Investasi Properti – Keuntungan, Jenis, dan Cara serta Tipsnya

Banyak kaum milenial saat ini sudah melek investasi, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Jenis investasi pun beragam mulai dari obligasi, reksa dana, deposito, saham, hingga properti.

Investasi ini menjadi salah satu jenis aset yang diincar karena memiliki nilai yang terus meningkat tiap tahunnya dan dapat memberikan keuntungan yang besar.

Investasi properti adalah investasi terkait pembelian, kepemilikan, penyewaan, pengelolaan, dan penjualan real estate atau properti jenis apa pun.

Semua kegiatan tadi bertujuan untuk mendapatkan Return of Investment (ROI), baik dari hasil sewa, penjualan kembali atau gabungan dari kedua faktor tersebut.

Apa kamu kaum milenial yang berangan-angan memiliki properti dan ingin menjadikannya sebagai pilihan investasi?

Kamu minder karena menganggap investasi ini membutuhkan modal yang besar? Coba cek dulu ulasannya berikut ini agar kamu dapat memulainya dengan segera!

Keuntungan investasi properti dan risikonya

Karena setiap investasi memiliki keuntungan dan risiko masing-masing, begitu pula dengan properti. Beberapa kelebihan investasi properti adalah:

  • Imbal hasil cenderung positif
  • Potensi pendapatan pasif
  • Dapat dijadikan jaminan/agunan
  • Tahan ancaman inflasi
  • Wujud jelas/terlihat secara fisik
  • Risiko rendah
  • Pasar properti stabil

Beberapa risiko dari investasi ini adalah:

  • Beban perawatan
  • Investasi padat modal /modal besar
  • Sulit untuk dijual cepat
  • Biaya transaksi tinggi (pajak)
  • Ketidakpastian pasar
  • Waktu lama untuk membeli
  • Hancur bila terjadi bencana alam

Jenis investasi properti dan contohnya

Investasi Properti – Keuntungan, Jenis, dan Cara serta Tipsnya

Investasi properti dapat memberikan keuntungan pasif dan rutin dengan rupa bangunan atau tanah hanya dengan cara disewakan atau dijual.

Kamu juga tidak perlu rutin untuk melakukan monitoring selama properti yang kamu miliki tidak mengalami gangguan atau kerusakan.

Tiga kunci utama dalam investasi ini adalah lokasi strategis, harga sewa, dan kepuasan penghuni.

Apa saja jenis investasi properti yang menjanjikan dan dapat memberikan kamu keuntungan dalam jangka panjang? Berikut ini beberapa contohnya!

1. Rumah kontrakan atau kontrakan petak

Rumah kontrakan ataupun kontrakan petak amat sangat mudah kamu temukan di mana pun saat ini. Hampir tidak mungkin jenis investasi yang satu ini akan sepi peminat.

Dari mulai pekerja hingga keluarga baru, pasti membutuhkan rumah kontrakan yang berlokasi strategis, dekat tempat usaha, dan keramaian.

Kamu bisa memiliki keuntungan dengan menyewakannya secara 1 bulanan, 6 bulanan, ataupun tahunan. Untuk penyewa yang merasa betah, mereka bahkan akan tidak masalah jika sang pemilik menaikkan harga tiap tahunnya.

2. Kos-kosan

Jika kamu memiliki lokasi properti yang strategis dekat kampus ataupun perkantoran, cobalah memulai untuk membuka kos-kosan.

Ibaratnya, tanpa harus melakukan apapun, kamu bisa mendapatkan pendapatan pasif setiap bulannya.

Untuk menambah peluang keuntunganmu, coba pantau juga beberapa jenis usaha tambahan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari para penyewa, misalnya warung makan, laundry, toko kelontong, dan lain sebagainya.

3. Toko atau kios dan ruko

Keberadaan usaha mikro kecil dan menengah semakin menjamur saat ini. Peluang ini juga dapat menjadi keuntungan buatmu jika kamu memiliki lokasi yang strategis. 

Kamu bisa menyewakan ruko, toko, ataupun kios yang kamu miliki dengan penyewa yang memiliki jenis usaha yang jelas.

Mereka pun tidak akan keberatan jika harga sewa naik tiap tahunnya selama lokasi memang sangat strategis untuk berdagang dan usahanya semakin berkembang.

4. Apartemen

Minimnya lokasi untuk perumahan di kota besar membuat apartemen kian diminati apalagi untuk kaum milenial.

Banyak yang memilih tinggal di apartemen karena memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap dibanding kontrakan atau kos-kosan, apalagi harganya pun juga setara.

Walaupun membutuhkan modal yang cukup besar di awal, keuntungan yang akan kamu terima juga dapat berlangsung untuk jangka panjang.

Pikirkan juga tentang kelengkapan furniture dasar agar penyewa semakin betah untuk tetap menyewa di apartemen yang kamu miliki.

5. Tanah

Yang satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi ya. Nilai dan harga jual tanah akan selalu naik setiap tahunnya. Walaupun tanpa perawatan, kamu dapat menyewakan, bahkan menjual tanah kosong yang kamu miliki.

Jika kamu memiliki tanah kosong dengan lokasi strategis misalnya dekat stasiun kereta, kamu dapat menjadikan tanah itu sebagai lahan parkir. Pendapatan pasif pun bisa kamu dapatkan setiap harinya. Menarik, bukan?

Namun, tetap perhatikan baik-baik surat dan kelengkapan dokumen saat membeli investasi tanah ya. Sebab banyak penipuan yang terjadi jual beli tanah tetapi ternyata adalah tanah sengketa.

Investasi properti modal kecil dan menguntungkan

Banyak yang bingung mau memulai investasi properti, tapi hanya memiliki modal yang kecil.

Jika kamu membayangkan investasi properti adalah kamu membeli tanah, rumah, apartemen, ruko, toko dan sebagainya, tentu kamu akan mundur sebelum mencoba.

Harga ratusan juta pasti langsung muncul di benak kamu dan bagaimana kamu bisa mendapatkan uang sebanyak itu? Jika memang begitu, coba mulai belajar dari sudut pandang lain. 

Dan daripada pusing memikirkan hal itu, lebih baik kamu simak ulasan berikut! Apa saja dan bagaimana kamu bisa investasi ini dengan modal kecil, tapi tetap memberikan keuntungan maksimal?

1. Investasi properti dengan bekerja sama

Pastikan orang yang kamu ajak kerja sama adalah orang yang dapat dipercaya atau telah lama kamu kenal. Tentukan juga jumlah orang yang akan kamu ajak sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Buat kesepakatan resmi (tertulis dan diatas materai) jika kamu melakukan investasi ini bersama mitra.

Kesepakatan yang diatur dapat mencakup besaran modal yang dikeluarkan tiap-tiap pihak, pembagian keuntungan investasi properti, durasi kerja sama, dan hak jual-beli properti.

Jika propertimu sudah berkembang, kamu dapat menyewakannya ataupun menjualnya. Tentunya hasil sewa atau penjualan ini harus dibagi dengan orang yang kamu ajak kerja sama ya.

2. Menjadi agen atau makelar properti

Agen properti bertugas memasarkan sebuah unit properti, baik itu tanah, rumah, atau unit apartemen. Sebagai agen, kamu boleh memasarkan banyak unit properti dalam satu waktu.

Kamu pun juga dapat menghubungkan calon pembeli dengan penjual properti.

Jika kamu berhasil melakukan tugasmu, kamu akan mendapat keuntungan dari komisi hasil transaksi antara penjual dengan pembeli sesuai kesepakatan.

Dengan harga properti yang berhasil kamu jual mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah, tentunya komisi yang akan kamu dapatkan sangat menjanjikan, bukan?

Hasil keuntungan inilah yang bisa kamu jadikan modal untuk melakukan investasi properti lainnya. Selamat mencoba!

3. Investasi properti dengan crowdfunding

Dengan metode ini, kamu bisa menjadi bagian dari sekelompok orang yang mengumpulkan dana untuk membeli sebuah aset properti. Keuntungan dari pengelolaan aset properti tersebut akan dibagi kepada penyumbang modal.

Banyak situs crowdfunding bisnis properti yang menawarkan keuntungan besar saat ini. Tetap waspada dan pilihlah situs crowdfunding yang kredibel dan terpercaya dalam waktu lama, ya.

4. Membeli saham perusahaan bidang properti

Kalau kamu sudah terbiasa berinvestasi di saham, jangan lupa untuk mencoba membeli saham perusahaan di bidang properti. Walaupun persentase kepemilikannya kecil, kamu tetap pembeli saham perusahaan tersebut lho.

Banyak saham perusahaan properti yang harganya dibawah Rp1.000 per lembar, tapi bukan berarti asal pilih ya. Pilih saham perusahaan properti yang memiliki fundamental baik dan proyek yang jelas.

Ingat juga bahwa saham perusahaan properti sangat bergantung pada suku bunga kredit dan naik turunnya penjualan. Jadi, jangan berharap akan selalu untung.

5. Pendanaan properti lewat P2P lending

P2P lending diperuntukkan bagi kamu yang ingin membeli aset properti tapi membutuhkan pinjaman uang. Kamu juga bisa mendanai proyek properti lho. Situs P2P lending ini akan mempertemukan investor dan peminjam dana.

Minimal investasi di situs P2P lending mulai dari Rp200 ribu saja. Return yang kamu dapatkan sekitar 11% per tahun.

Investasi ini cukup berisiko ya karena rata-rata peminjam dana adalah orang yang dinilai kurang layak kredit bank. Pastikan kamu selektif dalam memilih proyek yang akan kamu danai.

6. Bisnis sewa homestay

Bisnis homestay adalah bisnis penyewaan sebagian atau keseluruhan properti kepada pihak lain dengan harga yang terbilang murah jika dibandingkan dengan harga sewa rata-rata penginapan pada umumnya.

Umumnya bisnis homestay banyak dilakukan di kawasan wisata atau kawasan lingkungan kampus yang banyak pendatangnya.

Kamu perlu bekerja sama dengan pemilik homestay. Tugasmu adalah menyewakan homestay tersebut kepada orang yang tepat. Kamu akan memperoleh keuntungan komisi dari pemilik homestay.

Sewa homestay biasanya ada yang harian, mingguan, bahkan bulanan. Jika penghuni lama keluar, kamu hanya perlu mencari penghuni yang baru.

Cara investasi properti bagi milenial

Investasi Properti – Keuntungan, Jenis, dan Cara serta Tipsnya

Investasi properti untuk kaum milenial amat sangat mungkin.

Setelah tadi kamu sudah paham bahwa investasi ini dapat dilakukan dengan modal yang kecil, sekarang saatnya kamu belajar untuk tahu apa saja tips dan cara untuk memulai investasi ini. Yuk, disimak!

1. Cari informasi tentang investasi properti terbaik

Kamu dapat mencari informasi dan melakukan survei sendiri tentang produk properti yang memiliki lokasi strategis ataupun berpotensi cukup bagus dan akan berkembang di masa mendatang.

Lokasi adalah kunci dari investasi properti ya. Semakin strategis lokasinya, semakin berpotensi meningkat pula harga properti tersebut kedepannya.

2. Cari informasi tentang developer

Untuk investasi dalam bentuk bangunan (perumahan, apartemen dan sebagainya), pastikan developer-nya memiliki kredibilitas yang baik dan terpercaya. Coba cek berbagai developer di Real Estate Indonesia (REI).

Developer yang baik tidak akan lari dari masalah dan menciptakan distrust kepada konsumen. Ini menjadi poin penting karena banyak developer saat ini yang menipu konsumen dan hilang tanpa kabar.

3. Mulai dengan harga yang terjangkau

Investasi ini harus dimulai sedini mungkin karena harganya yang terus meningkat setiap tahun.

Cobalah untuk sisihkan dana dan mulai mencicil rumah tapak sederhana ataupun apartemen di pinggiran kota yang masih memiliki harga cukup terjangkau.

4. Ikut pelatihan investasi properti 

Sebelum kamu asal membeli properti di sembarang tempat, pahami dan pelajari baik-baik apa itu investasi properti dan seluk-beluknya.

Coba ikuti berbagai kelas pelatihan maupun seminar tentang investasi ini. Pengetahuanmu pun dapat bertambah juga dengan informasi berbagai aturan dan hukum yang berlaku dalam investasi dan bisnis ini.

5. Gunakan media promosi yang sesuai

Kamu dapat menggunakan sosial media sebagai media untuk mempromosikan properti yang kamu miliki.

Misalnya, di grup khusus properti (Facebook dan Whatsapp), promosikan properti dengan keterangan yang jelas, foto, dan video yang menarik serta kalimat yang persuasif. 

Investasi properti syariah

Investasi properti syariah adalah investasi properti yang dilakukan atas dasar aturan hukum syariah Islam.

Prinsip syariah diterapkan dengan tujuan agar semua belah pihak yang terlibat dalam investasi dapat diuntungkan dan terjalin hubungan yang baik, serta mendapatkan penghasilan yang halal.

Beberapa keuntungan dari investasi properti syariah, yaitu:

  • Risiko investasi yang rendah
  • Keuntungan pasti untuk jangka panjang
  • Sesuai syariat Islam (bebas riba)
  • Aman
  • Manfaat secara sosial

Serupa dengan investasi properti secara konvensional, prinsip syariah juga memiliki beberapa tips agar kamu dapat berinvestasi dengan tepat, seperti:

  • Pilih yang sesuai dengan aturan Islam (misal perumahan syariah dengan akad dan KPR syariah)
  • Survey lokasi dan harga
  • Cek legalitas dokumen dan kredibilitas developer
  • Hindari faktor gharar (pastikan bahwa lokasi dan wujud properti jelas, bukan rumah inden)

Cara terhindar dari investasi properti bodong

Saat ini banyak investasi properti bodong yang menawarkan properti murah tapi wujudnya belum ada.

Nah, agar kamu lebih berhati-hati untuk terjun ke dalam investasi ini, berikut adalah beberapa tips agar terhindar dari investasi properti bodong!

1. Kenali sumber informasi

Jika kamu ditawarkan dan dijelaskan panjang lebar tentang investasi ini oleh seseorang, tanya dan pastikan darimana dan bagaimana latar belakang orang tersebut.

Apakah memang agen properti resmi? Atau hanya penipu yang pandai mencari korban?

2. Pahami konsep yang ditawarkan

Pastikan kamu mencari tahu informasi soal minimal modal yang harus disetor, berapa potensi keuntungan hingga apa saja risiko yang harus kamu tanggung.

Hal ini untuk menghindari berbagai masalah dan kerugian yang bisa terjadi di masa depan. Tanya secara detail dan nilai sendiri apakah investasi yang ditawarkan benar atau tidak.

3. Jangan tergoda keuntungan yang tidak masuk akal

Keuntungan merupakan tujuan dari suatu investasi. Jika kamu ditawari investasi properti dengan modal sedikit tapi memberikan untung luar biasa dalam waktu singkat, kamu patut waspada. 

Ingat bahwa besar kecilnya keuntungan suatu investasi seiring dengan besar kecil pula risikonya. Pelajari dan pahami lebih dalam tentang investasi properti.

Gunakan pula logika dan analisis hitunganmu sendiri untuk memberikan keputusan apakah tawaran tersebut merupakan investasi properti bodong atau bukan.

4. Cek legalitas dan kredibilitas pengelola

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait perusahaan dan juga produk investasi properti serta sistem kerja yang ditawarkan.

Kamu bisa mengeceknya di internet atau bertanya pada kenalanmu yang pernah menggunakan jasa pengelola tersebut.

FAQ

Apakah investasi properti memerlukan modal besar?

Tidak selalu, beberapa contoh jenis investasi properti dengan modal kecil adalah dengan bekerja sama (dengan mitra), menjadi agen/makelar properti, crowdfunding, membeli saham perusahaan bidang properti dan pendanaan lewat P2P lending.

Bagaimana sistem perumahan syariah?

Perumahan syariah adalah jenis properti yang sistem transaksinya dijalankan sesuai dengan syariah Islam.

Pembelian perumahan syariah ini dilakukan tanpa bank, tanpa bunga, tanpa denda, tanpa asuransi, tanpa sita, dan tanpa akad yang bermasalah.

Apa saja modus penipuan investasi properti?

Modus penipuan investasi properti seperti mafia tanah, penipuan terhadap agen properti, penipuan properti berkedok syariah, dan scam listing (penipuan lewat situs jual beli online).