Jenis-Jenis Mobil dari MPV, SUV, Sedan, hatchback, hingga Sport

Jumlah peminat mobil di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Kamu pasti juga udah gak heran, jenis-jenis mobil yang berlalu lalang di jalan cukup banyak.

Abis gimana ya, banyak orang saat ini pasti mencari keamanan dan kenyamanan untuk menuju ke suatu tempat.

Harga mobil juga sudah banyak yang ramah di kantong lho, mulai dari mobil dengan harga puluhan juta untuk kondisi bekas dan ratusan juta, hingga miliaran untuk yang baru.

Kamu berencana untuk punya mobil bekas atau baru? Namun, bingung mau jenis mobil apa? Atau berandai-andai dulu nih lihat jenis mobil impianmu. Simak yuk ulasan tentang beragam jenis mobil di Indonesia berikut ini!

1. Mobil MPV adalah salah satu dari jenis-jenis mobil di Indonesia

Jenis-Jenis Mobil dari MPV, SUV, Sedan, hatchback, hingga Sport

MPV adalah singkatan dari Multi Purpose Vehicle atau banyak juga yang menyebutnya sebagai family car. Jenis mobil ini paling laris manis di pasar otomotif Indonesia.

Kenapa? Alasan utamanya sih biasanya karena mobil ini bisa memuat banyak penumpang dan barang serta mesinnya cukup bandel dan irit.

Jenis mobil MPV juga ada “kelas-kelasnya”. Sama-sama bisa memuat banyak penumpang dan barang, tapi kualitas dan spesifikasinya akan sangat menentukan dalam harga. Beberapa jenis dan contoh mobil MPV, yaitu:

Low MPV

Jenis ini memiliki fitur sederhana, bodi tidak terlalu besar, mampu menunjang kegiatan sehari-hari ,dan irit bahan bakar. Beberapa contohnya adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Calya, hingga Daihatsu Sigra.

Medium MPV

Kalau yang ini, kelasnya satu tingkat di atas low MPV. Umumnya memiliki karakter bodi lebih besar dan fiturnya juga lebih lengkap.

Beberapa contohnya adalah Toyota Kijang Innova, Toyota Sienta, Honda Mobilio, hingga Mitsubishi Xpander.

Premium MPV

Ini peringkat teratas dari kelas MPV, harganya saja ada yang mencapai miliaran rupiah. Seperti namanya, kelas premium MPV memiliki bodi yang besar dan fitur serta interior kelas VIP.

Memiliki mobil ini juga terkait dengan status sosial seseorang lho. Beberapa contohnya adalah Toyota Alphard, Vellfire, Voxy, hingga Mazda Biante.

Karena bisa memuat banyak penumpang dan iritnya bahan bakar, banyak dari kelas low dan medium MPV ini dijadikan sebagai transportasi online atau sebagai jenis mobil untuk Grabcar, Gocar, ataupun inDriver oleh masyarakat.

Bahkan, tidak sedikit juga dari perusahaan taksi yang sekarang menggunakan berbagai merek mobil MPV.

2. Mobil SUV

Jenis-Jenis Mobil dari MPV, SUV, Sedan, hatchback, hingga Sport

SUV atau Sport Utility Vehicle menjadi salah satu dari jenis-jenis mobil favorit juga di Indonesia. SUV mampu menawarkan paduan kenyamanan ala sedan dengan fleksibilitas, kepraktisan, dan daya jelajah lebih baik.

Bodinya pun lebih sporty dan memikat hati. 

SUV juga bertransformasi menjadi crossover yang memberikan kenyamanan, efisiensi, serta performa lebih optimal.

Dengan beragamnya merk mobil SUV saat ini, kamu bisa pilih sesuai dengan selera, bujet, dan kebutuhan. Ada beberapa klasifikasi mobil SUV, yaitu:

SUV mini

Seperti namanya, SUV ini terlihat mini dan ukurannya cenderung lebih ramping. Contoh SUV jenis ini adalah Daihatsu Terios, Suzuki Jimny, hingga Daihatsu Taruna.

SUV compact

SUV compact memiliki kapasitas penumpang yang lebih terbatas dan ukurannya terlihat lebih padat. Contohnya adalah Chevrolet Captiva dan Nissan X-Trail.

SUV ukuran sedang

SUV ukuran sedang memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan SUV mini dan compact. Contoh mobil SUV ini adalah Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Fortuner.

SUV full sized

SUV full sized memiliki ukuran interior dan eksterior yang sangat besar. Luas mobil akan membuat nyaman para penggunanya. Contohnya adalah Nissan Patrol, hingga Hummer.

Beberapa contoh mobil SUV yang menawan dan jadi incaran masyarakat Indonesia, yaitu:

  • Toyota Rush
  • Honda HR-V
  • Wuling Almaz
  • Toyota Corolla Cross
  • Suzuki XL7
  • Hyundai Kona Electric
  • Mitsubishi Pajero Sport
  • Toyota Fortuner
  • Honda CR-V
  • BMW X1

3. Mobil sedan

Jenis-Jenis Mobil dari MPV, SUV, Sedan, hatchback, hingga Sport

Kata sedan berasal dari bahasa Latin dan Italia dengan kata dasar sedes atau sedere yang berarti ‘untuk duduk’.

Sedan adalah salah satu dari jenis-jenis mobil dengan tiga kotak (ruang mesin, kabin penumpang, dan bagasi), dilengkapi empat pintu, dan memiliki ruang duduk dua baris. 

Walaupun mobil jenis ini cukup terkenal pada zaman dahulu, sedan menjadi satu segmen yang kurang berkembang di Indonesia, bahkan penjualannya juga menurun untuk saat ini.

Hal ini karena mobil sedan dibebani pajak yang tinggi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN-BM) untuk sedan di bawah 1,5 liter adalah 30%. Sementara di atas itu 40-75%, sedangkan segmen lain hanya 10%.

Meski begitu, mobil sedan memang menawarkan kenyamanan, kenikmatan berkendara hingga kemewahan yang paling unggul dari semua jenis mobil.

Sering diasosiasikan dengan prestise, desain yang elegan dan image premium, sedan tetap memikat hati para pecintanya.

Saat ini sedan juga berkembang sesuai dengan tuntutan pasar. Ada banyak pilihan, mulai dari sedan kompak yang terjangkau, sedan medium hingga yang super mewah, dan eksklusif.

Beberapa mobil sedan favorit di Indonesia, yaitu:

  • Toyota Vios
  • Honda City
  • Honda Civic
  • Toyota Corolla Altis
  • Honda Accord
  • Toyota Camry
  • Mazda 6
  • BMW Seri 3
  • Mercedes-Benz C-Class
  • Hyundai Ionic Electric

4. Mobil convertible

Jenis-Jenis Mobil dari MPV, SUV, Sedan, hatchback, hingga Sport

Jenis mobil yang satu ini mungkin akan jarang kamu jumpai di jalan. Kamu mungkin juga masih asing dengan kata convertible.

Mobil convertible adalah salah satu dari jenis-jenis mobil yang berukuran kecil dan memiliki atap yang bisa dilipat (bukan sunroof). Jadi, kamu bisa mengubah mobil ini menjadi sebuah mobil dengan atap terbuka. 

Dua varian mobil convertible adalah soft top dan hard convertible. Untuk soft top, atapnya terbuat dari bahan vinyl atau kanvas. Sementara untuk yang hard convertible, atapnya terbuat dari plastik atau baja. 

Ada beberapa alasan kenapa kamu mungkin jarang melihat jenis mobil ini lalu lalang di jalan, yaitu:

Jarak pandang terbatas

Karena desain yang mungil dan rendah, hal ini tentu akan mengurangi jarak pandang kendaraan lain. Apalagi jika banyak truk besar melintas, bisa bahaya lho.

Mobil dan harga sparepart yang mahal

Umumnya mobil jenis convertible ini dibanderol dengan harga yang fantastis. Hal itu pun berlaku untuk onderdilnya. 

Jadi, cukup ngeri juga ya kalau mengendarai mobil ini di saat jam-jam kemacetan ibu kota. Siap-siap deh kalau harus rogoh kocek untuk bodi lecet atau spion rusak.

Cuaca

Indonesia yang hanya punya dua musim, yakni hujan dan panas, sepertinya memang kurang pas ya untuk menggunakan jenis mobil ini.

Apalagi kondisi cuaca sekarang yang gak menentu, dari cuaca panas bisa aja tiba-tiba langsung hujan.

Padahal, salah satu tujuan menggunakan mobil ini adalah untuk menikmati udara luar.

Apalagi kalau kamu gunakan mobil ini di jalan ibu kota, ujung-ujungnya atap akan tetap tertutup daripada kamu menghirup polusi di mana-mana.

Namun, kalau kamu memang memiliki impian untuk memiliki mobil convertible ini, gak ada salahnya kok. Asal siap-siap merogoh kocek dalam karena harganya yang mahal. 

Beberapa contoh jenis mobil convertible adalah Porsche 718, Rolls Royce Phantom, Bentley Continental, Daihatsu Copen, BMW 4 Series Convertible, Mercedes Benz SL-Class, hingga Mini Convertible.

5. Mobil hatchback

Jenis-Jenis Mobil dari MPV, SUV, Sedan, hatchback, hingga Sport

Hatchback adalah istilah yang digunakan untuk menyebut salah satu dari jenis-jenis mobil penumpang berbasis sedan, tetapi tidak memiliki “ekor” sebagai bagasi.

Hatchback tetap memiliki bagasi yang terletak di belakang bangku penumpang walaupun volumenya cenderung kecil.

Kapasitas penumpang hatchback umumnya 4-5 orang. Beberapa contoh mobil hatchback adalah Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift, Ford Fiesta, Hyundai i20, dan masih banyak lagi.

Mobil ini juga banyak peminatnya, apalagi untuk yang masih single atau keluarga kecil. Ada beberapa alasan kenapa mobil hatchback cukup diminati masyarakat kita, seperti:

Eksterior stylish

Bagian luar mobil ini memang dirancang dengan desain yang aerodinamis  dan warna yang “berani” sehingga terlihat modern. Sebab target pasarnya memanglah untuk kaum dewasa muda yang identik dengan jiwa bebas dan ekspresif. 

Mungil tapi dimensi lapang

Mobil ini jelas akan terlihat mungil dibanding MPV ataupun SUV, tapi space interiornya terbilang lapang. Kapasitas bagasinya sebesar 440.000 cc. Kalau ingin lebih besar lagi, kamu bisa melipat bangku penumpang (second row).

Kesan lapang juga dihadirkan melalui headroom yang cukup tinggi. Hatchback juga hadir dengan ground clearance (jarak mobil dengan tanah) yang lebih tinggi dari sedan konvensional sehingga memberikan kesan kokoh. 

Handling lebih mudah

Dengan kapasitas mesin yang tidak terlalu besar, keseluruhan bobot mobil hatchback pun lebih ringan dan akan memudahkan kamu untuk mengendalikan mobil.

Mengemudi jadi tidak terlalu melelahkan karena kendaraan yang kamu pacu mudah dikendalikan.

Cocok untuk manuver

Karena dirancang untuk penggunaan dalam kota, mobil ini memang lebih cocok digunakan di jalanan perkotaan yang relatif lebih mulus.

Dengan bodi yang ramping dan aerodinamis, akan mudah bagi mobil ini untuk melakukan manuver di jalanan. 

6. Mobil station wagon

Jenis-Jenis Mobil dari MPV, SUV, Sedan, hatchback, hingga Sport

Mobil station wagon adalah salah satu dari jenis-jenis mobil, tergolong sebagai mobil sedan dengan atap yang diperpanjang hingga bagian belakang mobil. Penambahan ruang ini berfungsi sebagai bagasi yang menyatu dengan kabin penumpang.

Karena itu juga, mobil station wagon kerap disebut estate di beberapa negara.

Umumnya, produsen otomotif akan membuat versi station wagon sebagai edisi spesial sehingga jumlahnya terbatas dan mobil ini menjadi langka.

Beberapa pabrikan mobil bahkan memberikan istilah tersendiri untuk seri wagon mereka, seperti Avant (Audi), Touring (BMW), Clubman (MINI), dan Weekend (Fiat).

Kamu mungkin tidak banyak menjumpai jenis mobil ini di Indonesia. Sebab mobil station wagon pun dibanderol dengan harga yang mahal. 

Berikut ini adalah beberapa contoh mobil station wagon.

  • Mercedes-Benz E-Class Wagon
  • Mazda 6 Estate
  • MINI Clubman
  • Peugeot 407 SW
  • Chevrolet Estate
  • BMW E30 Wagon

7. Mobil double cabin

Jenis-Jenis Mobil dari MPV, SUV, Sedan, hatchback, hingga Sport

Mobil double cabin dirancang memiliki dua kabin, yaitu kabin utama dan kabin kedua untuk pengemudi dan penumpang.

Mobil ini juga memiliki bak di bagian belakang sebagai tempat untuk mengangkut barang atau material berat.

Walaupun terkenal dengan bodi yang besar dan umumnya digunakan untuk kondisi lapangan dengan medan berat, gak sedikit juga yang menggunakan mobil jenis ini di jalan ibu kota. 

Beberapa alasan dan kelebihan mobil double cabin saat ini cukup diminati, yaitu:

Mesin terkenal tangguh

Mobil ini bahkan kuat terobos banjir dengan tingkat air di atas 60 cm berbekal snorkel ban besar dan winch.

Kapasitas tangki besar

Kamu tidak perlu khawatir kehabisan bahan bakar saat bepergian melintasi hutan, perkampungan, atau bahkan daerah yang jarang ada pom bensinnya. Kapasitas tangki mencapai 80 liter lho.

Sistem kendali mudah dioperasikan

Umumnya jenis mobil ini tersedia dalam tipe 4WD agar mampu menerjang medan terjal, berbatu, dan bergelombang. 

Namun, banyak juga yang telah dilengkapi sistem pengoperasian saklar dial jenis baru untuk meningkatkan kenyamanan secara signifikan.

​​​​​​​Fiturnya canggih dan interiornya modern

Fitur canggih seperti LCD dan kamera serta sensor parkir yang berguna untuk memudahkan pengemudi sudah ada pada mobil ini.

Bahkan, ada fitur defogger yang berfungsi memberikan energi panas terhadap kabut pada kaca saat hujan. Desain interiornya juga menawan ditambah kaca yang tebal untuk meredam kebisingan serta jok kulit berkualitas.

Pilihan tepat untuk dibawa travelling

Karena mesinnya tangguh, mobil ini sangat cocok untuk kamu yang suka travelling apalagi dengan medan yang menantang. Ditambah lagi dengan dua cabin dan bak ekstra, kamu gak perlu khawatir bawa barang banyak.

Beberapa contoh mobil double cabin yang sporty dan tangguh favorit masyarakat Indonesia, yaitu Toyota New Hilux, Mitsubishi New Triton, Ford Ranger, Isuzu D-Max, dan Nissan Navara.

8. Mobil offroad

Jenis-Jenis Mobil dari MPV, SUV, Sedan, hatchback, hingga Sport

Mobil offroad adalah salah satu dari jenis-jenis mobil sebagai mobil 4WD yang didesain untuk medan tak beraspal.

Jenis mobil ini biasanya dikendarai untuk berpetualang atau menaklukan medan sulit seperti lubang, batu dan lumpur. 

Banyak penggemar mobil offroad di Indonesia karena mobil jenis ini umumnya dijadikan hobi untuk kegiatan outdoor, seperti sungai, sawah, bukit, dan pegunungan.

Ada beberapa jenis medan offroad yang menjadi favorit untuk ditaklukan, seperti:

Green lane offroad

Green laning/jalur hijau berarti rute-rute yang dilewati sebagian besar berada di sepanjang jalur yang tidak terhalang, jalur hutan, atau jalan raya tua yang mungkin sudah tidak digunakan lagi.

Medan ini bisa dilakukan hampir semua mobil offroad 4×4 bahkan tidak perlu melakukan modifikasi pada mobil.

Cross country/adventure offroad

Offroad lintas negara ini biasanya bertujuan pergi ke taman offroad bersama dengan komunitas dan mencoba berbagai hambatan seperti bukit, jalan berbatu, gurun, air, dan lumpur.

Untuk jalur offroad cross country yang agak agresif, kamu perlu memikirkan ban, roda, bumper, dan derek sebagai antisipasi dalam perjalanan. Jenis offroad ini pada dasarnya lebih ke arah rekreasi, wisata ataupun murni hobi.

Rock crawling/hill climbing

Tingkatan yang satu ini lebih menantang dan cukup berisiko.

Offroad hill climbing akan mengajak kamu berpetualang untuk menaiki tanjakan dan turunan curam yang membutuhkan perencanaan cermat untuk melewatinya tanpa tergelincir atau berguling.

Untuk jenis offroad rock crawling, kamu harus melakukan negosiasi jalur agresif yang diisi dengan bebatuan besar. Ini tentu membutuhkan keterampilan dan model kendaraan yang tepat, termasuk bumper, suspensi, dan derek.

Mudding offroad/water fording

Jenis offroad ini dikenal juga dengan sebutan mud racing, mud running, mud drags, dan mudding. Selain kesenangan menjadi kotor dan membuat cipratan besar, tantangannya adalah bisa melewati lumpur tanpa terjebak. 

Jangan pikir ini mudah ya! Ada berbagai jenis lumpur yang harus kamu lalui seperti lumpur longgar dan berair, lumpur tebal, lengket, atau bahkan pasir basah. 

Hal yang sama berlaku juga untuk jenis water fording dengan medan yang dilalui biasanya adalah sungai dangkal.

Tantangan medan ini adalah seberapa mampu kamu bisa pergi tanpa menenggelamkan mesin offroad atau bahkan membuatnya nyangkut dan mati. 

Desert racing/dune bashing

Jenis offroad desert racing dan dune bashing adalah bentuk offroad di bukit pasir atau daerah gurun dan gersang.

Kalau kamu malas offroad lumpur dan basah, kamu bisa mencoba jenis ini karena akan tetap kering, tapi debu sudah dapat dipastikan. 

Tantangan offroad ini adalah berhasil naik turun berbagai bukit pasir tanpa terjebak ataupun berguling. Kamu mungkin akan menemukan bukit, batu, dan bukit pasir serta angin kencang saat mengendarai mobil offroad-mu.

Apa pun medan yang kamu senangi, kamu tetap harus memperhatikan komponen apa saja dari mobil offroad-mu yang harus dimaksimalkan untuk melewati medan-medan tersebut. 

Beberapa contoh jenis mobil offroad adalah Suzuki Jimny, Daihatsu Taft, Land Rover Defender, Jeep Wrangler, hingga Toyota Hardtop FJ400.

9. Mobil coupe

Jenis-Jenis Mobil dari MPV, SUV, Sedan, hatchback, hingga Sport

Coupe diadaptasi dari bahasa Perancis yang berarti model dua pintu dari sebuah mobil.

Istilah ini merujuk pada kereta kuda abad-19 yang dipotong (coupe) pada bagian belakangnya sehingga menyisakan tempat duduk dengan kapasitas dua orang saja. 

Seiring berjalannya waktu, kata coupe merujuk pada mobil dua pintu, dua seat, atau dua jok depan saja. Selain itu, kabin belakang yang tak lebih besar dari 1 meter kubik juga akan masuk ke kategori coupe.

Coupe terbagi jadi beberapa jenis, seperti:

  • Notchback coupe adalah coupe yang memiliki bagasi datar seperti sedan. Umumnya disebut juga sedan dua pintu. Contoh mobil notchback coupe adalah BMW Seri 3 Coupe.
  • Fastback coupe memiliki dua pintu tetapi kaca belakangnya miring atau landai sehingga bagasi lebih kecil. Contoh mobil fastback coupe adalah Ford Mustang, BMW Seri 8, Toyota Supra, Toyota Celica, serta berbagai model Ferrari.
  • Liftback coupe, sebenarnya jenis ini memiliki tiga pintu, yaitu dua pintu untuk penumpang dan satu pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang miring atau landai yang dapat membuka ke atas. Contoh mobil liftback coupe adalah VW Beetle.
  • Convertible coupe adalah mobil coupe yang atapnya dapat dibuka dengan cara dilipat secara elektrik atau dilepas. Convertible coupe juga disebut cabriolet dan memiliki pilihan empat tempat duduk atau dua tempat duduk. Contoh mobil convertible coupe adalah All New BMW Z4 atau BMW i8 Roadster.

10. Jenis mobil sport

Jenis-Jenis Mobil dari MPV, SUV, Sedan, hatchback, hingga Sport

Kata sport pada mobil sport sebenarnya memiliki penekanan untuk pengendalian dan performa mobil.

Banyak mobil sport saat ini mengadaptasi bentuk coupe dua pintu, tapi ada juga dengan versi kemampuan tinggi dari sedan atau hatchback.

Harganya memang sangat fantastis ya. Tujuannya juga hampir tidak pernah untuk dikendarai sehari-hari. Memiliki mobil sport lebih mengarahkan kamu pada gaya hidup atau hobi. 

Mobil sport juga diproduksi produsen yang memproduksi mobil-mobil mewah seperti Jaguar, Lamborghini, Ferrari, dan Porsche.

Tidak heran, mobil ini mungkin hanya akan dimiliki artis, pejabat, dan orang-orang kelas atas. 

FAQ

Kenapa mobil MPV laris di Indonesia?

Sebab orang Indonesia pada umumnya akan mencari mobil dengan kapasitas muatan penumpang yang cukup banyak untuk membawa keluarga dan hemat bahan bakar. Selain itu, MPV pun masih mampu untuk membawa beberapa barang.

Kenapa harga mobil sport mahal?

Selain karena mesin dan komponennya berkualitas tinggi, yang menyebabkan mobil sport sangat mahal adalah karena pajak bea masuk Indonesia sangat mahal.

Mobil sport sekelas Lamborghini bisa menelan biaya miloaran hanya untuk biaya masuknya saja. Belum lagi ditambah koreksi CIF atau Cost, Insurance, and Freight dari pemerintah, PPnBM, PPN 10%, PPH, dan sebagainya.

Apa itu convertible pada mobil?

Convertible adalah istilah untuk atap mobil yang dapat dibuka dengan cara dilipat.