mobil Matic Plus Estimasi Biaya Servisnya

Gearbox atau transmisi pada kendaraan terbagi menjadi dua jenis yaitu transmisi manual dan matic. Secara umum, transmisi bekerja dengan cara memindahkan putaran dan gaya yang ada di mesin dan gerakan roda mobil. 

Cara kerja transmisi mobil matic dan manual pada dasarnya sama. Hanya saja yang menjadi pembeda keduanya terletak pada fisiknya. Bila transmisi manual menggunakan dua baris roda gigi, sedangkan pada gearbox mobil matic hanya terdapat satu roda gigi yang dikelilingi roda gigi yang lebih kecil. 

Selain menggerakan mesin, komponen ini juga memiliki fungsi mengubah torsi atau daya putar. Dimana kemudian torsi tersebut dilanjutkan ke bagian spindel kendaraan mobil. Baik pada transmisi manual atau matic, gearbox juga berfungsi untuk menyesuaikan rasio gigi dengan beban dari mesin kendaraan mobil. 

Banyak lagi fungsi dari gearbox mobil ini. Selanjutnya komponen ini pun berfungsi menciptakan putaran pada mesin mobil tanpa selip. Juga mengatur dan menyesuaikan kecepatan daya putar dan gerak kendaraan. Manfaatnya adalah membuat mobil bisa bergerak maju dan mundur dengan baik. 

Sederhananya, pada gearbox mobil matic perpindahan gigi dilakukan secara otomatis ke kecepatan yang sesuai dengan kondisi kendaraan.

Gearbox mobil matic dapat bekerja dengan baik karena adanya komponen terkait sebagai penyokongnya. Artinya tanpa salah satu komponen ini, transmisi tidak dapat bekerja secara maksimal. 

Ciri kerusakan gearbox mobil matic 

Saat ini orang lebih memilih mobil matic ketimbang transmisi manual. Pasalnya transmisi matic lebih mudah dikendarai karena tak perlu repot menginjak kopling. Hanya saja, meski memiliki kelebihan seperti itu, transmisi mobil matic juga punya kelemahan seperti kerusakan pada gearbox. 

Meski belum mencapai usia lima tahun pemakaian atau jarak tempuhnya masih di bawah angka 100.000 km, namun gearbox bisa sewaktu-waktu alami kerusakan mesin. Nah, untuk mengetahui apakah mobil kamu bermasalah, ada beberapa gejala yang harus diperhatikan. 

Gejala pertama adanya kerusakan pada gearbox adalah bau cairan transmisi yang terbakar. Selanjutnya, ada kebocoran cairan transmisi. Jika kendaraan matic kamu memiliki tanda ini, berarti komponen di transmisi ini rusak. 

Tanda lain yang mencirikan gearbox alami kerusakan adalah saat menyalakan mesin mobil keluar suara yang tidak biasa. Di samping itu perhatikan juga apakah lampu indikator mesin yang ada di dashboard menyala, jika menyala maka kemungkinan besar komponen ini alami kerusakan. 

Gejala terakhir yang dapat kamu temui bila gearbox rusak adalah kesulitan dalam memindahkan atau mempertahankan posisi gigi. Dengan mengetahui gejala atau tanda kerusakan pada gearbox paling tidak kamu jadi bisa memperbaikinya sebelum menjadi lebih parah dan harus mengganti dengan komponen baru. 

Harga Gearbox Mobil Matic 

Harga Gearbox Mobil Matic Plus Estimasi Biaya Servisnya

Seperti dijelaskan sebelumnya, lebih baik merawat mobil bertransmisi matic daripada harus mengganti gearbox. Sebab, harga gearbox sendiri sangat mahal. Paling murah untuk satu unit gearbox mobil matic khusus Jazz senilai Rp4,6 juta. Sedangkan, harga di Tokopedia, gearbox paling mahal sekitar Rp15 juta untuk jenis mobil Pajero Sport. 

Sebagai referensi, berikut daftar harga gearbox mobil matic yang dilansir dari marketplace:

Tipe Harga gearbox mobil matic
Transmisi Gear Box Automatic Suzuki Karimun Wagon R Matic Original Rp6.000.000 
Gearbox Transmisi Matic Nissan Livina L10 Rp6.350.000
Gearbox Transmisi Auto Matic Jazz Gd3 City Gd8 Vtec Idsi Rp4.650.000
Gearbox transmisi matic mitsubishi grandis 2004 sd 2010 Rp6.800.000 
Gearbox Transmisi Matic CVT Alphard 24 Vellfire K112 Rp14.500.000 
Gearbox transmisi matic pajero sport diesel tipe GLS/Exceed 4speed t Rp15.000.000 
Gearbox transmisi matic toyota wish 18 1zz Rp7.500.000
Gearbox transmisi matic Ford fiesta 14 original Rp13.000.000 
Gearbox matic tiptronic BMW 318i E46 M43TU thn 00-01 Rp12.500.000
Gearbox transmisi matic Honda Mobilio cvt Rp19.500.000
Gearbox transmisi matic Chevrolet Captiva Diesel non facelift Rp9.000.000
Gearbox transmisi matic Nissan Livina 15 hr15 Rp5.700.000

Estimasi biaya servis di bengkel mobil matic

Bila dibandingkan dengan mobil manual, biaya servis mobil matic sangat tinggi. Ini disebabkan kompartemen dan komponen mobil matic yang banyak harus dibeli dibanding mobil manual. Sebagai bayangan, berikut estimasi biaya service mobil transmisi matic: 

1. Biaya komponen rusak 

Umumnya mobil matic sering mengalami kerusakan pada komponennya, yaitu bagian transmisi. Untuk memperbaiki komponen transmisi tersebut paling tidak kamu harus merogoh kocek sekitar Rp2 juta – Rp3 juta, hanya untuk perbaikan transmisi matic saja. 

2. Penggantian radiator dan air radiator 

Permasalahan lain yang jamak ditemui di mobil matic adalah pada bagian raditor. Bagian ini berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu mesin mobil. Biaya servis radiator berkisar Rp700 ribu – Rp1,5 juta tergantung dari jenis dan tipe mobil matic. 

Sedangkan untuk air radiator khusus dipatok harga mulai dari Rp45.000 hingga Rp120 ribu per liternya. Sedangkan untuk tarif jasa servis radiator sekitar Rp250 ribu – Rp300 ribu. 

3. Biaya ganti oli mobil matic 

Mobil matic juga harus rajin mengganti oli agar performa mesin tetap maksimal. Biaya yang harus kamu siapkan untuk ini sekitar Rp50 ribu hingga Rp75 ribu per mobil. Sedangkan untuk harga olinya sendiri berkisar Rp600 ribu – Rp850 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk biaya ganti oli transmisi. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan bujet sekira Rp200 ribu untuk biaya cek kondisi mobil lebih lanjut. 

Bila melihat dari keseluruhan, maka biaya servis mobil matic bisa memakan biaya Rp5 juta hingga Rp6 juta per sekali servis. 

Tips merawat mobil matic

Melihat tingginya biaya servis di bengkel mobil matic, sebenarnya kamu juga bisa melakukan itu sendiri. Berikut beberapa tips merawat mobil matic untuk menekan bujet servis di bengkel. 

1. Periksa oli transmisi secara rutin

Ketahui kondisi oli dengan mengecek penanda oli transmisi. Jika dilihat terlalu rendah, ada kemungkinan mobil mengalami kebocoran oli. Sedangkan jika berwarna gelap dan bau, maka mau nggak mau harus segera dibawa ke bengkel untuk diperbaiki atau diganti. 

2. Pakai oli transmisi yang tepat 

Jangan salah pilih dalam menggunakan oli transmisi. Gunakan oli transmisi yang tepat sesuai dengan tipe dan jenis kendaraan agar performa mesin makin maksimal. 

3. Perbaikan radiator mobil

Radiator mobil matic berfungsi menjaga suhu mobil agar tidak mengalami overheat. Pastikan sistem pendingin dalam mobil dalam kondisi prima dan segera perbaiki bila dilihat ada gejala bermasalah. 

4. Berhati-hati saat mengoper gigi

Saat mengoper gigi dari Drive (D) ke Reverse (R) harus dilakukan dalam kondisi mobil diam, bukan bergerak. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan masalah serius pada transmisi mobil.

5. Panaskan mobil sebelum dipakai

Lakukan rutin atau secara berkala memanaskan mobil meski tidak dikendarai. Hindari menyalakan mobil lalu langsung dipakai. 

6. Cek kondisi ban

Hindari untuk mengendarai mobil matic bila ban dalam kondisi nggak imbang. Sebab bila diteruskan akan berakibat pada gangguan keseimbangan roda dan juga transmisi. 

7. Ganti filter transmisi secara rutin

Beberapa mobil matic, umumnya tipe lawas, memiliki filter transmisi dan komponen tersebut perlu diganti secara berkala.

8. Inspeksi mobil setahun sekali

Setidaknya setahun sekali lakukan inspeksi mobil secara keseluruhan untuk mengecek kondisi. Selain itu cara ini juga bisa meminimalisir kerusakan fatal pada mobil matic. 

Jangan lupa berikan perlindungan asuransi mobil

Sebagai bagian dari perawatan kendaraan, asuransi mobil menjadi hal penting. Dengan memiliki asuransi mobil, maka pemilik kendaraan akan terbebas beban finansial kamu dari tagihan-tagihan bengkel yang jumlahnya tidak murah.

Asuransi mobil akan memberikan kamu manfaat pertanggungan mulai dari mengcover biaya kerusakan mobil dari yang ringan hingga berat, mengganti biaya apabila mobil hilang dicuri dalam waktu satu tahun, hingga kerusakan mobil akibat bencana alam atau gempa bumi.

Kamu bisa memilih premi sesuai dengan kebutuhanmu. Semakin banyak premi, maka semakin banyak juga manfaat yang akan kamu dapatkan.

Pastikan asuransi mobil yang kamu pilih sudah bekerja sama dengan banyak bengkel rekanan, sehingga mobil kamu bisa diperbaiki di bengkel yang tepat dan tidak abal-abal. 

FAQ gearbox mobil matic 

Apa ciri gearbox mobil matic rusak? 

Cairan transmisi bau, keluar suara tidak biasa saat mesin dinyalakan dan sulit memindahkan atau mempertahankan posisi gigi. 

Berapa harga gearbox mobil matic? 

Paling murah untuk satu unit gearbox mobil matic khusus Jazz senilai Rp4,6 juta. Sedangkan, di marketplace, gearbox paling mahal sekitar Rp15 juta untuk jenis mobil Pajero Sport. 

Apa tips perawatan mobil matic? 

  1. Periksa oli transmisi secara rutin
  2. Pakai oli transmisi yang tepat 
  3. Perbaikan radiator mobil
  4. Berhati-hati saat mengoper gigi
  5. Panaskan mobil sebelum dipakai
  6. Cek kondisi ban
  7. Ganti filter transmisi secara rutin
  8. Inspeksi mobil setahun sekali

Apakah asuransi mobil penting?

Mengingat biaya service dan perbaikan mobil tidak murah, sebaiknya miliki asuransi mobil yang mampu meringankan beban finansial kamu dari tagihan-tagihan bengkel yang jumlahnya tidak murah. Termasuk di dalamnya ketika gearbox mobil memerlukan perbaikan.